Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Zulkifli: Jika Islam Bersatu, Jadi Kekuatan Politik Besar

Selasa 08 Aug 2017 19:27 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: Mpr

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta umat Islam di Indonesia agar bersatu dan tidak saling curiga karena kebersamaan ini bisa dikonversi menjadi kekuatan besar. "Kita sesama Islam seharusnya bersatu saling mencintai. Karena, kalau kita kompak, maka bisa dikonversi menjadi kekuatan politik yang besar," katanya ketika memberikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Selasa (8/8).

Zulkifli mengatakan, bangsa Indonesia tidak ingin seperti yang terjadi di Timur Tengah, saat sesama Islam saling berperang. Ia juga mencontohkan Belanda bisa lama menjajah Indonesia dengan waktu yang sangat lama karena umat Islam pada saat itu mau diadu domba sehingga sulit untuk bersatu.

Karenanya, sejarah yang kelam pada masa lalu itu agar tidak terulang lagi. Caranya, umat Islam harus bersatu dan saling mencintai. "Ini tugas kita semua, khususnya ormas Islam, untuk bersatu dan saling menghargai. Jangan sampai masalah sepele, seperti jenggot dan celana cingkrang menjadi perselisihan di antara sesama Islam," ujar Zulkifli.

Ia mengatakan, bila umat Islam bersatu dan kompak, maka bangsa Indonesia yang mayoritas Islam akan disegani bangsa-bangsa lain.
Pada kesempatan itu, Zulkifli Hasan juga menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan semboyan negara.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler