Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Wagub Jabar Pantau Pelaksanaan Pilkada di Tasikmalaya

Rabu 09 Dec 2020 11:31 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyalurkan hak pilih sekaligus melakukan pemantauan pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (9/12).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyalurkan hak pilih sekaligus melakukan pemantauan pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (9/12).

Foto: Republika/Bayu Adji P
Wagub Jabar menilai penerapan prokes di TPS sudah berjalan dengan maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum memantau langsung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (9/12). Salah satu yang dipantau adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengaku ditugasi oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk memantau langsung pelaksanaan pilkada di wilayah Tasikmalaya. Menurut dia, dari sejumlah TPS yang didatangi, penerapan prokes sudah berjalan dengan maksimal.

"Hari ini Alhamdulillah protokol kesehatan dijaga dan dilaksanakan," kata dia di Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (9/12).

Ia mengatakan, para pemilih yang datang juga disiplin menerapkan prokes. Para pemilih tidak berbondong-bondong datang ke TPS seperti pemilu-pemilu yang sebelumnya. Para pemilih sudah dijadwal datang ke TPS agar tidak terjadi penumpukan massa.

"Hal itu untuk memastikan rasa nyaman dan aman di TPS, sehingga para pemilih tidak berdesak-desakan," kata dia.

Uu mengatakan, dengan jadwal yang sudah ditentukan, para pemilih juga dapat merasa tenang dalam menyalurkan hak suaranya. Artinya, masyarakat yang datang juga tak perlu lama menunggu antrean di TPS.

Berdasarkan pantauan Republika, para pemilih yang datang dalam satu waktu ke TPS tak banyak. Hampir setiap pemilih yang datang dapat langsung melakukan pencoblosan tanpa harus menunggu lama.

Sebelum masuk ke TPS, pemilih diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Selain itu, pemilih juga diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu. Begitu juga setelah mencoblos, pemilih juga diarahkan petugas untuk mencuci tangannya.

 
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler