Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Thu, 29 Oct 2020 17:58:23 +0700 https://www.republika.co.id/ id hourly 1 https://static.republika.co.id/files/images/logo.png Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Sumpah Pemuda, Tonggak Rakyat Sadar Pentingnya Berkebangsaan https://republika.co.id/berita/qiymhb282/sumpah-pemuda-tonggak-rakyat-sadar-pentingnya-berkebangsaan https://republika.co.id/berita/qiymhb282/sumpah-pemuda-tonggak-rakyat-sadar-pentingnya-berkebangsaan Thu, 29 Oct 2020 17:58:23 +0700 Karta Raharja Ucu https://republika.co.id/berita/qiymhb282/sumpah-pemuda-tonggak-rakyat-sadar-pentingnya-berkebangsaan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pertama : Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Isi sumpah pemuda akrab di telinga para peserta upacara hari sumpah pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Untuk mendapatkan hasil isi sumpah pemuda, tentunya melalui lika-liku yang panjang.

Sejarawan Universitas Indonesia (UI), Achmad Sunjayadi menjelaskan lahirnya sumpah pemuda berawal dari Kongres Pemuda I tahun 1926. Jika ditarik lebih jauh lagi, itu berawal dari pertemuan antara organisasi-organisasi kepemudaan lokal dengan organisasi yang "radikal", yakni Partai Nasional Indonesia (PNI) sejak 1927.

Organisasi-organisasi pemuda lokal tersebut terdiri dari Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes, Jong Minahasa, Sekar Roekoen, dan Jong Bataks Bond. Sudah sejak pertengahan tahun 1920-an, mereka kerap mendiskusikan kemungkinan upaya penggabungan dalam kerangka persatuan ‘Indonesia’.

Kongres Pemuda I merupakan kongres gabungan pertama yang berlangsung di Batavia pada April sampai Mei 1926 dan dihadiri oleh wakil dari organisasi-organisasi kepemudaan lokal. Tokoh utamanya adalah Mohammad Yamin dari Jong Sumatranen Bond dan anggota Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia, organisasi yang memiliki akses ke PNI.

Tujuan kongres ini mencari cara untuk membina organisasi pemuda yang tunggal dengan membentuk sebuah badan sentral untuk memajukan persatuan dan kebangsaan serta menguatkan hubungan di antara organisasi-organisasi kepemudaan lokal. “Bahasan kongres itu antara lain membahas bahasa Melayu sebagai dasar pengembangan bahasa dan literature yang bernuansa ‘Indonesia’ di masa depan,” kata Achmad saat dikonfirmasi, Selasa (27/10).

Lebih lanjut, dia mengatakan untuk mencapai tujuan tersebut, M.Yamin berpendapat agar dilakukan secara bertahap. Sehingga, hasil Kongres Pemuda I adalah mengakui dan menerima gagasan persatuan Indonesia walaupun masih belum jelas. Para peserta Kongres Pemuda I juga mengakui masih adanya perbedaan sosial dan etnis atau suku di antara mereka.

“Dalam berkomunikasi saja, mereka masih belum terbiasa dan tidak dapat menggunakan bahasa Melayu. Mereka lebih terbiasa menggunakan bahasa Belanda. Namun, mereka merasakan ada perasaan persatuan nasional yang membuat mereka merasa satu. Hal itu ternyata sulit diwujudkan,” ujar dia.

Karena Kongres Pemuda I masih belum membuahkan hasil, Kongres Pemuda II diselenggarakan tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres ini dihadiri oleh hampir seluruh utusan dari organisasi-organisasi di Hindia Belanda. Bahkan, ada perwakilan dari pemuda Tionghoa yang hadir.

Selanjutnya Klik disini]]>
Tangkapan layar Sumpah Pemuda pertama
Korban Begal di Jakbar Jelaskan Alasan tak Buat Laporan https://republika.co.id/berita/qiymfy409/korban-begal-di-jakbar-jelaskan-alasan-tak-buat-laporan https://republika.co.id/berita/qiymfy409/korban-begal-di-jakbar-jelaskan-alasan-tak-buat-laporan Thu, 29 Oct 2020 17:57:34 +0700 Andri Saubani https://republika.co.id/berita/qiymfy409/korban-begal-di-jakbar-jelaskan-alasan-tak-buat-laporan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hendra Gunawan, korban begal di Jalan Puri Indah Raya, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat menyatakan tak melaporkan kepolisi. Hal itu telah dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatanganinya pada Kamis (29/10).

Berdasarkan surat pernyataan itu, Hendra mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi saat ia bersama temannya melakukan rutinitas bersepeda pada Selasa (27/10) pagi. Hendra, menang biasa mengambil rute mengambil rute dari Jalan Puri Kencana (Kawan Lama) ke arah JIalan Puni Indah Raya lanjut sebalik.

Di Jalan Puri Indah Raya, Hendra dipepet oleh dua orang menggunakan sepeda motor. Salah satu pelaku yang dibonceng, kemudian memegang badan korban. Pelaku lantas mengambil handphone merek iPhone 11 miliknya.

Refleks, Hendra langsung memegang pelaku hingga Hendra kehilangan keseimbang dan jatuh. Akibatnya, Hendra mengalami luka pada pelipis kiri, di atas bibir, punggung, pinggang kanan, tangan kiri, pergelangan tangan kanan kanan, lutut kanan kiri.

Telepon seluler milik Hendra sempat berpindah tangan ke pelaku. Namun, HP itu ternyata terjatuh di sebuah dan pijahak kepolisian berhasil menemukan HP tersebut.

"Saya tidak membuat laporan polisi karena handphone berhasil ditemukan kembali oleh pihak kepolisian Unit Reskrim Polsek Kembangan Jakarta Barat dan situasi saat ini masih pademi Covid-19," kata Hendra.

Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan mengatakan telah menerima surat pernyataan tersebut. Imam mengatakan, pernyataan tersebut tertuang jelas bahwa pelaku tak melaporkan kejadian itu ke polisi.

"Korban telah membuat pernyataan untuk tidak membuat laporan polisi dan untuk BB (Barang Bukti) 1 (satu) unit HP iPhone 11 Pro warna silver yang di temukan pihak Kepolisian telah di serahkan kepada korban," kata Imam saat dihubungi.

Kendati demikian, Imam menyatakan, pihaknya tetap melakukan penyelidikan. Ia menyatakan, tetap berupaya menelusuri kejadian tersebut agar tak kembali terulang.

"Tetap kita lidik jika ditemukan bukti kita proses hukum," jelasnya.

Selain itu, Imam menyatakan akan meningkatkan patroli di kawasan pesepeda di kawasan Kembangan. Ia mengimbau, masyarakat untuk tetap berhati-hati saat bersepeda.

"Himbau warga berhati-hati dan melapor ke polisi pada saat bersepeda untuk diamankan," pintanya.



Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Teuku Arsya Khadafi menerangkan, kejadian pembegalan yang menimpa Hendra. Korban saat itu terjatuh hingga mengakibatkan luka pada bagian wajah, legan dan kakinya.

Saat kejadian, Arsya menerangkan, tersangka, berhasil melarikan diri karena takut diteriaki jambret oleh korban. Waktu itu, korban langsung berteriak meminta tolong rekannya.

"Kemudian korban dibantu saksi (yang merupakan rekannya) beristirahat di depan gerbang Kompleks Puri Indah sambil membersihkan luka-luka yang di alami karena terjatuh," ucap Arsya

Setelah itu, lanjut Arsya, kejadian tersebut langsung didokumentasikan dan disebar ke grup pesepeda. Dokumentasi tersebut, kata Arsya, untuk mengingatkan rekan yang hobi bersepeda lebih berhati-hati lagi. Namun, kejadian tersebut justru viral di media sosial.

"Mendapat infomasi tersebut Unit Reskrim Polsek Kembangan dan Sat reskrim Polses Metro Jakarta Barat langsung mencari infomasi lalu mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan olah TKP," ucap Arsya menceritakan.

Setelah mendapatkan identitas korban, polisi langsung menghubungi korban untuk kembali datang ke TKP. Hal ini bertujuan mendapatkan gambaran di lokasi kejadian peristiwa dugaan jambret itu.

"Pada saat olah TKP bersama korban, setelah melakukan penyisiran TKP, kami menemukan satu buah HP di dalam selokan, kemudian HP merek iPhone 11 tersebut diambil dan korban membenarkan bahwa HP tersebut adalah miliknya," jelasnya.

Arsya menyatakan, korban menang tak melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Ia menjelaskan, korban sengaja tak melaporkan kejahatan tersebut lantaran handphone korban telah ditemukan.

"Korban mengalami luka pada pelipis kiri, di atas bibir, punggung, pinggang kanan, tangan kiri, pergelangan tangan kanan, dan lutut kanan kiri," jelasnya.

photo
Infografis Bersepeda Nyaman Bagi Pemula - (republika.co.id)

 

]]>
Pixabay (Foto: ilustrasi bersepeda)
Chef Dhira: Masakan Indonesia Perlu Dipromosikan dengan Baik https://republika.co.id/berita/qiymey414/chef-dhira-masakan-indonesia-perlu-dipromosikan-dengan-baik https://republika.co.id/berita/qiymey414/chef-dhira-masakan-indonesia-perlu-dipromosikan-dengan-baik Thu, 29 Oct 2020 17:56:58 +0700 Reiny Dwinanda https://republika.co.id/berita/qiymey414/chef-dhira-masakan-indonesia-perlu-dipromosikan-dengan-baik REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masakan Indonesia merupakan masakan yang kaya rasa dan kaya jenisnya. Tak heran, banyak chef internasional yang tertarik untuk belajar membuatnya, termasuk chef selebritas Amerika Serikat, Gordon Ramsay, yang belajar membuat rendang di Sumatra Barat saat penggarapan program TV Gordon Ramsay: Uncharted tayang pada 8 Juni di  National Geographic.

Menurut chef Raihan Dhira, masakan Indonesia sangat berpotensi disenangi masyarakat dunia jika bisa dikembangkan.

"Masakan Indonesia itu bisa begitu sangat spesial kalau kita bisa fokus mengembangkannya, mem-branding-nya," tutur Dhira dalam webinar Peduli Pangan Series, beberapa waktu lalu.

Menurut Dhira, saat ini telah ada sejumlah restoran yang sangat baik dalam mempromosikan masakan Indonesia. Misalnya, masakan Indonesia berupa nasi ramas atau nasi campur yang dihidangkan dengan plating yang indah. Dengan demikian, masakan Indonesia pun terlihat indah dan istimewa.

Dhira juga mengatakan, beberapa bahan pangan Indonesia telah mendunia. Misalnya, tempe yang terkenal di Prancis.

Restoran Indonesia di luar negeri pun mulai marak. Mereka juga pasti menyajikan beberapa makanan khas seperti terong balado, soto, dan bakmi goreng.

"Sambal itu di Amerika digunakan seperti saus untuk bumbu barbekyu," kata Dhira.

Sejalan dengan itu, Dhira berharap masyarakat tidak takut untuk mencicipi makanan lokal dan tradisional. Masyarakat juga diminta untuk belajar masak masakan lokal dan tradisional untuk melestarikan masakan Indonesia.

Dengan belajar masak makanan tradisional, masyarakat bisa lebih menjaga konsistensi dalam takaran, agar masakan Indonesia bisa terus enak. Penting pula bagi warga Indonesia agar tidak mudah bosan dengan masakan dalam negeri.

"Kita harus punya rasa ingin tahu agar kita terus bisa eksplor makanan-makanan tradisional Indonesia," jelas Dhira.

]]>
Republika/Prayogi Rendang, masakan Indonesia yang telah mendunia.
Tim Swab Hunter Awasi Protokol Kesehatan di Area Wisata https://republika.co.id/berita/qiyme6428/tim-emswab-hunterem-awasi-protokol-kesehatan-di-area-wisata https://republika.co.id/berita/qiyme6428/tim-emswab-hunterem-awasi-protokol-kesehatan-di-area-wisata Thu, 29 Oct 2020 17:56:30 +0700 Ratna Puspita https://republika.co.id/berita/qiyme6428/tim-emswab-hunterem-awasi-protokol-kesehatan-di-area-wisata REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Memasuki libur dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober hingga 1 November 2020, Pemerintah Kota Surabaya menyiagakan Tim Swab Hunter di tempat-tempat wisata dan ruang publik. Tujuannya, mengawasi penerapan protokol kesehatan (Prokes). 

Kepala Satpol PP Kota Surabaya Eddy Christijanto mengatakan pengawasan yang dilakukan Tim Swab Hunter untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan massa dan mencegah penyebaran Covid-19. Salah satu tempat yang menjadi pengawasan yakni di Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang menjadi salah satu alternatif liburan keluarga warga Surabaya.

Kemudian tempat lain yang juga diawasi adalah kebun Mangrove Wonorejo dan Medokan Ayu, kawasan Pantai Kenjeran, Jembatan Suroboyo, Taman Suroboyo, hingga di bawah Jembatan Suramadu. “Mulai kemarin kita laksanakan pemantauan ini. Jadi, selama cuti bersama Pemkot melakukan pengawasan protokol kesehatan di lokasi-lokasi wisata,” kata Eddy di Surabaya, Kamis (29/10).

Pengawasan protokol kesehatan ini dilakukan mulai pagi hingga malam hari. Saat pagi hari, kata Eddy, pengawasan dilakukan oleh jajaran kecamatan bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait. 

“Kecamatan dengan OPD terkait dari pagi sampai pukul 15.00 WIB. Kemudian pukul 15.00 WIB sampai malam, Satpol PP, Linmas, dan Dishub,” ujarnya.

Apabila ditemukan pelanggar protokol kesehatan, lanjut Eddy, Satpol PP Kota Surabaya bakal memberikan sanksi berupa swab di lokasi yang telah ditentukan. Jika pagi hari, pelaksanaan swab dilaksanakan di Puskesmas terdekat hingga pukul 13.00 WIB. 

Kemudian saat malam hari, swab berlangsung di lima lokasi yang telah ditentukan. "Lima titik lokasi itu terletak di Gelanggang Remaja Surabaya, Park and Ride Jalan Mayjend Sungkono, Eks Kantor Kejari Jalan Kasuari, Park and Ride Jalan Arif Rahman Hakim, dan halaman Kantor Kecamatan Tandes," ujarnya.

Eddy melanjutkan, pengawasan protokol kesehatan tak hanya dilakukan di tempat-tempat wisata. Ruang publik hingga taman kota juga dilakukan pengawasan. 

“Taman petugas DKRTH bersama tim keamanan (Linmas – Satpol PP), serta dibackup dari 31 kecamatan. Karena untuk taman sendiri sementara ini kan masih tutup,” kata dia.

Sejak kemarin hingga hari ini, kata Eddy, pengawasan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata hingga ruang terbuka publik masih terpantau aman. Kendati demikian, masih saja ditemukan beberapa warga yang melanggar protokol kesehatan. 

"Yang melanggar (Prokes) ada, langsung kita swab. Seperti tidak memakai masker,” ujarnya. 

]]>
ANTARA/Didik Suhartono (Ilustrasi) Kebun Binatang Surabaya (KBS) di Surabaya, Jawa Timur.
Ribuan Wisatawan Mulai Kunjungi Objek Wisata Gunung Kidul https://republika.co.id/berita/qiymd2463/ribuan-wisatawan-mulai-kunjungi-objek-wisata-gunung-kidul https://republika.co.id/berita/qiymd2463/ribuan-wisatawan-mulai-kunjungi-objek-wisata-gunung-kidul Thu, 29 Oct 2020 17:55:50 +0700 Nora Azizah https://republika.co.id/berita/qiymd2463/ribuan-wisatawan-mulai-kunjungi-objek-wisata-gunung-kidul REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNG KIDUL -- Belasan ribu wisatawan mengunjungi objek wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama dua hari terakhir. Hal ini dianggap mampu mendongkrak kembali ekonomi masyarakat di wilayah setempat.

Kepala Seksi Objek dan Daya Tarik Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Gunung Kidul, Aris Sugiyantoro, di Gunung Kidul, Kamis (29/10), mengatakan, jumlah pengunjung dalam sehari bisa mencapai sekitar 5 ribu. Hari ini hingga sore mencapai sekitar sembilan ribu pengunjung masuk ke objek wisata, baik wisata pantai, gua dan pegunungan.

"Jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Kami prediksi, puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada Sabtu dan Ahad ini. Kunjungan wisatawan masih didominasi ke pantai," kata Aris.

Adapun untuk kawasan pantai, sebagian besar yang ramai dikunjungi adalah kawasan Pantai Baron sampai dengan Poktunggal. Salah satu yang cukup padat dan ramai adalah di Pantai Ngrawe, dan parkir kendaraan sendiri lebih banyak dilakukan di kawasan Pantai Kukup.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata, Harry Sukomon, mengungkapkan, target ini tergolong rendah dan realistis mengingat saat ini pandemi masih terus terjadi. Pihak dinas menerjunkan sejumlah personil khususnya di objek wisata dan tempat pemungutan retribusi.

"Target kami selama libur panjang ini Rp 400 juta rupiah dari seluruh objek wisata," kata Harry Sukmono.

Beberapa hari lalu, Koordinator SAR Satlimas wilayah II, Marjono mengatakan, momen kali ini juga bertepatan dengan prediksi gelombang tinggi. Untuk itu pihaknya mengimbau wisatawan untuk tidak bermain air terlalu ke tengah dan selalu mewaspadai gelombang yang datang.

Pihaknya menerjunkan 64 anggota SAR wilayah II. Para petugas SAR nanti akan keliling untuk mengingatkan wisatawan dengan pengeras suara agar tidak mandi atau bermain ke bibir pantai.

"Kami juga sudah infokan informasi ini kepada nelayan untuk meminggirkan kapal. Tapi kalau tadi malam mereka masih melaut,” kata Marjono.

]]>
Wihdan Hidayat / Republika Dalam dua hari terakhir belasan ribu wisatawan tercatat kunjungi wisata Gunung Kidul (Foto: wisata pantai Gunung Kidul)
Prodi Arsitektur Untag Surabaya Raih Akreditasi A https://republika.co.id/berita/qiym72399/prodi-arsitektur-untag-surabaya-raih-akreditasi-a https://republika.co.id/berita/qiym72399/prodi-arsitektur-untag-surabaya-raih-akreditasi-a Thu, 29 Oct 2020 17:52:14 +0700 Yusuf Assidiq https://republika.co.id/berita/qiym72399/prodi-arsitektur-untag-surabaya-raih-akreditasi-a REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA --  Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Jawa Timur, memperoleh akreditasi A di 2020. Capaian dibuktikan melalui SK Nomor 6115/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2020 yang ditandatangani oleh Direktur Dewan  Eksekutif BAN PT, Prof T Basarudin, tertanggal 20 September 2020.

Ketua Prodi Arsitektur Untag Surabaya, Muhammad Faisal, mengucap syukur atas capaian tersebut. Raihan ini berhasil diperoleh berkat ikhtiar bersama dengan sejumlah pihak. "Di dalamnya ada unsur kerja sama dati mitra, kolega, sejawat, alumni, maupun orang tua mahasiswa,” katanya.

Pandemi Covid-19 telah membuat segala aktivitas dilakukan secara daring termasuk proses akreditasi di Prodi Arsitektur Untag Surabaya. Meski demikian, Faisal memastikan, segala persiapan akreditasi telah dilakukan sejak jauh hari.

Apalagi, prodinya selalu konsisten melakukan evaluasi prodi sejak akhir 2017 dan mulai melakukan koordinasi intensif terkait keterlibatan pihak luar.  "Karena kami masih menggunakan standar yang lama, jadi kami menggunakan tujuh standar saat mempersiapkan portofolio borang," kata dia, menambahkan.

Menurut Faisal, asesmen berlangsung dengan lancar, bahkan para asesor sempat memuji prestasi Prodi Arsitektur Untag Surabaya. Salah satunya terkait kerja sama prodi dengan pihak luar negeri. Lebih tepatnya terkait keberadaan kantor perwakilan UNI Office di mana menjadi satu-satunya perwakilan dari UN HABITAT di Indonesia.

Ia pun mengaku sangat bangga atas capaian yang berhasil diraih prodinya. Meski demikian, Faisal dan tim tidak lekas berpuas diri karena masih ada yang harus ditingkatkan terutama di bidang SDM. "Kami harus memotivasi untuk meningkatkan jenjang karir akademik, apalagi sejak 1986 berdirinya prodi ini kami belum mempunyai guru besar," ungkapnya.

Diharapkan capaian akreditasi prodi yang dipimpinnya bisa menjadi pembuka peluang dan kesempatan baru yang lebih baik. Lalu dapat semakin banyak memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

Utamanya, pihaknya akan berusaha mempertahankan akreditasi dan kualitas melalui kegiatan internasional yang berencana. Salah satunya dengan melanjutkan milestone hingga kancah internasional. "Dan bersiap untuk akreditasi internasional," jelas dia.


]]>
Dokumen. Laboratorium Perencanaan, Perancangan Perumahan, Permukiman dan Kota Prodi Arsitektur Untag Surabaya.
Pemerintah Pastikan Keamanan Vaksin Covid-19 https://republika.co.id/berita/qiym5t428/pemerintah-pastikan-keamanan-vaksin-covid19 https://republika.co.id/berita/qiym5t428/pemerintah-pastikan-keamanan-vaksin-covid19 Thu, 29 Oct 2020 17:51:29 +0700 Ratna Puspita https://republika.co.id/berita/qiym5t428/pemerintah-pastikan-keamanan-vaksin-covid19 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah kembali menegaskan, akan menjamin keamanan vaksin yang akan digunakan untuk masyarakat. Saat ini, kandidat-kandidat vaksin yang akan digunakan tengah menjalani uji klinis fase 3 guna memastikan keamanan, efek samping, dan rentang dosis aman pada manusia.

“Jadi saat ini kandidat-kandidat vaksin sedang dalam uji klinis fase 3 untuk memastikan keamanan, efek samping, dan juga rentang dosis aman yang dapat digunakan kepada manusia sehingga efektif,” ujar Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, Kamis (29/10).

Hingga saat ini, pemerintah masih menunggu hasil dari proses uji klinis fase 3 serta transfer dokumen ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk dianalisa. Wiku mengatakan, pemerintah menekankan agar upaya pengembangan vaksin dapat dilakukan secara hati-hati dan tidak terburu-buru, serta berpedoman pada standar kesehatan.

Setelah uji klinis tersebut memberikan hasil yang sesuai dengan standar kesehatan, BPOM kemudian dapat mengeluarkan emergency use of authorization atau izin penggunaan vaksin. Wiku mengatakan, pemerintah menargetkan penyelesaian penanganan pandemi Covid sesegera mungkin. 

Namun, keberhasilan penanganan Covid sangat ditentukan oleh kedisiplinan seluruh masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. “Selalu kami ulang-ulang hal ini karena ini memang cara yang paling ampuh. Semakin disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan, maka semakin efektif penanganan pandemi Covid,” ujar dia.

]]>
BPIP Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Christian Bale Dikabarkan Terlibat di Thor: Love and Thunder https://republika.co.id/berita/qiym16463/christian-bale-dikabarkan-terlibat-di-emthor-love-and-thunderem https://republika.co.id/berita/qiym16463/christian-bale-dikabarkan-terlibat-di-emthor-love-and-thunderem Thu, 29 Oct 2020 17:48:42 +0700 Nora Azizah https://republika.co.id/berita/qiym16463/christian-bale-dikabarkan-terlibat-di-emthor-love-and-thunderem REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film terbaru kelanjutan dari Thor: Love and Thunder mulai dipersiapkan. Para pemain dan kru film saat ini berkumpul di Australia untuk memulai proses syuting.

Salah satu aktor ikonik Hollywood, Christian Bale, diketahui juga tiba di Australia sebelum syuting. Bale terlihat tiba di Australia dalam sebuah video yang beredar, dilansir di laman Comic Book, Kamis (29/10).

Dalam video yang ada di laman tersebut, sosok Bale terlihat turun dari sebuah pesawat jet menenteng sebuah tas. Sayangnya, kualitas gambar video tersebut kurang baik, sehingga wajahnya masih tak jelas terlihat.

Keterlibatan Bale dalam film Marvel Cinematics Universe (MCU) tentu mengejutkan banyak orang. Sebab, Bale merupakan aktor yang terbilang sukses membintangi trilogi The Dark Knight sebagai Batman atau Bruce Wayne garapan Christopher Nilan. Bale sebelumnya juga mengatakan tidak tertarik untuk tampil di film superhero manapun.

"Saya tidak tertarik melakukan itu. Saya tidak dapat mengingat satu film superhero yang pernah saya tonton. Selain dari yang saya buat dan sukai, film Christopher Reeve Superman," ungkap Bale.

Sampai saat ini, masih belum diketahui apa peran yang akan dilakoni Bale dalam film keempat Thor itu. Namun, kabar beredar, Bale akan memerankan karakter bukan pahlawan melainkan kemungkinan penjahat atau musuh Thor.

Daftar karakter utama Thor dari Marvel Comics yang belum muncul dalam film juga mulai menyusut. Beberapa karakter musuh yang tersisa kemungkinan akan dimainkan oleh Bale.

Salah satu tebakan paling populer adalah bahwa Bale akan mengambil peran sebagai Dario Agger, CEO Roxxon Energy Corp. Tokoh tersebut dikenal tidak terima belas kasihan dan antagonis.

Syuting bagian pertama Thor: Love and Thunder dijadwalkan mulai pada 2021. Meskipun ada beberapa bulan antara sekarang dan 2021 bulan-bulan itu akan menjadi dibutuhkan untuk pelatihan, perlengkapan kostum, gladi bersih, dan persiapan lain untuk film. Aktris Natalie Portman akan kembali untuk film sebagai Foster .

"Kami punya Taika Waititi sebagai sutradara. Dia luar biasa, jadi saya sangat senang bisa bersama mereka," kata Portman di The Tonight Show With Jimmy Fallon pekan lalu.

Thor: Love and Thunder dijadwalkan pula akan tayang perdana di bioskop pada 11 Februari 2022. Film ini merupakan salah satu dari empat film Marvel Studios yang rencananya akan dirilis tahun itu bersama Doctor Strange in the Multiverse of Madness, Black Panther II, dan sekuel Captain Marvel juga dijadwalkan untuk debut.

]]>
Flickr Christian Bale disebut tiba di Australia, tempat lokasi syuting Thor berlangsung (Foto: Aktor Christian Bale)
6 Hal yang Sering Ditanyakan Penggemar tentang Spider-Man 3 https://republika.co.id/berita/qiym0x425/6-hal-yang-sering-ditanyakan-penggemar-tentang-emspiderman-3em https://republika.co.id/berita/qiym0x425/6-hal-yang-sering-ditanyakan-penggemar-tentang-emspiderman-3em Thu, 29 Oct 2020 17:48:33 +0700 Qommarria Rostanti https://republika.co.id/berita/qiym0x425/6-hal-yang-sering-ditanyakan-penggemar-tentang-emspiderman-3em REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA -- Aktor Tom Holland baru-baru ini mendarat di Atlanta untuk memulai syuting film Spider-Man 3. Film produksi Marvel dan Sony Pictures yang disutradarai Jon Watts ini memicu banyak pertanyaan dari para penggemar, baik itu tentang judul, alur cerita, konflik, penjahat, hingga karakter.

Seperti dilansir di Cinema Blend pada Kamis (29/10), berikut beberapa pertanyaan yang banyak diajukan penggemar terkait film tersebut.

1. Apa judul Spider-Man 3?

Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi apa judul untuk Spider-Man 3. Sebelumnya, Tom Holland sempat menyinggung bahwa dia akan bersiap untuk film Spider-Man: Far from Home. Cukup banyak yang berasumsi bahwa judul MCU Spider-Man 3 akan memiliki subtitle "Home". Ini terjadi untuk Homecoming (yang mewakili kembalinya Peter Parker ke Marvel) dan Far from Home (yang mengirim Peter ke perjalanan Eropa).

2. Siapa penjahat dalam film Spider-Man 3?

Saat ini, kita mengenal salah satu aktor yang telah berperan sebagai penjahat dalam Spider-Man 3, tetapi casting itu pun datang dengan banyak pertanyaan.  Pada Oktober 2020 dilaporkan bahwa Jamie Foxx akan bergabung dalam film Spider-Man 3 dan bermain sebagai Electro dalam film tersebut. Itu mungkin terdengar asing bagi penggemar Spider-Man, karena Foxx memainkan Electro di The Amazing Spider-Man 2 yang disutradarai oleh Marc Webb.

Akankah Foxx menjadi salah satu karakter pertama yang berpindah dari satu waralaba Spider-Man ke waralaba lainnya? Dan bagaimana itu mungkin? Kabar tersebut membuat banyak penggemar Spider-Man berspekulasi tentang pengenalan konsep multiverse, tetapi ada kemungkinan juga bahwa Foxx memainkan versi Electro yang berbeda.

Rumor lain tentang kemungkinan penjahat untuk film Spider-Man 3 akan melibatkan Kraven the Hunter. Kraven adalah musuh yang belum pernah tampil di layar sebelumnya. Tapi penggemar akan tahu apakah Kraven itu bagian dari sekuelnya atau tidak.

3. Akankah Spider-Man 3 tetap rilis pada Desember?

Tom Holland baru-baru ini mendarat di Atlanta untuk mulai syuting Spider-Man 3, sehingga akan menyisakan waktu untuk produksi dan pascaproduksi sebelum tanggal rilis 17 Desember 2021. Tetapi keadaan model teatrikalnya sangat cair, banyak yang bisa terjadi selama 2021 yang berpotensi membawa Spider-Man 3 ke tahun 2022.

4. Akankah Doctor Strange memperkenalkan multiverse dalam Spider-Man 3?

Sedikit pemilihan pemain resmi lainnya dalam Spider-Man 3 telah memicu spekulasi yang tak terbatas. Salah satunya kabar tentang Benedict Cumberbatch akan berperan sebagai Doctor Strange dalam Spider-Man mendatang.

Di sinilah segalanya menjadi menarik. Kita tahu bahwa itu adalah niat Marvel Studios untuk pada akhirnya memperkenalkan multiverse ke cerita layar lebar. Ide tersebut kemungkinan besar akan dimulai di serial Disney+ "WandaVision". Kita juga tahu bahwa sekuel Doctor Strange akan hadir pada 25 Maret 2022 bertajuk Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Jadi pada saat itu, kita berharap untuk sepenuhnya terjun dalam konsep multiverse. Tapi apakah Sony dan Marvel memasukkan Strange ke dalam Spider-Man ketiga ini karena dia berbasis di New York City, seperti Peter? Atau apakah perannya akan memainkan peran penting dalam memperluas gagasan multiverse di MCU?

5. Akankah Tobey Maguire dan Andrew Garfield Muncul di Spider-Man 3?

Begitu istilah multiverse disebut berkaitan dengan Spider-Man, penggemar mulai membayangkan versi live-action dari animasi Spider-Man: Into the SpiderVerse, di mana Tom Holland akhirnya akan berinteraksi dengan dua aktor yang sebelumnya bermain Spider-Man di layar lebar yakni Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

Apakah ini akan terjadi? Sepertinya tidak akan terjadi dalam Spider-Man 3. Jadi kapan kita bisa melihat Tobey Maguire dan Andrew Garfield bersama Tom Holland? Mungkin itu akan terjadi di film Sony dan bukan dalam produksi bersama Marvel Studios karena Maguire dan Garfield merupakan bagian integral dari kesuksesan Sony dalam franchise Spider-Man.

6. Akankah Spider-Man 3 terhubung dengan Venom dan Morbius?

Kemungkinan Spider-Man 3 akan terhubung dengan Venom dan Morbius karena Sony ingin membuat versi The Sinister Six yang menyertakan penjahat mereka sendiri. Kita akan memiliki Venom (Tom Hardy), Carnage (Woody Harrelson), Morbius (Jared Leto), Vulture (Michael Keaton), kemungkinan Electro Foxx, Mysterio (Jake Gyllenhaal) (jika dia selamat) dan Michael Mando Scorpion, yang dipenjara di akhir Spider-Man: Homecoming.

Marvel dan Sony kemungkinan akan terus mencari cara untuk bekerja sama bertahun-tahun ke depan. Tetapi satu sekuel Spider-Man sederhana dapat menyajikan begitu banyak utas menarik yang dapat diambil oleh pendongeng yang ingin memperluas dunia layar Spider-Man.

]]>
Marvel Cinematic Universe/Sony Pictures. Salah satu adegan dalam film Spider-Man: Far from Home.
Satgas Penanganan Covid-19 Depok Tingkatkan Pengawasan https://republika.co.id/berita/qiym0j438/satgas-penanganan-covid19-depok-tingkatkan-pengawasan https://republika.co.id/berita/qiym0j438/satgas-penanganan-covid19-depok-tingkatkan-pengawasan Thu, 29 Oct 2020 17:48:19 +0700 Endro Yuwanto https://republika.co.id/berita/qiym0j438/satgas-penanganan-covid19-depok-tingkatkan-pengawasan REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menginstruksikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Kota Depok untuk meningkatkan pengawasan. Terutama selama aktivitas libur panjang hingga 1 November 2020.

"Peningkatan pengawasan ini dimulai dengan mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran kunjungan saat liburan," ujar Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Depok Dedi Supandi dalam siaran persnya, Kamis (29/10).

Dedi menambahkan, satgas diminta untuk memastikan tidak ada kerumunan yang menyebabkan sulitnya menjaga jarak di tempat wisata. Dikatakannya, jumlah wisatawan juga dibatasi sebanyak 50 persen.

"Termasuk, mencegah penyelenggaraan pesta baik secara terbuka atau tertutup. Serta penggunaan pengeras suara yang menyebabkan orang berkumpul secara massif," terang Dedi.

Satgas juga diminta agar mengatur kegiatan seni budaya dan tradisi non-keagamaan yang biasa dilakukan sebelum pandemi dengan menerapkan protokol yang ketat. Dengan demikian, peluang atau momentum yang berpotensi melanggar protokol kesehatan bisa dicegah. "Selain monitoring, juga melakukan pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggaran protokol kesehatan," jelas Dedi.

Dedi berharap kepada warga untuk melakukan penguatan sistem pengawasan di Kampung Siaga Covid-19 (KSC). "Untuk menjaga agar kelurahan bebas Covid-19, dengan meyakinkan pengunjung lingkungan tersebut agar membawa surat hasil test Swab PCR atau rapid test, yang menjelaskan yang bersangkutan negatif Covid-19," pungkasnya.

]]>
Republika/Putra M. Akbar PJS Walikota Depok, Dedi Supandi.
In Picture: Main Imbang Lawan Brugge, Lazio Pimpin Grup F https://republika.co.id/berita/qiylya283/main-imbang-lawan-brugge-lazio-pimpin-grup-f https://republika.co.id/berita/qiylya283/main-imbang-lawan-brugge-lazio-pimpin-grup-f Thu, 29 Oct 2020 17:46:58 +0700 Mohamad Amin Madani https://republika.co.id/berita/qiylya283/main-imbang-lawan-brugge-lazio-pimpin-grup-f REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Lazio membawa pulang satu poin dari kandang Brugge berkat hasil imbang 1-1 pada laga Grup F Liga Champions di Stadion Jan Breydel,Bruges, Kamis (29/10) dini hari WIB.

Lazio kini memuncaki klasemen grup dengan empat poin, sedangkan Brugge pada posisi kedua, juga dengan empat poin.

]]>
Pemain Brugge Charles De Ketelaere (kanan) bersaing memperebutkan bola dengan pemain Lazio Patric dalam pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Brugge dan Lazio di stadion Jan Breydel di Bruges, Belgia, Kamis (29/10) dini hari WIB. AP Photo / Olivier Matthys
Pemain Lazio Joaquin Correa (kanan) memperebutkan bola dengan pemain Brugge Odilon Kossounou dalam pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Brugge dan Lazio di stadion Jan Breydel di Bruges, Belgia, Kamis (29/10) dini hari WIB. AP Photo / Olivier Matthys
Pemain Brugge Eduard Sobol (kanan) menendang bola dibayangi pemain Lazio Adam Marusic dalam pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Brugge dan Lazio di stadion Jan Breydel di Bruges, Belgia, Kamis (29/10) dini hari WIB. AP Photo / Olivier Matthys
Pemain Lazio Sergej Milinkovic-Savic, kiri, berebut bola dengan Simon Deli dari Brugge saat pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Brugge dan Lazio di stadion Jan Breydel di Bruges, Belgia, Rabu, 28 Oktober 2020. Pertandingan berakhir pada hasil imbang 1-1. AP / Olivier Matthys
Pemain Lazio Wesley Hoedt, kiri, menembak bola di sebelah Brugge Emmanuel Dennis selama pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Brugge dan Lazio di stadion Jan Breydel di Bruges, Belgia, Rabu, 28 Oktober 2020. AP Photo / Olivier Matthys
Pemain Lazio Patric (kiri) menghalau bola dari depan pemain Brugge Charles De Ketelaere dalam pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Brugge dan Lazio di stadion Jan Breydel di Bruges, Belgia, Kamis (29/10) dini hari WIB. AP Photo / Olivier Matthys
Jumlah Penumpang Kapal Menuju Kota Wisata Sabang Melonjak https://republika.co.id/berita/qiylx4409/jumlah-penumpang-kapal-menuju-kota-wisata-sabang-melonjak https://republika.co.id/berita/qiylx4409/jumlah-penumpang-kapal-menuju-kota-wisata-sabang-melonjak Thu, 29 Oct 2020 17:46:16 +0700 Andri Saubani https://republika.co.id/berita/qiylx4409/jumlah-penumpang-kapal-menuju-kota-wisata-sabang-melonjak REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Menghadapi libur panjang menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama, penumpang kapal menuju kota wisata Sabang melonjak dalam dua hari ini. Kondisi ini meningkat jika dibandingkan dengan hari-hari biasa selama pandemi Covid-19.

"Ada lonjakan penumpang, sejak kemarin sudah mulai ramai, cuma angka pastinya belum bisa saya sampaikan. Sepertinya orang berlibur ke Sabang," kata Kepala Pelabuhan Ulee Lheue Adrian, di Banda Aceh, Kamis (29/10).

Bahkan, untuk kapal lambat yang biasanya beroperasi dua kali sehari, hari ini bertambah menjadi tiga kali keberangkatan. Sementara, kapal cepat tetap seperti biasa yakni empat kali berlayar.

"Hari ini untuk kapal lambat bertambah satu kali keberangkatan. Secara kasat mata kita lihat memang ramai orang, baik penumpang kapal cepat maupun kapal lambat," ujarnya.



Adrian menyebutkan, secara persentase jumlah penumpang kapal cepat hari ini sekitar 50 persen pada pukul 07.30 WIB pagi, dan 70 persen untuk keberangkatan pukul 10.00 WIB. Sedangkan, kapal lambat kisaran penumpangnya 60 persen.

"Biasanya selama pandemi Covid-19 penumpang hanya berkisar antara 40 sampai 50 persen," katanya.

Meski demikian, kata Adrian, para penumpang tetap harus memenuhi standar protokol kesehatan sebelum diizinkan berangkat. Dimana, penumpang yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Aceh cukup memiliki surat kesehatan. Sedangkan wisatawan dari luar Aceh wajib membawa surat non reaktif berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test.

"Kemudian mereka semua wajib memakai masker, jika tidak memenuhi semua persyaratan itu tidak diizinkan berangkat," ujar Adrian.

photo
Lonjakan Kasus dari Libur Panjang - (Republika)
]]>
ANTARA/AMPELSA Kapal roro KMP Tanjung Burang tujuan Pulau Sabang bersiap berangkat di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue, Banda Aceh, Aceh. (ilustrasi)
Tip Membuat Staycation Jadi Seru dan Aman https://republika.co.id/berita/qiylw4414/tip-membuat-emstaycationem-jadi-seru-dan-aman https://republika.co.id/berita/qiylw4414/tip-membuat-emstaycationem-jadi-seru-dan-aman Thu, 29 Oct 2020 17:45:40 +0700 Reiny Dwinanda https://republika.co.id/berita/qiylw4414/tip-membuat-emstaycationem-jadi-seru-dan-aman REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkunjung ke destinasi wisata populer yang ramai bukan pilihan aman saat ini karena bisa menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi terkena Covid-19. Sebagai alternatif, staycation atau liburan di suatu tempat bisa dicoba.

Peneliti dari Tampere University di Finlandia mengungkapkan, staycation di rumah juga bisa asalkan orang terbebas dari pekerjaan, sehingga mirip seperti liburan sesungguhnya. Daripada harus menempuh perjalanan jauh dari rumah, staycation bisa membantu mengurangi stres.

Ahli epidemiologi sekaligus pakar kesehatan mental di Boston University, Sandro Galea seperti dilansir Washington Post mengatakan, kunci liburan ialah melenyapkan pencetus stres. Kika hal ini bisa dicapai dengan tinggal di rumah, maka manfaatnya bagi kesehatan mental akan sama seperti berlibur ke suatu lokasi.

Hanya saja, tantangannya ialah suasana di rumah, terutama jika Anda bekerja dari rumah selama masa pandemi, menurut psikolog klinis Jessica de Bloom.
Lalu harus bagaimana?

"Banyak orang melihat liburan sama dengan travelling. Saya tidak setuju dengan ini. Kunci berlibur adalah pelepasan mental dari pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman pemulihan yang bermanfaat," kata dia.

Menurut de Bloom, mendekorasi rumah untuk meningkatkan mood, bisa dilakukan. Misalnya, dengan menentukan warna-warna pendukung di rumah, seperti warna dinding dan perabotan.

Pilihan lainnya, menyiapkan lagu bernuansa liburan atau yang membuat mood jadi bagus, misalnya lagu grup idola K-pop Seventeen "Healing", Bigbang "We Like 2 Party", dan Bolbbalgan4 "Travel".

Anda juga bisa membuat pengaturan yang ideal seperti memilih kursi yang membuat seisi keluarga paling merasa nyaman. Pastikan Anda mendapatkan semua cahaya yang dibutuhkan.

Berikutnya, lengkapi sekeliling Anda dengan alat yang diperlukan seperti kacamata untuk membaca jika Anda ingin membaca, segelas minuman kesukaan, buku catatan dan pena untuk menuliskan frasa yang Anda suka. Selain itu, menyulap kamar mandi sebagai area spa juga bisa menjadi alternatif.

Pilih aroma minyak esensial kesukaan Anda, misalnya lavender, mawar, chamomile, atau pepermint. Lalu, letakkan di kamar mandi dan berendamlah dengan air hangat.

Kalaupun Anda memutuskan mengunjungi suatu tempat untuk staycation, misalnya berkemah di suatu wilayah pinggiran yang tak ramai bersama keluarga, jangan lupa terapkan protokol kesehatan. Tetaplah memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Jangan lupa membawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga jika tak menemukan air.

Untuk masker, sebaiknya siapkan lebih dari satu dan bawalah wadah khusus. Dokter Alfi Auliya Rachman dari RS FMC Bogor merekomendasikan untuk membawa dua kantong khusus dalam tas.

"Ada dua kotak (wadah) penyimpanan khusus. Kotak yang satu untuk masker yang sudah dipakai, kotak lainnya untuk yang belum dipakai," tutur dia.

Anda bisa melapisi masker dengan tisu atau kain bersih sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Kemudian, ketika ingin melepas atau menaruh masker, jangan lupa cuci tangan.

Selain itu, masa libur tak berarti Anda bisa kalap menyantap segala makanan yang tersaji di meja kalau tak ingin mendapat bonus berat badan bertambah atau masalah kesehatan.

Direktur nutrisi the Amerian Institute for Cancer Research, Melanie Polk seperti dilansir WebMD mengingatkan agar masyarakat tetap mengontrol asupan makanan terutama jika Anda memesan makanan atau berkesempatan mengunjungi restoran favorit. Buatlah pilihan sehat yang menarik bagi Anda jika memungkinkan.

Ingatlah, hanya makan saat merasa lapar dan setelah makan usahakan berjalan-jalan sebentar. Jika memutuskan berlibur ke suatu wilayah, sebaiknya bawa bekal untuk dimakan selama perjalanan, misalnya buah apel, pir, popcorn, atau camilan sehat lainnya. Cara ini bisa menjaga Anda tergiur jajan makanan olahan.

]]>
Artotel Salah satu kamar Artotel. Selama pandemi Covid-19, staycation menjadi tren wisata baru di masyarakat.
Kendaraan Melintas Jalur Gentong Tasikmalaya Mulai Meningkat https://republika.co.id/berita/qiyloi409/kendaraan-melintas-jalur-gentong-tasikmalaya-mulai-meningkat https://republika.co.id/berita/qiyloi409/kendaraan-melintas-jalur-gentong-tasikmalaya-mulai-meningkat Thu, 29 Oct 2020 17:41:06 +0700 Andri Saubani https://republika.co.id/berita/qiyloi409/kendaraan-melintas-jalur-gentong-tasikmalaya-mulai-meningkat REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Aktivitas lalu lintas di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, mulai mengalami peningkatan memasuki libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Hingga Kamis (29/10) siang, kendaraan yang melintas dari arah Garut menuju Tasikmalaya dalam kondisi ramai lancar.

Kapolsek Kadipaten, Polresta Tasikalaya, AKP Erustiana mengatakan, peningkatan kendaraan yang melintas di jalur utama wilayah tengah Jawa Barat itu terjadi sejak Selasa (27/10). Namun, hingga saat ini peningkatan kendaraan yang melintas belum terlalu signifikan.

"Ada peningkatan 10-20 persen dari hari biasa, tapi tidak terlalu signifikan. Yang ramai itu pagi dan sore," kata dia, Kamis.

Erustiana mengimbau para pengendara kendaraan untuk tetap hati-hati ketika melintas di Jalur Gentong. Sebab, jalur itu terkenal dengan kontur berliku serta banyak tanjakan dan turunan.  

Menurut dia, kontur jalan yang cukup ekstrem itu membuat sering terjadi kecelakaan di jalur tersebut, khususnya kendaraan besar. Karena itu, ia meminta pengendara tak memaksakan diri jika merasa lelah.

"Di sepanjang Jalur Gentong juga kita sediakan tenpat parkir agar sopir dan kendaraan bisa beristirahat dulu," kata dia.



Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan personel dalam mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada momen libur panjang kali ini. Setidaknya, terdapat 125 personel yang diterjunkan langsung untuk mengatur arus lalu lintas. Namun, seluruh personel di polres dan polsek tetap disiagakan.

"Antisipasi kita sudah mengerahkan personel di beberapa titik, terutama yang menjadi perlintasan dan objek wisata," kata dia.

Ia mengingatkan masyarakat yang hendak menuju atau melintas wilayah Tasikmalaya, agar selalu tertib berlalu lintas. Sebab, menurut dia, terdapat beberaap titik yang rawan kemacetan dan kecelakaan di wilayah Tasikmalaya.

Selain itu, Doni juga mengimbau masyarakat yang berpergian tetap menerapkan protokol kesehatan. "Harus diperhatikan ketika interaksi dengan pengguna jalan lainnya, serta hindari keramaian," kata dia.

photo
Lonjakan Kasus dari Libur Panjang - (Republika)
]]>
Istimewa Suasana arus lalu lintas di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (29/10).
PLN dan Pertamina Bahas Pasokan Listrik WK Rokan https://republika.co.id/berita/qiylnj457/pln-dan-pertamina-bahas-pasokan-listrik-wk-rokan https://republika.co.id/berita/qiylnj457/pln-dan-pertamina-bahas-pasokan-listrik-wk-rokan Thu, 29 Oct 2020 17:40:31 +0700 Fuji Pratiwi https://republika.co.id/berita/qiylnj457/pln-dan-pertamina-bahas-pasokan-listrik-wk-rokan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana untuk memasok kebutuhan listrik di wilayah kerja (WK) Rokan. Saat ini PLN dan Pertamina masih membahas rencana kerja sama ini.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Pertamina, Agus Suprijanto, mengatakan, Pertamina tengah membangun komunikasi dengan berbagai pihak untuk persiapan operasional WK Rokan. Terrmasuk penyediaan listrik dan uap yang sangat diperlukan dalam mendukung kelangsungan kegiatan produksi minyak yang saat ini mencapai 170 ribu barel per hari.

PLN telah menyampaikan penawaran awal kepada Pertamina terkait penyediaan listrik dan uap tersebut. Pertamina menyambut baik keinginan PLN untuk menyediakan pasokan listrik maupun uap untuk WK Rokan mulai 9 Agustus 2021.

Dengan menggandeng BUMN di sektor ketenagalistrikan, Pertamina berharap persiapan pasokan listrik dan uap pasca alihkelola tetap aman. "PLN bersama PHR akan melakukan pembahasan intensif terkait hal ini dalam waktu dekat," ujar Agus.

Saat ini WK Rokan mendapat pasokan listrik dan uap dari integrated power system yang meliputi fasilitas utama tiga power generation yakni Minas Gas Turbine, Central Duri Gas, dan North Duri Cogen (NDC).

Terkait dengan penawaran PLN untuk menyediakan listrik dan uap di WK Rokan, Agus mengatakan, saat ini Pertamina telah menyampaikan tanggapan dan menunggu proposal lanjutan PLN. Pertamina berharap pembahasan Perjanjian Jual Beli Listrik dan Uap dengan pihak PLN berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat ditandatangani pada November 2020.

Sinergi sesama BUMN energi akan meningkatkan portofolio yang saling menguatkan kinerja operasi di sektor bisnis masing-masing. "Selain juga kami harapkan mendorong proyek pengembangan strategis pemerintah akan berjalan dengan baik sesuai target yang diharapkan," kata Agus.

 

]]>
Antara/FB Anggoro Warga beristirahat di dekat monumen pompa angguk minyak di Blok Rokan di Riau (ilustrasi). PLN dan Pertamina masih membahas rencana kerja sama pasokan listrik dan uap ke WK Rokan.