Jumat 19 Feb 2021 18:23 WIB

Siapa Pemain Indonesia yang Pantas Merumput di J League?

Pecinta sepak bola Indonesia bisa menyumbangkan pendapatnya lewat polling J.League

Egy Maulana Vikri.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Egy Maulana Vikri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga Jepang atau J.League menjadi salah satu barometer liga terdepan di pentas Asia. Sejumlah pemain dari berbagai belahan Asia membidik J.League sebagai acuan destinasi karier mereka. Ini tak bisa dilepaskan dari status J.League sebagai salah satu kompetisi terbaik di Asia saat ini. Bahkan, para pemain jebolan Meiji Yasuda J1 League, kompetisi kasta tertinggi di Jepang, sudah banyak yang kini bermain di Eropa.

J.League jadi etalase bagi para pemain yang membidik target menjadi pesepak bola top. Tak jarang, banyak pemandu bakat berburu pemain potensial dari Asia dengan melihat Meiji Yasuda J1 League.

Baca Juga

Itu juga yang membuat para pemain Indonesia kerap memimpikan untuk bisa bermain di J. League, baik itu untuk level tertinggi maupun cuma sekadar membela klub di kompetisi kasta kedua atau yang kini disebut Meiji Yasuda J2 League.

Musim lalu, partner resmi J.League melakukan polling soal pemain Indonesia yang layak bermain di Liga Jepang. Dari 25 nama kemudian terpilih 15 nama teratas yang sekarang akan dijaring kembali menjadi lima besar. Penggemar sepak bola Indonesia juga bisa ikut serta memilih pemain yang dinilai paling layak bermain di Liga Jepang lewat polling di akhir tulisan ini.

Berikut 15 pemain berusia 18 sampai 25 tahun asal Indonesia yang mungkin layak bermain di J.League:

1. Ryuji Utomo (Persija/Penang FC)

Ryuji Utomo adalah salah satu pemain Indonesia yang punya pengalaman membela klub di luar negeri. 

Ia pernah terpilih masuk dalam tim SAD Indonesia yang berlatih di Uruguay pada periode 2011-2012. Kemudian, pernah memperkuat klub Bahrain, Al Najma, serta berkiprah di kompetisi Liga Thailand bersama PTT Rayong.

Saat ini, Ryuji sedang menjalani masa peminjaman di klub Malaysia, Penang FC, dari Persija Jakarta.

Ryuji bisa dibilang salah satu pemain yang begitu fokus dalam menjaga standar fisiknya. Sikap disiplin seperti itu sangat dibutuhkan untuk para pemain yang ingin berkiprah di J.League.

Dengan berbagai pengalamannya di level internasional, pemain yang bisa bermain di berbagai posisi pertahanan ini sepertinya layak untuk dilirik salah satu klub J1 League.

2. Yanto Basna (PT Prachuap FC)

Pemain asal Papua ini sudah tiga tahun terakhir bermain di Liga Thailand. Mulai dari Khon Kaen FC (2018), Sukhothai FC (2019), serta memperkuat PT Prachuap FC di kompetisi tertinggi Thailand musim ini.

Ia pun mengakui memiliki hasrat untuk bisa berkompetisi di J.League. Berstatus sebagai bek timnas Indonesia dan pengalamannya di Thailand, Yanto Basna sepertinya layak untuk memperkuat klub J1 League.

Apalagi bersama PT Prachuap ia saat ini menjadi salah satu pilihan utama di posisi bek tengah PT Prachuap.

3. Amiruddin Bagus Kahfi (FC Utrecht)

Bagus baru saja bergabung ke klub Liga Belanda, FC Utrecht, dari Barito Putera. Pemuda asli Magelang ini adalah tipe penyerang haus gol dan usianya masih muda.

Pada umur 18 tahun, Bagus Kahfi kini sedang mencoba untuk main di luar Indonesia. Selain Eredivisie, Meiji Yasuda J1 League adalah tujuan yang masuk akal.

Kemampuan pemain timnas U-19 Indonesia era Fakhri Husaini tersebut akan makin matang di Negeri Sakura yang sering memaksimalkan bakat pemain muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement