Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Monday, 9 Zulhijjah 1439 / 20 August 2018

Ketua MPR: Saudara Kita di Luar Jawa Juga Berhak Sejahtera

Rabu 29 November 2017 15:20 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Gita Amanda

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

Foto: MPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Zulkifli Hasan menegaskan dukungan serta perjuangannya untuk menjadi solusi masalah ketimpangan pembangunan Jawa dan luar Jawa.

"Kesejahteraan juga hak saudara saudara kita di luar Jawa. Pembangunan harus merata dan jangan ada yang tertinggal," ujar Ketua MPR.

Demikian disampaikan Zulkifli Hasan saat membuka Simposium Nasional MPR RI di Nusantara IV, Rabu (29/11). Pria yang akrab disapa Zulhasan ini mengatakan bahwa saat ketidakadilan antara Jawa dan Luar Jawa tak bisa terus-terusan dibiarkan Sila Persatuan Indonesia seharusnya bermakna senasib sepenanggungan.

"Keadilan sosial untuk semuanya," katanya.

Untuk itu Zulhasan menekankan MPR mendorong perlunya haluan negara untuk wujudkan keadilan, kesejahteraan, dan keseimbangan sesuai cita-cita Indonesia merdeka. Ia mengungkapkan bahwa pada Februari 2016 dan Januari 2017 telah diselengarakan rapat gabungan bersama Fraksi dan Anggota DPD.

Pada pertemuan tersebut seluruh fraksi dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) sepakat tentang perlunya haluan negara. Seluruh fraksi dan DPD sepakat soal haluan negara. "Bentuknya apa itu yang perlu dikaji lebih lanjut," kata Zulkifli. Simposium nasional bertema Reformulasi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dengan model GBHN sebagai Haluan Penyelenggaraan Negara ini turut dihadiri oleh Wakil Presiden RI ke 11, Boediono.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler