Sunday, 26 Syawwal 1445 / 05 May 2024

Sunday, 26 Syawwal 1445 / 05 May 2024

Ketua MPR Ajak Warga Lampung Berantas Kemiskinan

Rabu 22 Jun 2016 14:15 WIB

Rep: eko supriyadi/ Red: Taufik Rachman

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Dok: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, mengajak masyarakat Lampung Selatan untuk bekerja keras guna menyekolahkan anak-anaknya. Ia meminta, bapak-bapak untuk berhenti merokok dan mengutamakan pendidikan anak-anaknya. Agar Lampung terbebas dari kemiskinan.

"Jangan sampai bapaknya merokok, tapi anaknya tidak bisa beli buku atau bayar SPP," kata Zulkifli, saat meresmikan Perpustakaan Seru (Perpuseru) Krakatau di Mesjid Agung Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (22/6).

Ia juga meminta ibu-ibu, agar ikhlas melepas perhiasan demi pendidikan anak-anak. Jangan sampai ke mana-mana memakai perhiasan, tetapi anaknya tidak bersekolah.

Hanya dengan cara bersekolahlah, kata Zulkifli, kemiskinan bisa dikikis. Jangan sampai para orangtua yang saat ini hidup dalam kemiskinan mewariskan kemiskinannya pada anak-anaknya.

"Mengubah nasib harus dimulai dari diri sendiri. Kuncinya pendidikan. Paksakan diri bapak ibu untuk sekolahkan anak. Dukung mereka raih cita citanya. Inilah kunci keluar dari lingkaran kemiskinan," ujarnya.

Zulkifli mencohkan diri dan keluarganya sebagai anggota masyarakat yang berhasil lepas dari jerat kemiskinan karena bersekolah. Bahkan, sebelum pergi ke Jakarta, lanjut dia, ibunya merelakan gelang, kalung dan anting agar anaknya bisa bersekolah.

"Dulu saya ke sekolah jalan kaki sejauh 5 kilometer. Kalau makan pakai telur, telurnya dibagi jadi delapan. Tapi kini saya jadi ketua MPR, rahasianya karena saya bersekolah,'' kata Zulkifli menambahkan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler