Sunday, 26 Syawwal 1445 / 05 May 2024

Sunday, 26 Syawwal 1445 / 05 May 2024

Ketua MPR Berharap Rakyat Indonesia Implementasikan Pancasila

Ahad 31 Jul 2016 19:31 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: mpr

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Zulkifli memberikan sosialisasi itu kepada Paguyuban Flobamaran, selepas mereka pulang dari gereja.

Dalam pemaparannya, Zulkifli mengutip pidato Bung Karno saat di Sidang Umum PBB pada tahun 1960. Dalam pidato itu, Bung Karno mengatakan bangsa Indonesia tidak ikut ideologi Barat yang beraliran kapitalis dan Timur yang beraliran komunis.

"Kita mempunyai ideologi sendiri, ideologi Pancasila," ujar Zulkifli mengutip Bung Karno, Ahad (31/7).

Menurut Zulkifli, Pancasila mempunyai makna gotong royong, musyawarah mufakat, kekeluargaan. Inti dari Pancasila, kata dia, adalah kasih sayang. ''Kita hidup berbangsa dalam satu keluarga yang bergotong royong. Indah sekali," ucap dia.

Meski demikian, ia mengakui masyarakat sudah banyak yang meninggalkan nilai-nilai Pancasila. Berdasarkan sebuah survei masyarakat sudah tak melakukan musyawarah dan maunya menang-menangan.

Ia menambahkan, Pancasila sudah menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sejak dulu kala. Nilai-nilai luhur yang penuh kekeluargaan harus menjadi perilaku agar mendapat sinar cahaya ketuhanan.

Bila kita berperilaku sesuai dengan Pancasila, maka pribadi akan memanusiakan manusia secara adil dan beradab. Dalam bertutur kata, mereka akan penuh etika dan tata krama dan penuh kesejukkan tanpa menyebar kebencian.

Sebagai bangsa yang beragam, Zulkifli Hasan mengakui di masyarakat ada banyak perbedaan. Bila ada perbedaan, harus diselesaikan secara musyawarah dan mufakat. "Boleh sepakat atau tidak dalam mengambil keputusan asal musyawarah," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler