Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Sunday, 19 Syawwal 1445 / 28 April 2024

Oesman Sapta Puji Kerukunan Umat Beragama di Papua Barat

Jumat 26 Feb 2016 17:14 WIB

Rep: wisnu aji prasetyo/ Red: Taufik Rachman

Oesman Sapta Odang

Oesman Sapta Odang

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang menilai masyarakat Papua Barat sudah semakin maju dan berkembang pesat. Hal itu, menurut dia, tak lepas dari penerapan empat pilar MPR yang menjadikan pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Dalam kesempatan membuka sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Manokwari, Papua, Oso sangat kagum dan bangga dengan masyarakat Papua Barat. Pasalnya, ia melihat begitu harmonisnya kerukunan antar umat beragama yang terjadi di Papua Barat.

"Papua Barat adalah provinsi yang baru lahir namun lebih maju dan mempunyai pikiran maju," kata Oesman di Hotel Aston Niu Sogun, Manokwari, Jumat (26/2).

Menurut dia, hal itu juga tak lepas dari peran pemimpin Papua Barat yakni Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi. Ia menilai, Abraham mampu menerjemahkan Empat Pilar MPR.

"Masyarakat Papua Barat pun kini dapat menghayati arti Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dengan baik. Tak heran Papua Barat bisa maju meskipun muncul belakangan," ujar Oesman.

Selain itu, kata dia, Provinsi Papua Barat juga sangat terbuka terhadap pendatang. Menurut dia, sebuah daerah yang besar memang harus didukung dengan penduduk yang besar.

"Pemimpin Papua Barat dalam hal ini telah memberi kesempatan kepada pendatang untuk bekerja," katanya.

Oesman pun kembali menyatakan kebanggaannya kepada Papua Barat. Pasalnya, Pemimpin provinsi tersebut menjalankan filosofi 5S (strategi, struktur, sistem, skill, speed and target) untuk memajukan daerah Papua Barat.

"Saya iri dengan Papua Barat. Papua Barat adalah provinsi yang baru lahir tapi mempunyai pikiran maju dan dewasa," ujarnya.

Sementara itu Gubernur Papua Barat Abraham O Attauri menyebut  Oesman Sapta adalah salah seorang penggagas berdirinya provinsi Papua Barat. Kepada peserta sosialisasi, Gubernur minta untuk menyimak apa yang disampaikan narasumber dalam sosialisasi ini.

Sebelumnya, sosialisasi yang dihadiri ratusan peserta ini merupakan kerjasama MPR RI dengan Pemda dan Kadin Provinsi Papua Barat. Sosialisasi pun dihadiri oleh Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi. Pembicara sosialiasi ini Prof. Dr. Bachtiar Aly, MA. (Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI, dari Fraksi Partai Nasdem), Drs. Zainut Tauhid Sa'adi, M.Si. (Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR RI, dari Fraksi PPP), Martin Hutabarat (Fraksi Partai Gerindra)

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler