Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Thu, 28 Jan 2021 09:17:24 +0700 https://www.republika.co.id/ id hourly 1 https://static.republika.co.id/files/images/logo.png Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Everton Gagal Menang, Ancelotti Enggan Salahkan Pickford https://www.republika.co.id/berita/qnmh10348/everton-gagal-menang-ancelotti-enggan-salahkan-pickford https://www.republika.co.id/berita/qnmh10348/everton-gagal-menang-ancelotti-enggan-salahkan-pickford Thu, 28 Jan 2021 09:17:24 +0700 Israr Itah https://www.republika.co.id/berita/qnmh10348/everton-gagal-menang-ancelotti-enggan-salahkan-pickford REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Everton Carlo Ancelotti enggan menyalahkan kipernya Jordan Pickford yang dianggap membuat kesalahan yang berujung kegagalan the Toffees memetik kemenangan. Everton ditahan imbang Leicester City 1-1 di Goodison Park, Liverpool, Kamis (28/1) dini hari WIB. 

Juru taktik asal Italia itu menolak untuk mengritik kiper pilihan pertama timnas Inggris tersebut, karena menurutnya hal tersebut tidak bermanfaat untuk Pickford.

"Saya sudah berbicara dengan para pemain dan sepakat kami harus menang di (pertandingan) hari Sabtu nanti," kata Ancelotti seperti dilansir Liverpool Echo, Kamis (28/1). 

"Saya tidak berbicara langsung (dengan Pickford). Saya tidak akan melakukannya karena saya tidak punya alasan." 

Everton memimpin lebih dulu dengan gol indah James Rodriguez pada menit ke-30. Namun di babak kedua, Leicester mengepung gawang Everton dengan permainan passing yang apik.

Mereka akhirnya mendapatkan hadiah ketika Youri Tielemans melepaskan tembakan kaki kanan rendah yang tampaknya sempat ditepis oleh Pickford, tetapi bola tergelincir dari pelukannya. Gol pada menit ke-67 itu membuat skor menjadi 1-1.

"Pada akhirnya, mereka memberi tekanan pada kami. Lawan tidak mendapat kesempatan yang banyak. Gol mereka berasal dari situasi yang sulit, sehingga pandangan Jordan (Pickford) sempit," kata Ancelotti membela pemainnya.

photo
Klasemen Liga Primer Inggris - (premierleague.com)
]]>
EPA-EFE/Tim Keeton Kiper Everton, Jordan Pickford.
BPBD Sleman Evakuasi Warga Rentan ke Barak Pengungsi Merapi https://www.republika.co.id/berita/qnmgwi384/bpbd-sleman-evakuasi-warga-rentan-ke-barak-pengungsi-merapi https://www.republika.co.id/berita/qnmgwi384/bpbd-sleman-evakuasi-warga-rentan-ke-barak-pengungsi-merapi Thu, 28 Jan 2021 09:14:42 +0700 Andi Nur Aminah https://www.republika.co.id/berita/qnmgwi384/bpbd-sleman-evakuasi-warga-rentan-ke-barak-pengungsi-merapi REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengevakuasi warga dari kelompok rentan yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi ke barak pengungsian. Barak pengungsian ini ada di masing-masing kelurahan. Kondisi Merapi sendiri telah terjadi 52 kali awan panas guguran di Gunung Merapi pada Rabu(27/1).

"Warga kelompok rentan di tiga titik rawan di tiga keluarahan telah dievakuasi ke barak pengungsian Rabu (27/1) sore hingga Kamis dinihari," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwan di Sleman, Kamis (28/1).

Menurut dia, warga kelompok rentan yang terdiri atas lansia, balita, anak-anak, ibu hamil dan menyusui serta disabilitas tersebut dievakuasi ke barak pengungsian Purwobinangun di Watuadeg, Kecamatan Pakem. "Kemudian untuk warga rentan di Kelurahan Umbulharjo dievakuasi ke barak pengungsian Plosokerep dan warga Kalitengah Lor di barak Kelurahan Glagaharjo. Kedua kelurahan tersebut berada di Kecamatan Cangkringan," katanya.

Ia mengatakan, untuk jumlah warga rentan Dusun Turgo yang dievakuasi ke barak pengungsian meliputi di Barak Utama Kelurahan Purwobinangun, Barak Rentan Purwobinangun dan SD Negeri Tawangharjo. Ada sebanyak 145 jiwa yang terdiri lansia laki-laki 19 dan perempuan 14, dewasa laki-laki 33 dan perempuan 43, anak laki-laki 19, perempuan 13, bayi laki-laki satu, balita laki-laki satu, balita perempuan dua dan ibu hamil satu orang.

"Kemudian untuk pengungsi warga rentan di Dusun Ngrangkah yang dievakuasi ke Barak Barak Plosokerep Umbulharjo, Cangkringan sebanyak 10 jiwa terdiri dewasa dua orang, anak lima orang dan balita tiga orang. Semuanya ini masih dalam satu keluarga (KK)," katanya.

Kemudian untuk pengungsi dari Dusun Kalitengah Lor yang sebelumnya dievakuasi ke Barak Gedung PNPM Kelurahan Glagaharjo, Cangkringan sebanyak 41 jiwa yang terdiri lansia laki-laki lima orang dan perempuan 19 orang, dewasa laki-laki 12 orang dan perempuan sembilan orang, anak laki-laki dua orang dan balita laki-laki dan perempuan masing-masing satu orang.

"Namun pada pagi hari ini jumlah pengungsi di barak Glagaharjo tinggal lima jiwa, sedangkan yang lainnya sudah pulang kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Makwan mengatakan, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak Gunung Merapi. "Semua aktivitas penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III untuk dihentikan. Kawasan Wisata di wilayah Sleman yang di tutup sementara; Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo dan Wisata Religi Turgo," katanya.

 

]]>
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko Warga menggunakan ponselnya di pengungsian Purwobinangun, Pakem, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (27/1/2021). Sekitar 150 warga Turgo lereng Gunung Merapi mengungsi ke barak pengungsian Purwobinangun menyusul terjadinya erupsi Gunung Merapi sejauh 3 km yang mengarah ke barat daya pada pukul 12.53 WIB.
Syariat Kepemilikan Tubuh Manusia dan Larangan Bunuh Diri https://www.republika.co.id/berita/qnmfsq430/syariat-kepemilikan-tubuh-manusia-dan-larangan-bunuh-diri https://www.republika.co.id/berita/qnmfsq430/syariat-kepemilikan-tubuh-manusia-dan-larangan-bunuh-diri Thu, 28 Jan 2021 09:11:00 +0700 Muhammad Hafil https://www.republika.co.id/berita/qnmfsq430/syariat-kepemilikan-tubuh-manusia-dan-larangan-bunuh-diri REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Terdapat hukum dan pendapat para ulama tentang manusia, kepemilikan tubuh manusia, hak atasnya, kuasa Allah, dan larangan bunuh diri. Haram hukumnya bagi manusia mendahului kuasa Allah.

Endy Estiwara dalam buku Fikih Kedokteran Kontemporer menjelaskan bahwa pendapat antara ulama diambil dari kaidah-kaidah fiqih. Pendapat mengenai ini seputar apakah fisik manusia itu dimiliki oleh manusia itu sendiri ataukah manusia hanya sebagai pemegang amanah yang diberi wasiat untuk menjaga badan? Juga apakah badan manusia itu adalah hak manusia ataukah hak Allah, hak bersama, dan siapa yang lebih dominan jika itu hak bersama?

Kemudian disebutkan pula bahwa apakah kepemilikan itu seperti kepemilikan harta dan perhiasan? Di mana terkandung di dalamnya hak kepemilikan absolut untuk memperjual-belikan, atau menghibahkan, atau mendonasikannya kepada pihak lain. Untuk itu apabila kepemilikan adalah sepadan dengan hal tersebut, maka pengelolaannya harus dilandasi maslahat dan tidak boleh mubazir.

Namun apabila tubuh itu sendiri adalah hak Allah, maka apakah hak Allah itu berupa sifat pengabdian kepada-Nya? Sedangkan hak hamba adalah hanya menggunakan, menikmati, dan memanfaatkan. Meskipun secara literal bahwa tubuh manusia merupakan gabungan antara hak Allah dengan hak manusia, namun sesungguhnya gugurnya hak hamba tidak berarti gugurnya hak Allah

Sebab hak Allah merupakan tujuan sejati dengan diciptakannya umat manusia. Allah berfirman dalam Alquran Surah Adz-Dzariyat ayat 56: “Wa maa khalaqtul-jinna wal-insa illa liya’budun,”. Yang artinya: “Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi kepada-Ku,”.

Adapun dari sisi kepemilikan seseorang terhadap tubuhnya sendiri, Hasan Ali Syadzili mengatakan: “Kepemilikan yang hakiki ialah milik Allah Yang Mahamemiliki. Dia Pencipta semua zat dan semua karakter, maka tidak ada pemilik yang sebenar-benarnya kecuali Allah,”.

Imam As-Syatibi pun berpendapat: “Para ulama berpendapat bahwa sesungguhnya setiap individu atau secara umum setiap benda tidak ada yang memiliki kecuali Allah SWT. Dan bahwasannya yang dimaksud dengan kepemilikan secara syar’I adalah sekadar memanfaatkan diri. Ini karena memanfaatkan fisik adalah kembali kepada hamba yang bersangkutan atas dasar kemaslahatan, dan bukan semata kepada fisiknya,”.

Hal ini dilandasi dengan dalil dalam sebuah hadis. Ibnu Abbas meriwayatkan, ia berkata: “Kaana Rasulullahi SAW idza ba’atsa juyusyahu qala: ukhruju bismillahi ta’ala tuqaatiluna fi sabilillahi man kafara billahi, laa taghdiruu wa laa taghluu wa laa tumatsiluu wa laa taqtulul-wildan ashaaba as-shawaami’I,”.

Ibnu Abbas meriwayatkan hadis yang artinya: “Apabila Rasulullah mengirim pasukan-pasukannya, beliau bersabda: ‘berangkatlah kalian dengan nama Allah untuk berperang di jalan Allah, jangan desersi, jangan melampaui batas, jangan tamatsul (yaitu pemenggalan tangan dan kaki musuh secara bersilangan. Misalnya memotong tangan kanan dan kaki kiri, atau tangan kiri dengan tangan kanan), serta jangan membunuh anak-anak dan para biarawan serta biarawati,”.

Atas dasar itulah, dijelaskan bahwa Allah mengharamkan bagi manusia untuk mencampakkan diri mereka sendiri ke dalam kebinasaan. Karena hal yang demikian itu akan meyebabkannya diazab dengan azab yang sangat pedih. Sebab diriwayatkan bahwa di masa lalu, Nabi bersabda: “Kaana mimman kaana qablakum rajulun bihi jarhun fajaza-a fa-akhadza sakkinan, fajazza biha yadahu, fama raqa-a ad-damu hatta maata qalallahu ta’ala: baadaraniy abdi binafsih, harramtu alaihi al-jannata,”.

Yang artinya: “Pernah terjadi di masa lalu, seseorang mengalami luka lalu dia mengambil pisau dan dia memotong tangannya sendiri akibat luka tersebut. Maka darah pun mengucur deras hingga menyebabkannya meninggal dunia. Allah pun berfirman: ‘hamba-Ku telah mendahului (ketetapan-Ku) dengan bunuh diri, maka Aku pun mengharamkan surga baginya,”.
 

]]>
Republika/Mardiah Syariat Kepemilikan Tubuh Manusia dan Larangan Bunuh Diri. Foto: Ilustrasi bunuh diri
Thomas Tuchel Jadikan Erling Haaland Target Prioritas https://www.republika.co.id/berita/qnme2n456/thomas-tuchel-jadikan-erling-haaland-target-prioritas https://www.republika.co.id/berita/qnme2n456/thomas-tuchel-jadikan-erling-haaland-target-prioritas Thu, 28 Jan 2021 09:10:00 +0700 Gilang Akbar Prambadi https://www.republika.co.id/berita/qnme2n456/thomas-tuchel-jadikan-erling-haaland-target-prioritas REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea Thomas Tuchel dilaporkan akan menjadikan striker Borussia Dortmund Erling Braut Haaland sebagai target transfer prioritas pada jendela transfer musim panas. Tuchel dikukuhkan menjadi pelatih The Blues sesaat setelah Chelsea memecat Frank Lampard.

Dilansir dari Sportsmole, Kamis (28/1), pelatih 47 tahun tersebut bertekad membawa penyerang baru ke Stamford Bridge jelang kampanye musim 2021/2022. Dan Haaland dipandang sebagai target nomor satu untuk ditempatkan di sepertiga akhir lapangan.

Pemain 20 tahun tersebut dalam performa terbaik bersama Dortmund musim ini. Ia mencetak 21 gol dalam 19 penampilannya bersama tim di Bundesliga. Pemain Internasional Norwegia itu diburu banyak klub top Eropa dalam beberapa kali kesempatan jendela transfer.

Manchester United, Real Madrid dan Barcelona diantara klub yang mendapatkan tanda tangannya. Namun karena pentingnya sosok Haaland di skuad Dortmund kemungkinan dia tak akan dilepas musim panas ini. Kendati demikian sejumlah klub tetap memantau perkembangannya.

Chelsea sudah menghabiskan biaya lebih dari Rp 2 triliun untuk mendatangkan beberapa pemain top pada musim panas lalu. Harapannya skuad bisa bersaing di pentas Liga Inggris. Namun sebaliknya, penampilan Chelsea tak berkembang.

Mereka terlempar jauh dari empat besar. Klub pun tak tahan dengan kondisi tersebut dan terpaksa memecat Lampard. Rencana Tuchel merekrut Haaland yang diperkirakan akan menelan banyak biaya merupakan sebuah perjudian pelatih asal Jerman tersebut. Pasalnya bos Chelsea Roman Abramovich tak segan memecat pelatih

 

]]>
EPA/Clemens Bilan Bintang Borussia Dortmund, Erling Haaland merayakan gol ke gawang RB Leipzig pada laga lanjuta Bundesliga di Red Bull Arena, Ahad (10/1) dini hari WIB. Dortmund menang 3-1.
Gerakan Islam Sudan Diminta Dukung Rakyat https://www.republika.co.id/berita/qnmef8430/gerakan-islam-sudan-diminta-dukung-rakyat https://www.republika.co.id/berita/qnmef8430/gerakan-islam-sudan-diminta-dukung-rakyat Thu, 28 Jan 2021 09:09:00 +0700 Muhammad Hafil https://www.republika.co.id/berita/qnmef8430/gerakan-islam-sudan-diminta-dukung-rakyat IHRAM.CO.ID, KHARTUM -- Gerakan Islam Sudan diminta untuk kembali pada jati dirinya untuk mendukung rakyat Sudan. Hal itu sebagaimana disampaikan politikus senior Sudan yang juga mantan Menteri Luar Negeri Sudan, Ali Ahmed Karti.

"Mari kita bangkit untuk mendukung kebenaran, menghapus kebohongan dan mereformasi negara dan rakyatnya. Biarkan tangan Anda bersatu dalam melayani masyarakat, menjaga martabatnya, memenuhi kebutuhannya dan membantu rakyatnya sambil melestarikan warisan yang baik," kata Karti dalam pesan audio yang dikirim ke anggota Gerakan Islam Sudan yang beredar di media sosial seperti dilansir Middle East Monitor pada Kamis (28/1).

Pemerintah Sudan belum memberikan komentar berkaitan dengan pernyataan Karti. Gerakan Islam Sudan dianggap sebagai rujukan Partai Kongres Nasional yang berkuasa selama pemerintahan Presiden Omar Al-Bashir yang digulingkan. Pihak berwenang baru-baru ini banyak menangkap pemimpin gerakan tersebut.

Dalam pernyataan media sebelumnya, Gerakan Islam menuduh pemerintah transisi Sudan saat ini memasukkan elemen sekuler yang menjalankan agenda eksternal. Gerakan Islam Sudan juga  menyerukan perlunya menghentikan rezim saat ini, terutama setelah perjanjian normalisasi ditandatangani dengan Israel, dan pembatasan diberlakukan tentang gerakan Islam di negara ini.

Sejumlah pengamat Sudan menganggap pesan Karti sebagai seruan kepada anggota gerakan untuk meninggalkan pekerjaan politik dan kembali ke tugas sipil mereka yang merupakan pilihan strategis untuk menghadapi tekanan yang dihadapinya. 

]]>
Anadolu Agency Gerakan Islam Sudan Diminta Dukung Rakyat. Foto ilustrasi: Ribuan massa dari berbagai ormas Islam di Sudan sekaligus pendukung presiden terguling Omer Al-Bashir protes pencabutan hukum Islam.
Maroko Mulai Vaksinasi Massal Covid-19 https://www.republika.co.id/berita/qnmgmr459/maroko-mulai-vaksinasi-massal-covid19 https://www.republika.co.id/berita/qnmgmr459/maroko-mulai-vaksinasi-massal-covid19 Thu, 28 Jan 2021 09:08:51 +0700 Christiyaningsih https://www.republika.co.id/berita/qnmgmr459/maroko-mulai-vaksinasi-massal-covid19 REPUBLIKA.CO.ID, RABAT - Maroko pada Kamis (28/1) akan mulai menggelar program vaksinasi massal untuk menangani Covid-19. Demikian kata istana kerajaan. Kegiatan itu merupakan vaksinasi massal pertama di kawasan Afrika.

Negara Afrika Utara itu menerima dua juta dosis vaksin AstraZeneca, yang diproduksi oleh Serum Institute of India, serta 500 ribu dosis vaksin yang dibuat oleh Sinopharm China. Maroko mulai mendistribusikannya ke pusat-pusat vaksinasi di seluruh negeri awal pekan ini.

Istana mengatakan vaksin akan tersedia untuk semua orang Maroko yang berusia di atas 17 tahun. Akan tetapi staf kesehatan, keamanan, dan pengajar akan menerima suntikan pertama.

Orang dapat mendaftar melalui laman untuk mendapatkan vaksin, yang akan diberikan secara gratis di 3.000 lokasi di sekitar Maroko. Kedua vaksin itu adalah jenis konvensional yang hanya membutuhkan persyaratan penyimpanan biasa seperti yang telah digunakan di Maroko, bukan fasilitas ultradingin yang diperlukan untuk beberapa suntikan lainnya.

Pemerintah menandatangani kesepakatan dengan Sinopharm pada Agustus, yang melibatkan pelaksanaan uji klinis di Maroko, dan mengumumkan rencana untuk mendirikan pabrik produksi. Raja Mohammad VI dan Presiden China Xi Jinping juga telah membahas kerja sama vaksin. Maroko menyetujui kesepakatan pada September untuk membeli dosis vaksin AstraZeneca.

Maroko berencana untuk memvaksin 25 juta orang atau 80 persen populasinya dalam tiga bulan. Namun dengan meningkatnya persaingan global untuk mengamankan pasokan dosis vaksin, kemampuan negara untuk meluncurkan program nasional berskala luas bergantung pada aliran pasokan yang stabil, kata pejabat kementerian kesehatan.

Hingga Rabu (27/1), Maroko mencatat 468.383 kasus virus corona, termasuk 8.207 kematian, dengan 13.995 kasus masih aktif.

]]>
AP / Mosa'ab Elshamy Seorang pekerja memeriksa suhu orang yang akan sholat di masjid di Rabat, Maroko, Rabu (15/7/2020).
Wismoyo Arismunandar Meninggal, Olahraga Indonesia Berduka https://www.republika.co.id/berita/qnmgk3348/wismoyo-arismunandar-meninggal-olahraga-indonesia-berduka https://www.republika.co.id/berita/qnmgk3348/wismoyo-arismunandar-meninggal-olahraga-indonesia-berduka Thu, 28 Jan 2021 09:07:15 +0700 Israr Itah https://www.republika.co.id/berita/qnmgk3348/wismoyo-arismunandar-meninggal-olahraga-indonesia-berduka REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia olahraga Indonesia kehilangan salah satu tokoh terbaiknya. Mantan ketua umum KONI Pusat, Jendral (Purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia pada Kamis (28/1) pagi ini.

Berita berpulangnya, Jendral yang kerap memakai jam di tangan kanan ini, sejak pagi di sejumlah grup wartawan olahraga. Wismoyo dikabarkan meninggal pada pukul 04.29 WIB di RS Pondok Indah. Almarhum akan disinggahkan ke rumah duka di Jl Gempol no.10,  Bambu Apus, dishalatkan sejenak dan akan diberangkatkan ke Solo kira-kira pukul 11.00. 

Berita itu dibenarkan oleh Sesmenpora Gatot S Dewabroto. Sesmenpora menyampaikan ucapan duka cita dan kehilangan seorang tokoh olahraga yang berjasa bagi Indonesia.

"Turut berduka cita. Semoga almarhum Pak Wismoyo Arismunandar diterima di sisi-Nya. Beliau salah satu tokoh olahraga nasional yang sangat tinggi dedikasinya bagi prestasi dan peduli terhadap kesejahtetaan atlet Indonesia," kata Sesmenpora dalam pesannya kepada Republika.co.id.

Ungkapan Sesmenpora memang benar. Ketika KONI Pusat dibawah kepemimpinan Wismoyo selama dua periode 1995-1999 dan 1999-2003, prestasi olahraga Indonesia bersinar di dunia internasional.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini mempopulerkan Mars Patriot Olahraga di era kepemimpinannya.  Pada saat menjabat Ketua KONI, Wismoyo pernah mengembalikan kejayaan prestasi olahraga Indonesia pada SEA Games 1997 dan juga melahirkan program PRIMA, yakni pembinaan intensif pada atlet-atlet unggulan.

]]>
Dok Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar.
Innalillahi, KSAD ke-17 Jenderal Wismoyo Arismundar Wafat https://www.republika.co.id/berita/qnmgfc484/eminnalillahiem-ksad-ke17-jenderal-wismoyo-arismundar-wafat https://www.republika.co.id/berita/qnmgfc484/eminnalillahiem-ksad-ke17-jenderal-wismoyo-arismundar-wafat Thu, 28 Jan 2021 09:04:24 +0700 Erik Purnama Putra https://www.republika.co.id/berita/qnmgfc484/eminnalillahiem-ksad-ke17-jenderal-wismoyo-arismundar-wafat REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Innalilahi wainnalilahi rojiun. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-17 (6 April 1993-13 Februari 1995), Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar (80 tahun) wafat pada Kamis (28/10). Kabar itu dibenarkan oleh pengamat intelijen dan militer Susaningtyas Kertapati.

"Telah berpulang ke rakhmatullah Bapak Jendral TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar mantan KSAD. Semoga Almarhum husnul khotimah," kata Nuning saat dikonfirmasi Republika, Senin.

Menurut dia, almarhum adalah guru bagi mereka yang mencintai negeri ini dan turut menjaga marwah TNI. Nuning pun masih ingat nasihat Wismoyo, salah satunya agar ia menjadi manusia yang pandai mendengar. "Karena disitu letak kebesaran jiwamu! Jangan sombong, tidak ada surga bagi kalian dan mereka yang sombong! Cintailah negerimu seperti engkau mencintai dirimu sendiri!" kata Nuning.

Di mengaku, almarhum Wis selalu mendidik anak buah dan juniornya untuk bersemangat dengan bertepuk tangan. Dia menambahkan, dengan bertepuk tangan maka hal itu menandakan seseorang masih punya semangat hidup. Selama hidupnya, Wismoyo memang dikenal sebagai jenderal yang memakai jam tangan di tangan kanan.

"Pak Wis pun mengajarkan kita menghargai waktu dengan pengeling-eling memakai arloji di tangan kanan. Sugeng tindak Pak Wismoyo sebagai kusuma bangsa," ucap Nuning.

]]>
Dok Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-17, Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar.
Harry Maguire Akui MU Tampil Buruk Lawan Sheffield https://www.republika.co.id/berita/qnmg9c348/harry-maguire-akui-mu-tampil-buruk-lawan-sheffield https://www.republika.co.id/berita/qnmg9c348/harry-maguire-akui-mu-tampil-buruk-lawan-sheffield Thu, 28 Jan 2021 09:00:48 +0700 Israr Itah https://www.republika.co.id/berita/qnmg9c348/harry-maguire-akui-mu-tampil-buruk-lawan-sheffield REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kapten Manchester United (MU) Harry Maguire mengakui timnya tampil buruk saat melawan Sheffield United pada pekan ke-20 Liga Primer Inggris, Kamis (28/1) dini hari WIB. Bermain di Old Trafford, Maguire dan kawan-kawan dipermalukan tim juru kunci liga dengan skor 1-2. Gol tunggal Maguire tidak cukup untuk menandingi gol yang dicetak lawan oleh Kean Bryan dan Oliver Burke.

"(Performa kami) tidak cukup baik, kami tidak tampil dalam level biasanya. Kami tidak bermain dengan intensitas yang sesudahnya. Kami tidak menciptakan peluang yang cukup untuk memenangkan pertandingan," kata Maguire seperti dilansir Manchester Evening News, Kamis (28/1).

Maguire berpendapat, timnya sedang merasa percaya diri sebelum laga dimulai. Namun menurutnya, MU tumbang karena gol yang dilesakkan lawan dengan mudah. 

Alhasil, Sheffield berhasil memetik kemenangan keduanya sepanjang musim 2020/21. Sementara bagi MU, kekalahan mengakibatkan mereka gagal menyalip Manchester City di puncak klasemen sementara. 

Di sisi lain, Maguire merasa kecewa dengan kepemimpinan wasit Peter Bankes dalam pertandingan ini. Bankes menganulir gol Anthony Martial pada menit ke-29 akibat pelanggaran yang dilakukan Maguire. Ia mengungkapkan, rekan setimnya sangat kecewa di ruang ganti. 

Sementara gol Kean Bryan...

.

Sementara gol Kean Bryan, kata Maguire, lebih berbau pelanggaran, tapi wasit mengesahkannya. Menurutnya pemain Sheffield, Billy Sharp mendorong David de Gea dalam proses gol Bryan. 

"Tidak bisa dipercaya, tidak ada keraguan bahwa Billy Sharp lebih melakukan pelanggaran daripada saya. Mungkin orang-orang berpikir saya juga melanggar, tapi publik salah jika menilai yang dilakukan Sharp bukan sebuah kesalahan," kata dia menyesali.

MU masih berada di posisi kedua klasemen sementara dengan nilai 40. MU beruntung tak turun ke peringkat tiga karena Leicester City hanya bermain imbang 1-1 kontra Everton dalam pertandingan lainnya.

photo
Klasemen Liga Primer Inggris - (premierleague.com)
]]>
EPA-EFE/Laurence Griffiths Bek Manchester United (MU) Harry Maguire.
Asisten Pelatih Akui Lazio Buat Kesalahan Lawan Atalanta https://www.republika.co.id/berita/qnmfvm348/asisten-pelatih-akui-lazio-buat-kesalahan-lawan-atalanta https://www.republika.co.id/berita/qnmfvm348/asisten-pelatih-akui-lazio-buat-kesalahan-lawan-atalanta Thu, 28 Jan 2021 08:52:34 +0700 Israr Itah https://www.republika.co.id/berita/qnmfvm348/asisten-pelatih-akui-lazio-buat-kesalahan-lawan-atalanta REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten pelatih Lazio Massimiliano Farris mengakui timnya membuat kesalahan dalam kekalahan 2-3 pada perempat final Coppa Italia dari Atalanta. Padahal, tuan rumah bermain dengan 10 orang sejak awal babak kedua saat kedudukan masih 2-2 di Stadion Gewiss, Kamis (28/1) dini hari WIB.

"Kami jelas kecewa, karena kami memiliki permainan yang bagus, tertinggal dan membalikkan keadaan untuk memimpin 2-1," kata asisten Simone Inzaghi itu, dikutip dari Football Italia, Kamis (28/1).

"Kesalahan terbesar kami adalah tidak mengendalikan situasi saat kami memimpin dan tidak memanfaatkan pemain ekstra," jelasnya.

Skor 2-2 ketika Jose Luis Palomino mendapat kartu merah, tetapi Atalanta masih bisa mengembalikan keunggulan mereka lewat gol Aleksei Miranchuk. Atalanta juga mendapatkan penalti, tetapi Pepe Reina menyelamatkan sepakan 12 pas Duvan Zapata untuk menjaga agar pertandingan tetap terbuka.

"Kami kebobolan gol melalui serangan balik, itu kesalahan kami. Kemudian Atalanta membangun benteng di pertahanan dan kami tidak dapat menemukan jalan keluar," kata dia.

Kendati sulit menerima kekalahan tersebut, ia langsung mengalihkan fokus pada laga selanjutnya. "Kabar baiknya adalah kami memiliki kesempatan untuk menebusnya akhir pekan ini di Bergamo," ujarnya.

Lazio terlihat...

.

Lazio terlihat tidak memiliki determinasi dan energi yang sama seperti musim lalu. Farris mengatakan Liga Champions telah menghabiskan banyak tenaga mereka. 

"Sayangnya pertandingan-pertandingan itu terjadi selama periode ketika kami tidak memiliki opsi rotasi skuad yang tersedia," jelasnya.

"Kami berusaha untuk menghormati Coppa Italia dengan cara terbaik, kami berjuang keras hingga menit terakhir. Ada beberapa kesalahan yang tidak dapat disangkal, tapi kami memberikan semuanya," ujar dia.

]]>
EPA-EFE/PAOLO MAGNI Pemain Atalanta Berat Djimsiti (kiri) mencetak gol ke gawang Lazio di perempat final Coppa Italia.
BWA dan ISN Salurkan Bantuan Logistik Korban Banjir Kalsel https://www.republika.co.id/berita/qnmfv2374/bwa-dan-isn-salurkan-bantuan-logistik-korban-banjir-kalsel https://www.republika.co.id/berita/qnmfv2374/bwa-dan-isn-salurkan-bantuan-logistik-korban-banjir-kalsel Thu, 28 Jan 2021 08:52:14 +0700 Irwan Kelana https://www.republika.co.id/berita/qnmfv2374/bwa-dan-isn-salurkan-bantuan-logistik-korban-banjir-kalsel REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN – Badan Wakaf Alquran (BWA) yang merupakan lembaga wakaf dan kemanusiaan bersinergi dengan ISN (Islam Selamatkan Negeri) dalam mengantarkan dan menyalurkan bantuan untuk saudara saudara korban banjir di Kalimantan Selatan.

Kegiatan kemanusiaan ini berlangsung mulai Rabu (27/1)  sampai beberapa ke depan berpusat di posko induk relawan ISN , Desa Tanjung Pagar, Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Tim relawan BWA dan ISN menyiapkan 70 paket sembako dari donatur BWA untuk didistribusikan ke Desa Tanipah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Tengah. “Bantuan yang masuk ke desa tersebut masih minim dikarenakan bantuan yang masih terpusat di Kota Banjarmasin dan lokasi memang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat,” kata Novi Wahyudi, program executive BWA melalui rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia mengemukakan, dalam dua jam perjalanan menuju lokasi, terlihat kondisi pusat kota Banjarmasin yang berangsur pulih. Tak seperti minggu yang lalu, yang sempat lumpuh karena banjir.  

photo
Tim relawan BWA dan ISN menyiapkan 70 paket sembako dari donatur BWA untuk didistribusikan ke Desa Tanipah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala.  (Foto: Dok BWA)

Namun, ia menambahkan, curah hujan yang cukup tinggi membuat beberapa ruas jalan menuju Desa Tanipah kembali tergenang. Parahnya genagan air bisa mencapai lutut orang dewasa, tak sedikit juga kendaraan roda dua yang mengalami kerusakan mesin karena terendam air.

“Ketinggian air hampir menutupi lampu mobil sehingga mobil pick up yang kami bawa hanya bisa masuk sampai tepi sungai di Desa Tanipah, tepatnya di depan Masjid Darul Aman, Desa Bangkit Baru. Hal itu karena akses jalan  teputus oleh luapan sungai dan perjalanan mengantarkan bantuan sembako harus dilanjutkan dengan menggunakan sampan dan perahu karet,” ujarnya.

Alhamdulillah setelah melalui perjalanan yang tidak mudah dan menantang, akhirnya tim relawan BWA dan ISN berhasil mencapai lokasi menjelang Maghrib dan lansung membagikan bantuan sembako ke warga Desa Tanipah.

Saat ini, kata dia,  sebagian besar warga desa masih bertahan di rumah dan kondisi banjir di lokasi Desa Tanipah sudah mulai surut. Hanya saja,  mengingat curah hujan masih tinggi, tentu membuat warga desa khawatir akan adanya banjir kembali.

“Mari kita doakan saudara saudara kita yang saat ini tertimpa musibah agar segera diberikan solusi dalam menghadapi musibah ini. Kita doakan juga para relawan kemanusiaan diberikan kesehatan, kekuatan dan kerendahan hati dalam mengawal bantuan ke lokasi bencana dan memastikan sampai ke penerima manfaat,” kata Wahyu, panggilan akrabnya.

Atas nama BWA, Wahyu mengucapkan terima kasih kepada para donator. “Alhamdulillah bantuan logistik sudah kami sampaikan dan diterima oleh para korban banjir hari ini.  Semoga donasi dari donatur yang diamanahkan melalui BWA diganti oleh Allah dengan pahala yang melimpah, aamiin,” tutup Wahyu.

]]>
Dok BWA BWA bersinergi dengan Islam Selamatkan Negeri (ISN) menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel).
In Picture: OJK Mengeluarkan Izin Penggabungan Bank Syariah https://www.republika.co.id/berita/qnmfs8283/ojk-mengeluarkan-izin-penggabungan-bank-syariah https://www.republika.co.id/berita/qnmfs8283/ojk-mengeluarkan-izin-penggabungan-bank-syariah Thu, 28 Jan 2021 08:50:32 +0700 Mohamad Amin Madani https://www.republika.co.id/berita/qnmfs8283/ojk-mengeluarkan-izin-penggabungan-bank-syariah REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekerja menutup logo bertuliskan Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu (27/1/2021). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan izin penggabungan usaha tiga bank syariah milik BUMN. 

Baca selengkapnya di Republika.co.id.

]]>
Pekerja menutup logo bertuliskan Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu (27/1/2021). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan izin penggabungan usaha tiga bank syariah milik BUMN. Antara/Wahyu Putro A
Pekerja menutup logo bertuliskan Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu (27/1/2021). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan izin penggabungan usaha tiga bank syariah milik BUMN. Antara/Wahyu Putro A
Pekerja menutup logo bertuliskan Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu (27/1/2021). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan izin penggabungan usaha tiga bank syariah milik BUMN. Antara/Wahyu Putro A
Pekerja menutup logo bertuliskan Bank Syariah Indonesia di Jakarta, Rabu (27/1/2021). Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi mengeluarkan izin penggabungan usaha tiga bank syariah milik BUMN. Antara/Wahyu Putro A
Berulah Lagi! Tentara Israel Hancurkan Masjid di Hebron https://www.republika.co.id/berita/qnmeb2430/berulah-lagi-tentara-israel-hancurkan-masjid-di-hebron https://www.republika.co.id/berita/qnmeb2430/berulah-lagi-tentara-israel-hancurkan-masjid-di-hebron Thu, 28 Jan 2021 08:47:00 +0700 Muhammad Hafil https://www.republika.co.id/berita/qnmeb2430/berulah-lagi-tentara-israel-hancurkan-masjid-di-hebron REPUBLIKA.CO.ID, HEBRON – Pasukan Israel kembali berulah, kali ini mereka menghancurkan sebuah masjid di komunitas Badui di Azwadeen, timur kota Yatta, selatan Hebron, Rabu (27/1) pagi, menurut seorang aktivis lokal.

Dilansir di International Middle East Media Center, Kamis (28/1), Koordinator Komite Perlindungan dan Keteguhan, Fuad al-'Amour, mengatakan bahwa pasukan Israel mengawal buldoser ke Khirbet Umm Qassa di komunitas Badui Azwadeen. Di tempat yang disebut Lereng Timur, tempat alat berat diparkir, Israel merobohkan masjid dan dengan sekejap mengubahnya menjadi puing-puing.

Penghancuran itu dilakukan kurang dari dua pekan setelah tentara memasang pemberitahuan pembongkaran terhadap masjid dan sekolah setempat, yang melayani 50 siswa dari tiga komunitas terpinggirkan. Israel berdalih masjid yang dibangun konon dibangun tanpa izin.

Sementara itu, tentara menyita unit kesehatan lembaran timah di dusun Khirbet al-Rakiz di Masafer Yatta. Masafer Yatta adalah kumpulan dari hampir 19 dusun yang sangat bergantung pada peternakan sebagai sumber mata pencaharian utama.

Terletak di Area C Tepi Barat, di bawah kendali penuh administrasi dan militer Israel, daerah tersebut telah berulang kali menjadi sasaran pelanggaran Israel oleh para pemukim dan tentara yang menargetkan sumber hidup utama mereka ternak.

Itu telah ditetapkan sebagai zona militer Israel tertutup untuk pelatihan sejak 1980-an dan karenanya disebut sebagai Zona Tembak 918. Pelanggaran Israel terhadap daerah tersebut termasuk pembongkaran kandang hewan, rumah, dan bangunan tempat tinggal. Penerbitan izin konstruksi oleh Israel untuk warga Palestina lokal di daerah tersebut tidak ada.
 

]]>
albaath.news.sy Berulah Lagi! Tentara Israel Hancurkan Masjid di Hebron. Foto: Masjid yang dihancurkan Israel
Piala Eropa 2020 Tetap Digelar di 12 Kota https://www.republika.co.id/berita/qnmfh0348/piala-eropa-2020-tetap-digelar-di-12-kota https://www.republika.co.id/berita/qnmfh0348/piala-eropa-2020-tetap-digelar-di-12-kota Thu, 28 Jan 2021 08:43:48 +0700 Israr Itah https://www.republika.co.id/berita/qnmfh0348/piala-eropa-2020-tetap-digelar-di-12-kota REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden UEFA Aleksander Ceferin menegaskan Euro 2020 yang diundur ke tahun ini karena pandemi Covid-19 tetap digelar di 12 kota tuan rumah sesuai rencana awal. Ceferin juga menyatakan optimismenya bahwa ketika Euro dimulai pada 11 Juni 2021, penonton sudah mulai diizinkan kembali mengisi tribun stadion.

"Saya optimistis keadaan akan sangat berbeda terkait penyebaran virus ini sementara kita semua semakin dekat dengan penyelenggaraan turnamen," kata Ceferin seperti dikutip Reuters, Kamis (28/1) dini hari WIB.

"Penting bagi kami untuk memberikan waktu sebanyak mungkin bagi pemerintah negara dan kota-kota tuan rumah untuk memformulasi gambaran akurat tentang apa yang akan terjadi pada Juni dan Juli nanti," sambung dia.

Pernyataan Ceferin itu muncul hanya sepekan setelah pekan lalu CEO Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenige mengklaim ada wacana mengubah format Piala Eropa 2020 hanya digelar di satu negara karena pandemi Covid-19.

Sebanyak 12 kota yang sudah terpilih menjadi tuan rumah adalah London di Inggris, Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Baku (Azerbaijan), Saint Petersburg (Rusia), Budapest (Hongaria), Bucharest (Rumania), Amsterdam (Belanda), Bilbao (Spanyol), Glasgow (Skotlandia), Dublin (Republik Irlandia) dan Kopenhagen (Denmark).

London dengan Stadion Wembley-nya menjadi lokasi tempat pertandingan semifinal dan final.

"Penonton adalah bagian besar yang membuat sepak bola sangat spesial. Kita harus bisa mendapat ruang maksimal untuk mendapat izin mereka kembali ke stadion," ujar Ceferin.

UEFA juga menyatakan kota-kota penyelenggara diberi tenggat hingga awal April untuk mengajukan rencana mengakomodasi penonton ke stadion.

 

]]>
eufa UEFA masih jadwalkan Euro 2020 di 12 kota.
Periksa Staf Istri Edhy Prabowo, KPK Dalami Aliran Uang https://www.republika.co.id/berita/qnmfc2484/periksa-staf-istri-edhy-prabowo-kpk-dalami-aliran-uang https://www.republika.co.id/berita/qnmfc2484/periksa-staf-istri-edhy-prabowo-kpk-dalami-aliran-uang Thu, 28 Jan 2021 08:40:50 +0700 Erik Purnama Putra https://www.republika.co.id/berita/qnmfc2484/periksa-staf-istri-edhy-prabowo-kpk-dalami-aliran-uang REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan terus mengusut dan mengembangkan kasus dugaan suap izin ekspor benih bening lobster atau benur yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan enam orang lainnya. Dalam pengembangan penyidikan kasus tersebut, KPK berusaha mengumpulkan bukti tindak pidana lain.

Pada Rabu (27/1), penyidik meminta keterangan kepada Alayk Mubarrok, yang merupakan salah seorang tenaga ahli anggota Komisi V DPR Iis Rosita Dewi. Iis yang merupakan anggota Fraksi Gerindra DPR merupakan istri Edhy Prabowo. Diduga kuat, Iis turut menikmati aliran dana terkait suap izin ekspor benih bening lobster atau benur.

"Dikonfirmasi terkait posisi yang bersangkutan sebagai salah satu tenaga Ahli dari istri tersangka EP (Edhy Prabowo) yang diduga mengetahui aliran uang yang diterima oleh tersangka EP dan tersangka AM (Amiril Mukminin) yang kemudian diduga ada penyerahan uang yang diterima oleh istri tersangka EP melalui saksi ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Jubir KPK Ali Fikri, Rabu.

Dalam kasus itu, KPK menetapkan tujuh tersangka terkait penetapan perizinan ekspor benih lobster pada Rabu (25/11) malam WIB. Tujuh tersangka itu terdiri seorang tersangka pemberi dan enam tersangka penerima. Tersangka penerima, yaitu Edhy Prabowo (EP), Staf Khusus Menteri Safri (SAF), Staf Khusus Menteri Andreau Pribadi Misata (APM), Amiril Mukminin (AM) selaku sekretaris pribadi Edhy.

Berikutnya, pengurus PT Aero Citra Kargo (ACK) Siswadi (SWD), staf istri Menteri Kelautan dan Perikanan Ainul Faqih (AF). Tersangka pemberi, yakni Direktur PT Dua Putra Perkasa (DPP) Suharjito (SJT).

Para tersangka penerima dijerat melanggar Pasal 12 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sementara tersangka pemberi disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Dalam Ardian
KPK juga terus mendalami partisipasi aktif tersangka Ardian Iskandar Maddanatja (AIM) dari unsur swasta dalam proses pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020 di Kementerian Sosial (Kemensos).

Pada Rabu, KPK memeriksa Ardian yang juga Presiden Direktur PT Tigapilar Agro Utama itu sebagai tersangka kasus suap pengadaan bansos untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020. PT Tigapilar Agro Utama juga menjadi salah satu distributor bansos di Kemensos untuk wilayah Jabodetabek.

"Tim Penyidik KPK masih terus mendalami partisipasi aktif tersangka AIM dalam proses pengadaan bansos untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020 di Kemensos sekaligus dugaan rincian pemberian sejumlah uang kepada tersangka MJS (Matheus Joko Santoso) dan kawan-kawan," kata Ali Fikri.

Selain itu, KPK juga memeriksa tiga saksi dalam penyidikan untuk tersangka mantan Mensos Juliari Peter Batubara (JPB) dan kawan-kawan, yakni Eko Budi Santoso yang merupakan mantan ajudan Juliari, Direktur PT Integra Padma Mandiri Budi Pamungkas, dan Indah Budi Safitri dari unsur swasta.

"Eko Budi Santoso, didalami pengetahuannya terkait peran dan arahan khusus tersangka JPB saat menjabat selaku Mensos dalam pengadaan bansos untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020 di Kemensos," ucap Ali.

Sementara saksi Budi Pamungkas dikonfirmasi terkait keikutsertaan perusahaan saksi sebagai salah satu penyedia paket bansos serta teknis pembayaran atas kerja sama dalam pengadaan bansos untuk wilayah JabodetabekTahun 2020 di Kemensos.

"Indah Budi Safitri, yang bersangkutan hadir untuk menyerahkan berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini," tuturnya.

Selain Ardian dan Juliari, KPK juga telah menetapkan tiga tersangka lainnya, yaitu dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kemensos Matheus Joko Santoso (MJS) dan Adi Wahyono (AW) serta Harry Van Sidabukke (HS) dari unsur swasta.

Juliari diduga menerima suap senilai Rp 17 miliar dari fee pengadaan bansos sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Jabodetabek.

]]>
Antara/Muhammad Adimadja Pekerja membersihkan logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (5/2).