Saturday, 10 Zulqaidah 1445 / 18 May 2024

Saturday, 10 Zulqaidah 1445 / 18 May 2024

Rakyat dan Pemerintah Mesti Bersinergi Membangun Daerahnya

Jumat 27 May 2016 20:12 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan melihat, sudah saatnya rakyat harus bersinergi dengan kepala daerahnya. Hal tersebut sangat penting untuk kelangsungan pembangunan daerah dan pada akhirnya untuk kemakmuran rakyat.

Pembangunan daerah mesti mengarah kepada keadilan sosial, dan jangan ada ketimpangan yang besar antara yang kaya dan yang miskin dan antara daerah maju dengan daerah terbelakang. Tapi, semua itu butuh dukungan rakyat ke pemerintah daerah.

"Rakyat dan pemerintah harus bersinergi. Rakyat mendukung penuh pemerintah daerah dan pemerintah daerah mendengarkan dan dekat dengan rakyat," kata Zulkifli, dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan Pimpinan Muhammadiyah Pesawaran, di Gedung Serba Guna Pemkab Pesawaran, Lampung, Jumat ( 27/5 ).

Dalam sosialisasi empat pilar itu, Zulkifli membawakan materi soal Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Di sela-sela penyampaian materi, Ketua MPR menyampaikan pesan bahwa rakyat terutama pejabat publik dan elit penguasa harus memiliki sifat ilahiyah.

Jika sifat tersebut ada, kata dia, maka semua akan semakin mudah memanusiakan manusia, serta tidak akan ada caci maki, saling fitnah. "Ucapan-ucapan yang keluat tidak penuh adu domba, permusuhan, sehingga yang keluar adalah kasih sayang dan saling menghormati tanpa membedakan," ujarnya.

Usai acara sosialisasi empat pilar MPR, acara kemudian dirangkai dengan Pemilihan Pengurus Pimpinan Muhammadiyah Pesawaran.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler