Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Zulkifli Hasan Apresiasi Program Bela Negara

Selasa 13 Oct 2015 20:46 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan mendukung penuh program bela negara yang akan dicanangkan oleh pemerintah. Sebab, Indonesia kini butuh program-program yang menanamkan nilai-nilai Pancasila dan cinta tanah air.

''Apa yang disampaikan Menteri Pertahanan untuk pelatihan bela negara saya setuju dan mendukung penuh,'' kata Zulkifli kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/10).

Menurut Zulkifli, bela negara penting karena kesadaran masyarakat Indonesia dinilai kurang, sementara negara-negara lain sudah menerapkannya terlebih dahulu.

Bela negara juga berguna untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara, setelah 18 tahun reformasi, dan perlu ditingkatkan. ''Oleh karena itu, program bela negara oleh pemerintah sepenuhnya sangat baik dan kita memberikan apresiasi,'' ujar dia.

Ia mengimbau, seharusnya program ini  didukung oleh DPR agar menyiapkan anggaran. Ditambahkannya, semakin banyak program yang ikut menguatkan Pancasila, karena tidak mungkin sosialisasi Empat Pilar hanya MPR. ''Jadi bela negara itu bisa juga salah satu materinya ada Empat Pilar,'' jelas dia.

MPR, lanjut Zulkifli, akan dengan senang hati jika diminta untuk terlibat dalam program bela negara ini, agar generasi muda Indonesia memahami bagaimana merebut kemerdekaan, kemerdekaan bukan tiba-tiba datang. Pahlawan-pahlawan harus banyak berkorban. ''Itu saya kira penting,'' ujar ketua Umum PAN tersebut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler