Wednesday, 14 Zulqaidah 1445 / 22 May 2024

Wednesday, 14 Zulqaidah 1445 / 22 May 2024

Ketua MPR Berharap akan Ada Kesepakatan GBHN

Senin 25 Jul 2016 17:30 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih

Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bertemu dengan Lembaga Pengkajian untuk mengetahui progres rancangan Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Zulkifli meminta Lembaga Pengkajian agar dapat mempresentasikan hasil rumusan sementara dalam Rapat Gabungan yang akan diadakan Sabtu, 20 Agustus 2016.

Dipimpin oleh Ketua Lembaga Pengkajian Rully Chairul Azwar, tim memberi pemaparan mengenai kajian apa saja yang sudah disepakati sementara. Sekadar informasi, Lembaga Pengkajian terdiri dari mantan anggota DPR/MPR dan ahli tata negara.

"Rapat Gabungan memutuskan tanggal 20 Agustus ini Badan Pengkajian akan memaparkan hasil-hasil sosialisasi untuk mengetahui haluan negara modelnya seperti apa. Nanti bahan-bahan itu dirumuskan dan kalau sudah disepakati nanti diusulkan ke paripurna," ujarnya Jakarta, Senin (25/7).

Zulkifli menjelaskan hasil paparan dari Lembaga Pengkajian akan disampaikan oleh Badan Pengkajian dalam rapat. Untuk dapat diteruskan ke fraksi, materi tersebut harus mendapat persetujuan minimal  satu per tiga anggota rapat.

"Kalau disetujui, tanggal 20 itu akan diberikan ke fraksi-fraksi. Kalau minimal 1/3 anggota komisi setuju, itu akan menjadi usulan," imbuhnya.

Zulkifli menegaskan dalam rapat gabungan nanti hanya ada satu fokus pembahasan, yakni haluan negara. Ia berharap haluan negara dapat segera rampung dan disetujui agar pembangunan ke depannya lebih terarah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler