Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Lima Sila Pancasila Miliki Makna Mendalam

Jumat 16 Jun 2017 02:26 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Didi Purwadi

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan, menuturkan Pancasila berisikan pandangan hidup warga Indonesia. Ia menjelaskan lima sila memiliki makna yang sangat mendalam bagi kehidupan bangsa Indonesia.

Sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa merupakan dasar bahwa warga Indonesia sangat religius dan menolak paham anti-Tuhan. K‎edua, sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia bersaudara dan saling menghormati secara adil dan beradab.

Kemudian Persatuan Indonesia yang berarti negara untuk seluruh masyarakat, bukan sebagian atau kelompok. "Negeri ini telah bersumpah bernafaskan semangat kebangsaan melindungi segenap bangsa Indonesia senasib sepenanggungan,'' ujarnya saat menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Bandung, Kamis (15/6).

Pada sila keempat, ujarnya, intinya ialah musyawarah mufakat jika ada perbedaan pendapat atau masalah. Sehingga aspirasi seluruh elemen bisa didengar. Serta terakhir Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang bermakna upaya menciptakan keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler