Selasa 27 Dec 2022 13:47 WIB

PAN: Jokowi Berhak Lakukan Reshuffle dengan Alasan Politik

Reshuffle menjadi hak presiden yang bisa dilakukan kapan saja.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ilham Tirta
Saleh Partaonan Daulay
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Saleh Partaonan Daulay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR, Saleh Partaonan Daulay mengungkapkan, pihaknya belum mendengar kabar akan dilakukannya perombakan kabinet atau reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Saleh menekankan bahwa reshuffle merupakan hak prerogatif Jokowi yang bisa dilakukan kapan saja.

"Bahkan, dalam kasus tertentu, presiden bisa melakukan pergantian kapan saja. Bisa saja alasannya politik, bukan kinerja. Sekali lagi, itu adalah hak dan kekuasaan presiden," ujar Saleh lewat keterangannya, Selasa (27/12/2022).

Baca Juga

Ia melihatnya reshuffle masihlah berupa dugaan yang berhembus di media. Perombakan kabinet juga dinilainya tak dilakukan tahun ini, mengingat pelayanan Natal dan Tahun Baru yang perlu terlebih dahulu diselesaikan oleh pemerintah.

"Masih dugaan saja. Di akhir tahun ini, pemerintah masih sibuk, libur Natal dan Tahun Baru. Banyak yang perlu dilengkapi untuk pelayanan bagi masyarakat," ujar Saleh.

PAN, jelas Saleh, menyerahkan sepenuhnya urusan kursi dan posisi di Kabinet Indonesia Maju kepada Jokowi. Dalam hal ini, partai berlambang matahari itu bersikap pasif dan menunggu arahan mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Kita fokus saja membantu presiden melaksanakan tugas yang diamanatkan. Kalau nanti ada reshuffle, kita sifatnya pasif. Kalau ada permintaan dari kader kita, barulah kita mencari yang sesuai," ujar Ketua DPP PAN itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan tanggapannya terkait kemungkinan akan dilakukan perombakan jajaran menterinya. Usai meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai tahap satu pada Senin (26/12/2022) pagi, Jokowi kembali ditanya terkait rencana reshuffle ini.

Namun, dia hanya tersenyum mendengar pertanyaan dari awak media tersebut. “Ya dengar (reshuffle),” kata Jokowi singkat kemudian tertawa kecil.

Kemudian awak media kembali menanyakan kepastian Jokowi untuk melakukan reshuffle. Jokowi pun merespon pertanyaan tersebut dengan memberikan anggukan kepala.

Awak media kembali bertanya siapa saja yang akan di-reshuffle kali ini, apakah termasuk Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Jokowi pun kembali tertawa kecil mendengar pertanyaan itu.

Namun, ketika ditanya soal kisi-kisi reshuffle, Jokowi menjawab sambil memberikan isyarat oke dengan kedua tanggannya. "Cluenya. Ya udah,” kata Jokowi sambil menggerakkan kedua tangannya.

Baca juga : Soal Tudingan 'Wanita Emas', Ketua KPU disarankan Ambil Langkah Hukum

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement