Wednesday, 14 Zulqaidah 1445 / 22 May 2024

Wednesday, 14 Zulqaidah 1445 / 22 May 2024

Menjadi Manusia Pancasilais

Kamis 30 Jun 2016 13:19 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Ketua MPR mengharapkan perilaku Pancasilais menjadi perilaku sehari-hari manusia Indonesia. Perilaku Pancasilais adalah perilaku yang disinari cahaya ilahi.

"Sejatinya Pancasila menjadi pandangan hidup manusia Indonesia. Perilaku yang sudah turun temurun. Perilaku yang disinari cahaya ilahi," katanya ketika menyampaikan materi sosialisasi Empat Pilar MPR kepada masyarakat Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung, di masjid Baitul Izza, Rabu (29/6).

Sosialisasi Empat Pilar ini merupakan kerjasama MPR dan DPC LDII Kecamatan Pringsewu. Zulkifli menguraikan secara ringkas dan sederhana tentang empat konsensus dasar (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika).

"Tidak perlu dihafal, tidak perlu dicatat. Saya minta dipahami dan dimengerti dan dijadikan perilaku sehari-hari," katanya mengawali penyampaian materi.

"Perilaku Pancasialis adalah perilaku yang tutur katanya santun, simpatik, ucapannya sejuk, tidak mengadu domba, tidak menghasut dan menebar kebencian sehingga perilakunya melahirkan persatuan," tambah Zulifli Hasan.

Selain itu, lanjut Zulkifli, manusia Pancasilais akan selalu mengutamaan musyawarah mufakat. Tidak ingin menang-menangan dan main hakim sendiri. "Hidupnya tidak egois, bukan untuk dirinya sendiri, tetapi dia menjadi makhluk sosial. Hidupnya untuk semua, akhirnya memberi keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler