Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Wakil Ketua MPR Hadiri Khaul Akbar Guru Sekumpul

Senin 27 Apr 2015 08:21 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Mahyudin

Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Mahyudin

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA -- Wakil Ketua MPR Mahyudin menghadiri khaul akbar ke-10 K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Ahad (26/4). Jamaah dari berbagai daerah di Kalimantan, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, serta  dari beberapa daerah Sumatra turut menghadiri khaul ulama yang lebih dikenal dengan nama Guru Sekumpul ini.

Titik kumpul para penziarah adalah musallah  Ar Raudhah, tempat Guru Sekumpul dimakamkan dan berdampingan dengan tempat tinggalnya. "Ini khaul akbar bertepatan dengan sepuluh tahun meninggalnya Guru Sekumpul yang wafat  7 Rajab bertepatan dengan 26 April 2015 dalam usia 63 tahun," kata Wakil Walikota Samarinda, Kalimantan Timur, Nusyirwan Ismail, yang ikut hadir di acara khaul itu dan membiayai enam bus jamaah atau sekitar 300 orang dari Samarinda guna menghadiri khaul tersebut.

Tuan Guru Sekumpul adalah salah seorang kiai besar juriat (keturunan)  Syekh Muhamad Arsjad Al Banjari. Semasa hidupnya, Tuan Guru Sekumpul banyak memberi nasihat pada umat. Nusyirwan menambahkan, masyarakat merasakan banyak doa yang dipanjatkan untuk umat dikabulkan oleh Allah SWT.  Setelah meninggal sepuluh tahun lalu belum ada penggantinya.

"Maka tak heran kalau pada saat khaul seperti ini  umat  datang berbondong berziarah untuk mendoakan sang Guru Sekumpul. Tidak hanya masyarakat umumnya, melainkan juga para pejabat baik pusat maupun daerah," kata dia.

Selain Wakil Ketua MPR Mahyudin, acara khaul ini juga dihadiri oleh  Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin, Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk, serta sejumlah  bupati dan walikota di Kalsel dan Kaltim. Acara khaul dimulai habis magrib, Ahad malam, 26 April 2015, dan berakhir setelah waktu isya. Dan, diisi dengan doa-doa, zikir dan tahlil.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler