Wednesday, 22 Syawwal 1445 / 01 May 2024

Wednesday, 22 Syawwal 1445 / 01 May 2024

Sosialisasi Empat Pilar Lewat Pagelaran Wayang Orang

Ahad 06 Aug 2017 15:08 WIB

Red: Budi Raharjo

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (baju batik) berfoto bersama pemain wayang orang.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (baju batik) berfoto bersama pemain wayang orang.

Foto: Humas MPR

REPUBLIKA.CO.ID,KLATEN -- Langkah strategis dilakukan MPR RI dengan menyosialisasikan nilai-nilai luhur Pancasila kepada seluruh masyarakat dengan berbagai metode yang tepat. Seperti, sosialisasi melalui pagelaran seni budaya asli bangsa Indonesia.

Karena Sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) merupakan kegiatan MPR untuk melaksanakan perintah UU yaitu UU No 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. UU yang menugaskan Pimpinan MPR untuk menyosialisasikan Pancasila, UUD NRI tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Salah satu metode sosialisasi yang di laksanakan MPR melalui pagelaran seni budaya yang merupakan media yang tepat dan efektif untuk mendapatkan masukan dari masyarakat. "Pagelaran yang dilaksanakan di Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten, ini adalah yang pertama kali diadakan oleh MPR melalui seni budaya wayang orang," ujar Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid.

Dengan pagelaran seni budaya ini, Hidayat mengatakan MPR telah melakukan dua hal yaitu mengadakan pagelaran seni budaya menjadi bagian dari sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan mendukung pelestarian seni budaya di seluruh Tanah Air. Dengan begitu, MPR ikut melestarikan dan menjaga kebudayaan luhur agar para generasi muda Indonesia lebih mencintai budayanya sendiri.

Pernyataan itu disampaikan Hidayat Nur Wahid saat menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar pada acara Pagelaran seni budaya Wayang Orang dengan lakon “Arjuna Kembar”. Acara ini diselenggarakan MPR bekerja sama dengan Panitia Festival Sojiwan di Kebondalem Kidul, Prambanan Klaten, Jawa Tengah, Sabtu malam (5/8).

Selain Hidayat Nur Wahid, pagelaran wayang ini juga dihadiri oleh anggota MPR di antaranya Dr H Sukamta (Fraksi PKS), Ir H Cholid Mahmud ST MT (Kelompok DPD di MPR RI), Siti Fauziah SE MM (Kepala Biro Humas Setjen MPR RI), dan Muhammad Rizal SH MSi (Kepala Biro Pimpinan MPR RI).

Hadir pula Kepala RRI Surakarta Suyono, Forkompinda Kabupaten Klaten Prof Dr Timbul Haryono (Tokoh Masyarakat Prambanan). Sisaksikan oleh ratusan masyarakat yang datang dari berbagai pelosok sekitar kabupaten Klaten yang sangat antusias menyaksikan pertunjukan Wayang ini.

Kepala Biro Humas Setjen MPR RI Siti Fauziah SE, MM saat menyampaikan sambutannya mengatakan pagelaran wayang orang ini adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat  Pilar MPR RI. Dan di daerah lain juga diselenggarakan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

Disampaikan juga bahwa pagelaran wayang ini bukan hanya sekadar tontonan namun harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Serta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini termasuk kepada awak media.

Hiburan malam ini tak hanya menghibur. "Tapi dengan pertunjukan wayang orang ini berharap bisa lebih mendekatkan lagi seni budaya asli Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa kita di mata dunia selama ini pada masyarakat," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler