Kamis 23 Apr 2020 22:52 WIB

Mudik dari Jakarta, Warga Majalengka Ini Positif Covid-19

Pasien berjenis kelamin laki-laki itu merupakan pemudik yang baru pulang dari Jakarta

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Tenaga medis wanita memeriksa pasien dengan tanda-tanda penyakit menjurus Covid-19 (ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Tenaga medis wanita memeriksa pasien dengan tanda-tanda penyakit menjurus Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Seorang warga Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Pasien berjenis kelamin laki-laki itu merupakan pemudik yang baru pulang dari Jakarta.

Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin, menjelaskan, pasien positif itu sebelumnya tidak mengeluhkan gejala sakit apapun saat baru datang dari Jakarta. Namun setelah beberapa hari, yang bersangkutan merasakan kondisi tubuhnya lemas.

Baca Juga

"Saat diperiksa di Majalengka, pasien itu tidak terlihat tanda-tanda penyakit yang menjurus ke Covid-19," kata Alimudin, Kamis (23/4).

Namun, karena kondisi penyakitnya yang tak kunjung sembuh, pasien pun dirujuk ke RSD Gunung Jati Cirebon. Selain tubuh yang lemas, pasien juga merasakan demam dan sesak napas.  "Dari hasil tes PCR, ternyata positif Covid-19. Yang bersangkutan langsung dirawat di sana (RSD Gunung Jati)," terang Alimudin.

Alimudin mengatakan, saat mendengar ada pasien positif, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap keluarga maupun orang yang pernah kontak dengannya. Hasil rapid tes menunjukkan semuanya negatif. "Minggu depan akan diperiksa lagi," kata Alimudin.

Alimudin menambahkan, hingga Kamis (23/4), orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Majalengka totalnya ada 440 orang. Dimana 57 orang masih dipantau dan 383 orang selesai pemantuan. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) totalnya ada 30 orang, dimana dua orang masih diawasi dan 28 orang selesai pengawasan. "Sedangkan pasien positif ada orang. Dari jumlah itu, meninggal satu orang dan dua dalam perawatan," terang Alimudin.

Selain pemudik dari Jakarta, satu orang pasien positif yang masih dalam perawatan merupakan warga Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Pasien tersebut berprofesi sebagai perawat di RSD Gunung Djati Cirebon. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement