Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Mahasiswa Sukabumi Dapat Sosialisasi Empat Pilar

Jumat 28 Oct 2016 16:15 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Wakil Ketua MPR RI Mahyudin melakukan sosialisasi empat pilar MPR di depan ratusan mahasiswa di Kota Sukabumi, Jawa Baat. Dalam kesempatan tersebut Mahyudin meminta mahasiswa memahami ke empat pilar tersebut dengan baik.

Kegiatan itu digelar Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia, BEM STMIK Nusa Mandiri, dan Senat Mahasiswa BSI Sukabumi di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi Jumat (28/10) siang. Jumlah mahasiswa yang hadir mencapai ratusan orang.

"Salah satu tugas MPR melakukan sosialisasi empat pilar sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014," kata Mahyudin kepada wartawan.

Ke empat pilar tersebut yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara, negara kesatuan Republik Indonesia sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.Sosialisasi ini terang Mahyudin, diperlungan mengingat tantangan kebangsaan semakin kompleks. Salah satunya mengenai pemahaman yang kurang baik di masyarakat sehingga mudah dihasut dan munculnya paham radikal dan teroris serta kesukuan yang kuat.

Terlebih kata Mahyudin, saat ini penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila-red) sudah tidak dilaksanakan. Padahal, setiap warga negara termasuk pelajar dan mahasiswa harus mengenal baik empat pilar tersebut.Oleh karena itu lanjut Mahyudin, MPR berinisiatf untuk melakukan sosialisasi empat pilar.

Awalnya, judul sosialisasi yang dilakukan adalah empat pilar kebangsaan. Namun, sejumlah akademisi melakukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang mempermasalahkan kata pilar yang berarti tiang.Padahal ungkap Mahyudin, Pancasila bukan tiang melainkan dasar dan ideologi bangsa. Sehingga akhirnya MK hanya membolehkan judul sosialisasi empat pilar MPR.

Dikatakan Mahyudin, sosialisasi empat pilar ini cukup disambut secara antusias oleh mahasiswa. Hal ini terlihat tidak hanya di Sukabumi melainkan di sejumlah daerah lainnya. Ketua Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Muhamad Agus Safar mengatakan, para mahasiswa menyambut positif adanya sosialisasi empat pilar. "Kegiatan ini sebagai bagian dari mencapai cita cita kemerdekaan," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler