Republika Online RSS Feed http://www.republika.co.id Fri, 20 Sep 2019 06:17:00 +0700 https://www.republika.co.id/ id hourly 1 https://static.republika.co.id/files/images/logo.png Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Chelsea Sodori Kontrak Baru 5 Tahun untuk Hudson-Odoi https://bola.republika.co.id/berita/py3omh438/chelsea-sodori-kontrak-baru-5-tahun-untuk-hudsonodoi https://bola.republika.co.id/berita/py3omh438/chelsea-sodori-kontrak-baru-5-tahun-untuk-hudsonodoi Fri, 20 Sep 2019 06:17:00 +0700 Endro Yuwanto https://bola.republika.co.id/berita/py3omh438/chelsea-sodori-kontrak-baru-5-tahun-untuk-hudsonodoi REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemain muda Chelsea Callum Hudson-Odoi meneken kontrak baru berdurasi lima tahun di Chelsea pada Jumat (20/9) dini hari WIB. Kontrak baru Hudson-Odoi dilaporkan bernilai sebesar 180 ribu pound per pekan dan akan mengikatnya sampai 2024.

"Ini merupakan perasaan yang luar biasa. Penantian panjang sempat terjadi namun sekarang itu sudah selesai, dan saya sekarang benar-benar senang. Saya telah menjadi pemain Chelsea sejak delapan tahun dan ini merupakan klub yang tepat bagi saya," ujar Hudson-Odoi seperti dilansir laman resmi klub.

Kesepakatan ini menyudahi ketidakpastian yang sempat dialami pemain sayap tersebut. Pada bursa transfer musim dingin lalu, ia sempat meminta dijual oleh klub setelah Bayern Muenchen menawarkan sejumlah penawaran. Penawaran terakhir yang disodorkan Bayern berjumlah sebesar 35 juta pound.

Tetapi setelah mendapatkan lebih banyak kesempatan bermain pada beberapa bulan terakhir musim lalu dan dengan dijanjikan akan mendapat peran pemimpin di bawah arahan pelatih baru Frank Lampard, Hudson-Odoi kini memilih bertahan di klub masa kecilnya.

Pembicaraan mengenai kontrak baru Hudson-Odoi telah dimulai pada awal musim lalu ketika ia memasuki tahun terakhir di kontrak sebelumnya. Namun minimnya kesempatan bermain membuat ia sempat ragu.

Setelah Hudson-Odoi menjalani debut internasionalnya pada Maret dan memainkan peran yang lebih penting pada pekan-pekan terakhir kepelatihan Maurizio Sarri, kesepakatan telah tercapai dalam kurun waktu 12 bulan kemudian.

]]>
EPA-EFE/WILL OLIVER Callum Hudson-Odoi
Huawei Luncurkan Ponsel Terbaru Tanpa Layanan Google https://trendtek.republika.co.id/berita/py3j6q383/huawei-luncurkan-ponsel-terbaru-tanpa-layanan-google https://trendtek.republika.co.id/berita/py3j6q383/huawei-luncurkan-ponsel-terbaru-tanpa-layanan-google Fri, 20 Sep 2019 06:10:00 +0700 Nidia Zuraya https://trendtek.republika.co.id/berita/py3j6q383/huawei-luncurkan-ponsel-terbaru-tanpa-layanan-google REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG — Perusahaan teknologi Cina, Huawei meluncurkan jajaran gawai pintar terbarunya, Mate 30 di Muenchen Jerman, Kamis (19/9). Sebuah video memamerkan Mate 30 memiliki layar baru dan kamera kelas atas yang menantang Iphone 11 atau Galaxy terbaru Samsung.

Perangkat tersebut juga tidak memiliki aplikasi Google utama yang biasanya dimuat sebelumnya pada ponsel Huawei. Itu karena Mate 30 adalah seri ponsel pertama Huawei sejak perusahaan itu dimasukkan ke dalam daftar hitam perdagangan oleh Amerika Serikat (AS) pada Mei lalu.

Seperti yang dilansir dari CNN, Kamis (19/9), ponsel Mate 30 dilengkapi dengan sistem operasi android open source Google. Tetapi tidak memiliki akses ke Google Play Store dan tidak akan dimuat sebelumnya dengan aplikasi seperti YouTube, Gmail, dan Google Maps.

Aplikasi pihak ketiga seperti platform naik kendaraan dan layanan pengiriman makanan yang mengandalkan Google Maps tidak akan berfungsi tanpa akses ke layanan Google. Kepala bisnis konsumen Huawei Richard Yu mengatakan tahun ini merupakan tahun yang cukup menantang bagi Huawei.

Pendiri dan CEO Huawei Ren Zhengfei pernah mengungkapkan di awal tahun ini, penjualan ponsel pintar global perusahaan turun sebesar 40 persen pada bulan setelah pelarangan AS diberlakukan. Sementara itu, seorang analis seluler Kiranjeet mengatakan akan sangat sulit meyakinkan pengguna membeli ponsel premium tanpa layanan Google.

“Bahkan jika opsi lain tersedia untuk menginstal aplikasi, itu tidak akan semuadah sebelumnya dan akan selalu ada ancaman dukungan aplikasi akan hilang kapan saja,” ujar Ren.

Mate 30 dan Mate 30 Pro 5G akan dikenakan biaya 799 euro dan 1.199 euro untuk masing-masing ponsel. Versi desain porsche khusus adaah 2.095 euro. Perusahaan tidak menentukan ke pasar mana harga itu berlaku.

Seri Mate, kata Huawei, akan tersedia di Cina mulai 26 September , sebelum diluncurkan di tempat lain di Asia pada Oktober. Perusahaan itu mengatakan ponsel akan dijual di Eropa, namun tidak disebutkan waktu kapan mereka akan tersedia.


]]>
EPA Huawei
Tragedi Asap: Kepulangan Bayi tak Bernama https://nasional.republika.co.id/berita/py3p94385/tragedi-asap-kepulangan-bayi-tak-bernama https://nasional.republika.co.id/berita/py3p94385/tragedi-asap-kepulangan-bayi-tak-bernama Fri, 20 Sep 2019 06:03:00 +0700 Muhammad Subarkah https://nasional.republika.co.id/berita/py3p94385/tragedi-asap-kepulangan-bayi-tak-bernama Oleh: Putra M Akbar, Surya Dinata, Jurnalis Republika

Lasmayani Zega tampak masih tak kuat menopang dirinya sendiri. Di rumah kayunya yang disekat menjadi tiga bagian, sekira setengah jam dari pusat kota Kota Pekanbaru, ia sesenggukan dan sesekali berteriak histeris dalam bahasa ibunya.

Kain bergambar ia gunakan mengusap air matanya yang tak mau berhenti mengucur. Belum lama. Kain masih ia gunakan menggendong bayi pertamanya yang baru lahir empat hari lalu. Bayi laki-laki yang belum sempat diberi nama itu berpulang di tengah kepungan asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang menguar di Pekanbaru sejak beberapa bulan lalu.

Kediaman Lasmayani Zega dan suaminya Evan Zendrato bukan mudah dijangkau. Jalan menuju rumah petak pasangan muda itu masih dari tanah dan harus melintasi pabrik pengepulan sampah. Pabrik tempat biasanya Evan Zendrato mengepak sampah-sampah.

Tak jauh di belakang rumah itu, hutan dan kebun sawit luas terkembang. Saat Republika mengunjungi rumah itu pada Kamis (19/9), asap masih membumbung dari hutan tersebut. Serangkai dengan kebakaran-kebakaran hutan dan lahan lain yang terjadi di seantero Riau. Beribu-ribu titik api.

Kedukaan terasa betul di rumah tersebut. Evan Zendrato tak henti mengusap wajah anaknya yang sudah tiada. Ia juga menangis, berusaha menahan diri dari berteriak histeris sembari melakukan ritual keagamaan Kristiani untuk kematian sang anak yang terlalu lekas.

Evan Zendrato berkisah, anaknya lahir dalam keadaan normal dan sehat pada Senin (16/9). Anak dan istri saya normal waktu lahiran kemarin. \"Keduanya dinyatakan sehat oleh bidan," ujarnya. Bayinya lahir dengan berat 2,8 kilogram dan panjang 49 sentimeter.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru juga mencatat, bayi itu lahir spontan dan menangis dengan kencang, menandakan kesehatannya. Umur kehamilan juga sudah cukup untuk melahirkan dan kondisi bayi selama pemeriksaan kehamilan juga sehat.
Setelah lahir, keesokan harinya buah hati dan istrinya dibawa pulang ke rumah. Namun, kebahagiaan pasangan itu tak lama. Masalah mulai muncul ketika kabut asap pekat melanda Kota Pekanbaru hingga level berbahaya.

Saat di rumah, dia mengatakan, anaknya mulai batuk dan demam panas hingga mencapai 40 derajat Celsius pada Selasa malam (17/9). Evan mengatakan, dirinya tidak bisa tidur pada malam itu karena anaknya terus merengek menangis, sementara asap makin pekat. Kondisi rumah keluarga tersebut berupa rumah kayu tanpa ada alat pendingin udara (AC).

Keesokan paginya, Evan menghubungi bidan untuk menangani bayinya. Dia mengemukakan bidan sempat memberikan obat penurun panas serta kompres. Upaya itu membuahkan hasil. Demam anaknya turun.

Akan tetapi, kondisi bayinya kembali memburuk sehari setelahnya. Kondisi bayi sempat terlihat bibirnya menghitam serta demam panas. Bahkan, saat diukur suhu tubuh anaknya mencapai 41 derajat Celsius. Selain itu, anaknya juga batuk dan pilek. Evan kembali memanggil bidan untuk memberikan penanganan medis.

Setelah diperiksa, bidan pun meminta agar bayi tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Syafira, yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. Jarak rumah korban ke rumah sakit sekitar 40 menit lamanya. Saat di perjalanan itulah bayi korban meninggal dunia. Meski telah meninggal, Ervan tetap membawa bayinya ke rumah sakit.

"Kami terus berjalan sampai RS Syafira ditangani dokter sana. Sekitar lima menit, ujungnya tak bisa diselamatkan," ujarnya. "Dokter bilang anak saya terdampak virus akibat kabut asap," ujar Evan. Ia tak bersedia banyak berkomentar setelah itu. “Capek saya…”.

Dalam siaran pers yang dilansir kemarin, Dinas Kesehatan Pekanbaru mengklaim sang bayi bukan meninggal akibat kabut asap. Menurut Plt Kadis Kesehatan kota Pekanbaru M Amin, bayi itu bukan meninggal karena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). “Namun, bisa diduga akibat penyumbatan saluran napas," kata M Amin, dalam siaran pers kemarin.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru juga mengamini kronologi sakit yang diderita sang bayi hingga bidan didatangkan. Namun, menurut pihak Dinkes Kota Pekanbaru, bayi tersebut belum mendapat air susu ibu (ASI) sejak hari pertama kelahiran dan baru disusui pada hari kedua dan ketiga. Menurut Amin, selama bayi disusui tidak disendawakan karena belum pandai cara menyendawakan bayi.

Republika menyaksikan pemakaman penuh duka sang bayi tanpa nama tersebut. Jenazah dimakamkan kemarin siang di TPU Binjai, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Pemakaman itu juga di tengah-tengah kebun sawit. n antara ed: fitriyan zamzami


]]>
Antara/Syifa Yulinnas Petugas memberikan perawatan medis terhadap korban kabut asap di Puskesmas Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Selasa (30/7/2019).
Deutsche Bank Berencana Tambah Aset Bank Bermasalah https://republika.co.id/berita/py3fod383/deutsche-bank-berencana-tambah-aset-bank-bermasalah https://republika.co.id/berita/py3fod383/deutsche-bank-berencana-tambah-aset-bank-bermasalah Fri, 20 Sep 2019 06:00:00 +0700 Nidia Zuraya https://republika.co.id/berita/py3fod383/deutsche-bank-berencana-tambah-aset-bank-bermasalah REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sejumlah pimpinan tertinggi Deutsche Bank tengah membahas kemungkinan penambahan aset senilai miliaran euro ke bank bermasalah. Rencana tersebut bakal direalisasikan jika kondisi keuangan Deutsche Bank hingga akhir tahun dalam kondisi baik.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (19/9), salah satu juru bicara Deutsche Bank yang enggan disebukan namanya mengatakan, Deutsche Bank secara resmi belum memiliki rencana menambah aset ke bank bermasalah.

Rencana tersebut, baru merupakan salah satu opsi yang muncul saat rapat pimpinan tertinggi perusahaan. Sebab, pimpinan bank menilai bank harus segera memutar anggaran dengan pengawasan yang ketat. Menambah aset ke bank-bank yang bermasalah menjadi salah satu opsi.

Sumber tersebut mengatakan, Deutsche Bank membutuhkan lebih banyak modal untuk dapat menutupi kemungkinan kerugian. Selama sembilan tahun terakhir, perusahaan telah mengumpulkan modal sebesar 29,3 miliar euro atau 32,3 miliar dolar AS. Namun di tengah situasi saat ini, ruang untuk meminta dana lebih banyak dari investor cukup sempit.

CEO Deutsche Bank, Christian Sewing, mengatakan, pihaknya bakal membentuk kembali Deutsche Bank menjadi kuat setelah bertahun-tahun investasi perbankan secara global tidak kondusif.

Pada Juli lalu, Sewing menyuntik modal ke perbankan bermasalah yang disebut dengan istilah capital release unit (CRU). Nilai modal yang disuntuk sebesar 74 miliar euro yang merupakan aset tertimbang menurut risiko yang telah diidentifikasikan.

Sementara itu, Analis Ekonomi dari Viola Risk Advisors, David Hendler, mengatakan, rencana tersebut kurang memberikan dampak yang baik bagi Deutsche Bank. Pihaknya khawatir, mengenai eksposur terhadap aset level 3 milik Deutsche Bank yang paling tidak likuid dan sulit dinilai.

Ia menambahkan, Deutsche Bank saat ini memiliki 18 miliar euro, namun berada di pada aset-aset yang sulit untuk dinilai. Menurut dia, akan memakan waktu bertahun-tahun untuk menghitung aset-aset Deutsche Bank yang tertanam pada aset-aset bermasalah.


]]>
Reuters/Ralph Orlowski Deutsche Bank
Pekatnya Kabut Asap, Sekolah Masih Diliburkan https://nasional.republika.co.id/berita/py3owt385/pekatnya-kabut-asap-sekolah-masih-diliburkan https://nasional.republika.co.id/berita/py3owt385/pekatnya-kabut-asap-sekolah-masih-diliburkan Fri, 20 Sep 2019 05:53:17 +0700 Muhammad Subarkah https://nasional.republika.co.id/berita/py3owt385/pekatnya-kabut-asap-sekolah-masih-diliburkan REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kegiatan belajar dan mengajar di daerah terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhula) masih dihentikan. Akibat kabut asap masih pekat, sejumlah pemerintah daerah memutuskan memperpanjang libur sekolah.

Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat, misalnya, memperpanjang libur sekolah bagi siswa dengan jenjang pendidikan PAUD/TK hingga sekolah menengah pertama (SMP). Libur diperpanjang karena kondisi kabut asap sampai saat ini belum membaik.

"Sesuai dengan arahan wali kota Singkawang setelah memperhatikan kondisi kabut asap pada akhir-akhir ini yang belum membaik maka libur sekolah diperpanjang hingga 21 September 2019," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang HM Nadjib, Kamis (19/9).

Dia menjelaskan, siswa akan kembali masuk pada Senin (23/9). "Ketentuan lain menyesuaikan dengan surat edaran wali kota terdahulu dan surat resmi akan segera menyusul," ujarnya.

Ketentuan libur diberlakukan kepada siswa dari tingkat TK/RA (sederajat), SD/MI, dan SMP/MTs di lingkungan Pemkot Singkawang. Meski sekolah diliburkan, kepala sekolah dan dewan guru tetap menjalankan tugas sebagai aparatur sipil negara (ASN) di sekolah untuk menyelesaikan administrasi pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, dan tugas lainnya. Selanjutnya, kepala sekolah dan dewan guru meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di lingkungan sekolah.

Pihak sekolah juga diminta menyampaikan kepada orang tua atau masyarakat untuk dapat memaksimalkan putra-putrinya belajar mandiri di rumah. \"Hal yang tak kalah penting mengurangi aktivitas di luar rumah serta memperhatikan kesehatan anak-anak dan memperbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan,\" ujarnya.

Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, juga memperpanjang masa libur siswa sekolah tingkat SD dan SMP selama tiga hari karena kabut asap pekat masih menyelimuti kota setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Sahdin Hasan mengatakan, perpanjangan libur sekolah dilakukan pemkot karena memperhatikan kondisi asap yang masih pekat disertai kualitas udara yang buruk.

"Apabila kondisi asap atau kualitas udara dalam kondisi normal maka proses belajar-mengajar kembali seperti biasa," kata Sahdin.

Namun, jika kondisi udara atau kabut asap tetap sama bahkan lebih buruk, masa belajar siswa yang dilaksanakan di rumah masing-masing akan diperpanjang.

Salah satu orang tua siswa, Dwi, yang putrinya masih duduk di kelas lima SD menyambut baik keputusan wali kota Palangkaraya yang meliburkan jenjang pendidikan tingkat sekolah dasar sederajat. Ia sangat mengkhawatirkan kondisi anaknya jika harus tetap bersekolah di tengah kepungan asap.

"Anak-anak masih susah disuruh memakai masker. Kalau libur, setidaknya di rumah kami bisa meminta agar tak keluar rumah dan mengawasi langsung kegiatan mereka," kata Dwi.

Di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dinas pendidikan setempat mengambil kebijakan untuk menggeser jam masuk sekolah menyikapi kabut asap akibat karhutla yang makin tebal akhir-akhir ini. Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Alamsyah, mengatakan, kegiatan belajar dan mengajar dimundurkan menjadi pukul 08.00 WITA atau 09.00 WITA dari biasanya pukul 07.30 WITA.

"Aktivitas sekolah disesuaikan dengan kondisi asap," kata Alamsyah, Rabu (18/9).

Untuk mengurangi dampak asap terhadap kesehatan, guru diminta mengurangi aktivitas siswa di luar ruangan seperti melakukan upacara bendera dan olahraga. Semua yang datang ke sekolah juga diwajibkan mengenakan masker.

Dalam surat edarannya, Dinas Pendidikan Banjarbaru mengingatkan sekolah lebih waspada terhadap siswa yang memiliki riwayat penyakit asma. Tindakan cepat harus dilakukan jika terjadi sesuatu pada siswa tersebut.

Apabila kondisi asap makin memburuk, pihak sekolah diminta segera berkoordinasi dengan dinas untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan. "Untuk meliburkan siswa, kami masih mempertimbangkan indeks standar pencemaran udara (ISPU) yang dikeluarkan dinas kesehatan," kata Alamsyah.

Salah satu sekolah di Banjarbaru, SMPN 15 Banjarbaru di Jalan Tegal Arum, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, sangat terdampak kabut asap. Pasalnya, terdapat kebakaran lahan yang hanya berjarak tiga meter dari ruang kelas.

Siswa pun mengeluhkan kabut asap yang terjadi setiap hari. Bahkan, api kerap berkobar dari lahan yang terbakar saat jam belajar berlangsung. "Semoga kebakaran lahan ini cepat berakhir karena kami sudah tidak tahan menghirup asap. Tenggorokan sakit dan mata juga perih," ucap Dila Artika, siswi kelas IX D.

Hal senada disampaikan siswi lainnya, Razqyana Noorlita Safitri. Dia bahkan berharap sekolah bisa diliburkan saja karena proses belajar sudah sangat terganggu kabut asap.

Wakil Kepala SMPN 15 Banjarbaru Bidang Kesiswaan Said Fahmi mengakui ada beberapa siswanya yang izin tidak masuk karena sakit asma yang kambuh akibat asap.

"Kami memaklumi kondisi saat ini yang udaranya tidak sehat. Jadi, kami pastikan seluruh siswa menggunakan masker untuk mencegah gangguan kesehatan akibat menghirup asap," katanya. Dalam dua hari terakhir, siswa terpaksa dipulangkan lebih cepat karena lahan kerap terbakar pada siang hari.

"Biasanya jam 12 siang lahan di belakang sekolah terbakar lagi karena panas. Asapnya pun masuk ke ruang kelas hingga mengganggu proses belajar dan tentunya ancaman bagi kesehatan siswa," katanya.

Dia berharap kebakaran lahan yang terjadi setiap musim kemarau dapat segera berakhir dan tidak terulang lagi pada tahun-tahun mendatang.

Lahan kosong di Jalan Tegal Arum yang lokasinya berdekatan dengan Bandara Syamsudin Noor terbakar hebat sejak Jumat (13/9). Titik api masih bermunculan, bahkan mendekati rumah warga dan bangunan sekolah. n antara ed: satria kartika yudha

]]>
Republika/Putra M. Akbar Nabila memakai masker untuk menghalau kabut asap kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru, Riau, Kamis (19/9).
Ini Penyebab Rokok Elektrik Berbahaya Bagi Tubuh https://gayahidup.republika.co.id/berita/py36th463/ini-penyebab-rokok-elektrik-berbahaya-bagi-tubuh https://gayahidup.republika.co.id/berita/py36th463/ini-penyebab-rokok-elektrik-berbahaya-bagi-tubuh Fri, 20 Sep 2019 05:51:00 +0700 Nora Azizah https://gayahidup.republika.co.id/berita/py36th463/ini-penyebab-rokok-elektrik-berbahaya-bagi-tubuh REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta (ANTARA) - Pada pekan lalu, laporan The Washington Post menyebutkan 354 kasus penyakit paru-paru di 29 negara bagian Amerika Serikat (AS) dikaitkan dengan perilaku vaping. Akibat hal itu, pemerintah AS mengumumkan rencana larangan penggunaan vape berasal buah dan mentol, atau hanya rasa tembakau yang diperbolehkan beredar.

Ketua Departemen Pulmonologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P. (K) menjelaskan, sifat iritatif dan oksidatif yang dihasilkan oleh kandungan vape menjadi alasan rokok elektrik ini berbahaya. Ia mengimbau masyarakat lebih baik tidak menggunakan vape untuk mencegah kejadian serupa di Indonesia.

"Uap yang dihasilkan oleh rokok elektrik mengandung partikel halus seperti halnya asap yang dibakar oleh rokok konvensional yang dikenal sebagai particulate matter (PM). Partikel halus itu bersifat toksik merusak jaringan atau bersifat iritatif," kata Agus ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis (19/9).

Agus menegaskan bahwa partikel halus tersebut dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan dan dapat masuk ke pembuluh darah hingga menganggu kinerja syaraf. Dalam laman resmi EPA (Badan Kesehatan Amerika Serikat) PM 2.5 atau partikel yang berukuran kurang dari diameter 2.5 mikrometer merupakan partikel yang paling berbahaya bagi kesehatan khususnya paru-paru.

Agus mengatakan, sifat oksidatif juga menjadi alasan vape berbahaya. Adanya pertukaran bahan-bahan cairan vape yang telah berubah menjadi uap dengan oksigen lewat pembakaran tidak dapat disangkal. Menurut Agus, kandungan partikel halus uap vape tersebut ditemukan dalam penelitian CDC (Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit AS) terbukti merusak lapisan epitel dan alveola (bagian ujung paru-paru) saluran napas.

Kerusakan dua bagian tubuh tersebut menyebabkan acute respiratory distress syndrome (ARDS) atau kerusakan akut pada kedua paru-paru. Dalam jangka pendek keluhan yang dapat dirasakan oleh penderita ARDS akibat vape adalah sesak napas, nyeri dada, mual, dan diare.

Hingga saat ini, kata Agus, di Amerika telah terjadi 400 kasus kerusakan akut paru-paru akibat pengunaan vape. Hal ini menyebabkan enam orang meninggal dunia. Bahaya lainnya yang dapat ditemui oleh pengguna vape adalah kecanduan nikotin dan terpapar bahan karsinogen yang merupakan pemicu sel kanker di dalam tubuh.

"Beberapa kandungan karsinogen dalam vape yang disinyalir seperti formaldehyide, kemudian nitrosamine, yang kalau dikonsumsi secara terus-menerus memicu kanker," kata dokter Agus.

]]>
Republika/Wihdan Hidayat Rokok Elektrik/ Vape
Deretan Musisi Hip Hop Termahal di Dunia https://senggang.republika.co.id/berita/py3fch383/deretan-musisi-hip-hop-termahal-di-dunia https://senggang.republika.co.id/berita/py3fch383/deretan-musisi-hip-hop-termahal-di-dunia Fri, 20 Sep 2019 05:46:00 +0700 Nidia Zuraya https://senggang.republika.co.id/berita/py3fch383/deretan-musisi-hip-hop-termahal-di-dunia REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Rapper Kanye West merilis lagu berjudul Big Brothers pada 2007 silam. Perilisan lagu tersebut merupakan terobosan besar West.

Big Brother merupakan penghargaan West yang didedikasikan untuk Jay-Z dan berisi lirik yang membahas suka duka persahabatan mereka. Lagu ini mendapat ulasan yang sangat positif dari para kritikus.

Jay-Z bahkan memiliki andil dalam menciptakan julukan West, Yeezy. Kemudian julukan itu digunakan West untuk nama sepatu, Adidas Yeezy.

Seperti yang dilansir dari Forbes, Kamis (19/9) Yeezy diperkirakan akan mencapai 1,5 miliar dalam penjualan tahun ini. Penjualan tersebut meningkatkan pendapatan sebelum pajak West menjadi 150 juta dolar AS selama tahun lalu dan menjadikannya raja uang hip hop untuk pertama kalinya.

Selanjutnya, Jay Z menempati urutan kedua dalam daftar ini dengan 81 juta dolar AS. Ini didukung oleh tur On The Run II dengan sang istri, Beyonce.

Urutan ketiga diduduki oleh Drake dengan bayaran  75 juta dolar AS. Bayaran  sebesar 70 juta dolar menempatkan Diddy di urutan keempat. Ia menjalin kesepakatan yang menguntungkan dengan Ciroc Vodka Diageo;Birdman dan berutang gaji ke ke label Cash Money Record dan Nas

Travis Scott yang menggelar Astroworld-Wish You Were Here Tour dengan 58 juta dolar AS dan posisi nomor lima dalam daftar. Peringkat keenam diduduki Eminem dengan bayaran 50 juta dolar AS.

Peringkat ketujuh diduduki oleh DJ Khaled  dengan 40 juta dolar AS.

“Khaled adalah seorang pria yang akan mencapai tujuannya karena etos kerja yang luar biasa. Hatinya tetap berada di tempat dan pola pikirnya terfokus,” kata seorang DJ.

Sementara itu, Cardi B berada dio peringkat 13 dengan 28 juta dolar AS. Ia bergabung dengan Nicki Minaj (peringkat 12 dengan 29 juta dolar AS) sebagai salah satu dari dua wanita yang ada dalam daftar. Ini merupakan contoh terbaru dari kesenjangan pembayaran di dalam dunia hip hop.

Meskipun Minaj baru-baru ini mengumumkan rencana untuk pensiun, ada banyak wanita yang harus segera mencari tempat di daftar. Di antara mereka yang harus diperhatikan adalah Meghan Thee Stallion, Tierra Whack, dan Rico Nasty.


]]>
EPA Kanye West
BMKG: Hujan Segera Turun https://nasional.republika.co.id/berita/py3okb385/bmkg-hujan-segera-turun https://nasional.republika.co.id/berita/py3okb385/bmkg-hujan-segera-turun Fri, 20 Sep 2019 05:45:47 +0700 Muhammad Subarkah https://nasional.republika.co.id/berita/py3okb385/bmkg-hujan-segera-turun REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan berpotensi turun di sejumlah daerah. Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo, ada potensi turunnya hujan lebat pada periode 19-25 September 2019.

"Beberapa wilayah itu antara lain Aceh, pesisir utara Kalimantan, Papua, dan Sumatra Utara," kata Mulyono dalam keterangan tertulis, Kamis (19/9).

Kendati demikian, ia mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang dekat dengan lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk selalu waspada. Pasalnya, titik panas masih bermunculan meskipun jumlahnya menurun dibandingkan pada awal September. Masyarakat harus mewaspadai sebaran asap akibat karhutla di wilayah Sumatra dan Kalimantan.

Mulyono mengatakan, sepanjang 15-17 September 2019 BMKG mengidentifikasi 3.082 titik panas dengan kategori tingkat kepercayaan tinggi di seluruh wilayah Asia Tenggara. "Jumlah ini lebih rendah dibandingkan periode 2-12 September 2019 yang mencapai 8.018 titik," ujar dia.

Ia menyebutkan, lokasi titik panas tersebut di antaranya berada di wilayah Indonesia seperti Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Di negara lain, titik panas terdeteksi di Malaysia, Thailand, Filipina, Papua Nugini, Vietnam, Kamboja, dan Timor Leste.

"Kecenderungan penurunan jumlah titik panas di Indonesia dan negara ASEAN secara tidak langsung dapat menurunkan sebaran asap di wilayah Indonesia dan Malaysia,\" katanya.

BMKG Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya memprediksi sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah berpotensi hujan selama sepekan ini. "Berdasarkan data yang diperoleh, potensi hujan di Kalteng diprediksi terjadi pada 20-27 September 2019,\" kata prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Cindi Arnelta, di Palangka Raya, Kamis (19/9).

Dia menjelaskan, hujan lokal berpotensi terjadi di wilayah Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Kapuas pada Jumat (20/9). Hujan diperkirakan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang.
Warga Kalteng sangat mengharapkan datangnya hujan agar abut asap pekat yang menyelimuti provinsi setempat segera menghilang. Sudah lebih dari sebulan Kalteng tak diguyur hujan. Akibatnya, banyak lahan dan hutan di provinsi tersebut terbakar.

Hujan juga berpotensi turun di sejumlah wilayah Kalbar berdasarkan prediksi BMKG Supadio, Pontianak. Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Supadio, Erika Mardiyanti, mengatakan, hujan berpotensi turun karena garis angin pada ketinggian 3.000 kaki mengindikasikan adanya pola pusaran angin tertutup dengan kecepatan rendah.

"Kondisi ini sangat mendukung proses pembentukan awan hujan di wilayah Kalbar ke depan. Model potensi hujan juga mengindikasikan akan segera adanya hujan di wilayah Kalimantan Barat," kata dia.

Menurut Erika, hujan diprakirakan mulai turun pada September 2019 di Kalbar bagian utara, antara lain di sebagian kabupaten/kota, yaitu Sambas, Singkawang, Bengkayang, Landak, Sanggau, Sekadau, Sintang, dan Kapuas Hulu. Kemudian, pada 21-26 September 2019 hujan diprakirakan turun di hampir seluruh wilayah Kalbar dengan intensitas sedang hingga lebat. n antara ed: satria kartika yudha

]]>
Antara/Umarul Faruq Petugas melakukan pemeriksaan panci penguapan air di kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/8/2019).
Polda Metro Jaya Tangkap Pemalsu Surat Berharga Negara https://nasional.republika.co.id/berita/py3i7e383/polda-metro-jaya-tangkap-pemalsu-surat-berharga-negara https://nasional.republika.co.id/berita/py3i7e383/polda-metro-jaya-tangkap-pemalsu-surat-berharga-negara Fri, 20 Sep 2019 05:40:00 +0700 Nidia Zuraya https://nasional.republika.co.id/berita/py3i7e383/polda-metro-jaya-tangkap-pemalsu-surat-berharga-negara REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Subdit 2 Harda Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengamankan satu orang yang berinisial HMY (54) karena diduga memalsukan surat berharga dan dokumen negara. Direktur Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Aryo Setodi menjelaskan jika tersangka HMY sudah menjalankan aksinya selama delapan tahun dan sangat lihai dalam menutupi aksinya.

"Tersangka sudah melakukan kegiatan pemalsuan ini sejak tahun 2011 dan selalu licin dalam melakukan operasinya karena menutupi kejahatannya dengan membuka kantor percetakan biasa," kata Kombes Suyudi DI Jakarta, Kamis (19/9).

Suyudi menjelaskan, selain membuka bisnis percetakan untuk menutupi aktivitas ilegalnya tersangka HMY dan rekannya DD yang masih buron, akan berputar-putar terlebih dahulu dan kemudian menemui pemberi orderan dengan memilih lokasi pertemuan yang jauh dari pusat operasi mereka.

Semua itu dilakukan untuk mengelabui petugas dan tidak memancing kecurigaan dari masyarakat sekitar. Para tersangka ini hanya perlu waktu dua hari untuk membuat dokumen palsu tersebut setelah menerima copy dokumen yang akan digandakan.

Menurut pengakuan tersangka HMY, dirinya mematok harga Rp5-10 juta untuk setiap surat berharga yang dia gandakan dan harganya bisa lebih tinggi tergantung tingkat kesulitan dokumen yang dipalsukan.

Subdit 2 Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang menerima laporan dari salah seorang korban kemudian melakukan pengembangan dan berhasil mengendus keberadaan pelaku pemalsuan surat berharga tersebut di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

Berdasarkan hasil pengintaian, penyidik lalu melakukan penangkapan terhadap tersangka HMY yang diduga telah menggandakan sertifikat milik korban dan melakukan penggeledahan di percetakan milik tersangka yang diduga sebagai tempat membuat surat berharga palsu.

Pada saat dilakukan penggeledahan di kantor tersangka selain ditemukan beberapa sertifikat palsu, penyidik juga menemukan adanya dokumen-dokumen negara yang diduga telah dipalsukan oleh tersangka, di antaranya KTA Polri palsu, Surat Izin Senjata Api Polri palsu, SKCK palsu, STNK palsu, Nota Pajak palsu, KITAS/KITAP palsu, KTP palsu, SIUP-TDP palsu, dan transkip nilai unversitas palsu.

Tersangka HMY membuat dokumen palsu tersebut dengan membandingkan contoh dokumen dari internet kemudian menyesuaikannya hingga menyerupai dokumen aslinya.

Menurut pengakuan tersangka uang hasil penjualan dokumen palsu tersebut digunakan tersangka untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari.

Atas perbuatannya, tersangka HMY dijerat dengan Pasal 378 KUHP, Pasal 372 KUHP, Pasal 263 KUHP junto Pasal 55 KUHP dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman kurungan maksimal enam tahun penjara.


]]>
Antara/Reno Esnir Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo (tengah) bersama Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Ario Seto (kiri) memberikan keterangan saat rilis pengembangan hasil penyidikan perkara kerusuhan tanggal 21-23 Mei 2019 di Divhumas Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/7/2019).
Menkominfo Investigasi Kebocoran Data Penumpang Malindo Air https://republika.co.id/berita/py3cg1383/menkominfo-investigasi-kebocoran-data-penumpang-malindo-air https://republika.co.id/berita/py3cg1383/menkominfo-investigasi-kebocoran-data-penumpang-malindo-air Fri, 20 Sep 2019 05:36:00 +0700 Nidia Zuraya https://republika.co.id/berita/py3cg1383/menkominfo-investigasi-kebocoran-data-penumpang-malindo-air REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan, mengatakan siap berkoordinasi dengan pihak keamanan Malaysia untuk menangani kebocoran data penumpang Malindo Air. Menurutn Semuel, kemungkinan Menkominfo akan melakukan investigasi bersama dengan pihak Malaysia.

"Kita akan menginvestigasi sesama negara tetangga dan ASEAN, jadi memang kalau dibutuhkan investigasi dari kami, kami bisa lakukan juga," ujar Semuel di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (19/9).

"Kita bisa berkoordinasi menanyakan karena ini menyangkut kepentingan, satu entitas perusahaan Indonesia, kemungkinan ada data orang Indonesia," lanjut Semuel.

Semuel mengatakan penanggung jawab administrator, dalam ini perusahaan cloud, harus memperkuat sistemnya. Selain itu, siapapun yang melakukan ilegal akses harus mendapatkan sanksi pidana.

Saat ini Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (PDP) belum disahkan. Terkait hal itu, Semuel mengatakan pemerintah telah memiliki 32 regulasi.

Salah satu regulasi tersebut adalah peraturan menteri no.20 Tahun 2016, yang menjadi turunan dari Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) bahwa data pribadi harus dilindungi.

"Ini yang kita gunakan. Bukannya tidak ada, tetapi tersebar, kita lagi rancang PDP supaya jadi satu dan memudahkan siapapun," kata Semuel.

Hingga saat ini Lion Group mengatakan belum mengetahui jumlah data pelanggan yang bocor. Namun, Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi, memastikan bahwa sampai saat ini data penumpang sudah tidak bocor lagi.

"Kami legal action di Malaysia karena lokusnya di Malaysia, begitu berita ini viral langsung kita melakukan legal action kepada pihak berwenang di Malaysia, dan sedang dalam proses investigasi," ujar Daniel.

"Dan data-data orang Indonesia pun belum tahu jumlahnya berapa, nama itu masih ditutup di situ, sedang menginvestigasi. Ke depan kami pastikan data penumpang aman," tambah dia.

]]>
Antara Malindo Air
Derita Asap Masyarakat Sampit Dituangkan Dalam Lagu https://senggang.republika.co.id/berita/py3687463/derita-asap-masyarakat-sampit-dituangkan-dalam-lagu https://senggang.republika.co.id/berita/py3687463/derita-asap-masyarakat-sampit-dituangkan-dalam-lagu Fri, 20 Sep 2019 05:27:00 +0700 Nora Azizah https://senggang.republika.co.id/berita/py3687463/derita-asap-masyarakat-sampit-dituangkan-dalam-lagu REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Sejumlah seniman lokal di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, merilis lagu untuk menyuarakan kegelisahan dan penderitaan masyarakat akibat kabut asap. Karhutla tak hanya merusak lahan tapi juga mengancam jiwa masyarakat Sampit.

"Kami ingin semua tahu bahwa kami di Kotawaringin Timur menderita akibat kebakaran lahan dan kabut asap kembali terjadi. Kebakaran tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga menimbulkan gangguan terhadap kesehatan, pendidikan, ekonomi dan lainnya," kata Leonard, seorang seniman Sampit, Kamis (19/9).

Kelompok seniman musik hasil kolaborasi FAR Production dan Master Piece merasa tergugah menuangkan kondisi saat ini ke dalam sebuah lagu. Grup ini terdiri dari Leonard sebagai vokalis, Abe Abraham pada keyboard, Ferry Hakim pada gitar dan Rio Permadi pada keyboard 2 sekaligus editor musik.

Mereka menggambarkan parahnya dampak kebakaran hutan dan lahan serta betapa besar kerja keras segenap elemen masyarakat untuk memadamkan kebakaran yang hingga kini belum membuahkan hasil sesuai harapan. Apalagi saat ini asap telah menimbulkan dampak parah hampir di semua bidang, khususnya kesehatan, pendidikan, transportasi dan aktivitas ekonomi masyarakat.

Tidak terlalu sulit bagi Leonard dan kawan-kawan menggambarkan parahnya dampak kebakaran lahan di Kotawaringin Timur karena mereka memang terjun ke lapangan. Bahkan, mereka kerap ikut bergabung dengan kelompok kawula muda atau generasi milenial yang peduli dan terjun langsung ikut memadamkan kebakaran lahan di Sampit.

Di studio sederhana berukuran sekitar 3x4 meter, mereka berbagi tugas meramu lagu sesuai kemampuan masing-masing. Dalam waktu tiga hari, lagu dengan visual sejumlah lokasi kebakaran lahan dan perjuangan petugas memadamkan api itu rampung.

Begitu selesai, lagu itu dengan cepat menyebar. Tata musik yang apik dipadu lirik lagu yang begitu menyentuh, dengan cepat membuat lagu "Save Kotimku" menarik perhatian masyarakat. Lagu ini seolah mewakili perasaan dan penderitaan masyarakat saat ini di tengah pekatnya asap kebakaran lahan.

Para seniman ini berharap lagu ini dapat membuka mata hati semua pihak sehingga terpanggil untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Tidak perlu saling menyalahkan dan merasa benar karena itu tidak akan menyelesaikan masalah. Saat ini yang diperlukan adalah upaya bersama agar kebakaran lahan segera bisa dipadamkan sehingga asap segera hilang.

]]>
pixabay Ilustrasi Musik
Didi Kempot dan Soimah akan Meriahkan Ngayogjazz 2019 https://senggang.republika.co.id/berita/py30u9284/didi-kempot-dan-soimah-akan-meriahkan-ngayogjazz-2019 https://senggang.republika.co.id/berita/py30u9284/didi-kempot-dan-soimah-akan-meriahkan-ngayogjazz-2019 Fri, 20 Sep 2019 05:23:00 +0700 Yudha Manggala P Putra https://senggang.republika.co.id/berita/py30u9284/didi-kempot-dan-soimah-akan-meriahkan-ngayogjazz-2019 REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ngayogjazz akan kembali digelar di Kabupaten Sleman pada 16 November 2019 mendatang. Tahun ini, Dukuh Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, dipilih menjadi lokasi Ngajogjazz 2019.

Sejak 2007, Ngayogjazz sendiri total sudah digelar sebanyak 12 kali. Tahun ini, satu dari tiga agenda musik jaz besar di Yogyakarta itu akan mengangkat tema yang cukup unik yaitu Satu Nusa Satu Jazznya.

Panitia Ngayogjazz 2019 telah pula audiensi ke Pemkab Sleman. Aktor senior yang jadi salah satu panitia Ngayogjazz 2019, Djaduk Ferianto menegaskan, gelaran ini bertujuan memberdayakan masyarakat sekitar.

"Karenanya, Ngayogjazz selalu memilih tempat di pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk kota, dengan adanya Ngayogjazz ini diharapkan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat," kata Djaduk, Kamis (19/9).

Sederet musisi ternama sudah direncanakan memeriahkan Ngayogjazz 2019. Mulai dari musisi-musisi jaz seperti Dewa Budjana, Mus Mujiono, Festivalist sampai Monita Tahalea.

Selain itu, musisi-musisi dari dalam maupun luar negeri akan turut memeriahkan acara. Tidak cukup sampai di situ, Ngayogjazz 2019 akan ditutup penyanyi campursari Didi Kempot dan Soimah.

"Jika tidak ada halangan acara ini nanti akan dibuka oleh Gubernur DIY (Sri Sultan Hamengku Buwono X)," ujar Djaduk.

Mewakili Bupati Sleman, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Arip Pramana, memberikan dukungan penuh terselenggaranya Ngayogjazz 2019. Sejumlah fasilitasi dijanjikan akan diberikan Pemkab Sleman. "Prinsipnya, kita mendukung penuh kegiatan ini," kata Arip.

Ngayogjazz sendiri merupakan perhelatan festival musik jaz bernuansa pesta rakyat. Terakhir, digelar pada 18 November 2017 di Dusun Kledokan, Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan.

Kala itu, lima panggung dibangun tersebar di berbagai sudut yang ada di Dusun Kledokan. Mulai Panggung Doorstoot, Pangungg Gerilya, Panggung Markas, Panggung Seribu sampai Panggung Merdeka.

Secara umum, pagelaran Ngayohjazz dapat dinikmati gratis bagi siapa saja yang datang. Terakhir, pengunjung hanya membayar biaya parkir kendaraan Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Biasanya, petugas-petugas parkir merupakan masyarakat sekitar, jadi pemasukan memang untuk Dusun Kledokan sendiri. Penonton bisa datang sejak siang sampai malam tanpa henti.

Selain perhelatan musik, pengunjung dapat menyusuri sudut-sudut desa yang disulap menjadi kampung festival. Sebagian besar masyarakat menyajikan makanan dan minuman di halaman-halaman rumah mereka.

Dari makanan tradisional seperti makanan-makanan angkringan, sampai camilan-camilan kekinian ada. Selain di depan rumah masing-masing, banyak terlihat kantin-kantin yang disediakan untuk warga berjualan.

]]>
Republika/Edwin Dwi Putranto Soimah saat tampil pada gelaran Java Jazz Festival 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Pengalaman Teco Latih Persija Untungkan Bali United https://bola.republika.co.id/berita/py3fdo348/pengalaman-teco-latih-persija-untungkan-bali-united https://bola.republika.co.id/berita/py3fdo348/pengalaman-teco-latih-persija-untungkan-bali-united Fri, 20 Sep 2019 05:18:00 +0700 Israr Itah https://bola.republika.co.id/berita/py3fdo348/pengalaman-teco-latih-persija-untungkan-bali-united REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI - Bali United berhasil menang 1-0 atas Persija dalam laga lanjutan Liga 1 2019, Kamis (19/9), karena sudah mengenal cara bermain skuat berjuluk Macan Kemayoran. Hal itu disampaikan oleh pelatih Bali United Stefano Cugurra usai laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

"Pertahanan kami bermain bagus pada babak pertama dan paruh kedua, kami sudah mengetahui Persija akan bermain lebih menyerang dan terbuka," ujar Teco, sapaannya.

Pelatih asal Brasil itu menyusun strategi untuk menang pada babak kedua. Di antaranya, Teco memasukkan Melvin Platje dan Irfan Bachdim masing-masing untuk menggantikan Ilija Spasojevic serta Yabes Roni.

Platje dan Bachdim bertugas merangsek ke lini belakang yang diprediksinya melonggar karena tampil menyerang. Kemudian, Teco menginstruksikan pemain bertahannya untuk memperketat pengawalan terhadap pemain-pemain menyerang Persija seperti Marko Simic dan Riko Simanjuntak yang sangat berbahaya ketika mendapatkan bola.

Pengawalan itu dimudahkan dengan pengetahuan Teco tentang Simic dan Riko, serta beberapa pemain Persija lain yang pernah dilatihnya di kurun waktu 2017-2018.

"Kami memberikan masukan ke Willian Pacheco dan Haudi Abdillah harus bisa menjaga Simic dari dekat karena dia memiliki kualitas penyelesaian bagus dari kepala dan kaki. Saya rasa taktik kami berhasil menutup ruang Simic," tutur Teco.

Sementara Melvin Platje menyebut bahwa Bali United memiliki persiapan yang bagus untuk menghadapi Persija. Tiga angka dinilainya positif karena tidak mudah berlaga di Stadion Patriot Candrabhaga.

"Tidak terlalu mudah untuk pemain berlaga di sini karena cuaca yang membuat hilangnya tenaga," tutur pemain berkewarganegaraan Belanda tersebut.

Kemenangan atas Persija membuat Bali United semakin kokoh di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2019 dengan 44 poin dari 18 pertandingan. Sementara Persija Jakarta tetap berada di posisi ke-15 dengan 17 poin dari 17 laga.

 

]]>
Antara/Risky Andrianto Pesepak bola Bali United Haudi Abdillah (kanan) berusaha menghadang pesepak bola Persija Jakarta Rizki Ramdani Lestaluhu (kiri) pada laga pertandingan Liga 1, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/9/2019).
Nenek 96 Tahun Tewas Kecebur ke Sumur https://nasional.republika.co.id/berita/py2vcw385/nenek-96-tahun-tewas-kecebur-ke-sumur https://nasional.republika.co.id/berita/py2vcw385/nenek-96-tahun-tewas-kecebur-ke-sumur Fri, 20 Sep 2019 05:13:00 +0700 Muhammad Subarkah https://nasional.republika.co.id/berita/py2vcw385/nenek-96-tahun-tewas-kecebur-ke-sumur REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Seorang nenek, Seni (96) ditemukan tewas di dalam sumur di RT2/8, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Kamis (19/9). Nenek tersebut diduga kepeleset dan kecebur kedalam sumur sedalam kurang lebih 20 meter.

"Berdasarkan informasi, kejadian bermula ketika korban sedang berjalan kearah sumur yang berada di belakang rumahnya, namun karena faktor usia, korban terpeleset dan jatuh ke dalam sumur," ujar Kapolsek Cimanggis AKP Bagus Panuntun.

Menurut Bagus, sehari-hari korban hidup bersama dengan anak tinggal satu rumah kerap selalu mendatangi sumur tempat penyimpanan barang. Sumur berada di dalam rumah sehari-hari korban selalu mendatangi lokasi sumur untuk menaruh barang-barang pribadi.

"Penyebab korban masuk ke dalam sumur, diduga akibat kepleset sehingga kecebur sumur," terangnya.

Dalam proses evakuasi pengangkatan jasad korban anggota kepolisian dibantu tim Tagana dan Damkar Kota Depok selama 30 menit diangkat menggunakan katrol.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim Inafis Polres terhadap tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Pihak keluarga korban tidak mau mengotopsi dengan membuat surat pernyataan dan menerima kematian korban," pungkas Bagus.

]]>
Sumur/ilustrasi
Tantangan Niki Zefanya Berkarir di Amerika https://senggang.republika.co.id/berita/py35o3463/tantangan-niki-zefanya-berkarir-di-amerika https://senggang.republika.co.id/berita/py35o3463/tantangan-niki-zefanya-berkarir-di-amerika Fri, 20 Sep 2019 05:11:00 +0700 Nora Azizah https://senggang.republika.co.id/berita/py35o3463/tantangan-niki-zefanya-berkarir-di-amerika REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Niki Zefanya atau yang lebih populer disapa dengan sebutan Niki, membagi kisahnya mengenai tantangan dalam perjalanan karir bermusik di Los Angeles, Amerika Serikat. Karir di dunia internasional ini sudah berlangsung sejak 2017.

Niki menyebut, tantangan terbesarnya selama terjun di dunia musik ialah bagaimana ia tetap menjadi dirinya sendiri di tengah banyaknya talenta yang ikut bersaing di dunia musik Amerika Serikat.

"Salah satu tantangan saya adalah bagaimana saya tetap menjadi diri saya sendiri dengan karya saya, dan menyampaikan pesan yang jelas dalam setiap karya saya. Apalagi banyak sekali talenta di luar sana," kata Niki pada konferensi pers di Guess Central Park, Jakarta Barat, Kamis (19/9).

Namun, seiring berjalannya waktu serta dukungan dari teman-teman satu labelnya membuatnya bisa menemukan warna musik. Penyanyi beraliran R&B dan indie folk ini lebih berani untuk membagi karyanya bersama kepada khalayak luas.

Saat ini, Niki bergabung dengan label 88rising. Label 88rising merupakan sebuah label rekaman yang menaungi beberapa musisi seperti Keith Ape, Joji, Higher Brothers, dan rapper asal Indonesia Brian Immanuel atau Rich Brian.

"Dan di 88rising, mereka membantu saya untuk tetap mengenal diri saya sendiri dan bisa melakukan pengenalan budaya, terlebih banyak wajah Asia di dalamnya, dan diharapkan talenta Asia bisa lebih go global," kata musisi wanita pertama di 88rising itu.

Niki Zefanya merupakan penyanyi yang lahir dan besar di Jakarta pada 24 Januari 1999. Pelantun lagu "Lowkey" itu kemudian tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat untuk menempuh karir bermusiknya.

Ia sempat masuk dalam daftar The Best New Artists of 2018 versi media Complex. Lagunya yang berjudul "Move!" juga menjadi lagu latar saat Apple memperkenalkan arloji pintar seri terbarunya, Apple Watch 5 beberapa waktu lalu.

]]>
Instagram @nikizefanya Penyanyi Niki Zefanya