Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Sat, 24 Jul 2021 08:43:32 +0700 https://www.republika.co.id/ id hourly 1 https://static.republika.co.id/files/images/logo.png Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id PKB Harus Menang Pemilu 2024 dan Raih 100 Kursi Parlemen https://www.ihram.co.id/berita/qwq7gk385/pkb-harus-menang-pemilu-2024-dan-raih-100-kursi-parlemen https://www.ihram.co.id/berita/qwq7gk385/pkb-harus-menang-pemilu-2024-dan-raih-100-kursi-parlemen Sat, 24 Jul 2021 08:43:32 +0700 Muhammad Subarkah https://www.ihram.co.id/berita/qwq7gk385/pkb-harus-menang-pemilu-2024-dan-raih-100-kursi-parlemen IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menetapkan target tinggi dalam Pemilu 2024. Dalam peringatan hari (Harlah) partai ini ke 23, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan target tersebut.

"PKB saat ini menjadi partai pengelola Pemerintahan yang miliki dua sisi yaitu Pertama, PKB miliki tanggung jawab dan diuji oleh rakyat dengan menelorkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Sisi lain, jika Pemerintahan ini gagal maka posisi PKB bisa termasuk jadi partai yang gagal, oleh karena itu pandai-pandailah kita berperan," kata Muhaimin Iskandar, dalam acaa Harlah PKB tersebut, di Jakarta, (23/7).

Dengan demikian, lanjut Muhaimin, salah satu hal krusial saat ini dalam situasi politik ke depan adalah soal penangan pandemi Covid-19. Maka jika ingin sukses di ajang politik tersebut, PKB yang berada dalam pemerintahan harus ikut menyukseskan penanganan Covid-19.

"Mau tidak mau PKB harus sukses pula di dalam menangani Pandemi Covid-19 meski secara politik belum signifikan. Namun di sisi lain, PKB harus jadi penyeimbang dan solusi."Contohnya, vaksinasi ini. Keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan. Kebijakan Pemerintah harus libatkan seluruh arah. PKB harus terlibat. Ini taruhan bila kita ingin menang pemilu dan mempnyai wakil 100 kursi anggota parlemen," katanya.

Selama 23 tahun, PKB telah mewarnai sistem demokrasi Indonesia. Artinya semakin dekat untuk lakukan evaluasi sistem demokrasi pada 25 tahun perjalanan PKB. "Kita tambal yang keropos. Kita ubah menjadi perbaikan dan penyempurnaan sistem demokrasi kita," kata Muhaimin.

Pada momentum ini, PKB bakal terus perkuat dan perbanyak kader-kader PKB yang militan dan tangguh yang siap untuk isi jabatan publik. Kapasitas dan kemampuan kader PKB di usia ke-23 tahun ini mutlak harus dilakukan, perubahan etos dan mental agar politisi PKB siap hadapi seluruh perubahan dan tantangan seluruh zaman.

"Olehnya persiapkan diri Anda untuk hadapi tantang dan era yang benar-benar berubah dan sulit. PKB harus menang di Pemilu 2024 dengan Raihan minimal 100 kursi. PKB Menang Indonesia Maju, PKB Menang Indonesia sejahtera," tandasnya.

Terkait Harlah PKB, Muhaimin Iskandar mengungkapkan rasa syukur, bahagia dan bangga jika hari ini bertepatan 23 tahun PKB berkiprah, mengabdi dan melayani Indonesia. Dia berterima kasih atas jasa para deklarator partai yakni para ulama dan kiai, terutama Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (NU) seperti KH Ilyas Ruhiat, KH Abdurrahman Wahid, KH Mustofa Bisri, KH Munasir Ali, KH Muchit Muzadi, termasuk yg ikut membantu di antaranya KH Dimyati Rois, KH Said Aqil Siradj.

"Para Deklarator PKB adalah orang-orang mulia dan tanpa pamrih, tanpa niat untuk dirinya. Partai ini dilahirkan dengan ketulusan dan komitmen serta cita-cita," kata Muhaimin.

Atas dasar ketulusan mereka itulah yang membuat PKB tumbuh dan kuat secara natural dan murni dalam denyut perjuangan ke-Islam-an, Kebangsaan dan Keindonesiaan.''Maka PKB harus terus maju. PKB Menang Indonesia sejahtera," tandasnya.

]]>
rilis DPP PKB Muhaimin Iskandar dalam acara Harlah PKB ke 2 yang diselenggarakan secara virtual (23/7).
Luhut: Kasus Covid-19 Tiga Daerah Menurun https://www.republika.co.id/berita/qwq759328/luhut-kasus-covid19-tiga-daerah-menurun https://www.republika.co.id/berita/qwq759328/luhut-kasus-covid19-tiga-daerah-menurun Sat, 24 Jul 2021 08:36:45 +0700 Indira Rezkisari https://www.republika.co.id/berita/qwq759328/luhut-kasus-covid19-tiga-daerah-menurun REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut terjadi tren penurunan kasus Covid-19 yang signifikan di DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tingginya kematian akibat Covid-19 namun menjadi isu yang harus sangat diperhatikan.

"Saya minta pada teman-teman sekalian, meskipun ada penurunan dibandingkan dengan minggu pertama penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), tren penurunan mobilitas dan aktivitas tetap harus dipertahankan," kata Luhut, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (24/7).

Ia mengatakan tren penurunan kasus itu terjadi sejak minggu pertama PPKM. Luhut yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali itu, mengungkapkan upaya mempertahankan penurunan mobilitas dan aktivitas akan mendorong penurunan kasus.

Hal tersebut didasari pada variabel laju transmisi kasus, respons kesehatan, dan kondisi sosiologis masyarakat. Oleh karena itu, dia meminta semua kepala daerah di wilayah Jawa dan Bali untuk terus memperketat dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai protokol kesehatan.

Ia memaparkan tren penurunan indeks komposit yang signifikan pada wilayah DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Ia mengklaim sebagian besar wilayah telah melewati puncak kasus dan mulai mengarah ke penurunan.

Namun ia mengkhawatirkan tingginya angka kematian yang masih harus diwaspadai. "Terkait Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, saya minta buatkan laporan khusus penyebab tingginya angka kematian, berikan juga usulan upaya untuk menurunkan angka kematian tersebut," katanya.

Pasien isoman
Selain pelaksanaan PPKM, Luhut juga menyoroti penanganan pasien yang melakukan isolasi mandiri yang perlu lebih mendapatkan perhatian. "Saya kira penanganan pasien yang isolasi mandiri itu perlu diperhatikan, karena pada umumnya yang dibawa ke rumah sakit itu sudah pada level yang parah," katanya.

Merespons hal itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan berdasarkan laporan yang diperolehnya melalui kontak telepon dengan beberapa dokter perawat pasien Covid-19, pasien yang dibawa ke rumah sakit memang umumnya sudah dalam kondisi parah. "Pasien yang tidak tertolong itu umumnya masuk RS sudah terlambat, saturasi oksigennya hanya 70 atau 80," katanya.

Padahal, masa inkubasi dan masa sakit penderita varian Delta relatif cepat. Terkait dengan hal ini, dirinya akan berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk melengkapi fasilitas oximeter.

"Jadi kalau saturasinya masih di atas 94 itu masih aman untuk melakukan isoman di rumah dengan catatan tidak bergejala. Tetapi kalau bergejala dan saturasinya di bawah 94 harus segera dirawat di lokasi isoter (isolasi terpadu) atau RS yang memiliki fasilitas alkes dan nakes," katanya.

Terkait dengan pasien isoman, Luhut memerintahkan Panglima TNI untuk mengoordinasikan kegiatan pengetesan dan penelusuran kasus yang akan dimulai pada Senin (26/7) di tujuh wilayah aglomerasi se-Jawa dan Bali. Targetnya, minimal pengetesan dan pelacakan dilakukan kepada delapan kontak erat per pasien yang dicapai dalam dua minggu ke depan.

"Kalau bisa, TNI segerakan proses 'testing' (pengetesan), agar kita bisa membawa penderita ketika saturasi masih di atas 80 sehingga mereka masih bisa tertolong," kata dia.



]]>
Dok Kemenko Marinves Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan temukan penurunan kasus Covid-19 di DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Greysia Polii/Apriyani Raih Poin Pertama di Olimpiade https://www.republika.co.id/berita/qwq73j348/greysia-poliiapriyani-raih-poin-pertama-di-olimpiade https://www.republika.co.id/berita/qwq73j348/greysia-poliiapriyani-raih-poin-pertama-di-olimpiade Sat, 24 Jul 2021 08:35:43 +0700 Israr Itah https://www.republika.co.id/berita/qwq73j348/greysia-poliiapriyani-raih-poin-pertama-di-olimpiade REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Ganda Putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil meraih poin pertama pada pertandingan Grup A ganda putri bulu tangkis Olimpiade Tokyo. Greysia/Apriyani mengalahkan pasangan Malaysia, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean dengan straight game 21-14 dan 21-17, di di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo, Sabtu (24/7) pagi WIB. 

Ganda Malaysia langsung tancap gas di set pertama dengan unggul 2-0. Sementara Indonesia cenderung tampil lebih hati-hati. Ini membuat pasangan Chow/Lee terus memimpin hingga 7-3.

Namun, kehati-hatian Greysia/Apriyani justru berbuah manis ketika berhasil mengejar ketertinggalan perlahan hingga unggul di interval gim pertama. Malaysia sempat mengejar sedikit demi sedikit, namun Greysia/Apriyani terus mendominasi hingga menyudahi gim pertama dengan 21-14. 

Di gim kedua, giliran Indonesia yang langsung memimpin. Kali ini Greysia Polii yang lebih banyak melakukan smash keras ke wilayah Malaysia. Kejar-mengejar poin terjadi di awal gim kedua sehingga Malaysia sukses unggul di interval kedua dengan skor tipis 11-10. 

Indonesia yang sempat tertinggal mampu bangkit dengan terus-menerus melancarkan smash jauh ke sisi lapangan. Greysia sempat menurunkan temponya sehingga Malaysia perlahan mengejar skor. 

Meski demikian, Greysia/Apriyani mampu mempertahankan keunggulan dan menyelesaikan gim dengan 21-17.  Greysia/Apriyani akan menghadapi pasangan Inggris Chloe Birch/Lauren Smith pada laga selanjutnya Senin (26/7) dan meladeni ganda Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada gim terakhir Grup A, Selasa (27/7).

 

]]>
Antara/Aditya Pradana Putra Greysia Polii (kanan) dan Apriyani Rahayu (ilustrasi)
Khamenei Minta Pemerintah Iran Selesaikan Krisis Air https://www.republika.co.id/berita/qwq63y459/khamenei-minta-pemerintah-iran-selesaikan-krisis-air https://www.republika.co.id/berita/qwq63y459/khamenei-minta-pemerintah-iran-selesaikan-krisis-air Sat, 24 Jul 2021 08:35:00 +0700 Christiyaningsih https://www.republika.co.id/berita/qwq63y459/khamenei-minta-pemerintah-iran-selesaikan-krisis-air REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Seyyed Ali Khamenei meminta pemerintah yang akan datang untuk melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan krisis air di provinsi barat daya Khuzestan, Jumat (23/7). Dia mengatakan masalah kekurangan air adalah salah satu masalah mendesak di provinsi barat daya ini.

Khamenei menyinggung pejabat yang bertanggung jawab harus berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan masalah krisis air yang ada. "Orang-orang ini seharusnya tidak memiliki masalah dan jika masalah ini ditangani tepat waktu, situasi mengerikan seperti itu tidak akan terjadi," ujarnya.

Sehari sebelumnya dikutip dari kantor berita pemerintah Iran IRNA, Presiden Hassan Rouhani menekankan perlunya menghormati hak orang untuk memprotes kondisi kehidupan yang keras yang disebabkan oleh angin dan panas yang ekstrem. Rouhani memerintahkan Gubernur Jenderal provinsi Khuzestan, Qassem Soleimani Dashtaki, dalam panggilan telepon untuk menyelesaikan krisis air.

Rouhani meminta Dashtaki untuk menggunakan segala kewenangannya untuk memobilisasi fasilitas guna menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh orang-orang yang tinggal di provinsi barat daya ini dengan cepat. Dia mendengarkan laporan pejabat tentang situasi di provinsi dan langkah-langkah yang diambil untuk memecahkan masalah baru-baru ini.

Hasil laporan itu menunjukkan kesulitan yang dialami orang dalam kekurangan air di suhu setinggi 50 derajat sehingga hak bagi orang untuk memprotes situasi saat ini. Pemerintahnya mendengar suara dan protes mereka dan melakukan yang terbaik untuk memecahkan masalah kekurangan air dengan sangat cepat.

Rouhani mengatakan masalah saat ini disebabkan oleh kekeringan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Iran dan akumulasi masalah yang tersisa dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan kondisi itu, dia mendesak pemerintah provinsi untuk merespons dengan cepat kepada rakyat dan menjelaskan alasan situasi tersebut kepada mereka dengan cara yang sepenuhnya transparan dan akurat.

Telah muncul protes di beberapa kota provinsi Khuzestan dalam beberapa hari terakhir. Kondisi ini didorong karena kurangnya air di tengah panas yang ekstrem.

]]>
EPA-EFE/SUPREME LEADER OFFICE Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei
Pernyataan Elon Musk Dongkrak Harga Ethereum https://www.republika.co.id/berita/qwq6jy328/pernyataan-elon-musk-dongkrak-harga-ethereum https://www.republika.co.id/berita/qwq6jy328/pernyataan-elon-musk-dongkrak-harga-ethereum Sat, 24 Jul 2021 08:23:58 +0700 Indira Rezkisari https://www.republika.co.id/berita/qwq6jy328/pernyataan-elon-musk-dongkrak-harga-ethereum REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO Tesla dan Space X mengungkapkan kepemilikan Ethereum secara pribadi. Hal ini menjawab pertanyaan yang mengira dirinya hanya berinvestasi Bitcoin dan Dogecoin (DOGE).

Pernyataan tersebut  membuat harga Ethereum naik sekitar 12 persen dalam satu hari. Elon Musk menyatakan hal itu di The B Word Conference, Rabu (21/7) waktu setempat. Acara tersebut diselenggarakan oleh Crypto Council for Innovation. Ada beberapa pembicara lainya, salah satunya adalah CEO Twitter dan Square Inc. Jack Dorsey.

Menanggapi hal ini, CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan Elon Musk selama ini dikenal memiliki DOGE dan hanya Bitcoin. Namun, dalam acara itu, terungkap Elon Musk memiliki Ethereum secara pribadi.

“Karena perkataannya itu, harga Ethereum naik 12 persen dalam satu hari. Tidak hanya Ethereum, bahkan Bitcoin dan DOGE juga tercatat naik sekitar 10 persen dan 20 persen pada waktu yang sama,” ujarnya kepada Republika, Sabtu (24/7).

Tak hanya soal kepemilikan Ethereum secara pribadi, Elon Musk juga telah mengungkapkan perusahaan miliknya Space X juga telah memiliki Bitcoin. Meski dia belum menyebutkan secara pasti beberapa totalnya. “Kabar Ini menambah daftar perusahaan atau konglomerat yang telah berinvestasi di Bitcoin,” kata Oscar.

Pada konferensi tersebut Elon membantah dia tidak pernah pump and dump harga aset kripto. Dia mengakui dia harus mendongkrak harga aset kripto saat harga turun, karena kehilangan banyak uang. Tetapi, Elon menyatakan tidak pernah menjual aset kripto yang dia miliki.

Elon Musk juga kembali menyatakan Tesla akan menerima pembayaran Bitcoin jika Bitcoin mampu menggunakan 50 persen energi terbarukan. Oscar menyebut hal ini tidak mustahil dan akan segera terjadi.

“Bitcoin sekarang makin mengarah ke energi hijau karena sumber listrik sekarang semakin mulai menggunakan sumber daya terbarukan di seluruh dunia. Bahkan Elon Musk juga percaya dan optimis penambangan Bitcoin bisa menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan,” kata Oscar.

Oscar Darmawan menyatakan momen-momen sekarang merupakan waktu yang tepat untuk orang-orang yang akan berinvestasi di aset kripto. Selain karena harga Bitcoin dan Ethereum sedang koreksi jadi bisa membeli pada harga lebih murah daripada awal tahun kemarin, Bitcoin dan Ethereum juga memiliki momentum naik kembali karena akan adanya upgrade dalam waktu dekat.

Ethereum akan upgrade Hard Fork London EIP-1559 pada 4 Agustus mendatang, upgrade tersebut akan membuat Ethereum semakin lebih efisien. Kemudian, Bitcoin akan melakukan upgrade Taproot yang mempermudah orang-orang untuk menggunakan Bitcoin smart contract.

“Karena upgrade dan inovasi teknologi ini, nantinya, akan semakin banyak orang menggunakan Bitcoin dan Ethereum dan juga aset kripto lain. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan Bitcoin dan Ethereum berpotensi meningkat dalam beberapa waktu ke depan,” jelas Oscar.


]]>
AP Photo/John Raoux CEO Tesla Elon Musk
ADB Sedia 80 Miliar Dolar AS Danai Program Perubahan Iklim https://www.republika.co.id/berita/qwq5we459/adb-sedia-80-miliar-dolar-as-danai-program-perubahan-iklim https://www.republika.co.id/berita/qwq5we459/adb-sedia-80-miliar-dolar-as-danai-program-perubahan-iklim Sat, 24 Jul 2021 08:12:00 +0700 Christiyaningsih https://www.republika.co.id/berita/qwq5we459/adb-sedia-80-miliar-dolar-as-danai-program-perubahan-iklim REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Asian Development Bank (ADB) menyediakan dana sebesar 80 miliar dolar AS secara kumulatif dari 2019 hingga 2030. Anggaran ini digunakan pembiayaan program perubahan iklim.

Presiden ADB Masatugu Asakawa mengatakan pihaknya berupaya membantu usaha negara-negara berkembang dalam melakukan transisi ke ekonomi hijau secara adil dan terjangkau. “ADB menargetkan untuk menyediakan setidaknya 80 miliar dolar AS untuk pembiayaan program perubahan iklim, dari 2019 sampai 2030, secara kumulatif,” ujarnya dalam keterangan resmi seperti dikutip Sabtu (24/7).

Menurutnya ADB akan meningkatkan investasi pada program adaptasi dan ketahanan terhadap perubahan iklim sebesar sembilan miliar dolar AS secara kumulatif dari 2019 sampai 2024. Tak hanya itu, Asakawa menyebut ADB mendorong program sponsor dari sektor swasta untuk mengambangkan Energy Transition Mechanism (ETM) di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Dia membayangkan ETM akan terdiri dari fasilitas yang mengatalisasi sumber pendanaan berdasarkan donor (sumbangan) dan filantropi. Asakawa lalu menyebut ETM sebagai metode yang berbasis pasar dan adil untuk mempercepat transisi dari pembangkit tenaga batu bara, serta memulai pertumbuhan penggunaan energi terbarukan.

“ETM memiliki potensi untuk membantu negara berkembang dalam mengurangi emisi gas rumah kaca mereka,” ucapnya.

]]>
Antara/Dhemas Reviyanto Deretan gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (19/5/2021). Berdasarkan hasil riset perusahaan konsultan Verisk Maplecroft, DKI Jakarta menduduki urutan pertama di dunia sebagai kota paling rentan terhadap risiko lingkungan yang dinilai dari kualitas udara dan air, tekanan panas, kelangkaan air, kerentanan terhadap perubahan iklim dan eksposur lanskap, populasi, ekonomi serta infrastruktur terhadap bahaya alam.
Penulis Man of Steel Buka Kemungkinan Sekuel Film https://www.republika.co.id/berita/qwq4zl328/penulis-man-of-steel-buka-kemungkinan-sekuel-film https://www.republika.co.id/berita/qwq4zl328/penulis-man-of-steel-buka-kemungkinan-sekuel-film Sat, 24 Jul 2021 08:02:00 +0700 Indira Rezkisari https://www.republika.co.id/berita/qwq4zl328/penulis-man-of-steel-buka-kemungkinan-sekuel-film REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film yang diadaptasi dari komik Amerika Serikat (AS) DC, Man of Steel, tayang perdana delapan tahun lalu. Film tersebut mengawali jagat sinema DC atau DC Extended Universe (DCEU) yang menghubungkan berbagai film pahlawan super DC lainnya.

Aktor Henry Cavill yang didapuk sebagai Superman tampak sempurna. Sehingga membuat banyak kritikus film mengira, Cavill akan terus membintangi karakter Clark Kent di banyak film DCEU lainnya. Termasuk berperan di sekuel Man of Steel.

Namun, setelah delapan tahun lamanya, sekuel film ini tak kunjung muncul. Itu artinya, mungkin, tidak akan ada sekuel film ini.

Salah satu penulis naskah Man of Steel, David S Goyer, yang ikut menulis Man of Steel bersama Christopher Nolan, kini telah mengakui bahwa ada urusan yang belum selesai dengan cerita film tersebut. Dia bahkan mendengar rumor tentang kemungkinan sekuel.

"Saya kira (masih ada urusan yang belum selesai). Saya tidak terlibat di dalamnya sekarang. Saya pernah mendengar desas-desus yang sama dengan yang Anda dengar, tetapi saya tidak terlibat,” ujarnya, dilansir laman Digital Spy, Sabtu (24/7).

Masih belum diketahui, apakah Goyer benar-benar akan membuka rahasia, atau itu hanya hipotesa darinya. Akan tetapi setidaknya diketahui Henry Cavill terlibat dengan gagasan tersebut.

Pada wawancara 2018 lalu, dia juga mengatakan, sangat ingin membuat Man of Steel 2 yang merupakan sekuel langsung dari Man of Steel. Menurutnya, ada banyak cerita Superman yang ingin diceritakannya melalui film itu.

"Ada seluruh gaya karakter Superman yang sangat ingin saya ceritakan dan saya menantikan kesempatan itu,” kata dia.

Reboot Superman yang muncul di karya-karya dari JJ Abrams dan sekuel untuk Justice League Zack Snyder tampaknya tidak mungkin. Publik mungkin tidak bisa berekspektasi dengan sekuel yang dibintangi Cavill sebagai Superman.

]]>
Warner Bros Film Man of Steel yang dibintangi Henry Cavill.
Ditjen Perhubungan Darat Tegas Tindak Angkutan Umum Ilegal https://www.republika.co.id/berita/qwq5iu330/ditjen-perhubungan-darat-tegas-tindak-angkutan-umum-ilegal https://www.republika.co.id/berita/qwq5iu330/ditjen-perhubungan-darat-tegas-tindak-angkutan-umum-ilegal Sat, 24 Jul 2021 08:01:42 +0700 Bilal Ramadhan https://www.republika.co.id/berita/qwq5iu330/ditjen-perhubungan-darat-tegas-tindak-angkutan-umum-ilegal REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia mengadakan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan sejumlah instasi. Acara yang dikemas secara virtual ini bertajuk “Penegakan Hukum Angkutan Umum Ilegal Dalam Rangka Perlindungan Keselamatan Pengguna dan Keadilan Berusaha Angkutan Umum” disiarkan melalui aplikasi Zoom serta live streaming Youtube Ditjen Perhubungan Darat, Jumat (23/7).

Berdasarkan rilis yang diterima, webinar ini bertujuan untuk memberikan solusi agar tidak ada lagi Angkutan Umum Ilegal yang beroperasi sehingga tercipta keadilan usaha bagi perusahaan Angkutan Umum yang resmi berizin dan menyediakan pelayanan Angkutan Umum yang aman dan nyaman untuk seluruh pengguna jasanya, khususnya di era pandemi Covid-19.

Pada acara ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si., Kasi PJR Dit Gakkum, Korlantas Polri, AKBP Dodi Arifianto S.I.K, M.Sc, Ketua Umum DPP Organda, Ir. Adrianto Djokosoetono, MBA, Kadishub Provinsi DKI Jakarta, DR. Syafrin Liputo, ATD. M.T., serta beberapa jajaran di instansi, organisasi dan dunia usaha terkait.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si mengatakan, pemerintah bertanggungjawab atas penyelenggaraan angkutan umum yang selamat, aman, nyaman dan terjangkau.

"Untuk itu, perusahaan angkutan umum baik dalam trayek maupun tidak dalam trayek wajib memiliki izin penyelenggaraan untuk setiap perusahaan, agar terjamin kualitas pelayanan, kelaikan kendaraan, kualitas sumber daya manusia serta pengawasannya,” kata Drs. Budi Setiyadi, S.H., M.Si dalam sambutannya.

Sebagai langkah nyata dalam menertibkan keberadaan angkutan ilegal, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, mengajak pihak-pihak terkait untuk bersinergi serta mencari solusi dan menyusun langkah konkret untuk perlindungan pengguna jasa angkutan umum.

“Melalui kemajuan teknologi, pemerintah senantiasa berusaha untuk memberikan kemudahan dan percepatan dalam proses perizinan dengan harapan akan semakin banyak perusahaan-perusahaan baru memiliki izin yang sah setelah mengikuti prosedur dan persyaratan sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Budi.

Terdapat 2 (dua) jenis angkutan ilegal: Pertama, angkutan umum penumpang dengan kendaraan bermotor dengan plat nomor berwarna kuning namun tidak dilengkapi dengan izin penyelenggaraan dan kartu pengawasan. Kedua, angkutan umum penumpang dengan kendaraan bermotor dengan plat nomor berwarna hitam, atau yang lebih dikenal istilah dengan travel gelap.

Dalam FGD ini disepakati, keberadaan angkutan umum penumpang ilegal sangat merugikan masyarakat baik selaku pengguna maupun selaku pemilik perusahaan angkutan umum yang legal.

Bagi masyarakat pengguna, angkutan umum penumpang ilegal ini tidak dapat dijamin kelaikan kendaraannya karena tidak dapat diketahui status uji KIR-nya terutama untuk yang menggunakan plat nomor berwarna hitam. Selain itu masyarakat pengguna juga tidak mendapat kepastian tarif, kepastian jadwal serta kepastian tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Dalam webinar ini, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Dr. Syafrin Liputo, ATD. M.T juga menyebutkan kendala serta upaya yang telah dilakukan guna memberantas keberadaan angkutan umum ilegal di wilayahnya.

“Kami telah membentuk Tim Lintas Jaya yang terdiri dari Dinas Perhubungan, TNI dan Polri dalam melakukan pengawasan terhadap angkutan ilegal, pada tahun 2021, kami telah menindak sebanyak 151 kendaraan,” kata Syafrin.

Dalam pelaksanaan upaya penertiban ini, terdapat beberapa hambatan di lapangan, diantaranya penjemputan dengan sistem door to door service sehingga sulit dilakukan identifikasi serta adanya operasional angkutan ilegal yang dilindungi oleh oknum petugas.

“Kami bersama TNI Polri, secara konsisten menertibkan angkutan ilegal baik yang beroperasi di dalam kota algomerasi Jabodetabek maupun antar kota propindi dan target tahun ini dapat menertibkan terminal illegal di seluruh wilayah DKI Jakarta dari 76 lokasi menjadi 15 lokasi,” kata Syarifin.

“Selain itu kami melakukan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan angkutan umum legal yang saat ini dipermudah dengan adanya aplikasi JaketBus,” tutup Dr. Syafrin Liputo.

]]>
Istimewa Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelar webinar bertajuk “Penegakan Hukum Angkutan Umum Ilegal Dalam Rangka Perlindungan Keselamatan Pengguna dan Keadilan Berusaha Angkutan Umum”, Jumat (23/7),
Pemerintah Kanada Gelar Pertemuan Janji Lawan Islamofobia https://www.republika.co.id/berita/qwq40i459/pemerintah-kanada-gelar-pertemuan-janji-lawan-islamofobia https://www.republika.co.id/berita/qwq40i459/pemerintah-kanada-gelar-pertemuan-janji-lawan-islamofobia Sat, 24 Jul 2021 07:55:00 +0700 Christiyaningsih https://www.republika.co.id/berita/qwq40i459/pemerintah-kanada-gelar-pertemuan-janji-lawan-islamofobia REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA – Pemerintah Kanada mengadakan konferensi tingkat tinggi (KTT) untuk mengurangi kejahatan dan kekerasan terhadap komunitas Muslim pada Kamis (22/7). Pertemuan tersebut digelar setelah beberapa serangan Islamofobia.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan warga Kanada harus berjuang demi mewujudkan keragaman masyarakat. “Itu adalah janji negara kita dan kita harus bekerja sama untuk mewujudkannya. Karena sekarang sudah banyak orang yang mengingkari janji itu,” kata Trudeau.

Juni lalu, serangan Islamofobia menewaskan empat anggota keluarga Muslim dan seorang anak laki-laki yang menderita luka parah. Insiden tersebut dilakukan oleh pemuda dengan truknya di London, Ontario.

Kejadian itu merupakan pukulan nyata bagi komunitas Muslim dan seluruh warga Kanada. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk mengambil langkah darurat dan mengadakan KTT. Dewan Nasional Muslim Kanada (NCCM) mengatakan Kanada memiliki sejarah serangan kebencian secara frontal terhadap Muslim.

“Kenyataannya adalah Kanada telah mengalami lebih banyak pembunuhan massal yang dimotivasi oleh Islamofobia dalam lima tahun terakhir daripada negara lain di G7. Ini tidak bisa dibiarkan terus terjadi,” kata Kepala NCCM Mustafa Farooq pada konferensi pers beberapa hari sebelum KTT.

Di KTT, Farooq mengusulkan adanya rencana aksi yang perlu dilakukan segera. Meskipun ragu, komunitas Muslim Kanada tetap berharap akan ada perubahan setelah berlangsungnya KTT.

Setelah pembunuhan di London, NCCM dan Masjid London menyusun daftar 61 rekomendasi yang jika diikuti dapat meredakan sebagian kebencian. Di antaranya adalah perubahan KUHP untuk lebih menekankan pada penyerangan yang didorong oleh kebencian, pembentukan dana nasional untuk korban Islamofobia, dan berfokus untuk menangani kelompok supremasi kulit putih.

Usulan tersebut juga termasuk pembentukan rencana aksi anti-Islamofobia sebelum akhir tahun yang mencakup penanganan Islamofobia di ruang kelas, peraturan kota untuk menangani pelecehan, dan kampanye anti-rasisme di sekolah.

Dilansir Daily Sabah pada Sabtu (24/7), serangan di London merupakan salah satu dari rangkaian serangan panjang yang terjadi pada Muslim Kanada. Baru-baru ini ibu dan anak perempuan yang mengenakan jilbab diserang di Provinsi Alberta. September tahun lalu, tersangka menikam dan membunuh seorang sukarelawan di sebuah masjid di Toronto.

Pada Januari 2017, seorang pria bersenjata menyerbu sebuah masjid Kota Quebec. Insiden tersebut menewaskan enam orang yang sedang beribadah dan melukai 19 lainnya. Pada akhir KTT, Menteri Keamanan Publik Bill Blair mengatakan pemerintah berencana untuk menghabiskan enam juta dolar Amerika pada 150 inisiatif untuk membantu menghentikan kejahatan kebencian di komunitas yang berisiko.

]]>
REUTERS/Carlos Osorio Pemakaman Keluarga Muslim Kanada Dihadiri Ratusan Pelayat. Pemakaman keluarga Muslim korban islamofobia di Islamic Centre of Southwest Ontario, London, Ontario, Kanada dihadiri ratusan pelayat, Sabtu (12/6). Tampak peti mati keluarga Afzaal yang dibungkus bendera Kanada.
Suplemen Ragi Hitam dan Black Garlic BPPT Dikebut https://www.republika.co.id/berita/qwq447328/suplemen-ragi-hitam-dan-black-garlic-bppt-dikebut https://www.republika.co.id/berita/qwq447328/suplemen-ragi-hitam-dan-black-garlic-bppt-dikebut Sat, 24 Jul 2021 07:48:00 +0700 Indira Rezkisari https://www.republika.co.id/berita/qwq447328/suplemen-ragi-hitam-dan-black-garlic-bppt-dikebut REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berkomitmen segera menyelesaikan inovasi dua produk suplemen kesehatan, yakni Whole Beta dan Stamilic. Kedua produk itu disiapkan untuk memberikan peningkatan daya tahan tubuh atau imunitas.

Kepala BPPT, Hammam Riza, menjelaskan Whole Beta merupakan produk hasil fermentasi dari ragi hitam Aureobasidium pullulans. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya adalah polisakarida yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imunomodulator) dan manfaat lain untuk kesehatan.

Hammam menyebut beta glukan “Whole Beta” merupakan produk inovasi Pusat Teknologi Agroindustri BPPT bekerjasama dengan mitra industri, yaitu BiologiQ, PT Neopangan Selaras Indonesia dan PT Saraka Mandiri Semesta. Inovasi ini mengandung beta glukan hasil fermentasi ragi hitam.

"Beta glukan adalah polisakarida yang mempunyai berbagai fungsi kesehatan, diantaranya membersihkan radikal bebas, anti radiasi, mengatasi kolesterol dan mencegah hiperlipidemia, serta melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, jamur, bakteri, parasit dan toxin," kata Hammam, dalam konferensi pers virtual BPPT pada Jumat (23/7).

Hammam memaparkan kemampuan beta glukan ragi hitam dalam membantu meningkatkan sistem imun adalah dengan cara mengaktifkan Sel B (untuk memproduksi IgM dan IgG) dan sel T (yang memproduksi IL-1 dan IL-8). Bahkan mampu meningkatkan ekspresi sensor virus yang efektif untuk pencegahan virus influenza (H1N1) dengan menghambat replikasi virus.

Kemudian Stamilic ialah produk suplemen kesehatan berbasis black garlic yang diproses dengan teknik khusus dan diperkaya dengan ekstrak jahe merah. "Produk tersebut dirancang untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan untuk pengendalian komorbid dalam menghadapi Covid-19," ujar Hammam.

Selain itu, BPPT meluncurkan aplikasi SiJempol 4.0 dalam kegiatan Bakti Inovasi Teknologi Tahun 2021 untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Aplikasi tersebut mendukung upaya meningkatkan 3T di lingkungan BPPT.

"Sebelumnya, aplikasi SiJempol digunakan dalam mempermudah pengelolaan data kesehatan pegawai, termasuk membantu proses pencatatan data vaksinasi pegawai yang digelar BPPT Maret 2021," ujar Hammam.

Lalu dalam versi terbarunya, aplikasi SiJempol dilengkapi dengan dashboard yang berisi detail informasi pencatatan pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pada dashboard dapat diketahui status pegawai aktif, hingga pencatatan pegawai yang sembuh. "Pengguna juga dapat mengetahui perkembangan kasus harian secara tiap saat dan peta sebaran kasus aktif," ucap Hammam.


]]>
bppt.go.id Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berkomitmen segera menyelesaikan inovasi dua produk suplemen kesehatan, yakni Whole Beta dan Stamilic.
Kolombia Perbolehkan Ekspor Ganja Kering https://www.republika.co.id/berita/qwq1zg459/kolombia-perbolehkan-ekspor-ganja-kering https://www.republika.co.id/berita/qwq1zg459/kolombia-perbolehkan-ekspor-ganja-kering Sat, 24 Jul 2021 07:39:00 +0700 Christiyaningsih https://www.republika.co.id/berita/qwq1zg459/kolombia-perbolehkan-ekspor-ganja-kering REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Kolombia memberikan lampu hijau pada ekspor ganja kering untuk industri medis dan lainnya, Jumat (23/7). Negara ini mengambil langkah lain untuk mengembangkan industri ganja yang kemajuannya lambat meskipun berpotensi tinggi.

Presiden Ivan Duque menandatangani dekret yang mencabut larangan mengekspor bunga ganja kering. Arahan tersebut juga memungkinkan perluasan penjualan obat-obatan berbasis ganja dan merampingkan prosedur peraturan.

"Ini berarti Kolombia dapat masuk untuk memainkan peran besar di pasar internasional," kata Duque.

Kebijakan ini menjadi sebuah langkah yang dianggap penting oleh investor. Investor telah lama mengeluh tentang proses persetujuan ekspor yang berliku.

Duque mengatakan aturan baru akan memungkinkan industri ganja Kolombia untuk berkembang menjadi makanan dan minuman, kosmetik, dan sektor lainnya. Saat ini, ekspor ganja Amerika Latin bisa bernilai enam miliar dolar AS.

Kolombia telah dipuji sebagai pelopor dalam mengatur kepemilikan, produksi, distribusi, komersialisasi, dan ekspor benih, tanaman, dan zat yang berasal dari ganja. Negara itu telah memproduksi olahan ganja seperti minyak, krim, dan ekstrak untuk tujuan pengobatan.

"Mencabut larangan mengekspor bunga kering akan memulai proses regulasi yang kami harap akan dilakukan dengan sangat rinci, dengan standar internasional tertinggi," ujar wakil presiden masalah regulasi untuk produsen ganja Khiron, Juan Diego Alvarez.

Asosiasi industri ganja Kolombia, Asocolcanna, mendesak negara itu untuk mengambil kesempatan untuk memanfaatkan keunggulan kompetitifnya. "Sangat penting bagi Kolombia untuk mencapai potensinya pada saat industri ganja global sedang disempurnakan," kata Asocolcanna dalam sebuah surat yang diterbitkan di situsnya.

Di negara-negara di mana industri ganja obat memiliki peraturan yang lebih matang seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman dan Israel, ganja kering adalah sektor pasar yang paling berkembang. Penjualannnya terhitung lebih dari 50 persen dari semua jenis yang legal beredar.

]]>
Corbis Ganja kering (Ilustrasi)
Cara Seru Bangun Kesadaran Peduli Sampah pada Anak https://www.republika.co.id/berita/qwq3kw328/cara-seru-bangun-kesadaran-peduli-sampah-pada-anak https://www.republika.co.id/berita/qwq3kw328/cara-seru-bangun-kesadaran-peduli-sampah-pada-anak Sat, 24 Jul 2021 07:35:00 +0700 Indira Rezkisari https://www.republika.co.id/berita/qwq3kw328/cara-seru-bangun-kesadaran-peduli-sampah-pada-anak REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua memiliki peran penting dalam membangun karakter peduli lingkungan dan persampahan melalui edukasi di rumah. Psikolog klinis anak dari Rumah Dandelion, Reti Oktania, M.Psi mengatakan orang tua bisa membentuk perilaku anak yang peduli terhadap lingkungan dengan menerapkan konsep 3R yaitu Routine, Ritual, dan Rules.

"Orang tua dapat menciptakan rutinitas bersama anak yang berhubungan dengan merawat lingkungan, dimulai dari rutinitas memilah sampah setiap hari," ujar lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu dalam forum "Waste4Change" pada Jumat (22/7).

Dari sisi ritual, orang tua bisa membuat sebuah kegiatan yang menarik bagi anak. Misalnya membuat mainan edukatif yang berasal dari material sampah yang telah dipilah setiap akhir pekan bersama orang tua.

"Atau kalau ada anggota keluarga yang berulang tahun, dibanding memberikan kado bagaimana kalau setiap tahun kita ajak menanam bibit pohon. Ini akan menjadi sesuatu yang dinanti anak," kata Reti.

Selain itu, orang tua bisa membuat rules atau aturan yang disepakati bersama anak, misalnya anak dilibatkan untuk membantu membuang sampah di tempat sampah terpilah. Reti mengatakan bahwa membentuk perilaku dan karakter anak, orang tua perlu memberikan contoh nyata yang dapat diikuti.

Hal yang paling mudah adalah memberikan pemahaman dan aksi cara memilah sampah. Selain itu, anak-anak juga perlu diingatkan secara verbal dan visual.

Orang tua bisa mengingatkan anak secara langsung melalui ucapan. Sedangkan untuk visual, dapat dilakukan dengan menaruh gambar-gambar atau tulisan di tempat sampah terpilah.

Ia memberi contoh agar anak lebih tertarik membuang sampah di tempat yang telah terpilah. Misalnya, tempat sampah hijau untuk organik, kuning untuk anorganik dan merah untuk benda kaca.

"Terakhir, berikan apresiasi yang spesifik. Artinya, kita dapat menyampaikan terima kasih setelah anak berhasil menghabiskan makanan, atau memilah sampah, sambil diberikan pemahaman yang sederhana," ujar Reti.


]]>
REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Petugas memilah sampah kertas. Ada banyak cara bagi orang tua untuk mengajak anak bijak mengelola sampah.
Schiaparelli Jual Bros Merpati Serupa yang Dipakai Lady Gaga https://www.republika.co.id/berita/qwoxme414/schiaparelli-jual-bros-merpati-serupa-yang-dipakai-lady-gaga https://www.republika.co.id/berita/qwoxme414/schiaparelli-jual-bros-merpati-serupa-yang-dipakai-lady-gaga Sat, 24 Jul 2021 07:26:00 +0700 Reiny Dwinanda https://www.republika.co.id/berita/qwoxme414/schiaparelli-jual-bros-merpati-serupa-yang-dipakai-lady-gaga REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bros merpati yang dikenakan Lady Gaga ketika tampil di pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden Januari lalu, sukses mencuri perhatian publik. Bahkan, banyak penggemar yang membandingkannya dengan bros Mockingjay di film Hunger Games.

Kini, "Little Monster", julukan penggemar Gaga, bisa mendapatkan bros yang serupa dengan idolanya. Sebab Schiaparelli, rumah mode yang merancang gaun dan bros merpati tersebut, bakal menghadirkan bros merpati dan menjualnya dengan harga khusus.

Schiaparelli menghadirkan bros merpati dalam beberapa ukuran dan warna. Mulai dari bros merpati emas berukuran enam sentimeter dengan harga 790 dolar AS atau sekitar Rp 11,4 juta (kurs Rp 14.458), hingga bros merpati putih ukuran 12 sentimeter seharga 2.150 dolar AS atau sekitar Rp 31,1 juta.

photo
Penyanyi AS Lady Gaga menyanyikan Lagu Kebangsaan AS saat pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS di Washington, DC, AS, 20 Januari 2021. Biden memenangkan pemilihan pada 3 November 2020 untuk menjadi Presiden Amerika Serikat ke-46. - (EPA-EFE/SAUL LOEB )

Para peminat juga bisa membeli bros merpati dengan ukuran yang sesuai dengan keinginan. Menurut pernyataan dari Schiaparelli, semua dana yang terkumpul dari penjualan bros akan disumbangkan ke badan amal milik Lady Gaga bernama Born This Way Foundation.

]]>
EPA Penyanyi Lady Gaga menyapa Presiden AS Joe Biden usai menyanyikan lagu kebangsaan dalam rangkaian acara pelantikan presiden AS ke-46, Capitol, Washington, AS, Rabu (20/1) waktu setempat. Gaga tampak mengenakan bros besar berbentuk merpati.
Jumlah Meninggal Isoman Diduga Berlipat-lipat Dibanding RS https://www.republika.co.id/berita/qwq3tq318/jumlah-meninggal-isoman-diduga-berlipatlipat-dibanding-rs https://www.republika.co.id/berita/qwq3tq318/jumlah-meninggal-isoman-diduga-berlipatlipat-dibanding-rs Sat, 24 Jul 2021 07:25:02 +0700 Joko Sadewo https://www.republika.co.id/berita/qwq3tq318/jumlah-meninggal-isoman-diduga-berlipatlipat-dibanding-rs REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay, mengatakan temuan tim LaporCovid-19, yang mencatat terdapat 2.313 pasien isoman Covid-19 meninggal dunia di luar rumah sakit, perlu menjadi perhatian semua pihak. Pasalnya, temuan ini menunjukkan berbagai kelemahan dalam penanganan orang yang terpapar. Apalagi, data yang disampaikan tersebut bisa saja berbeda dengan data yang dimiliki pemerintah.

Dari temuan tersebut, menurut Saleh, setidaknya menunjukkan beberapa titik lemah penanganan Covid-19 di Indonesia. Pertama, rumah-rumah sakit dan fasilitas kesehatan tidak mampu menampung semua yang terpapar. Terbukti, banyaknya yang dirawat di luar rumah sakit.



"Yang meninggal saja kan jumlahnya mencapai 2.313. Pasti jumlah yang isoman berkali-kali lipat dari jumlah itu. Kebanyakan dari mereka itu memilih isoman karena tidak tertampung di rumah-rumah sakit dan faskes-faskes yang ada,” kata Saleh dalam siaran persnya, Sabtu (24/7).

Kedua, lanjut Saleh, fenomena ini juga menunjukkan keterbatasan tenaga medis yang tersedia. Buktinya, LaporCovid-19 menjelaskan bahwa mereka yang isoman tersebut tidak pernah didatangi atau dihubungi pihak tenaga medis. Ini bisa jadi karena tenaga medis yang ada terkonsentrasi di rumah-rumah sakit dan faskes-faskes.

"Kita sangat sedih melihat fakta ini. Sebab, mereka yang mendapat perhatian dan pengobatan serius pun banyak yang tidak bisa tertolong. Apalagi yang tidak diperhatikan dan tidak menerima pengobatan yang memadai,” ungkap anggota Komisi IX DPR itu.

Ketiga, menurut Saleh, data yang disampaikan ini menunjukkan adanya kelemahan dari sisi pendataan. Artinya, petugas yang semestinya mendata tidak mampu menjangkau semua yang terpapar. Ini tentu sangat menyulitkan dalam memetakan zoonasi tingkat keterpaparan suatu daerah tertentu.

"Pemetaan itu sangat penting. Dari situ bisa dirumuskan kebijakan terbaik yang mesti diambil dalam skala daerah tertentu. Tanpa pemetaan, tidak jelas arah penanganan yang dilakukan,” kata Saleh.

Terkait laporan ini, Saleh mendesak pemerintah untuk memberikan tanggapan dan respon. Termasuk langkah-langkah yang akan diambil dalam menyikapi hal tersebut. Jika memungkinkan, perlu dilakukan sinkronisasi data antara yang dimiliki pemerintah dan yang dirilis LaporCovid-19.

"Kita apresiasi apa yang telah dilakukan LaporCovid-19. Semoga saja, apa yang disampaikan tersebut bisa ditindaklanjuti pemerintah. Targetnya, seluruh anggota masyarakat bisa memiliki akses penuh terhadap pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

]]>
REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Petugas Public Safety Center 119 (PSC 119) bersama petugas puskesmas mengevakuasi jenazah pasien Covid-19 yang meninggal saat isolasi mandiri (isoman) di rumahnya di Jalan Cibarengkok, Sukajadi, Kota Bandung, Ahad (18/7). -foto ilustrasi-
Wapres Minta Optimalisasi Penanganan Covid Sejak di Hulu https://www.republika.co.id/berita/qwq3bs328/wapres-minta-optimalisasi-penanganan-covid-sejak-di-hulu https://www.republika.co.id/berita/qwq3bs328/wapres-minta-optimalisasi-penanganan-covid-sejak-di-hulu Sat, 24 Jul 2021 07:23:00 +0700 Indira Rezkisari https://www.republika.co.id/berita/qwq3bs328/wapres-minta-optimalisasi-penanganan-covid-sejak-di-hulu REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, meminta agar penanganan kasus Covid-19 dioptimalkan sejak dari hulu. Hulu yang dimaksud Wapres yakni optimalisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), penerapan protokol kesehatan, pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment), dan program vaksinasi.

"Yang hilir itu adalah akibat dari penanganan hulu yang belum tepat, akibatnya maka rumah sakit kekurangan tempat, kekurangan oksigen, kekurangan tenaga kesehatan, kekurangan ruang isolasi (dan) ICU, ini semua karena penanganan di hulu ini kurang pas, karena memang hilir itu akan sangat ditentukan oleh hulu," kata Wapres saat memberi arahan kepada Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah, Jumat (23/7).

Wapres menegaskan, berapapun jumlah solusi di hilir seperti ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR), obat-obatan, ruang isolasi, dan ICU untuk pasien Covid-19 tidak akan pernah cukup. Apabila masalah di hulu yakni kurangnya kepatuhan protokol kesehatan, belum optimalnya pelaksanaan 3T dan juga vaksinasi tetap terjadi.

"Berapa pun di hilir itu kita sediakan tidak akan bisa (mencukupi), kalau hulu-nya tak tertangani dengan baik," ujarnya.

Karenanya, Wapres meminta jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Tengah untuk terus mengoptimalkan penanganan di hulu guna mencegah penularan Covid-19 khususnya di wilayah-wilayah padat penduduk. Termasuk di sekolah, pesantren, atau sekolah yang berasrama agar diberikan perhatian khusus terkait protokol kesehatan, 3T, dan juga vaksinasi.

Apalagi Jawa Tengah saat ini masih menjadi salah satu provinsi penyumbang kasus harian positif Covid-19 terbesar di Indonesia. Per hari ini, Jumat (23/7) tercatat penambahan jumlah kasus baru sebanyak 5.371 orang dan kasus meninggal dunia sebanyak 309 orang.

Bahkan sehari sebelumnya, Jawa Tengah mencatatkan angka kematian akibat Covid-19 tertinggi di Indonesia yakni 402 orang.

Gubernur Jawa Tengah selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui kendala dalam penanganan Covid-19 di hulu. Kendalanya, antara lain, rasio tracing di Jawa Tengah yang masih cukup kecil yakni satu banding tiga (1:3). Menurutnya, hal ini akibat keterbatasan petugas dan perlengkapan, serta sulitnya mendapatkan orang-orang yang mau dilacak.

"Kita sedang mendorong untuk tidak 1:3 kalau perlu 1:15, maka dukungan yang dibutuhkan hari ini adalah memang sumber daya manusia (SDM) dan peralatan," kaga Ganjar.

Kemudian terkait progres vaksinasi Covid-19, Ganjar mengungkapkan, cakupan vaksinasi di Jawa Tengah juga masih rendah yakni suntikan dosis pertama baru 16,16 persen dan dosis kedua 8,28 persen. Hal ini karena keterbatasan jumlah alokasi vaksin yang diterima dari Kementerian Kesehatan.

"Saya laporkan Pak Wapres, masyarakat ini di Jawa Tengah berebut untuk divaksin. Kawan-kawan Bupati/Walikota itu semua rindu vaksin," ujarnya.

Ganjar mengatakan, padahal jumlah vaksinator di Jawa Tengah sangat mencukupi karena didukung tidak hanya dari tenaga kesehatan, tetapi juga TNI dan Polri, bahkan mahasiswa.

“Kalau vaksinator banyak. Karena sebenarnya kita sudah cek untuk menyuntikkan itu gampang. Dari kami, nakes kita cukup, pakai mahasiswa ada, TNI/Polri ada, jadi kalau vaksinatornya siap semua. Bahkan kemarin tertinggi yang pernah saya tanya, satu orang bisa (memvaksin) dua ratus orang,” jawabnya.

Sementara, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengakui pada Juli ini terdapat keterbatasan jumlah vaksin secara nasional, tetapi mulai Agustus kebutuhan vaksin akan kembali tercukupi. Ia pun berjanji akan menambah porsi vaksin untuk Provinsi Jawa Tengah bahkan dimulai pada akhir Juli ini.

"Tanggal 19 Juli (telah) dikirim 570 ribu dosis Vaksin Sinovac, tanggal 22 Juli Vaksin Astrazeneca sebanyak 30 ribu dosis, kemudian tanggal 26 Juli kita akan kirim lagi 275 ribu dosis Vaksin Astrazeneca, hingga akhir minggu (depan) mungkin akan ada 500 ribuan lagi yang bisa dikirim," katanya.

Selain Gubernur Jawa Tengah, tampak hadir secara virtual dalam acara ini, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Tengah, para Bupati/Walikota se-Jawa Tengah, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, serta jajaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah.

Sementara selain Menteri Kesehatan dan Kepala BNPB, Wapres juga didampingi oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Sekjen Kementerian Dalam Negeri Muhammad Hudori, Staf Khusus Menteri Sosial Luhur Budijarso, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, serta Staf Khusus Wakil Presiden Masduki Baidlowi.


]]>
Dok KIP/Setwapres Wakil Presiden Maruf Amin