Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

INDEX BERITA

Menpan-RB : Revolusi Pelayanan Publik tak Bisa Ditahan Lagi

Wednesday, 09 May 2018 08:02 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengatakan, saat ini sedang terjadi revolusi pelayanan publik. Pelayanan yang dahulu membutuhkan waktu berbulan-bulan, kata dia,...

Pemerintah Evaluasi 204 Polres

Wednesday, 02 May 2018 19:50 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) kembali akan melakukan evaluasi terhadap Polres, Polresta sampai Polrestabes. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak peningkatan pelayanan...

Polri Minta Penganggaran Seperti KPK, Ini Kata Ombudsman

Thursday, 04 Jan 2018 02:12 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Adrianus Meliala menyatakan, sistem pendanaan penanganan kasus at cost yang diharapkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian tidak...

Ombudsman: Rapor Pelayanan Publik 20 Persen Polres Merah

Wednesday, 03 Jan 2018 16:20 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengklaim sebagian besar masyarakat Indonesia telah puas pada pelayanan Polri. Namun, hasil audiensi Polri dengan Ombudsman Republik Indonesia mendapati adanya rapor...

Jokowi Minta Instansi yang tak Penuhi Standar Diberi Sanksi

Friday, 08 Dec 2017 00:55 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Ombudsman RI memberikan sanksi terhadap kementerian dan lembaga yang dinilai tak patuh terhadap standar layanan publik.Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Laode...

Perbaikan Layanan Publik Bisa Tutup Celah Korupsi

Friday, 08 Dec 2017 00:50 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai serta sejumlah anggota lainnya menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Kepada Presiden, Amzulian menyampaikan, perbaikan layanan...

Pasar Tradisional di Riyadh Kurang Miliki Pelayanan Publik

Monday, 04 Dec 2017 14:28 WIB

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Sebagian besar pasar tradisional di jantung kota Riyadh seperti Al-Taamir, Al-Deira, Al-Makaleya, Al-Thamiri, dan Al-Qusman, dinilai kurang memiliki pelayanan publik. Akibatnya, para pembeli mengeluhkan pasar ini...

Langkah NTB Setop Pelayanan Berbelit

Monday, 06 Nov 2017 14:19 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Amin meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di NTB melakukan pembenahan pada sektor pelayanan publik dan memanfaatkan teknologi informasi...

Djarot: Pelayanan Publik Harus Bebas Pungli

Saturday, 14 Oct 2017 01:08 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengingatkan kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bahwa pelayanan publik di Ibu Kota harus...

Menpan-RB Yakin Mal Pelayanan Publik Kurangi Praktik Korupsi

Saturday, 07 Oct 2017 11:24 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur meyakini, Mall Pelayanan Publik bisa mengurangi praktik korupsi. Itu tak lain karena siapa pun yang ingin...

Pemkot Surabaya Resmikan Mal Pelayanan Publik Pertama

Friday, 06 Oct 2017 17:05 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya meresmikan Mall Pelayanan Publik yang pertama di Indonesia yang terletak di Jalan Tunjungan, Genteng, Surabaya, Jumat (6/10). Peresmian dilakukan oleh Wali Kota Surabaya...

Dinsos Sleman Luncurkan Layanan Antar Sampai Rumah

Thursday, 05 Oct 2017 09:18 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Sosial Kabupaten Sleman baru saja meluncurkan program inovasi Layanan Antar Sampai RUmah (Ngantar Paimah). Peluncuran dilaksanakan bersamaan dengan pemberian bantuan sosial terencana TA 2017.Kepala Dinsos...

Pemprov Jatim Gelar Lomba Inovasi Pelayanan Publik

Thursday, 24 Aug 2017 16:20 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menyelenggarakan acara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2017 untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kovablik bertujuan menjaring inovasi pelayanan publik baik...

Jokowi: Jangan Bedakan Ras atau Agama dalam Pelayanan Publik

Tuesday, 08 Aug 2017 17:11 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Presiden Joko Widodo mengingatkan agar para pamong praja muda bisa bekerja dengan baik dalam melayani publik. Pemberian pelayanan pun tidak boleh membedakan masyarakat dari sisi apa...

DP3A Makassar Tetap Buka Pelayanan di Hari Libur Lebaran

Tuesday, 27 Jun 2017 00:20 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), tetap membuka pelayanan seperti pendampingan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak pada hari libur. "Kita...

Pelayanan Publik Tetap Buka Selama Cuti Bersama

Thursday, 22 Jun 2017 08:43 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Pemerintah Kota Denpasar, Bali, pada saat cuti bersama terkait perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah tahun 2017 akan tetap melayani warga masyarakat. "Pelayanan publik tersebut merupakan komitmen...

Korupsi Dimulai dari Uang Rokok

Wednesday, 31 May 2017 21:58 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Perilaku dan tindakan korupsi terkadang terjadi tanpa disadari. Mulai dari pemberian sebagai ucapan terimakasih atau uang rokok yang sudah dianggap lumrah. "Padahal, meski terlihat sepele seperti itu,...

Setjen DPR Terus Perbaiki Nilai Pelayanan Publik

Tuesday, 02 May 2017 17:18 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Reformasi Birokrasi Setjen DPR RI menyerahkan indeks nilai Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) dengan skor memuaskan (82.24) kepada Kementerian PAN RB. Skor tahun 2016,...

Presiden: Sektor Pelayanan Publik Perlu Perbaikan

Saturday, 18 Mar 2017 04:16 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SINGKAWANG -- Presiden Joko Widodo mengingatkan sektor pelayanan publik masih perlu perbaikan, terutama setelah terbongkar praktik pungutan liar (pungli) di kawasan Pelabuhan Peti Kemas Palaran Samarinda. "Kami melihat Rp...

Menteri Asman: Sabtu-Ahad Pelayanan Publik Tetap Jalan

Friday, 18 Nov 2016 16:19 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyatakan rencana membuat aturan agar pelayanan publik pada hari Sabtu dan Ahad tetap berjalan. Salah satu caranya dengan...

Jatim Bakal Jadi Acuan Pelayanan Publik Nasional

Tuesday, 02 Aug 2016 21:25 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Provinsi Jawa Timur akan dijadikan sebagai provinsi percontohan terhadap inovasi layanan publik secara nasional di bidang pelayanan publik.Penyataan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi...

Pemkot Depok Tingkatkan Pelayanan Publik

Friday, 15 Jul 2016 17:42 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan mengadakan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil ke aparatur kelurahan. Sosialisasi itu dilakukan untuk...

Jokowi: Saya tidak Ingin Rakyat Dioper Sana-sini

Thursday, 28 Apr 2016 17:44 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pelayanan publik terus diperbaiki. Jokowi menilai pelayanan publik di Indonesia masih banyak kekurangan, mulai dari pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP),...

PNS Bisa Dituntut karena Pelayanan Publik Buruk

Wednesday, 11 Nov 2015 12:06 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak melayani masyarakat dengan baik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dapat dituntut, bahkan...

Ombudsman Sasar Perbaikan Pelayanan Publik Desa

Tuesday, 06 Oct 2015 15:06 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI masih memberikan catatatan bagi pelayanan publik di kampung dan desa-desa terjauh. Hal inilah yang menjadi perhatian Ombudsman menyasar perbaikan...

Kang Emil Targetkan 1.000 Layanan di Bandung Berbasis Aplikasi

Friday, 02 Oct 2015 20:09 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Walikota Bandung Ridwan Kamil akan menerapkan seribu layanan berbasis aplikasi di Bandung. Alasannya bahwa sudah saatnya  masyarakat Indonesia untuk melek teknologi dan lebih memanfaatkan teknologi dengan...

Pelayanan Publik Indonesia Masih di Bawah Standar Minimal

Wednesday, 23 Sep 2015 21:29 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelayanan publik (public service) diatur secara tegas dalam konstitusi, yaitu Pasal 34 UUD NRI Tahun 1945 bahwa negara bertanggungjawab atas penyediaan pelayanan publik yang layak. Namun,...

'Revolusi Mental Mulai Tampak Hasilnya'

Friday, 24 Jul 2015 09:44 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengklaim revolusi mental di kalangan aparatur sipil negara berhasil dalam delapan bulan. "Karena sejak awal Presiden Joko Widodo sudah...

Sidak Kantor Imigrasi Jakbar, Menteri Yuddy: Jangan Cari Pegawai yang Seram!

Friday, 24 Jul 2015 09:38 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi kembali melakukan silaturahmi ke kantor pelayanan publik. Kali ini, kantor yang menjadi tempat masyarakat mengurus paspor yaitu kantor...

Kunjungi Pemkab Sukabumi, Menteri Yuddy: Gordennya Belang Bentong

Wednesday, 24 Jun 2015 19:48 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI --  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB) Yuddy Chrisnandi mengomentari fasilitas sarana pelayanan publik yang tidak terawat di Kabupaten Sukabumi. "Meni kadut pisan (jelek sekali)....

Curhatan Bupati Sukabumi ke Menteri Yuddy

Wednesday, 24 Jun 2015 19:37 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengunjungi Kantor Pemkab Sukabumi di Palabuhanratu, Rabu (24/6) sore. Menteri Yuddy disambut oleh Bupati Sukabumi Sukmawijaya yang...

Sidak, Menteri Yuddy Minta Perizinan tak Berbelit-belit

Wednesday, 24 Jun 2015 18:30 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN RB) Yuddy Chrisnandi mengoreksi beberapa detil layanan di kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kabupaten Sukabumi, Jawa...

Menpan RB: Kunci Sukses Nawacita Adalah Birokrasi

Wednesday, 03 Jun 2015 11:53 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi menilai kunci kesuksesan program Nawacita pemerintahan Jokowi-JK terletak pada birokrasi. "Saya sepakat apapun visi misi Nawacita, key factor-nya...

Kemenpan RB Gaet UMJ Ciptakan Konsep Pelayanan Publik

Sunday, 29 Mar 2015 00:50 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menggaet Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) untuk menciptakan konsep pelayanan publik yang lebih baik."Kami meminta bantuan untuk memberikan konsep perubahan...

Pemkot Tangerang Terus Benahi Pelayanan Publik

Wednesday, 25 Mar 2015 10:19 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya membenahi sistem pelayanan publik. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan program smart city. Dalam acara Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2015 di Jakarta...

Denpasar Akhirnya Keluar dari Zona Merah Pelayanan Publik

Wednesday, 28 Jan 2015 14:28 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR--Kota Denpasar berhasil keluar dari zona merah pelayanan publik. Padahal, medio tahun 2013 lalu, Kota Denpasar mendapatkan raport merah dari Ombudsman RI Perwakilan Bali, namun dalam setahun bisa masuk ke...

Ombudsman RI: Pelayanan Publik di Pemda Paling Banyak Dikeluhkan

Thursday, 18 Dec 2014 02:00 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluhan masyarakat terkait buruknya kualitas pelayanan publik di Indonesia mengalami peningkatan sepanjang tahun ini. Berdasarkan catatan terbaru, jumlah laporan masyarakat mengenai maladministrasi yang masuk ke Omubdsman...

KPK Bisa Minta Copot Pejabat K/L Soal Pelayanan Publik

Tuesday, 18 Nov 2014 20:15 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mempublikasikan hasil survei integritas sektor pelayanan publik di 20 Kementerian dan Lembaga (K/L). Hasilnya Kementerian Perhubungan dan Kementerian Agama nilainya masih...

Soal Pelayanan Publik, Kemenhub-Kemenag Dapat Rapor Merah KPK

Tuesday, 18 Nov 2014 16:53 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, ‎JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan hasil survei integritas sektor publik terhadap 20 Kementerian dan Lembaga. Hasilnya, dua Kementerian yang menurut penilaian KPK belum memuaskan dalam masalah...

Hebat, Jabar Juara E-Goverment Selama Tiga Tahun Berturut-turut

Thursday, 13 Nov 2014 15:44 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kesungguhan Jawa Barat dalam penerapan TIK untuk pelayanan publik menghasilkan prestasi sebagai Juara Satu untuk E-Goverment tingkat provinsi. Tidak tanggung-tanggung penghargaan tersebut diraih selama tiga tahun...