Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

Monday, 20 Syawwal 1445 / 29 April 2024

'Banjaran Rama Bargawa' Meriahkan Sosialisasi Empat Pilar di Banyuwangi

Ahad 05 Jun 2016 12:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Sosialisasi empat pilar di Banyuwangi, Sabtu (4/6).

Sosialisasi empat pilar di Banyuwangi, Sabtu (4/6).

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- MPR RI bekerjasama dengan DinasKebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur mengadakan acara seni budaya pagelaran wayang kulit. Wayang kulit dalam rangka sosialisasi Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) Sabtu (4/6) ini bersama dalang Ki Prasetyo Anom Carito dengan lakon “Banjaran Rama Bargawa” yang diselenggarakan di halaman kampus Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi.

Acara pagelaran wayang kulit iniditonton serta dipenuhi oleh masyarakat pecinta wayang dari kota yang juga terkenal dengan nama 'Sunrise of Java’. Ketua panita pelaksana Purwadi mengatalam tujuan dari pementasan seni budaya wayang kulit ini yaitu untuk melakukan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Staf Ahli Bupati Ketut Kencana yang mewakili Bupati Banyuwangi dalam sambutan tertulisnya mengungkapkan, dalam rangka memiliki tekad bersama dalam memahami Empat Pilar MPR RI yang melatarbelakangi diselenggarakannya pagelaran wayang semalam suntuk bersama dalang kondang Ki Prasetyo Anom Carito. Dengan harapansosialisasi Empat Pilar MPR RI mampu sampai ke sasaran dengan pesan-pesan yang disampaikan dalam alur ceritapagelaran ini sampai keseluruh lapisan masyarakat.

Sementara Azam Azman Natawijana mewakili Pimpinan MPR RI dalam sambutanya menegaskan, MPR RI pada tanggal 1 Juni 2016 lalu melaksanakan peringatan pidato Bung Karno di Gedung Merdeka, Bandung dan pada peringatan itu Presiden RI Jokowi menandatangani keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. "Untuk itu marilah kita maknai hari lahir Pancasila itu dengan merawat, menjaga, memelihara, dan merangkul semua lapisan masyarakat termasuk melestarikan seni budaya yang kita miliki untuk memperkuat Empat Pilar MPR RI," kata dia.

Menurut anggota fraksi Demokrat MPR RI itu, sekarang ini masyarakat mulai berkurang jiwa gotongroyong, toleransi, kebersamaan dan keharmonisan. Hal tersebut merupakan tanda-tanda semakin jauhnya nilai-nilai Pancasila. Dengan keyakinan diselenggarakannyapagelaran wayang ini sebagai instrumen sosialisasi diharapkan mampu menjadi tontonan untuk mencintai budaya bangsa sendiri. Pagelaran wayang yang mengangkat lakon "Banjaran Rama Bargawa" ini dihadiri oleh anggota MPR RI, antara lain: Azam Azman Natawijana (Fraksi Partai Demokrat), Abdul Malik Haramain (Fraksi PKB), Sumail Abdullah (Fraksi Gerindra).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler