Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Indonesia Punya Modal Besar dalam Persaingan Ekonomi Global

Kamis 30 Jul 2015 12:02 WIB

Rep: Issha Harruma/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Foto: MPR

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Indonesia harus memanfaatkan segala kelebihan yang dimiliki dengan maksimal. Wakil Ketua MPR Mahyudin mengatakan, sebagai negara agraris, Indonesia memiliki tanah yang subur dan potensi pertanian yang luar biasa besar. Kedua hal tersebut, lanjutnya, dapat menjadi modal besar dalam persaingan ekonomi global di masa yang akan datang.

"Ledakan jumlah penduduk yang terjadi di masa mendatang akan menyebabkan kebutuhan bahan pangan terus meningkat. Harga bahan pangan pun akan turut merangkak naik," kata Mahyudin dalam acara sosialisasi Empat Pilar MPR di lembaga pendidikan Al Ma'mun Education Centre (AMEC) di Bojongsari, Depok, Jawa Barat, Kamis (30/7).

Mahyudin mengatakan, potensi pertanian Indonesia harus terus dijaga dan tidak boleh dirusak, meskipun dengan alasan kebutuhan lahan. Hal tersebut, lanjutnya, harus diterapkan secara nyata dengan mulai mengurangi pengalihan lahan pertanian menjadi perumahan dan industri. Dengan lahan pertanian yang luas dan hasil panen yang besar, ia menilai, Indonesia berpotensi menjadi salah satu lumbung pangan dunia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler