Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Generasi Muda Harus Terus Diingatkan Pancasila

Senin 24 Jul 2017 14:34 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Oesman Sapta Odang

Oesman Sapta Odang

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menegaskan pentingnya generasi muda terus diingatkan tentang ideologi Pancasila. Karena itu menurutnya Sosialisasi Empat Pilar MPR pada kalangan siswa sangat penting, untuk mengingatkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

"Kita terus menerus melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR supaya terus menerus diingatkan tentang Pancasila," kata Oesman Sapta ketika memberi pengantar dan membuka Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada sekitar 500 siswa SMK St Ignatius Loyola, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (24/7).

Menurut Oesman Sapta, para siswa tidak mengetahui apa dan bagaimana perjuangan para pendiri bangsa pada tahun 1945. "Generasi muda sekarang tidak tahu karena mereka tidak terlibat dalam perjuangan tahun 1945. Tapi mereka harus mengetahui sejarah. Dan (sejarah) itu ada dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI," katanya.

MPR, lanjut Oesman Sapta, telah membentuk Badan Sosialisasi untuk melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR. "Kita telah membentuk tim untuk melaksanakan Sosialiasasi Empat Pilar MPR seperti hari ini di Labuan Bajo. Kita terus menerus melakukan sosialisasi dan tidak boleh terputus," ujar Oso, panggilan akrab Oesman Sapta.

Dia mengakui banyak orang yang telah mengetahui Sosialisasi Empat Pilar MPR yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Tapi banyak juga yang lupa. Sosialisasi ini adalah untuk mengingatkan kembali pada nilai-nilai Empat Pilar," tuturnya.

OSO memberi contoh tentang kemajemukan Indonesia dalam suku, agama, adat istiadat, dan budaya. "NKRI tidak melihat suku, agama, asal usul. Semua itu sudah selesai. Mari kita bersatu untuk NKRI," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler