Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

MPR Butuh Perantara Sosialisasikan Empat Pilar

Kamis 03 Nov 2016 12:12 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono.

Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono mengatakan, peran serta kiprah publikasi media massa nasional terhadap kerja-kerja serta program-program MPR kepada masyarakat Indonesia secara luas sangatlah penting. Bahkan, MPR menempatkan bidang publikasi dalam porsi yang lumayan besar dan utama. Media menjadi perantara kerja-kerja dan sosialsasi yang dilakukan oleh MPR.

"MPR memiliki visi, program serta kerja-kerja sesuai kewenangannya. Setelah visi, program serta kerja-kerja dijalankan, maka peran media menjadi sangat penting dalam menerjemahkannya kepada masyarakat," kata Ma'ruf, saat menghadiri gelar acara diskusi 'Media Expert Meeting', di Hotel Century Atlet, Jakarta, Rabu (2/11).

Acara ini dihadiri sekitar 30 perwakilan media massa nasional elektronik, cetak dan online. Namun, lanjutnya, memang kerja-kerja dan program MPR berada dalam lingkaran kenegaraan seperti soal Pancasila dan konstitusi yang banyak pihak enggan membicarakan karena terkesan kaku.

Inilah sisi pentingnya peran media massa, yang dengan caranya mampu menerjemahkan soal kerja dan program MPR menjadi bahan pengetahuan yang bisa dipahami dan dicerna masyarakat siapapun itu. Dengan begitu, masyarakat selain mendapatkan pendidikan politik, kenegaraan serta demokrasi, juga mengetahui kerja-kerja dan porgram-program MPR.

"Sehingga, diharapkan akan muncul trust atau kepercayaan dari masyarakat kepada MPR," ujarnya.

Melihat fakta tersebut, Ma'ruf berharap masukan dari media massa nasional, bagaimana menerjemahkan kerja-kerja dan program-program MPR dari perspektif media massa kepada masyarakat luas. Agar MPR ke depan melakukan perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan-penyempurnaan visi, program dan teknis penyampaian.

Dalam proses berjalannya diskusi, respons peserta sangat baik terhadap kerja-kerja serta program-program MPR RI. Banyak sekali masukan dan kritik membangun yang muncul dari para peserta. Diantaranya, soal perlunya pembenahan dan pengayaan metode-metode penyampaian program MPR. Serta perlunya MPR mampu menggal wacana-wacana serta isu-isu menarik dan memiliki daya berita tinggi seputar program MPR.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler