Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Kuis Empat Pilar, Bamsoet Hadiahkan Pistol dan Motor Listrik

Ahad 08 Mar 2020 17:44 WIB

Red: Gita Amanda

Ketua MPR Bambang Soesatyo memberi hadiah pistol dan motor listrik lewat kuis empat pilar di kejuaran menembak Legislator Championship 2020.

Ketua MPR Bambang Soesatyo memberi hadiah pistol dan motor listrik lewat kuis empat pilar di kejuaran menembak Legislator Championship 2020.

Foto: MPR
Kuis empat pilar diharapkan membuat masyarakat memahami maknanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rangkaian Kejuaraan Menembak Nasional "Legislator Championship 2020" memperebutkan Piala Ketua MPR RI, yang dilaksanakan sejak tanggal 6 hingga 7 Maret 2020. Acara tersebut sangat meriah ketika Ketua MPR Bambang Soesatyo melontatkan kuis tentang Pancasila dan Empat Pilar MPR RI saat memberikan piala dan hadiah kepada pemenang dari berbagai kategori lomba.

Momen tersebut makin heboh dan memancing antusiasme ratusan peserta dari berbagai daerah dan kesatuan TNI/Polri, ketika Bamsoet melontarkan kuis dengan dua pertanyaan seputar kebangsaan yakni tentang Pancasila dan Empat Pilar MPR. "Pancasila dan Empat Pilar ini sangat penting bagi kita bangsa Indonesia. Karena Pancasila lah, negara kita hingga saat ini tetap bersatu serta damai tidak seperti Uni Soviet dan beberapa negara timur tengah hancur dilanda perang saudara. Untuk itu, melalui kuis ini saya ingin menguji pengetahuan peserta terhadap dua hal tersebut. Siapa yang berani maju ke depan menjawab apa saja 5 sila dalam Pancasila dan apa itu 4 Pilar MPR RI akan mendapat hadiah kejutan yang luar biasa," ujar Bamsoet seperti dalam siaran persnya.

Baca Juga

Tawaran Bamsoet disambut antusias ratusan peserta yang berupaya naik panggung. Bamsoetpun memilih secara acak 5 peserta untuk naik panggung menjawab pertanyaan pertama.

"Sebutkan secara jelas dan tepat Lima sila dalam Pancasila," katanya. Masing-masing pesertapun diberi kesempatan menjawab secara adil. Ada yang unik dari kuis ini. Bamsoet sang pemberi pertanyaan menyerahkan penilaian dan keputusan benar atau salahnya jawaban peserta kuis kepada seluruh penonton. Peserta yang dinyatakan benar jawabannya dan mendapatkan dukungan mayoritas penonton, itulah yang menjadi juara.

Penonton di bawah panggungpun riuh, membenarkan jawaban dan mendukung masing-masing peserta kuis. Dan akhirnya salah seorang peserta Agus Muryono dari Pengda Perbakin DKI Jakarta keluar sebagai pemenang kuis pertanyaan pertama dan menyabet hadiah utama dari Bamsoet berupa hibah satu unit pistol miliknya merek The Rock Island Armory seri 1911 semi-automatic buatan Armscor, USA.

Kuispun berlanjut kepertanyaan kedua, yakni tentang Empat Pilar MPR RI. “Untuk pertanyaan kedua, siapa yang bisa menjawab secara tepat, apa itu Empat Pilar MPR RI yang merupakan kumpulan nilai-nilai bangsa Indonesia?" ujarnya.

Kali ini, Bamsoet memilih 6 peserta secara acak untuk naik panggung menjawab pertanyaan kuis. Mekanisme penilaian tetap sama. Penonton yang menjadi juri yang memutuskan siapa yang menjadi pemenang.

Untuk pertanyaan kedua, keluar sebagai pemenang adalah Pandi Hidayat dari Pengda Perbakin Kepulauan Riau yang memperoleh hadiah dari Bamsoet berupa satu unit motor listrik tercanggih merek 'Gesits' buatan dalam negeri, karya anak bangsa seharga Rp 24 juta on the road. Selesai kuis, Bamsoet sangat mengapresiasi pengetahuan dan pemahaman para peserta Kejuaran Menembak Nasional Legislator Championship 2020, seputar Pancasila dan Empat Pilar dengan sangat baik. 

“Saya berharap seluruh peserta dan anak bangsa tidak saja hafal, namun juga memahami makna yang terkandung di dalamnya butir-butir Pancasila, UUD NR 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi jati diri bangsa Indonesia," tegasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler