Sabtu , 09 Jan 2016, 10:47 WIB

Kementan Ingin Tiap Wilayah Miliki Sentra Hortikultura

Red: Dwi Murdaningsih
infopublik.org
Produk Hortikultura (Ilustrasi)
Produk Hortikultura (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kementerian Pertanian menginginkan setiap pulau yang berada di wilayah Indonesia memiliki sentra tanaman hortikulturanya masing-masing demi menjaga harganya agar tidak terlalu tinggi.

"Ke depan, kementerian akan berupaya untuk mengembangkan jenis tanaman hortikultura di setiap pulau agar bisa menjadi sentra pengadaan dan menjaga harga tidak terlalu tinggi," kata Direktur Budidaya dan Pasca Panen Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jenderal Hortikultura Yanuardi di Garut, Jawa Barat, Sabtu (9/1).

Dengan adanya sentra di setiap pulau untuk hortikultura terutama cabai dan bawang, kata dia, maka bisa menekan harga karena biaya distribusi juga akan menjadi lebih murah. "Yang jadi masalah dalam harga sampai ke end user kan karena distribusi, karenanya jika bisa diciptakan sentra baru juga akan lebih murah distribusinya," ujarnya.

Kementan juga mengupayakan ketersediaan hortikultura ada setiap tahun. Yuniardi mencontohkan seperti di Kabupaten Garut untuk komoditas cabai yang bisa mengisi setiap tahun. Yuniardi menjelaskan Kementan berupaya untuk mengembangkan hortikultura di setiap pulau dengan mengalokasikan sekitar 60 persen dari dana total Direktorat Jenderal Hortikultura sekitar Rp 1,14 triliun.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan