Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Bea Cukai Dorong Ekspor Rempah dari Maluku Utara

Ahad 15 Sep 2019 18:40 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Kakanwil Bea Cukai Maluku Finari Manan melakukan pelepasan ekspor rempah-rempah dari kota Tidore dengan negara tujuan India.

Kakanwil Bea Cukai Maluku Finari Manan melakukan pelepasan ekspor rempah-rempah dari kota Tidore dengan negara tujuan India.

Foto: bea cukai
Bea Cukai memberikan asistensi terhadap pelaku usaha

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE --  Kanwil Bea Cukai Maluku bersama dengan Pemerintah Daerah setempat melakukan pelepasan ekspor rempah-rempah asal Kota Tidore, Maluku Utara pada Jumat (13/9). Ekspor ini dilakukan sesuai dengan komitmen bersama Pakta Parada 2019 yang memainkan peranan penting sebagai semangat bersama untuk mengembangkan ekspor nontambang sebagai penggerak perekonomian Maluku Utara, yaitu dari sektor sumber daya alam terbarukan.

Kakanwil Bea Cukai Maluku Finari Manan melakukan pelepasan ekspor rempah-rempah dari kota Tidore dengan negara tujuan India. Ia mengatakan perlu disyukuri bahwa selain kaya akan tambang, Maluku Utara juga dilimpahi kekayaan alam dari sektor kelautan dan perkebunan.

"Adapun rempah-rempah yang diekspor adalah berupa Mace atau Myristica Fragrans sebanyak 500 cartons dan beratnya 10.85 Kg per karton atau total beratnya 5,425 Kg engan nilai barang sebesar 42.500 dolar AS,” ujar Finari.

Finari kemudian memberikan ucapan selamat atas keberhasilan CV Tugulufa Indah dalam keberhasilan melakukan ekspor langsung rempah-rempah dari Maluku Utara dan mendoakan semoga keberhasilan tersebut diikuti oleh kesuksesan-kesuksesan selanjutnya sehingga makin produktif dan memberikan dampak positif bagi kemajuan perekonomian Maluku Utara.

Bea Cukai yang berfungsi sebagai Industrial Assistance  memberikan dukungan penuh pelaksanaan ekspor langsung dari Maluku Utara. Dengan begitu diharapkan bisa menggerakkan perekonomian daerah dan memajukan pertumbuhan ekonomi wilayah Maluku Utara.

“Bea Cukai selaku perpanjangan tangan pemerintah dalam mengawasi impor-ekspor dan memberikan asistensi terhadap pelaku usaha akan selalu berupaya secara maksimal. Kita akan menunjang industri dalam negeri sehingga mampu bersaing dengan industri luar negeri,” kata Finari.

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA