Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Sun, 29 May 2022 00:07:57 +0700 https://www.republika.co.id/ id hourly 1 https://static.republika.co.id/files/images/logo.png Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Courtois: Waspada Liverpool, Real Madrid Selalu Menang di Final Liga Champions https://kartumerah.republika.co.id/posts/147730/courtois-waspada-liverpool-real-madrid-selalu-menang-di-final-liga-champions https://kartumerah.republika.co.id/posts/147730/courtois-waspada-liverpool-real-madrid-selalu-menang-di-final-liga-champions Sun, 29 May 2022 00:07:57 +0700 Partner https://kartumerah.republika.co.id/posts/147730/courtois-waspada-liverpool-real-madrid-selalu-menang-di-final-liga-champions Thibaut Courtois yakin Real Madrid mampu mengalahkan Liverpool di partai final Liga Champions di Stade de France, Paris, pada 28 Mei 2022. (Twitter/@thibautcourtois)
Thibaut Courtois yakin Real Madrid mampu mengalahkan Liverpool di partai final Liga Champions di Stade de France, Paris, pada 28 Mei 2022. (Twitter/@thibautcourtois)

KARTUMERAH – Real Madrid akan menghadapi Liverpool di partai final Liga Champions di Stade de France, Paris, pada Sabtu (28/5/2022) malam waktu setempat. Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, mengingatkan bahwa timnya selalu menang ketika sudah menjejakkan kaki di partai puncak.

"Ketika Real Madrid memainkan final, mereka selalu memenangkannya,’’ kata Courtois, seperti dikutip dari ESPN, Sabtu.

Sejarah memang membuktikan hal tersebut. Dari 16 kali final, klub Spanyol itu memenangkannya sebanyak 13 kali.

Sejak Piala Eropa didesain ulang menjadi Liga Champions UEFA pada 1992, Real telah memenangkan semua tujuh final yang mereka mainkan. Termasuk kemenangan 3-1 atas Liverpool pada tahun 2018.

Courtois mengaku pernah merasakan pahitnya ketika dikalahkan Real Madrid di partai final Liga Champions 2014. Kiper asal Belgia yang saat itu memperkuat Atletico Madrid dipaksa menyerah 1-4 di babak perpanjangan waktu.

Sekarang Courtois memiliki kesempatan untuk memenangkan Liga Champions bersama Real untuk pertama kalinya. ‘’Real Madrid, ketika mereka memainkan final, mereka memenangkannya. Jadi, sekarang saya berada di sisi yang benar dalam sejarah,’’ kata pemain berusia 30 tahun tersebut.

]]>
network /dip purwadi .
KB Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan Stunting https://www.republika.co.id/berita/rclazn485/kb-sebagai-salah-satu-upaya-pencegahan-stunting https://www.republika.co.id/berita/rclazn485/kb-sebagai-salah-satu-upaya-pencegahan-stunting Sun, 29 May 2022 00:03:00 +0700 Ilham Tirta https://www.republika.co.id/berita/rclazn485/kb-sebagai-salah-satu-upaya-pencegahan-stunting REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 21,9 juta keluarga di Indonesia teridentifikasi sebagai keluarga berisiko stunting. Padahal, percepatan penurunan stunting adalah salah satu agenda prioritas nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif.

Karena itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus melakukan upaya menurunkan angka stunting dengan pelayanan Keluarga Berencana (KB) yang digelar di RSKIA Sadewa, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (28/5/2022).

Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo mengatakan, ada 166 akseptor yang melakukan KB dengan metode operasi wanita (MOW). Menurutnya, program stunting dan juga KB di DIY menjadi percontohan secara nasional.

"DIY juara 3 nasional. Stunting-nya DIY itu sudah 16 persen. Terendah Bali, terendah kedua DKI dan terendah ketiga DIY,” kata Hasto dalam sambutannya.

Hasto menjelaskan, program KB menjadi kunci penting dalam menurunkan stunting nasional. Karena itu, BKKBN terus menggenjot program KB diseluruh daerah.

“KB penting sekali mencegah stunting. Kunci menurunkan stunting asalkan jumlah anak jangan terlalu banyak dan jaraknya jangan kurang dari 3 tahun. Kalau kurang dari 3 tahun, jaraknya cenderung stunting dan autis,” ujar Hasto.

Acara yang digelar oleh BKKBN ini merupakan rangkaian kegiatan menjelang puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 yang dibantu oleh para stake holder terkait.  Pelayanan metode operasi wanita (MOW) ini merupakan pertama kali digelar di Yogyakarta yang menjadi bentuk keseriusan BKKBN terhadap pengendalian penduduk.

Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Shodiqin mengatakan, menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 akan dilaksanakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor.
Shodiqin mengatakan, DIY akan memberikan pelayanan kepada 10.223 akseptor untuk semua metode kontrasepsi.

"Dalam pelaksanaan Gebyar Pelayanan KB MOW ini kami memberi apresiasi kepada kapanewon (kecamatan) yang berhasil menggerakan masyarakat untuk ber-KB. Kami juga memberikan apresiasi kepada penyuluh KB yang berhasil memotivasi dan menggerakan masyarakat untuk ber-KB," kata Shodiqin dalam sambutannya.

Tiga Kapanewon (kecamatan) yang mendapat penghargaan, yakni Kapanewon Depok, Kapanewon Prambanan, dan Kapanewon Kalasan.

]]>
BKKBN Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo.
Ini Prediksi Pemenang Liga Champions Menurut Sejumlah Mantan Pemain https://www.republika.co.id/berita/rclkjh480/ini-prediksi-pemenang-liga-champions-menurut-sejumlah-mantan-pemain https://www.republika.co.id/berita/rclkjh480/ini-prediksi-pemenang-liga-champions-menurut-sejumlah-mantan-pemain Sun, 29 May 2022 00:01:00 +0700 Muhammad Akbar https://www.republika.co.id/berita/rclkjh480/ini-prediksi-pemenang-liga-champions-menurut-sejumlah-mantan-pemain REPUBLIKA.CO.ID, PARIS --Sejumlah mantan pemain sepak bola dan pakar memberikan komentarnya jelang final Liga Champions 2022 antara Real Madrid melawan Liverpool di Stadion De France, Ahad (29/5) dini hari WIB. Kedua tim sama-sama punya peluang mengangkat trofi si Kuping Besar.

Pelatih Aston Villa sekaligus mantan kapten Liverpool Steven Gerrard berharap The Reds mendapatkan hasil bagus. Ia mengakui sangat bersemangat menantikan pertandingan tersebut.

"Para penggemar membangun dengan baik di luar stadion, semoga ini akan menjadi pertandingan yang fantastis. Saya memprediksi kemenangan 2-0 Liverpool," ujar Gerrard dilansir dari Liverpoolecho, Sabtu (28/5).

Jamie Carragher melihat di Liga Champions musim ini, Real Madrid lebih banyak kalah daripada Liverpool. Ia mengakui Madrid adalah tim bagus namun tak sebagus Manchester City atau Chelsea meskipun mereka mengalahkan keduanya.

Menurut Carragher Los Blancos banyak dinaungi keberuntungan musim ini. Tetapi partai final hanya akan berlangsung satu kali pertandingan. Carragher yakin City atau Liverpool akan mengalahkan mereka jika berlangsung satu laga.

Legenda Arsenal Paul Merson juga yakin Liverpool berpeluang keluar sebagai juara dengan skor tipis 2-1. Madrid memang beberapakali comeback tetapi tim yang mencetak gol pertama akan memenangkan laga.

"Mereka mengalami beberapa minggu yang sulit, tetapi jika semua pemain mereka benar-benar fit, saya pikir mereka memiliki apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan," kata Merson.

Mantan pemain Manchester United Gary Neville tak yakin Liverpool akan memenangkan Liga Champions. Ia justru melihat Real Madrid berpeluang besar kembali mengangkat trofi bergengsi tersebut.

“Saya melihat lini tengah Real Madrid di Casemiro, Kroos, Modric – ditambah dua yang datang terlambat dengan Valverde dan Camavinga – lima pemain itu mengarahkan mereka sejak menit pertama dan sampai akhir. Dan Carlo Ancelotti mengganggu mereka sampai akhir. paling akhir," ujarnya.

]]>
aa.com.tr logo liga champions
Erik ten Hag Serius Inginkan N’Golo Kante https://www.republika.co.id/berita/rclr4g349/erik-ten-hag-serius-inginkan-ngolo-kante https://www.republika.co.id/berita/rclr4g349/erik-ten-hag-serius-inginkan-ngolo-kante Sat, 28 May 2022 23:57:52 +0700 Ichsan Emrald Alamsyah https://www.republika.co.id/berita/rclr4g349/erik-ten-hag-serius-inginkan-ngolo-kante REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United Erik ten Hag serius untuk mendatangkan gelandang Chelsea N’Golo Kante. The Guardion mengatakan dilansir dari tribalfootball, Sabtu (28/5) MU mempertimbangkan memenuhi transfer Kante ke Old Trafford.

Ten Hag ingin menambah kekuatan lini tengah tim dan melihat pemain internasional Prancis tersebut adalah sosok yang tepat. Kontrak Kante di Stamford Bridge tersisa satu tahun lagi. Setan Merah terus memantau apakah Chelsea bersedia melepasnya musim panas ini.

Namun MU sepertinya tak akan mudah mendapatkan tanda tangan Kante. Pasalnya, pelatih Chelsea Thomas Tuchel tak ingin Kante pergi tanpa ada sedikit perlawanan. 

Kante merupakan gelandang tengah energik. Selain bisa mengatur serangan ia juga sosok yang kuat duel satu lawan satu. Ia juga memilki kecepatan berlari.

Kante didatangkan Chelsea dari Leicester City pada Juli 2016 setelah ia menjadi bagian penting keberhasilan The Toffes meraih gelar Liga Inggris. Ia telah tampil sebanyak 260 pertandinga di semua kompetisi dan mencetak 13 gol dan 15 assist untuk Chelsea.

Di bawah Tuchel ia tampil sebanyak 65 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak dua gol. Selama berseragam The Blues, Kante mempersembahkan satu trofi Liga Inggris, Liga Champions, Piala Dunia antarklub, Piala FA, Liga Europa dan Piala Super Eropa.

Ten Hag memang menyoroti lini tengah MU sejak resmi ditunjuk sebagai pengganti Ralf Rangnick. Sejumlah gelandang dikait-kaitkan akan merapat ke MU diantaranya mantan anak asuhnya di Ajax Amsterdam Frenkie de Jong.

]]>
AP/Frank Augstein Pemain Chelsea NGolo Kante. Pelatih Manchester United Erik ten Hag serius untuk mendatangkan gelandang Chelsea N’Golo Kante. The Guardion mengatakan dilansir dari tribalfootball, Sabtu (28/5) MU mempertimbangkan memenuhi transfer Kante ke Old Trafford.
BMH Salurkan Bantuan ke Masjid Al Muslimun Ndaskati Tanah Karo https://www.republika.co.id/berita/rclqz1374/bmh-salurkan-bantuan-ke-masjid-al-muslimun-ndaskati-tanah-karo https://www.republika.co.id/berita/rclqz1374/bmh-salurkan-bantuan-ke-masjid-al-muslimun-ndaskati-tanah-karo Sat, 28 May 2022 23:54:37 +0700 Irwan Kelana https://www.republika.co.id/berita/rclqz1374/bmh-salurkan-bantuan-ke-masjid-al-muslimun-ndaskati-tanah-karo REPUBLIKA.CO.ID,  MEDAN -- BMH terus berupaya memberikan kontribusi terbaik untuk umat.  Kali ini, Selasa  (24/5) kebaikan tersebut diwujudkan dengan menyalurkan bantuan pembangunan Masjid Al Muslimun  Ndeskati yang beberapa bulan lalu habis terbakar. 

Saat ini, Masjid Al-Muslimun yang berada di Desa Ndeskati, Kecamatan Namanteran,  Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), sedang proses pembangunan kembali dengan ukuran yang lebih memadai. Bentuk donasi yang disalurkan dengan bentuk dana dan material seperti semen 200 sak, batu split 10 kubik, batu bata dan lainnya senilai Rp 46 juta rupiah.

Lukman BAMS, kepala BMH Perwakilan BMH Sumut menyampaikan komitmen BMH dalam membantu proses pembangunan masjid tersebut akan berusaha mengajak serta kaum muslimin untuk ikut andil dalam menyelesaikan pembangunan masjid satu-satunya di desa tersebut.

"Melalui musibah terbakarnya masjid ini beberapa waktu yang lalu, Allah menggerakkan hati-hati kaum Muslimin, untuk kemudian turut berpartisipasi secara kuat, konkret dan nyata. Bahwa pada hari ini, Selasa (24/5),  proses pembangunan masjid sudah seperti ini," tuturnya di lokasi pembangunan sambil menunjuk masjid tersebut.

Diyakini tempat ibadah yang nyaman akan meningkatkan kesungguhan umatnya dalam beribadah. Diharapkan pembangunan masjid ini dapat menjadi momentum untuk meningkatnya ketakwaan 79 KK umat Islam di Desa Ndaskati ini. 

BKM masjid dan panitia pembangunan menyambut baik dan berterimakasih atas bantuan oleh donatur BMH. Hal itu disampaikan oleh Ibu Wadariah Boru Ginting, selaku ketua panitia pembangunan. 

"Saya mewakili umat Islam di Desa Ndeskati mengucapkan banyak terima kasih kepada donatur BMH, yang telah berpartisipasi dalam renovasi total pembangunan Masjid Al-Muslimun," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mendoakan kepada semua donatur BMH atas bantuan yang diberikan. "Semoga berkah, bermanfaat, menjadi amal jariyah, dan insya Allah, Allah melapangkan urusannya dunia dan akhirat," pungkasnya.

]]>
Dok BMH BMH menyalurkan bantuan bahan bangunan senilai Rp 46 juta ke Masjid Al Muslimun Ndaskati Tanah Karo, Sumatera Utara, Selasa (24/5).
Polisi Selidiki Perampokan Toko Modern di Kabupaten Semarang https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqyg327/polisi-selidiki-perampokan-toko-modern-di-kabupaten-semarang https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqyg327/polisi-selidiki-perampokan-toko-modern-di-kabupaten-semarang Sat, 28 May 2022 23:54:16 +0700 Muhammad Fakhruddin https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqyg327/polisi-selidiki-perampokan-toko-modern-di-kabupaten-semarang REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Polisi menyelidiki perampokan sebuah toko modern di Jalan Soekarno Hatta, Bawen, Kabupaten Semarang, yang pelakunya diduga seorang laki-laki dengan menggunakan senjata tajam dan sebuah botol berisi bensin.

Kabid humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy membenarkan peristiwa perampokan yang terjadi pada Jumat (27/5) malam itu. Menurutnya, peristiwa perampokan itu bermula ketika tiga pegawai toko sedang bersiap-siap menutup toko sekitar pukul 22.05 WIB.

"Lalu datang seorang pria tak dikenal dengan membawa senjata tajam jenis celurit dan sebuah botol berisi bensin," katanya, Sabtu (28/5/2022).

Dia menjelaskan bensin tersebut kemudian disiramkan ke salah satu pegawai sambil meminta agar seluruh pegawai masuk ke dalam gudang. Dalam aksinya, kata dia, pelaku membawa kabur uang hasil penjualan dengan total mencapai Rp9,6 juta.

Usai mendapat uang hasil rampokan itu, pelaku kemudian langsung meninggalkan tempat kejadian. Iqbal mengatakan penyelidikan sudah dilakukan dengan meminta keterangan para saksi.

Polisi juga menghimpun informasi dari rekaman televisi sirkuit tertutup atau closedcircuitcameratelevision(CCTV) di tempat kejadian. "Perkara ini ditangani Polres Semarang," ujarnya.

]]>
Republika On Line/Mardiah diah Polisi Selidiki Perampokan Toko Modern di Kabupaten Semarang (ilustrasi).
Bupati Sleman Minta Optimalisasi SDM Karang Taruna untuk Regenerasi https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqsi327/bupati-sleman-minta-optimalisasi-sdm-karang-taruna-untuk-regenerasi https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqsi327/bupati-sleman-minta-optimalisasi-sdm-karang-taruna-untuk-regenerasi Sat, 28 May 2022 23:50:42 +0700 Muhammad Fakhruddin https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqsi327/bupati-sleman-minta-optimalisasi-sdm-karang-taruna-untuk-regenerasi REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Yogyakarta, Kustini Sri Purnomomeminta potensi anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna harus dapat dioptimalkan untuk pembangunan Kabupaten Sleman.

"Jumlah keanggotaan Karang Taruna di Kabupaten Sleman yang lebih dari 10 ribu orang adalah gambaran potensi regenerasi Kabupaten Sleman ke depan," kata Kustini di Sleman, Sabtu (28/5/2022).

Menurut dia, potensi kaum muda tersebut harus diarahkan ke hal-hal positif, terutama untuk bersama-sama membangun Kabupaten Sleman.

Dengan potensi tersebut, lanjutnya, anak-anak muda nantinya dapat memegang kekuasaan mendatang dan membuat wajah Kabupaten Sleman berubah ke arah lebih baik. "Dengan potensi besar ini, kami, Pemerintah Sleman, akan mendukung penuh kemajuan Karang Taruna. Lewat diskusi, kami akan petakan bersama potensi anak-anak muda mau diarahkan ke mana," katanya.

Dia juga berharap dengan kepengurusan hingga tingkat padukuhan, Karang Taruna mampu bersinergi dengan Pemkab Sleman dalam memberikan edukasi positif yang dapat menekan aksi-aksi negatif anak-anak muda. "Dalam hal ini termasuk kejahatan jalanan," ujarnya.

]]>
Antara/Andreas Fitri Atmoko Bupati Sleman Minta Optimalisasi SDM Karang Taruna untuk Regenerasi (ilustrasi).
BPK Ungkap 6.011 Permasalahan Senilai Rp 31 Triliun di IHPS II/2021 https://www.republika.co.id/berita/rclqqg349/bpk-ungkap-6011-permasalahan-senilai-rp-31-triliun-di-ihps-ii2021 https://www.republika.co.id/berita/rclqqg349/bpk-ungkap-6011-permasalahan-senilai-rp-31-triliun-di-ihps-ii2021 Sat, 28 May 2022 23:49:28 +0700 Ichsan Emrald Alamsyah https://www.republika.co.id/berita/rclqqg349/bpk-ungkap-6011-permasalahan-senilai-rp-31-triliun-di-ihps-ii2021 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK), Isma Yatun, menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2021 kepada Ketua DPR awal pekan ini. IHPS II Tahun 2021 merupakan ringkasan dari 535 laporan hasil pemeriksaan (LHP), terdiri atas 3 LHP Keuangan, 317 LHP Kinerja, dan 215 LHP Dengan Tujuan Tertentu.

IHPS II Tahun 2021 ini juga menyajikan hasil pemantauan atas pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan, penyelesaian ganti kerugian negara/daerah, dan pemanfaatan hasil pemeriksaan investigatif, penghitungan kerugian negara, dan pemberian keterangan ahli.

BPK mengungkap 4.555 temuan yang memuat 6.011 permasalahan sebesar Rp 31,34 triliun dalam pemeriksaan BPK di semester II tahun 2021. Permasalahan yang diungkapkan terdiri dari 3.173 permasalahan berkaitan dengan ketidakhematan, ketidakefisienan, dan ketidakefektifan (3E) sebesar Rp 1,64 triliun. 1.720 permasalahan merupakan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan sebesar Rp 29,70 triliun.

Sementara 1.118 permasalahan terkait kelemahan sistem pengendalian intern (SPI). Dalam permasalahan 3E, 95,9 persen atau 3.043 permasalahan merupakan ketidakefektifan sebesar Rp 218,56 miliar, 127 permasalahan ketidakhematan sebesar Rp 1,42 triliun, dan 3 permasalahan ketidakefisienan sebesar Rp 1,59 miliar.

IHPS II Tahun 2021 juga memuat hasil pemeriksaan tematik atas dua prioritas nasional sesuai Rencana Kerja Pemerintah tahun 2021, yaitu penguatan ketahanan ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia. “Pemeriksaan tematik terdiri atas 256 pemeriksaan kinerja dan 38 pemeriksaan DTT Kepatuhan yang dilaksanakan pada 35 objek pemeriksaan pemerintah pusat, 256 objek pemeriksaan pemerintah daerah, dan 3 objek pemeriksaan BUMN. Dalam pemeriksaan tematik ini, BPK mengungkap 2.427 temuan dengan 2.805 permasalahan sebesar Rp20,23 triliun,” jelas Isma Yatun.

Hasil pemeriksaan prioritas nasional penguatan ketahanan ekonomi mengungkap permasalahan antara lain: pertama, kebijakan penyelenggaraan pelayanan perizinan pada Kemendagri belum seluruhnya dirumuskan dan ditetapkan sesuai UU Cipta Kerja dan turunannya; serta kedua, mekanisme verifikasi dan sistem informasi pengelolaan permohonan belum dapat menjamin kelayakan penerima insentif perpajakan PC-PEN. 

Selain itu, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) belum memiliki fungsi koordinasi yang terpusat dalam pengelolaan insentif atau fasilitas perpajakan. 

Sementara hasil pemeriksaan prioritas nasional pembangunan SDM mengungkap permasalahan antara lain: pertama, bantuan program kartu prakerja kepada 119.494 peserta sebesar Rp 289,85 miliar pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terindikasi tidak tepat sasaran, karena diterima oleh pekerja/buruh yang memiliki gaji/upah di atas Rp 3,5 juta; dan kedua, alokasi vaksin COVID-19, logistik, dan sarana prasarananya belum sepenuhnya menggunakan dasar perhitungan yang sesuai dengan perkembangan kondisi dan atau analisis situasi terbaru, data yang valid, akurat dan mutakhir, serta kurangnya koordinasi dengan pemda dan kementerian/lembaga lain yang terlibat.

IHPS II Tahun 2021 ini juga memuat hasil pemeriksaan keuangan, kinerja, dan DTT yang tidak termasuk dalam kelompok pemeriksaan prioritas nasional. “Penting kami tekankan bahwa, BPK terus berupaya keras untuk mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang efektif, akuntabel, dan transparan sesuai ketentuan perundang-undangan dan praktik internasional terbaik,” tegas Isma Yatun.

Sejak 2005 hingga 2021, BPK telah menyampaikan 633.648 rekomendasi hasil pemeriksaan sebesar Rp 305,84 triliun kepada entitas yang diperiksa. Hasil pemantauan atas tindak lanjut rekomendasi tersebut menunjukkan sebanyak 490.014 rekomendasi sebesar Rp156,10 triliun telah sesuai, 105.193 rekomendasi sebesar Rp 100,15 triliun belum sesuai, 31.709 rekomendasi sebesar Rp27,89 triliun belum ditindaklanjuti, dan 6.732 rekomendasi sebesar Rp21,70 triliun tidak dapat ditindaklanjuti.

]]>
ANTARA/Dhemas Reviyanto Ketua DPR Puan Maharani (kiri) bersama Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun (kanan) berjalan usai penyerahan laporan hasil pemeriksaan pada Rapat Paripurna ke-23 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5/2022). Rapat tersebut beragendakan penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2021 serta penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II Tahun 2021 oleh BPK.
Arema FC Bakal Gelar Pertandingan Uji Coba Lawan RANS Cilegon FC https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqmu327/arema-fc-bakal-gelar-pertandingan-uji-coba-lawan-rans-cilegon-fc https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqmu327/arema-fc-bakal-gelar-pertandingan-uji-coba-lawan-rans-cilegon-fc Sat, 28 May 2022 23:47:18 +0700 Muhammad Fakhruddin https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqmu327/arema-fc-bakal-gelar-pertandingan-uji-coba-lawan-rans-cilegon-fc REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Tim berjuluk Singo Edan, Arema FC bakal menggelar pertandingan uji coba melawan tim milik pesohor RaffiAhmad, yakni RANS Cilegon FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 7 Juni.

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan pertandingan uji coba melawan RANS Cilegon FC tersebut merupakan salah satu rangkaian persiapan Singo Edan untuk menghadapi Liga 1 Indonesia musim 2022-2023.

"Komunikasi antara manajemen kedua tim sudah dilakukan, hasilnya disepakati bahwa akan dilangsungkan pertandingan uji coba antara Arema FC dan RANS Cilegon FC," kata Sudarmaji, Sabtu (18/5/2022).

Sudarmaji menjelaskan, pada pertandingan uji coba tersebut, tidak hanya mempersiapkan Arema FC secara teknis terkait kesiapan pemain menjelang Liga 1. Namun, pertandingan uji coba itu dianggap penting karena mampu mengembalikan atmosfer sepak bola Indonesia.

Menurutnya, dengan kembalinya para suporter untuk mendukung langsung tim yang diarsiteki pelatih asal Portugal Eduardo Almeida tersebut, bisa mengembalikan suasana stadion dan menjadi langkah adaptasi gelaran sepak bola yang dihadiri penonton secara langsung.

"Setelah sukses menggelar pertandingan melawan PSIS Semarang dengan kehadiran Aremania, beberapa tim tertarik untuk merasakan atmosfer di Stadion Kanjuruhan. Ini sebagai langkah adaptasi terkait kehadiran suporter ke stadion," katanya.

Ia menambahkan, RANS Cilegon FC yang saat ini diasuh oleh Rahmad Darmawan juga berada dalam fase persiapan tim. Tim tersebut sebelumnya juga menjalani serangkaian pertandingan uji coba dan direncanakan bertandang ke Stadion Kanjuruhan dengan skuad lengkap.

Pada pertandingan uji coba tersebut, Panitia Pelaksana Arema FC juga akan menjual tiket dengan harga yang sama seperti pada laga melawan PSIS Semarang.

Sebelum menghadapi RANS Cilegon FC, Dendi Santoso dan kawan-kawan akan bertandang ke markas PSIS Semarang untuk menjalani uji coba leg kedua pada 4 Juni.

Pada pertandingan uji coba leg pertama di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema FC mengantongi kemenangan 2-0. Dua gol kemenangan skuad Singo Edan tersebut diciptakan oleh Dendi Santoso pada menit ke-8 dan ke-9.

Pertandingan uji coba yang terus dilakukan oleh Arema FC tersebut, menjadi bekal analisa pelatih sebelum bergulirnya kompetisi Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang rencananya akan dimulai pada Juli.

]]>
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto Suporter kesebelasan Arema FC atau Aremania mengangkat syal untuk memberi semangat kepada tim kesayangannya saat bertanding melawan PSIS Semarang dalam pertandingan persahabatan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022). Aremania kembali memadati stadion tersebut setelah dua tahun vakum akibat pandemi COVID-19.
BKSDA Evakuasi 2 ekor Buaya Muara di Air Bangis Pasaman Barat https://www.republika.co.id/berita/rclnc8430/bksda-evakuasi-2-ekor-buaya-muara-di-air-bangis-pasaman-barat https://www.republika.co.id/berita/rclnc8430/bksda-evakuasi-2-ekor-buaya-muara-di-air-bangis-pasaman-barat Sat, 28 May 2022 23:46:00 +0700 Muhammad Hafil https://www.republika.co.id/berita/rclnc8430/bksda-evakuasi-2-ekor-buaya-muara-di-air-bangis-pasaman-barat REPUBLIKA.CO.ID, PASAMAN BARAT--Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat, Ardi Andono, mengatakan pihaknya melakukan evakuasi terhadap dua ekor buaya di Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat.

Evakuasi terhadap satwa dengan nama latin Crocodylus porosus ini karena berkonflik dengan manusia. Di mana ada warga Air Bangis bernama Mustaifi Akbar (24) yang tengah melakukan aktivitas pengeringan ikan, diterkam buaya tidak jauh dari sungai pada 18 Mei 2022 lalu.

"Buaya ini mengakibatkan korban terluka pada bagian betis sebelah kanan sepanjang 14 cm," kata Ardi, Sabtu (28/5/2022).

Setelah mendapatkan informasi terkait hal ini BKSDA Sumbar melalui Seksi Konservasi Wilayah I Pasaman menurut Ardi turun ke lokasi untuk melakukan penanganan.

Setelah itu, malam hari nya tim yang dibantu warga berhasil melakukan evakuasi buaya tersebut dengan ukuran 1 m dan membawa buaya muara tersebut ke POS Tempat Transit Satwa (TTS) yang berada di Padang.

Pada hari Rabu malam tanggal 25 Mei 2022, Tim WRU SKW 1 kembali mendapat informasi penangkapan 1 (satu) ekor buaya berukuran 2,5 meter oleh warga nagari Air Bangis. BKSDA lanjut Ardi langsung melakukan penanganan dan evakuasi satwa untuk dibawa ke Pos TTS Padang hingga dini hari. Satwa di evakuasi ke POS TTS Padang untuk dilakukan proses observasi selanjutnya.

Buaya merupakan salah satu satwa yang dilindungi sesuai dengan Undang undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor.P.106 tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Dilindungi.

"Kami sangat prihatin kepada korban dan mendoakan agar korban segera pulih dan dapat beraktivitas kembali," ujar Ardi.

Agar tidak terjadi lagi korban berikutnya, Ardi mengimbau kepada warga untuk lebih hati-hati melakukan aktivitas di sekitar sungai pada musim kemarau. Karena saat musim kemarau, buaya yang habitat aslinya di rawa ini, ditengarai bermigrasi ke sungai yang masih terdapat genangan air. DUa

]]>
ANTARA/Asep Fathulrahman BKSDA Evakuasi 2 ekor Buaya Muara di Air Bangis Pasaman Barat. Foto: Seekor buaya muara (Crocodylus porosus) / Ilustrasi
Atlet Panjat Tebing Indonesia Veddriq Juara di Amerika Serikat https://www.republika.co.id/berita/rclkw4480/atlet-panjat-tebing-indonesia-veddriq-juara-di-amerika-serikat https://www.republika.co.id/berita/rclkw4480/atlet-panjat-tebing-indonesia-veddriq-juara-di-amerika-serikat Sat, 28 May 2022 23:44:00 +0700 Muhammad Akbar https://www.republika.co.id/berita/rclkw4480/atlet-panjat-tebing-indonesia-veddriq-juara-di-amerika-serikat REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Atlet panjang tebing Indonesia Veddriq Leonardo menjadi juara pada nomor speed putra World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022 setelah pada final mencatatkan waktu 6,33 detik mengalahkan wakil Austria Tobias Plangger di Salt Lake City, Amerika Serikat, Sabtu (28/5).
 
Berdasarkan laman resmi IFSC, Veddriq tampil gemilang sejak awal. Pada babak kualifikasi dia sempat membukukan waktu 5,28 detik. Kemudian catatan apiknya berlanjut pada babak 16 besar dengan 5,51 detik mengalahkan wakil Kanada Ethan Pitcher yang menyelesaikan lomba dengan 5,90 detik.
 
Pada perempat final, Veddriq kembali tampil dominan dengan membukukan waktu 5,45 detik mengalahkan atlet AS Samuel Watson denhan 6,10 detik.
 
Pada semifinal, catatan waktu Veddriq lebih baik yakni 5,35 detik, menyingkirkan wakil Italia Ludovico Fossali denhan 7,84 detik. Dominasinya berlanjut hingga akhirnya meraih gelar juara.
 
Dalam perlombaan kali ini, wakil Indonesia Kiromal Katibin juga mengukir sejarah dengan mempertajam rekor dunia pada babak penyisihan dengan 5,10 detik. Sayang langkahnya terhenti di babak perempat final setelah tergelincir saat berhadapan dengan wakil Polandia Marcin Dzienski.

Dengan hasil ini, Indonesia telah membawa satu medali emas dan satu rekor dunia. Atas torehan yang membanggakan tersebut, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyampaikan selamat.
 
“Selamat kepada Veddriq Leonardo yang telah meraih medali emas dan Kiromal Katibin yang memecahkan rekor dunia pada World Cup IFSC 2022 di Salt Lake City. Berkat prestasi Patriot Olahraga Panjat Tebing, Indonesia dipandang terhormat,” kata Marciano Norman dalam keterangan tertulis.
 
“Prestasi tingkat dunia yang diraih Veddriq dan Katibin hari ini telah membuktikan bahwa atlet Indonesia mampu menjadi yang terbaik. Semoga hal tersebut dapat memotivasi atlet Indonesia lainnya untuk menyusul mempersembahkan prestasi,” dia menambahkan.
 
Dia juga berterima kasih atas kerja keras seluruh atlet, pelatih, ofisial dan jajaran Pengurus Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) yang dipimpin Ibu Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid).
 
"Saya yakin, panjat tebing akan menjadi lumbung medali untuk Indonesia pada kejuaraan internasional lainnya. Pertahankan prestasi ini, jangan lelah berkarya untuk Indonesia," kata Marciano.
 

]]>
ANTARA / Reuters-Jeffrey Swinger Atlit panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin (kiri ) dan rekannya Veddriq Leonardo (kanan) melakukan selebrasi setelah mencatat waktu tercepat dalam kejuaraan Piala Dunia Panjat Tebing 2021, di Salt Lake City, Utah, Ametika Serikat, Jumat (28/5/2021). Veddriq Leonardo memecahkan rekor dunia untuk kategori Speed World Record dengan catatan waktu 5, 20 detik yang sebelumnya dioecahkan oleh Kiromal Katibin dengan catatan waktu 5,25 detik.
Wali Kota Surabaya Siap Gerakkan Majelis Taklim di Setiap Kecamatan https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqer327/wali-kota-surabaya-siap-gerakkan-majelis-taklim-di-setiap-kecamatan https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqer327/wali-kota-surabaya-siap-gerakkan-majelis-taklim-di-setiap-kecamatan Sat, 28 May 2022 23:42:27 +0700 Muhammad Fakhruddin https://repjogja.republika.co.id/berita/rclqer327/wali-kota-surabaya-siap-gerakkan-majelis-taklim-di-setiap-kecamatan REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi siap menggerakkan majelis taklim dan tilawatil Quran atau mengaji bersama di setiap kecamatan usai puncak peringatan Hari Jadi Ke-729 Kota Surabaya pada 31 Mei 2022.

"Saya rindu dengan jamaah majelis taklim. Insya Allah, mengaji bersama akan digelar sebulan sekali di kecamatan setiap Hari Kamis," kata Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, Sabtu (28/5/2022).

Eri mengaku keinginannya menggerakkan majelis taklim dan tilawatil Quran setelah melihat kekompakan ibu-ibu jamaah Yayasan Majelis Taklim Surabaya (Yamatas) Surabaya pada saat menghadiri acara halalbihalal, Parade Salawat Tausiah, doa dan zikir serta peluncuran Koperasi Sumber Mulia Barokah di Gedung Balai Budaya, Jumat (27/5) malam.

Untuk itu, Eri Cahyadi berterima kasih kepada seluruh anggota Yamatas karena dalam waktu setahun ini gencar menggerakkan majelis taklim serta perekonomian di Kota Pahlawan.

Apalagi pada saat pemulihan perekonomian ini, lanjut Eri, dibutuhkan kebersamaan dan gotong royong di antara warga dan kelompok masyarakat lainnya.

Ketua Yamatas Surabaya Elok Zulaikho sebelumnya mengatakan pihaknya berharap Yamatas ke depan semakin solid dan bisa menggaet lebih banyak lagi ibu-ibu untuk menggaungkan majelis taklim dan perekonomian di Kota Surabaya. "Sebelum diresmikan oleh Bapak Wali Kota Eri Cahyadi, ada 587 anggota. Alhamdulillah setelah diresmikan pada setahun lalu, kini semakin bertambah anggotanya," kata Elok.

Elok mengajak para anggotanya untuk bergerak bersama membangun kota Pahlawan ke depan. Bukan itu saja, dia juga memberikan kesempatan kepada ibu-ibu Muslimah Surabaya untuk bergabung di Yamatas.

Ia mengatakan, di dalam Koperasi Sumber Mulia Barokah itu ada beberapa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), mulai dari katering, seragam pengajian dan sekolah hingga produksi air mineral. Dengan koperasi ini, dia optimistis keluarga di Kota Surabaya akan semakin sejahtera. "Semoga ke depan kami tidak hanya pintar dalam mengaji, tetapi juga pintar dalam mengatur ekonomi," ujar dia.

 

]]>
ANTARA/Didik Suhartono Wali Kota Surabaya Siap Gerakkan Majelis Taklim di Setiap Kecamatan (ilustrasi).
In Picture: Pameran Lukisan Peringati Hari Kebangkitan Nasional https://www.republika.co.id/berita/rclq7l283/pameran-lukisan-peringati-hari-kebangkitan-nasional https://www.republika.co.id/berita/rclq7l283/pameran-lukisan-peringati-hari-kebangkitan-nasional Sat, 28 May 2022 23:38:09 +0700 Mohamad Amin Madani https://www.republika.co.id/berita/rclq7l283/pameran-lukisan-peringati-hari-kebangkitan-nasional REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejumlah peserta menyelesaikan lukisan pada batu kali saat mengikuti pelatihan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (28/5/2022).

Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan seni lukis batu kali bersama KamisSketsa GalNas dengan bertemakan Mengakali Batu Kali yang merupakan serangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114.

]]>
Sejumlah peserta menyelesaikan lukisan pada batu kali saat mengikuti pelatihan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (28/5/2022). Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan seni lukis batu kali bersama KamisSketsa GalNas dengan bertemakan Mengakali Batu Kali yang merupakan serangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114. ANTARA/M Risyal Hidayat
Peserta menyelesaikan lukisan di batu kali saat mengikuti pelatihan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (28/5/2022). Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan seni lukis batu kali bersama KamisSketsa GalNas dengan bertemakan Mengakali Batu Kali yang merupakan serangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114. ANTARA/M Risyal Hidayat
Peserta menyelesaikan lukisan pada batu kali saat pelatihan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Sabtu (28/5/2022). Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan seni lukis batu kali bersama KamisSketsa GalNas dengan bertemakan Mengakali Batu Kali yang merupakan serangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114. ANTARA/M Risyal Hidayat
Pemkot Surabaya Pindahkan SWK ke Kampus ITTS Atasi Banjir di Ketintang https://repjogja.republika.co.id/berita/rclq5y327/pemkot-surabaya-pindahkan-swk-ke-kampus-itts-atasi-banjir-di-ketintang https://repjogja.republika.co.id/berita/rclq5y327/pemkot-surabaya-pindahkan-swk-ke-kampus-itts-atasi-banjir-di-ketintang Sat, 28 May 2022 23:37:10 +0700 Muhammad Fakhruddin https://repjogja.republika.co.id/berita/rclq5y327/pemkot-surabaya-pindahkan-swk-ke-kampus-itts-atasi-banjir-di-ketintang REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya memindahkan sentra wisata kuliner (SWK) ke halaman Kampus Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) guna mengatasi banjir yang sering terjadi di kawasan Ketintang, Kota Pahlawan, Jawa Timur.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pihaknya bersyukur karena setelah puluhan tahun akhirnya SWK di Ketintang itu bisa dibangun di kampus ITTS. "Selama ini, saya berpikir bagaimana caranya mengatasi genangan di kawasan Ketintang dan kampus ITTS juga kelihatan bagus dilihat dari depan," kata Eri, Sabtu (28/5/2022).

Akhirnya, lanjut dia, saat itu pemkot berdiskusi dengan pihak Telkom untuk pembangunan SWK-nya, sedangkan pemkot akan membangun saluran yang di atasnya digunakan para PKL untuk berjualan. Bahkan, saat itu pemkot juga berharap para PKL itu bisa diakomodir oleh Telkom untuk dimasukkan ke SWK nantinya.

"Alhamdulillah gayung bersambut, Telkom dengan segala kelebihannya menerima dan siap membangun SWK Ketintang. Kemarin (27/5) peletakan batu pertama pembangunan SWK di Kampus ITTS," ujar dia.

Menurut dia, dengan pembangunan SWK Ketintang ini, maka paling tidak bisa mengurangi genangan air di kawasan ini. Sebab, lanjut dia, ketika pihaknya hendak membangun saluran, ternyata di atas saluran itu digunakan untuk jualan PKL yang notabene sudah puluhan tahun mereka berjualan di tempat tersebut.

"Alhamdulillah diberikan contoh oleh Telkom, dengan meletakkan ego sektoralnya, mereka bersedia membangun SWK ini. Tentunya ini bisa menjadi contoh untuk BUMN dan BUMD lainnya di wilayah Surabaya. Jika ini bisa diwujudkan, saya yakin akan membuat kebahagiaan, ketenangan, dan kenyamanan warga Kota Surabaya. Hidup ini indah kalau saling melengkapi dan bersinergi," ujarnya.

Wali Kota Eri menegaskan dengan dimulainya pembangunan SWK ini, maka pemkot juga akan langsung membangun saluran airnya di kawasan tersebut. Bahkan, pemkot juga akan membangun dan memperlebar jalan di kawasan tersebut.

"Pembangunannya sudah dimulai dan Insya Allah sebelum bulan Agustus mendatang pembangunannya sudah selesai dan bisa diresmikan. Semoga saat itu juga salurannya sudah luas dan lancar tidak ada bangunan lagi di atasnya, jalan pun lebih luas dan lebih nyaman dinikmati oleh warga," kata dia.

]]>
Republika Pemkot Surabaya Pindahkan SWK ke Kampus ITTS Atasi Banjir di Ketintang (ilustrasi)
BPOM Ajak E-Commerce Tekan Promosi Obat dan Suplemen Kesehatan yang Menyesatkan https://www.republika.co.id/berita/rclq21414/bpom-ajak-ecommerce-tekan-promosi-obat-dan-suplemen-kesehatan-yang-menyesatkan https://www.republika.co.id/berita/rclq21414/bpom-ajak-ecommerce-tekan-promosi-obat-dan-suplemen-kesehatan-yang-menyesatkan Sat, 28 May 2022 23:34:49 +0700 Reiny Dwinanda https://www.republika.co.id/berita/rclq21414/bpom-ajak-ecommerce-tekan-promosi-obat-dan-suplemen-kesehatan-yang-menyesatkan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan POM RI menggandeng delapan e-commerce saat meluncurkan program Zona Ramah Promosi Online (ZRPO) Bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan. Tokopedia, Shopee, Elevenia, Bukalapak, Blibli, Lazada, JDID, dan Jakmall dilibatkan untuk menekanan promosi obat yang menyesatkan.

"ZRPO bertujuan meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam memenuhi ketentuan di bidang promosi obat tradisional dan suplemen kesehatan serta melindungi masyarakat dari promosi obat tradisional dan suplemen kesehatan yang menyesatkan," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/5/2022).

Penny mengatakan, perkembangan teknologi dan kemajuan zaman saat ini meningkatkan jumlah pelaku usaha online dan volume transaksi menggunakan uang elektronik di Indonesia. Besarnya volume transaksi online yang terjadi ini ternyata belum diiringi dengan promosi atau iklan yang tepat.

]]>
Republika/Reiny Dwinanda Aneka jenis suplemen (Ilustrasi). Berdasarkan data pengawasan Badan POM tahun 2021, iklan obat tradisional dan suplemen kesehatan secara online yang tidak memenuhi ketentuan (TMK) jauh lebih tinggi dibandingkan dengan iklan konvensional.