Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Ini yang Harus Dilakukan Demi Indonesia Lebih Baik

Kamis 10 Sep 2015 13:10 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Jika Indonesia mau menjadi lebih baik, maka rakyat harus mengikuti maunya Pancasila. Hal itu disampaikan Ketua MPR Zulkifli Hasan saat menyampaikan sosialisasi 4 Pilar MPRi Balai Dusun Simbaringin, Desa Sidosari, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Kamis (10/9).

Zulkifli mengatakan Indonesia adalah satu keluarga yang tidak membeda-bedakan suku, agama, dan sebagainya. Meminjam istilah Bung Karno, rakyat harus gotong royong, harus bersama-sama menyelesaikan persoalan bangsa. Zulkifli juga menekankan bahwa kalau ada satu masalah maka harus diselesaikan secara musyawarah mufakat, jangan main hakim sendiri. Misalnya, kalau mau pilih kepala desa, atau membangun sekolah harus dimusyawarahkan terlebih dahulu.

"Sejatinya itulah kira-kira yang harus diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia," kata Zulkifli.

Di depan ratusan masyarakat desa yang tergabung dalam organisasi Himpunan Masyarakat Lampung Selatan, Zulkifli mengawali dengan beberapa pertanyaan, seperti apa kondisi masyarakat setempat. Apakah mereka merasa terbebani dengan naiknya harga-harga sembako. Termasuk dengan kondisi jalan di wilayah tersebut.

Kepada Desa Sidosari Parianto, pada kesempatan itu melaporkan mengenai kondisi desa yang berada di perbatasan Lampung Selatan dan Bandar Lampung ini sangat jauh berbeda. Menurutnya, Infrastruktur jalan rusak, pendidikan juga memprihatinkan.

Desa ini hanya punya satu sekolah dasar dengan murid lebih dari 500 orang. Waktu belajar dibagi tiga shift. "Jadi setiap siswa sehari hanya belajar dua jam. Bagaimana mau maju," kata Parianto.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler