Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Tuesday, 21 Syawwal 1445 / 30 April 2024

Menkominfo: Kita Harus All Out Memberitakan Sidang Tahunan MPR

Rabu 10 Aug 2016 11:17 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Angga Indrawan

Menkominfo Rudiantara menyampaikan pandangannya saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional Pemanfaatan Teknologi Informasi, Elektronifikasi dan Komunikasi di Bandar Lampung, Lampung, Jumat (22/4).

Menkominfo Rudiantara menyampaikan pandangannya saat menjadi pembicara pada Seminar Nasional Pemanfaatan Teknologi Informasi, Elektronifikasi dan Komunikasi di Bandar Lampung, Lampung, Jumat (22/4).

Foto: Antara/Tommy Saputra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, sidang tahunan MPR merupakan acara yang penting yang terjadi setahun sekali. Sebab, forum ini merupakan pertanggungjawaban pemerintah untuk menyampaikan apa yang telah dilakukan selama setahun.

Rudiantara menegaskan, sidang tahunan perlu dimanfaatkan dan dikomunikasikan apa yang telah dilakukan oleh lembaga negara. "Ini momentum satu tahun sekali," kata Rudiantara, saat menghadiri rapat dengan Bakohumas MPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (10/8).

Dalam mengkomunikasikan sidang tahunan, lanjut dia, subtansi yang dibacakan Presiden harus dikemas dan disampaikan kepada masyarakat. Rudiantara menjelaskan ada dua hal yang penting agar informasi yang disampaikan efektif, yakni kanal komunikasi dan subtansi. 

Ia berharap, pemberitaan sidang tahunan MPR tahun ini lebih bagus daripada tahun yang lalu. "Bakohumas harus jadi kanal informasi," ujarnya.

Rudiantara tahu, setiap lembaga negara dan kementerian mempunyai website atau situs. Oleh karena itu, pada tanggal 16 Agustus nanti, seluruh website itu wajib memberitakan Sidang Tahunan MPR 2016. "Saya minta bantuan agar semua memberitakan acara itu apa dan bagaimana, "harapnya.

Dalam pemberitaan, Rudiantara meminta agar substansi beritanya sama, dan harus menjadi satu kesatuan. Sebab kementerian dan lembaga merupakan penyelenggara negara. Tak hanya itu, ia menyarankan agar videotron yang tersebar di seluruh jalan-jalan besar Jakarta juga memberitakan sidang tahunan MPR. 

"Kita harus all out dalam kerja sama. Jangan ego sektoral, kita harus kelihatan bersatu," seru dia.

Sesjen MPR Maruf Cahyono, mengucapkan terima kasih kepada para humas lembaga-lembaga negara dan kementerian yang hadir dalam acara Bakohumas MPR dalam rangka Sidang Tahunan MPR 2016, di Ruang Delegasi, Gedung Parlemen, Jakarta, 10 Agustus 2016. 

Ia mengatakan, Bakohumas itu diselenggarakan agar kegiatan Sidang Tahunan MPR bisa maksimal yang memiliki esensi penting untuk diketahui oleh masyarakat luas. "Untuk itu peran rekan di humas untuk mendayagunakan segala instrumen komunikasi untuk mempublikasikan sidang tahunan MPR," ujar Maruf. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler