Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Ketua MPR: Berantas Terorisme dengan Pilar Persatuan

Kamis 29 Sep 2016 22:02 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Terorisme

Terorisme

Foto: Republika/ Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, mengatakan terorisme menjadi ancaman serius bagi seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, Indonesia terus menyatakan perang terhadap berbagai bentuk radikalisme dan terorisme.

''Radikalisme, terorisme dan inteloran muncul karena masyarakat mengabaikan benteng pertahanan dan nilai-nilai luhur keindonesiaan, seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,'' kata Zulkifli, dalam acara Forum Koordinasi dan Sinkronisasi Kewaspadaan Nasional, di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (29/9)

Untuk itu, Zulkifli mengajak masyarakat agar nilai-nilai keindonesiaan yang luhur, dijadikan budaya kehidupan dan perilaku kita sehari-hari. Saat ini, setelah 18 tahun reformasi, lanjut dia, ternyata demokrasi yang diterapkan Indonesia justru melahirkan kesenjangan yang tinggi. Itulah salah satu lahan subur lahirnya radikalisme, terorisme dan lain-lain.

Masyarakat yang tidak mendapatkan keadilan baik dalam konteks sosial maupun ekonomi bisa melakukan tindakan-tindakan ekstrem atau yang lazim disebut terorisme. "Kalau kita masih seperti ini, sedikit demi sedikit fondasi bangsa akan rapuh," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler