Wednesday, 22 Syawwal 1445 / 01 May 2024

Wednesday, 22 Syawwal 1445 / 01 May 2024

Oso Beri Tips Sulut Terapkan 4 Pilar MPR RI

Selasa 16 Feb 2016 18:17 WIB

Rep: Agus Raharjo/ Red: Winda Destiana Putri

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Oedang (Oso) memberikan rahasia agar 4 pilar MPR RI dapat diwujudkan.

Dalam pidato pembukaan sosialisasi 4 Pilar di Manado, Oso menyebut ada lima bekal untuk merealisasikan kembali pondasi negara Indonesia. Khususnya di Sulawesi Utara yang baru saja memiliki Gubernur baru. Oso menyebut bekal itu sebagai 5S.

Pertama, kata dia, adalah strategi. Artinya apa yang harus dibuat untuk menjalankan 4 Pilar MPR di seluruh elemen pemerintahan.

S kedua adalah Struktur organisasi. Maksudnya, struktur organisasi seperti apa yang akan dibangun oleh pemerintahan baru di provinsi Sulawesi Utara.

"Tiga, Skill. Maksudnya menempatkan orang secara tepat 'the right man and the right place'," tutur Oso di Manado, Senin (15/2).

Oso menambahkan, S keempat adalah sistem. Yaitu pemerintahan Sulut harus membangun sistem untuk jangka panjang.

Bukan hanya sistem yang dapat dilakukan saat ini. Selanjutnya, S yang terakhir adalah 'Speed of Target'. Setiap pemerintahan, meskipun usianya hanya 5 tahun, harus mengevaluasi hasil yang sudah diperolehnya. Evaluasi ini harus dilakukan sampai pemerintahan paling bawah.

"5S ini menjadi bekal kita, dan siapapun dapat menjalankannya, terutama di Sulut," tegas dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler