Wednesday, 22 Syawwal 1445 / 01 May 2024

Wednesday, 22 Syawwal 1445 / 01 May 2024

Wisanggeni Gugat Beraksi Meriahkan Sosialisasi Empat Pilar

Ahad 16 Apr 2017 18:54 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Karakter wayang (ilustrasi).

Karakter wayang (ilustrasi).

Foto: seasite.niu.edu

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pagelaran seni budaya wayang kulit di Desa Candigaron, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu malam (15/4) terasa lain dari biasanya. Pertunjukan dalam rangka sosialisasi Empat Pilar MPR ini bak sebuah pesta desa yang sungguh meriah.

Pestas seni budaya di desa berhawa sejuk di kaki pegunungan Ungaran ini bukan hanya menampil wayang kulit seperti biasa. Tapi, siang harinya sebelum pestas wayang kulit diawali pentas seni, dengan menyuguhkan pertunjukan musik dangdut.

Pertunjukan seni budaya yang diselenggarakan oleh MPR bekerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang yang ditempatkan di Desa Candigaron ini  benar-benar menghibur dua generasi, yaitu generasi muda penggemar dangdut, dan generasi lanjut (tua) penggemar wayang kulit. Sebanyak 520 kursi disediakan panitia hampir terisi penuh oleh penonton yang datang  dari berbagai pelosok Kecamatan Sumowono dan sekitarnya.

Pagelaran wayang kulit dengan lakon "Wisanggeni Gugat" ini dibuka secara resmi oleh anggota MPR RI Mujib Rohmat mewakili pimpinan MPR. Pentas seni budaya di Desa Candigaron ini, menurut Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah adalah yang ke-enam dan paling komplit, baik dilihat dari jumlah pejabat yang hadir maupun masyarakat yang menonton.

"Wayang merupakan salah satu metode sosialisasi Empat Pilar MPR yang paling efektif untuk pendidikan masyarakat," kata Mujib.

Mujib berharap, melalui pagelaran wayang kulit ini, nilai-nilai luhur Pancasila dapat diaktualisasi di tengah masyarakat yang beragam. Karena Pancasila adalah penjanjian luhur yang lahir sebuah bangsa yang beragam, baik suku, bahasa. agama, dan ratusan kepercayaan. "Pancasila pasti merupakan nilai-nilai yang sesuai kondisi bangsa Indonesia," kata anggota MPR dapil Jawa Tengah ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler