Selasa 10 Mar 2020 04:31 WIB

Equipmake Siapkan Motor Listrik Paling Bertenaga

Equipmake menyiapkan motor bertenaga dengan bobot hanya 10 kg.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Di tengah meningkatnya harga bahan bakar minyak dan isu lingkungan, popularitas kendaraan listrik mulai meningkat (Ilustrasi Pengisian Bahan Bakar Mobil Listrik)(Wikimedia)
Foto: Wikimedia
Di tengah meningkatnya harga bahan bakar minyak dan isu lingkungan, popularitas kendaraan listrik mulai meningkat (Ilustrasi Pengisian Bahan Bakar Mobil Listrik)(Wikimedia)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON—Industri kendaraan listrik terus mengalami perkembangan. Selain dari sisi ketahanan baterai, sejumlah pabrikan pun terus mencoba untuk menghadirkan motor listrik yang bertenaga.

Dilansir dari Autocar pada Senin (9/3), salah satu pabrikan yang melakukan pengembangan motor listrik adalah Equipmake. Perusahaan riset dan pengembangan produk asal Inggris ini pun akan menghadirkan sebuah motor listrik bertenaga besar namun dalam bobot yang ringan.

Baca Juga

Motor listrik buatan Equipmake itu diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 295 daya kuda. Berkat beratnya yang hanya sekitar 10 kilogram, hal ini membuat mobil listrik atau electric vehicle yang menggunakan motor listrik dari Equipmake mampu menghadirkan power to weight rasio yang optimal.

Sebagai pembanding, saat ini motor listrik yang digunakan oleh Jaguar I-Pace adalah motor dengan bobot hingga 40 kilogram dengan power hanya 197 daya kuda.

Secara teknis, motor listrik besutan Equipmake ini mampu hadir dalam bobot ringan karena penggunaan material logam yang minim. Selain itu, desain casing pun dihadirkan dalam dimensi setipis mungkin.

Selaij ringan, desain casing yang dihadirkan lewat innovative 3D-printed ini juga mampu meningkatkan tingkat efisiensi termal. Artinya, casing ini membuat motor listrik dapat berputar lebih cepat dan lebih lama tanpa mengeluarkan panas yang berlebih.

Proyek pengembangan ini sendiri merupakan proyek yang mendapat dukungan pembiayaan dari pemerintah Inggris. Ditargetkan, produk dari Equipmake ini dapat mulai dipasarkan pada tahun depan.

Dilihat dari konstruksi dan minimnya material logam yang digunakan, kemungkinan besar motor listrik ini juga akan dipasarkan dengan harga yang cukup miring. Dengan begitu, maka nantinya hal ini juga menjadi angin segar bagi produsen EV yang ingin menghadirkan produk bertenaga dalam harga yang kompetitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement