Republika Online RSS Feed http://www.republika.co.id Tue, 28 Jan 2020 10:40:33 +0700 https://www.republika.co.id/ id hourly 1 https://static.republika.co.id/files/images/logo.png Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Treat Diet, Makan Enak Sambil Turunkan Berat Badan https://gayahidup.republika.co.id/berita/q4ssvl414/emtreat-dietem-makan-enak-sambil-turunkan-berat-badan https://gayahidup.republika.co.id/berita/q4ssvl414/emtreat-dietem-makan-enak-sambil-turunkan-berat-badan Tue, 28 Jan 2020 10:40:33 +0700 Reiny Dwinanda https://gayahidup.republika.co.id/berita/q4ssvl414/emtreat-dietem-makan-enak-sambil-turunkan-berat-badan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang memiliki resolusi di tahun yang baru untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun, sebuah penelitian menunjukkan pada 19 Januari atau 19 hari setelah awal dari lembaran baru hari di dunia ini, tekad serta rencana-rencana untuk mencapai hal yang diinginkan mulai surut.

Tak sedikit orang yang mulai melupakan tujuan mereka untuk melakukan diet dan meraih berat badan ideal. Meski demikian, sebenarnya ada cara untuk dapat tetap mencapai tujuan itu, bahkan dengan hasil yang mungkin bisa bertahan selamanya.

Dilansir The Sun, seorang ahli diet bernama Terri Ann Nunns mengklaim telah menemukan cara yang seru untuk menerankan berat badan. Nunns menyebut, treat diet merupakan jawaban untuk penurunan berat badan yang berkelanjutan.

Dengan treat diet, orang bisa tetap makanan enak setiap harinya. Jenis makanan manis pun tak dilarang, namun porsinya dibatasi.

“Ini mungkin terlihat kontraproduktif, tetapi makan enak benar-benar adalah cara untuk menurunkan berat badan dan yang lebih penting, tetap melakukannya,” ujar Nunns.

Menurut Nunns, dengan mengurangi dan membatasi makanan serta melakukan perubahan gaya hidup dengan ekstra mungkin membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, hal ini pada akhirnya bisa membuat Anda terlalu lama menahan keinginan untuk melakukan segala hal yang menjadi pantangan, hingga saat sudah lelah menahan nafsu akan sulit untuk mengendalikan diri.

“Membiarkan diri Anda mendapatkan suguhan kecil sehari-hari membantu untuk tetap mengendalikan rasa mengidam dan membuat diet bertahan berkelanjutan dalam jangka panjang,” jelas Nunns.

Lebih lanjut, Nunns mengatakan hampir tak ada orang yang ingin menghentikan keinginan mengkonsumsi makanan seperti cokelat selama sisa hidup mereka. Karena itu, treat diet menjadi cara untuk tetap memasukkan makanan favorit sehari-hari dengan cara yang tidak merusak kesehatan secara keseluruhan.

Berikut tip yang dibagikan Nunns untuk melakukan treat diet:
1. Konsumsi makanan di bawah 150 kalori
Memanjakan diri bukan berarti Anda harus mengonsumsi es krim hingga satu cup besar setiap harinya. Dengan treat diet, Anda tetap boleh memakan es krim favorit dalam jumlah sedikit sebatas untuk memuaskan keinginan.

Sering kali, makan dalam jumlah kecil sudah cukup untuk memuaskan hasrat atau keinginan, tanpa perlu mengasup banyak kalori. Untuk hasil terbaik, siapkan makanan kegemaran dengan kandungan di bawah 150 kalori per hari saat melakukan treat diet.

Satu porsi Cadbury chocolate mousse, 20 gram dark chocolate, dua keping biskuit jahe, 20 gram popcorn manis, serta satu shortcake cukup untuk memanjakan lidah tanpa membahayakan diet. Itu semua nilai kalorinya di bawah 50.

2. Rencanakan jenis makanan
Selalu konsisten untuk melakukan sesuatu hal mungkin cukup sulit. Namun, Anda bisa membuatnya lebih mudah dengan merencanakan terlebih dahulu seluruh jenis makanan yang hendak dikonsumsi sesuai keinginan, termasuk makanan ringan dan camilan.

Mengetahui apa yang akan dimakan setiap harinya akan mengurangi kemungkinan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, sehingga membahayakan diet. Menambahkan daftar camilan juga membantu untuk menjaga konsistensi treat diet, terlebih ketika Anda mulai merasa tergoda.

3. Hindari hari curang
Beberapa metode diet menerapkan cheat days, hari di mana Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi seluruh jenis makanan yang disukai, bahkan dengan jumlah sepuasnya. Namun, sebenarnya hal ini justru menyebabkan Anda bisa makan berlebihan, bahkan bisa merusak diet yang sudah dijalankan berhari-hari sebelumnya.

4. Nikmati pengalaman
Orang-orang cenderung lepas kendali hingga mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih dan tidak sehat dalam berbagai kesempatan, seperti ketika sedang bepergian, menonton televisi, dan berbagai waktu senggang dan menyenangkan lainnya. Namun, salah satu yang tetap penting untuk diingat adalah meluangkan waktu untuk menikmati pengalaman saat menjalani treat diet.

]]>
dok Chateraise Shortcake. Dengan treat diet, orang tetap bisa makan enak, termasuk mengudap sepotong shortcake bernilai kalori di bawah 150.
Studi Ungkap Temuan Baru Terkait Meletusnya Gunung Vesuvius https://trendtek.republika.co.id/berita/q4sstn368/studi-ungkap-temuan-baru-terkait-meletusnya-gunung-vesuvius https://trendtek.republika.co.id/berita/q4sstn368/studi-ungkap-temuan-baru-terkait-meletusnya-gunung-vesuvius Tue, 28 Jan 2020 10:39:23 +0700 Dwi Murdaningsih https://trendtek.republika.co.id/berita/q4sstn368/studi-ungkap-temuan-baru-terkait-meletusnya-gunung-vesuvius REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru mengungkap temuan baru terkait tewasnya masyarakat saat Gunung Vesuvius di Italia meletus pada 79 M. Hingga saat ini kematian warga dianggap akibat terkena larva panas gunung dan daging mereka pun terkelupas.

Tetapi studi yang dipimpin Tim Thompson, antropolog biologi di Universitas Teesside di Inggris, mengungkap kemungkinan lain tentang akibat kematian orang-orang saat itu. Dalam sebuah studi baru, yang diterbitkan peka  ini di Jurnal Antiquity, Thompson dan rekan-rekannya menawarkan analisis dan teori baru tentang bagaimana orang-orang itu tewas.

Dalam studi mereka, Thompson dan rekan-rekannya melihat dua fitur utama dari sampel tulang, yakni adanya protein yang disebut kolagen dan struktur kristal di dalam tulang. Kolagen biasanya membentuk sekitar 20 persen dari berat tulang tetapi menghilang ketika tulang dipanaskan.

Peneliti menemukan bahwa mineral kalsium yang disebut hidroksiapatif untuk membentuk sebagian besar tulang, tidak berubah seperti yang diperkirakan sebelumnya (tulang terkena panas sangat tinggi). Maka teori Thompson berlawanan dengan teori penguapan sebelumnya yang mengungkap bahwa warga tewas secara cepat akibat tubuh yang hancur karena penguapan.

"Kenyataanya jaringan lunak tidak menguap pada suhu berapa pun, tidak langsung menembus ke tulang. Saya pikir ada konsensus umum di antara yang bekerja pada tulang dan bahwa penguapan tidak terjadi," kata Thompson.

Elżbieta Jaskulska, seorang antropolog biologi di Universitas Warsawa di Polandia yang tidak terlibat dalam penelitian ini menyatakan analisa ini masuk akal. "Bayangkan saja berapa banyak otot yang Anda miliki di paha Anda. Butuh waktu untuk menguapkan [air dari] semua otot itu untuk sampai ke tulang di dalamnya," ujarnya.

Thompson dan rekan-rekannya berargumen bahwa panas dari piroklastik pertama dan terpanas akan membutuhkan waktu untuk menembus tubuh manusia. Mereka berspekulasi bahwa orang-orang tidak tewas secara langsung, tetapi lebih lama, karena sesak napas, debu dan panas yang mengganggu saluran udara.

Namun, penulis teori penguapan sebelumnya tidak sependapat oleh bukti baru Thompson. Mereka menyatakan bahwa postur tubuh, keberadaan deposit besi pada tulang, dan bukti lain tetap mendukung teori mereka.

Pekan ini, mereka bahkan menerbitkan surat di New England Journal of Medicine yang menggambarkan apa yang mereka yakini sebagai jaringan otak dari kerangka pria yang ditemukan di Herculaneum yang mengalami vitrifikasi setelah terpapar panas tinggi. Virtifikasi adalah teknologi untuk menjaga kondisi organ atau sel hidup dengan mendinginkan secara cepat dan struktur sel tetap terjaga

"Ini menegaskan bahwa orang-orang mati dengan sangat tiba-tiba," kata Pier Paolo Petrone, seorang antropolog forensik di University of Naples Federico II dan penulis utama pekerjaan itu.

Thompson setuju bahwa jaringan otak vitrifikasi adalah temuan yang menarik tetapi dia mengatakan itu adalah lompatan logis. Dia berpendapat, vitrifikasi juga terjadi dengan kontak yang lama dan panas yang lebih rendah.

Thompson adalah salah satu dari segelintir peneliti yang telah memelopori kotak peralatan teknik untuk mempelajari tulang yang terbakar atau dipanaskan. Thompson menyebutnya sebagai bioarchaeology of cremation, dan karena bidang ini telah berkembang dalam dekade terakhir. Para peneliti telah mulai mengumpulkan petunjuk penting tentang bagaimana budaya kuno hidup dan mati.

Sebagai contoh, dua tahun lalu, sekelompok antropolog dan ahli geokimia menerapkan teknik-teknik ini untuk dikremasi. Teknik ini juga memungkinkan para peneliti untuk mengumpulkan rincian tentang bagaimana ritual penguburan bervariasi dari waktu ke waktu dan di seluruh situs, serta peran yang dimainkannya dalam budaya yang berbeda.

"Dengan kemajuan metode, kita dapat mempelajari [sisa-sisa manusia] dengan cara yang baru," kata Thompson menambahkan.

Gunung Vesuvius di pantai barat Italia, pertama kali memulai gempa vulkaniknya di tahun 79 M. Letusan yang memuntahkan abu dan batu apung putih membanjiri wilayah sekitarnya, termasuk kota Pompeii yang terkenal di sana.

Beberapa jam kemudian, gunung berapi itu melonjak ke fase lain letusannya, yakni memuntahkan serangkaian awan gas dan batu beracun yang mengepul dan disebut gelombang ppiroklasti. Sebagian besar penduduk Herculaneum punya waktu untuk melarikan diri. Sekitar 340 orang tewas di boathouse sisi pantai kota dan di pantai itu sendiri.

]]>
sapiens.org Gunung Vesuvius tampak dari Pompeii, situs arkeologi di Italia.
Facebook Larang Karyawan Pergi ke China Hindari Virus Corona https://internasional.republika.co.id/berita/q4ssmg382/facebook-larang-karyawan-pergi-ke-china-hindari-virus-corona https://internasional.republika.co.id/berita/q4ssmg382/facebook-larang-karyawan-pergi-ke-china-hindari-virus-corona Tue, 28 Jan 2020 10:35:04 +0700 Nur Aini https://internasional.republika.co.id/berita/q4ssmg382/facebook-larang-karyawan-pergi-ke-china-hindari-virus-corona REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Facebook Inc meminta karyawan untuk menunda perjalanan tidak penting ke China, Selasa (28/1). Anjuran itu diberikan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Juru bicara perusahaan media sosial tersebut juga memberi tahu karyawan yang telah berada di China untuk bekerja dari rumah. Mereka diminta untuk tidak melakukan aktivitas luar ruangan.

"Karena sangat berhati-hati, kami telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi kesehatan dan keselamatan karyawan kami," kata juru bicara perusahaan.

China melaporkan penambahan korban meninggal dunia atas virus corona jenis baru itu atau dikenal dengan 2019-nCoV, Selasa. Dengan penambahan itu, total korban meninggal dunia hingga 106 kasus di beberapa wilayah China, termasuk satu dari ibu kota Beijing.

Petugas China telah mengonfirmasi lebih dari 2.700 kasus terjadi, sebagian besar di Wuhan. Lebih dari 40 kasus telah dikonfirmasi di tempat lain di seluruh dunia. Kasus di luar China hampir seluruhnya melibatkan wisatawan China atau orang-orang yang mengunjungi Wuhan.

Sebelum larangan karyawan Facebook, pejabat kesehatan Amerika Serikat telah lebih dahulu memperluas rekomendasi untuk warganya menghindari perjalanan yang tidak penting ke bagian mana pun di China. Pemberlakuan itu tidak hanya Wuhan dan daerah lain yang terkena dampak wabah tersebut.

Konsulat AS di Wuhan pun sedang bersiap untuk menerbangkan para diplomatnya dan beberapa warganya ke luar kota. Jepang, Prancis, Mongolia, dan pemerintah lain juga sedang mempersiapkan evakuasi. 

]]>
AP Facebook.
Harimau Sumatera yang Dievakuasi ke TWNC Mulai Beradaptasi https://republika.co.id/berita/q4ssg4348/harimau-sumatera-yang-dievakuasi-ke-twnc-mulai-beradaptasi https://republika.co.id/berita/q4ssg4348/harimau-sumatera-yang-dievakuasi-ke-twnc-mulai-beradaptasi Tue, 28 Jan 2020 10:31:16 +0700 Israr Itah https://republika.co.id/berita/q4ssg4348/harimau-sumatera-yang-dievakuasi-ke-twnc-mulai-beradaptasi REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Harimau Sumatera (Phanteratigrissumatrae) yang pada 22 Januari 2020 dievakuasi dari Muara Enim, Sumatera Selatan, ke Lampung kini sudah mulai bisa beradaptasi dengan lingkungan pusat konservasi harimau di Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC), Kabupaten Pesisir Barat.

Menurut dokter hewan TWNC yang menjadi koordinator translokasi harimau, Sadmoko Kusumo, harimau sumatera jantan itu pada malam hari sudah aktif bergerak, berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

"Terus membaik. Makan menggunakan potongan daging ayam yang telah diberikan vitamin dan sekarang aktif bergerak di malam hari," kata Sadmoko saat dihubungi dari Bandarlampung, Selasa (28/1).

"Dengan sudah adanya aktivitas di malam hari, berarti harimau ini sudah mulai beradaptasi dengan kondisi sekitar. Ini menunjukkan tren yang lebih baik setiap hari," ia menambahkan.

Ia mengatakan, kondisi harimau tersebut akan terus dipantau selama menjalani rehabilitasi. Setelah dinilai bisa kembali ke habitat aslinya, harimau itu akan dilepasliarkan.

"Kalau harimau cepat kembali ke kondisi awal ya makin cepat. Kita doakan saja asli sifat alam liarnya tidak hilang," katanya.

Ia memperkirakan harimau sumatera yang ditangkap karena diduga menyerang warga di daerah Muara Enim itu bisa dilepasliarkan setelah menjalani rehabilitasi dalam hitungan bulan di TWNC, pusat rehabilitasi harimau yang berada di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

TWNC, yang mencakup area seluas 45 ribu hektare, menjadi tempat rehabilitasi bagi sejumlah harimau yang berkonflik dengan manusia di wilayah Sumatera.

]]>
Republika/Mimi Kartika Harimau sumatera yang tertangkap di Muara Enim Sumatera Selatan direhabilitasi di rescue centre harimau sumatera, Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) Provinsi Lampung, Jumat (24/1).
Piala FA: Potensi Rooney Vs MU dan Chelsea Kontra Liverpool https://bola.republika.co.id/berita/q4srxm348/piala-fa-potensi-rooney-vs-mu-dan-chelsea-kontra-liverpool https://bola.republika.co.id/berita/q4srxm348/piala-fa-potensi-rooney-vs-mu-dan-chelsea-kontra-liverpool Tue, 28 Jan 2020 10:20:10 +0700 Israr Itah https://bola.republika.co.id/berita/q4srxm348/piala-fa-potensi-rooney-vs-mu-dan-chelsea-kontra-liverpool REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sejumlah fakta menarik bakal tersaji pada putaran kelima Piala FA. Pertama tentang Wayne Rooney. Sosok yang kini membela Derby County itu berpotensi menghadapi eks klubnya, Manchester United. Rooney dan rekan-rekan harus menyingkirkan Northampton Town FC dalam laga ulangan babak keempat, di markas sendiri. 

Selanjutnya bakal ada bigmatch. Pemenang laga Liverpool kontra Shrewsbury Town FC sudah ditunggu Chelsea.

Andai the Reds yang melaju, laga bergengsi tak terhindarkan. Itu merupakan ulangan final Piala FA delapan tahun silam.

"Manchester City yang memenangkan trofi ini pada musim lalu, akan bertandang ke klub Championshiop, Sheffield Wednesdey," demikian laporan yang dikutip dari Sky Sports, Selasa (28/1).

Tim elite Liga Primer lainnya, Arsenal dijadwalkan bertemu Portsmouth. The Gunners baru saja menyudahi perlawanan AFC Bournemouth di Dean Court, Kingston Park, Selasa (28/1) dini hari WIB.

Tottenham Hotspur masih harus menjalani laga ulangan kontra Southampton. Pemenang dari partai ini dipastikan meladeni Norwich City.

Anggota divisi teratas lainya, Leicester City bertemu pemenang antara Coventry City atau Birmingham City. Newcastle United harus melakukan pertandingan ulang melawan Oxford United.

Pemenang dari laga itu sudah ditunggu pemimpin klasemen sementara Divisi Championship, West Bromwich Albion. Terakhir, Reading atau Cardiff City dijadwalkan bertemu Sheffield United. Pertandingan putaran kelima Piala FA, berlangsung pada awal Maret 2020.

]]>
EPA-EFE/KIERAN GALVIN Wayne Rooney
Polisi Konsumsi Narkoba akan Dipecat Tidak Hormat https://republika.co.id/berita/q4sqjw430/polisi-konsumsi-narkoba-akan-dipecat-tidak-hormat https://republika.co.id/berita/q4sqjw430/polisi-konsumsi-narkoba-akan-dipecat-tidak-hormat Tue, 28 Jan 2020 10:20:00 +0700 Muhammad Hafil https://republika.co.id/berita/q4sqjw430/polisi-konsumsi-narkoba-akan-dipecat-tidak-hormat REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan menegaskan akan memecat anggota kepolisian yang terbukti mengkonsumsi barang haram narkotika dengan tidak hormat. Kebijakan tersebut dilakukan menurutnya sebagai komitmen pemberantasan terhadap narkoba.

"Saya komitmen dari sejak Ipda sampai sekarang tidak ada toleransi untuk anggota pemakai narkoba. Dengan senang hati dan dengan komitmen kuat direkomendasikan setelah proses hukum diberhentikan tidak hormat," ujarnya saat peluncuran logo baru Polresta Bandung, Selasa (28/1).

Sejak peluncuran logo Polresta Bandung, ia mengatakan penindakan terhadap anggota yang terbukti memakai narkoba akan ditindak tegas. Menurutnya, sejak menjabat sebagai kapolres ditempat lain sudah memecat anggota polisi secara tidak hormat yang menggunakan narkotika.

"Kita mulai dari nol setelah launching (penindakan), kalau -aman saya kapolres ditempat lain sudah ada yang di pecat tidak hormat," ungkapnya.

Kapolresta menambahkan, pihaknya meluncurkan logo atau semboyan Polresta Bandung yaitu MANTAP yang merupakan realisasi penjabaran program Kapolri dan Kapolda Jabar. Menurutnya, peluncuran dilakukan bertujuan memperbaiki pelayanan termasuk agar mental perilaku anggota lebih baik.

"Tujuannya, Polresta meningkat status. Pelayanan harus diperbaiki termasuk mental perilaku anggota lebih baik," ungkapnya.

Makna Mantap dalam logo Polresta Bandung yaitu untuk menciptakan wilayah hukum Polresta Bandung yang aman sesuai dengan harapan masyarakat, dibutuhkan personel yang terpuji berjiwa agamis dan toleransi dalam kehidupan beragama serta selalu melaksanakan tugas yang diemban dengan secara profesional.


]]>
Dok Polresta Bandung Polresta Bandung meluncurkan logo baru bertema MANTAP di Mapolres Bandung, Selasa (28/1).
Helikopter Kobe Bryant Hindari Awan Sebelum Jatuh https://nasional.republika.co.id/berita/q4srry328/helikopter-kobe-bryant-hindari-awan-sebelum-jatuh https://nasional.republika.co.id/berita/q4srry328/helikopter-kobe-bryant-hindari-awan-sebelum-jatuh Tue, 28 Jan 2020 10:16:46 +0700 Indira Rezkisari https://nasional.republika.co.id/berita/q4srry328/helikopter-kobe-bryant-hindari-awan-sebelum-jatuh REPUBLIKA.CO.ID, oleh Rizky Jaramaya

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menyatakan, helikopter yang ditumpangi pebasket legendaris Kobe Bryant naik ke ketinggian lebih dari 1.000 kaki untuk menghindari awan sebelum terjatuh. Pilot helikopter itu menyampaikan posisi terakhirnya kepada pengawas lalu lintas udara dalam pesan radio.

Jennifer Homendy dari NTSB mengatakan, radar mengindikasikan bahwa helikopter itu mencapai ketinggian 2.300 kaki sebelum jatuh di lereng bukit. Penyelidik NTSB pergi ke lokasi kecelakaan pada Senin untuk mengumpulkan bukti.

"Sebaran puingnya cukup luas. Sepotong ekornya menuruni bukit, badan helikopter ada di sisi lain bukit dan rotor utama berada sekitar 100 yard (91 meter) di luar itu," ujar Homendy.

Homendy menambahkan, pilot telah meminta dan menerima izin khusus untuk terbang dalam kabut tebal beberapa menit sebelum kecelakaan. Helikopter itu terbang pada ketinggian 1.400 kaki (427 meter) ketika melaju ke selatan dan kemudian ke barat.

Pilot kemudian meminta pengontrol lalu lintas udara untuk memberikan bantuan radar. Namun, helikopter tersebut terbang terlalu rendah sehingga tidak terjangkau dengan radar. Sekitar empat menit kemudian pilot disarankan meningkatkan ketinggian untuk menghindari awan.

“Ketika ATC bertanya apa yang dilakukan oleh pilot, maka tidak ada jawaban. Data radar menunjukkan helikopter naik ke 2.300 kaki (701 meter) dan kemudian mulai berbelok ke kiri. Kontak radar terakhir adalah sekitar jam 09.45 pagi," kata Homendy.

Dua menit kemudian, seseorang menelpon 911 dan melaporkan kecelakaan itu. Beberapa ahli menyatakan bahwa pilot diduga bingung mengendalikan helikopter karena kabut. Namun Homendy mengatakan, tim investigasi akan melihat segala kemungkinan penyebab kecelakaan mulai dari sejarah pilot hingga mesin.

"Kami melihat faktor manusia, mesin, dan lingkungan. Sementara faktor cuaca hanya sebagian kecil," ujar Homendy.

Seorang instruktur penerbangan helikopter, Randy Waldman mengatakan, seorang pilot yang kebingungan mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk menghindari kecelakaan fatal. Beberapa ahli mempertanyakan kenapa helikopter itu diizinkan terbang di tengah cuaca yang berkabut.

"Secara visual, jika Anda terjebak dalam situasi di mana Anda tidak dapat melihat dengan jelas, harapan hidup pilot dan pesawat udara mungkin 10 atau 15 detik, dan itu terjadi setiap saat," ujar Waldman.

Helikopter itu meninggalkan Santa Ana di Orange County, selatan Los Angeles pada jam 9 pagi waktu setempat. Bryant dan putrinya Gianna akan menuju Thousand Oaks untuk menghadiri turnamen basket.

Pengendali lalu lintas udara mencatat visibilitas buruk di sekitar Burbank dan Van Nuys. Pada satu titik, pengendali memerintahkan helikopter untuk berputar karena ada pesawat lain di daerah itu.

Seorang pensiunan Angkatan Darat yang pernah menerbangkan helikopter di Irak, Jerry Kidrick mengatakan, pilot helikopter yang membawa Bryant kemungkinan bingung dan panik. Karena dia meningkatkan ketinggian kemudian turun dengan cepat. Ketika itu terjadi, pilot harus segera beralih menerbangkan pesawat dengan menggunakan instrumen mesin.

"Ini salah satu kondisi paling berbahaya. Jika pilot tidak terlatih cukup baik untuk mempercayai instrumen, maka dia akan panik," ujar Kidrick yang kini mengajar di Embry-Riddle Aeronautical University.

Di antara mereka yang tewas dalam kecelakaan itu adalah John Altobelli pelatih kepala dari tim bisbol Orange Coast College California Selatan; istrinya, Keri; dan putrinya, Alyssa. Selain itu, ada pula Christina Mauser, pelatih bola basket putri di sekolah dasar California Selatan, dikutup dari Associated Press.

photo
Anggota National Transportation Safety Board Jennifer Homendy, di podium, dan Los Angeles County Sheriff Alex Villanueva, memberikan keteragan pers tentang jatuhnya helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant, Selasa (28/1).



LA Tanpa Bryant
Kobe Bryant merupakan tokoh ikonik bagi Kota Los Angeles. Kemarin, masyarakat Los Angeles berkumpul dan meneriakkan nama Kobe Bryant di plaza seberang Staples Center, atau rumah bagi LA Lakers tim tempat Bryant dulu bergabung.

"Kobe!, MVP!, MVP!," terus diteriakkan penggemar yang berkumpul.

Lilin dinyalakan. Pesan dan surat diletakkan untuk mengenang sang idola. Bunga tampak bertumpuk, beberapa dikaitkan dengan balon warna ungu dan emas alias warna tim Lakers.

Dulu gempita serupa hadir saat Bryant lima kali membawa Lakers ke puncak kemenangan NBA. Kali ini publik berkumpul dalam tangis dan hari setelah helikopter yang ditumpang Bryant jatuh.

Seperti kebanyakan penduduk Los Angeles, Bryant adalah seorang "transplant". Dia lahir di Philadelphia, tumbuh di Italia, lalu kembali ke Philadelphia. Bryant namun paling diidentifikasi dengan Los Angeles selama 20 tahun terakhir.

Bryant juga tidak selalu hidup dalam kenyamanan. Di tahun 2003, Bryant terkena dugaan kasus pelecehan seksual di sebuah hotel di Colorado. Saat itu dia sampai kehilangan sponsor dan penggemarnya. Reputasinya tercemar.

Kasus tersebut akhirnya dibatalkan. Bryant dan penuduhnya menyelesaikan masalah di luar jalur hukum.

Kehidupan pribadi Bryant pun tak selalu mulus. Di tahun 2011 istrinya Vanessa sempat meminta cerai. Keduanya namun rujuk setahun kemudian.

Perkawinan Bryant dan Vanessa juga awalnya tidak disetujui keluarga Bryant. Orang tua Bryant tidak menghadiri perkawinan tersebut.

Tapi mungkin justru ketidaksempurnaan Bryant membuat penggemar merasa ia tak ubahnya mereka semua. Memiliki kerikil kehidupan.

Seorang penggemar yang ikut berkumpul di luar Staples Center, Jason Ackerman, mengatakan Bryant bukan sekadar atlet. "Dia memberi harapan bagi kota ini," katanya.

Mantan agen Bryant, Arn Tellem, mengatakan kematian Bryant menyedihkan karena ia percaya mendiang memiliki talenta besar pascapensiun dari NBA. "Dia sudah sangat mapan di jalannya."

Penggemar lain, Steven Brugge, mengatakan Bryant adalah jiwa dari Los Angeles. "Dia sungguh berarti, dan bukan hanya karena dia memenangkan pertandingan."

Bryant disebutnya sebagai sosok yang memang pantas mewakili Los Angeles. Sebagai pribadi dan profesional.

Mungkin cicitan dari Leonardo DiCaprio paling tepat menggambarkan perasaan penduduk Los Angeles tanpa Bryant. "LA tidak akan pernah terasa sama," ujar DiCaprio di akun Twitternya.

photo
Infografis Kobe Bryant.




 

]]>
AP Seorang wanita menghapus air matanya saat berkumpul di Staples Center Los Angeles, Senin (27/1) waktu AS, untuk mengenang kepergian Kobe Bryant.
Nitrogen Bocor, Jepang Tunda Launching Satelit Intelejen https://trendtek.republika.co.id/berita/q4srqv368/nitrogen-bocor-jepang-tunda-emlaunching-emsatelit-intelejen https://trendtek.republika.co.id/berita/q4srqv368/nitrogen-bocor-jepang-tunda-emlaunching-emsatelit-intelejen Tue, 28 Jan 2020 10:16:07 +0700 Dwi Murdaningsih https://trendtek.republika.co.id/berita/q4srqv368/nitrogen-bocor-jepang-tunda-emlaunching-emsatelit-intelejen REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pejabat Jepang mengumumkan untuk menghentikan peluncuran roket H-2A yang seharusnya dilakukan Senin (27/1), di Tanegashima Space Center. Tim mendeteksi adanya kebocoran gas nitrogen.

Tim harus mengatur ulang waktu peluncuran untuk dilakukan perbaikan terlebih dahulu pada roket tersebut. Mitsubishi Heavy Industries, yang membuat roket H-2A Jepang dan mengawasi operasi peluncurannya, menyebutkan dalam cuitannya di Twitter bahwa peluncuran dihentikan karena ‘masalah fasilitas’.

Sejumlah laporan lain menunjukkan kebocoran dalam sistem gas nitrogen yang memasok udara terkondisi ke roket. Pejabat menghentikan peluncuran sebelum hidrogen cair yang sangat dingin dan propelan oksigen cair mengalir ke roket. Tim lantas dapat memindahkan roket H-2A kembali ke Vehicle Assimbly Building di Tanegashima, dalam beberapa jam setelah menemukan masalah tersebut

Roket H-2A setinggi 174 kaki (53 meter) membawa platform peluncuran seluler antargedung perakitan dan landasan peluncurannya. Kedua lokasi dipisahkan oleh sekitar sepertiga mil, atau 500 meter, di ujung selatan Pulau Tanegashima, yang terletak di dekat Kyushu, pulau paling selatan di Jepang.

Peluncuran seharusnya terjadi selama lima menit pada 0134 GMT Selasa (8.34 malam EST Senin), atau 10.34 pagi waktu Jepang. H-2A awalnya dijadwalkan lepas landas sehari sebelumnya, tetapi para pejabat menunda peluncuran hingga Selasa (28/1) karena ramalan cuaca yang buruk.

Tanggal peluncuran target baru belum diumumkan oleh MHI atau pejabat pemerintah Jepang, tetapi kembalinya roket ke hangar integrasinya menunjukkan penundaan tersebut kemungkinan akan berlangsung beberapa hari.

Muatan di atas pesawat ke-41 roket H-2A Jepang adalah satelit pengintai intelijen terbaru negara tersebut. Platform mata-mata robot milik pemerintah Jepang itu, secara resmi dikenal sebagai ‘Satelit Pengumpul Informasi’, dan hadir dalam varian radar dan pencitraan optik.

Pesawat ruang angkasa menantikan lepas landas roket H-2A sebagai ‘Satelit Pengumpul Informasi’ ke-18 yang diluncurkan oleh pemerintah Jepang setelah 2003, termasuk dua satelit yang hilang karena kegagalan peluncuran H-2A.

Spesifikasi pesawat ruang angkasa, termasuk kinerja pencitraannya, dirahasiakan oleh pemerintah Jepang. ‘Satelit Pengumpul Informasi’ dioperasikan oleh Cabinet Satellite Intelligence Center, yang melapor langsung ke kepemimpinan eksekutif pemerintah Jepang.

Roket H-2A dengan satelit IGS Optical 7 akan meluncur dalam konfigurasi ‘202’ dasar dengan ikatan dua penguat roket. Satelit yang lebih berat yang diluncurkan pada H-2A terkadang membutuhkan empat penguat untuk mencapai orbit.

]]>
AP Ilustrasi satelit
Banjir Masih Rendam 6 Kecamatan di Bandung Barat https://republika.co.id/berita/q4srkj382/banjir-masih-rendam-6-kecamatan-di-bandung-barat https://republika.co.id/berita/q4srkj382/banjir-masih-rendam-6-kecamatan-di-bandung-barat Tue, 28 Jan 2020 10:12:19 +0700 Nur Aini https://republika.co.id/berita/q4srkj382/banjir-masih-rendam-6-kecamatan-di-bandung-barat REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banjir masih merendam enam kecamatan di Bandung Barat hingga Selasa (28/1). Air masih menggenangi Kecamatan Baleendah, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Rancaekek, Kecamatan Majalaya dan Kecamatan Ciparay sejak Kamis (23/1) lalu.

"Data hingga hari ini pukul 05.00 WIB, sebanyak 18.046 KK atau 59.917 jiwa terdampak banjir dengan ketinggian muka air rata-rata 10 hingga 200 sentimeter dan memaksa 1.454 KK atau 3.882 jiwa mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (28/1).

Dia mengungkapkan, sejumlah titik pengungsian masyarakat meliputi Aula Desa Dayeuhkolot, Masjid Ashofia, Masjid Baitu Haq, Masjid Al-Musofa, Masjid Argadinata, Masjid Al-Barokah, Shelter Parunghalang, Gedung Inkanas Baleendah, dan sejumlah pengungsian lainnya. Pos-pos tersebut tersebar di beberapa kecamatan.

Agus mengungkapkan, kerugian materil yang ditimbulkan akibat banjir yang terjadi karena intensitas hujan tinggi di wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung tersebut meliputi 13.881 rumah, 23 Sekolah, 79 Tempat Ibadah, 18 Fasilitas Umum dan 278 hektar sawah. Selain itu, kata dia, akses Jalan Andir menuju Ketapang masih terendam dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, BPBD Kabupaten Bandung dan tim gabungan serta dari unsur TNI/Polri terus memantau ketinggian muka air dan melakukan assesment ke lokasi kejadian. Selain itu, bantuan logistik seperti sembako dan sejumlah barang penunjang kebutuhan lainnya terus dikirimkan kepada para pengungsi.

Sebelumnya, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, 23 Januari 2020 lalu. Akibatnya banjir menerjang Kabupaten Bandung. Banjir menggenangi lima kecamatan yaitu Kecamatan Baleendah, Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Rancaekek, dan Kecamatan Majalaya. Ketinggian banjir beragam mulai 10 cm hingga 200 cm.

]]>
Antara/Novrian Arbi Sejumlah anak bermain di genangan banjir di Jalan Raya Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (26/1/2020).
Satu Keluarga Meninggal Akibat Kebakaran https://republika.co.id/berita/q4soxf430/satu-keluarga-meninggal-akibat-kebakaran https://republika.co.id/berita/q4soxf430/satu-keluarga-meninggal-akibat-kebakaran Tue, 28 Jan 2020 10:00:00 +0700 Muhammad Hafil https://republika.co.id/berita/q4soxf430/satu-keluarga-meninggal-akibat-kebakaran REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Tiga orang yang berinisal YU dan BG, keduanya suami istri, dan EL, anak bungsu mereka yang duduk di bangku kelas 4 SD, meninggal di dalam kamar rumah miliknya di Dusun Sungai Biawak, Desa Menawai, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin malam (27/1). Mereka menjadi korban kebakaran di rumah.

"Hasil olah lokasi kejadian, kita menemukan pelita sebagai sumber penerangan, dan dugaan sementara pelita yang menyala berada dekat jeriken yang berisi solar, dan di dekat jeriken ada kain," kata Kepala Polsek Belitang Hilir, Iptu I Nengah Muliawan, saat dikonfirmasi di Kabupaten Sekadau, Selasa (28/1).

Kejadian itu, menurut warga, terjadi sekitar pukul 19.30 WIB saat tampak asap dari bumbung rumah. Sontak hal itu membuat warga berdatangan untuk menjinakkan si jago merah dan tak lama kemudian berhasil dipadamkan.

Namun pemandangan miris pun terlihat di dalam kamar tersebut, saat terlihat sepasang suami istri dan seorang anak tewas. "Pintu kamar dari papan beralaskan triplek itu tersambar api, karena pintu tidak tertutup rapat sehingga api menjalar ke dalam kamar menyambar pakaian dan buku yang berada dekat pintu," ujarMuliawan.

Petugas Polsek Belitang Hilir mendapati kabar sekitar pukul 23.00 WIB lantaran warga di lokasi kejadian sulit sinyal untuk menghubungi petugas. Mendapat informasi tersebut membuat seluruh petugas polisi bergegas menuju TKP.

Namun cuaca yang tidak bersahabat membuat mereka harus menunggu hujan reda. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih dua jam, dan ketika tiba di lokasi, petugas langsung memasang garis polisi dan garis tersebut tidak dilepas sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Pantauan di lapangan terlihat kondisi jenasah sang bapak terpisah sedikit dari ibu dan di belakang si ibu ada anak bungsu. "Jendela kamar dari papan dibuat permanen sehingga tidak ada celah untuk keluar. Langkah selanjutnya setelah menyerahkan jenasah ke pihak keluarga, selanjutnya kita juga akan mengumpulkan keterangan dari saksi," kata dia.
 

]]>
Foto : MgRol112 Satu Keluarga Meninggal Akibat Kebakaran. Foto: Ilustrasi Kebakaran
Lantik 7 Pejabat Baru, Menhub Ganti Dirjen Udara https://republika.co.id/berita/q4sqyg370/lantik-7-pejabat-baru-menhub-ganti-dirjen-udara https://republika.co.id/berita/q4sqyg370/lantik-7-pejabat-baru-menhub-ganti-dirjen-udara Tue, 28 Jan 2020 09:59:04 +0700 Friska Yolanda https://republika.co.id/berita/q4sqyg370/lantik-7-pejabat-baru-menhub-ganti-dirjen-udara REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pagi ini (28/1) melantik tujuh pejabat eselon I. Dari ketujuh pejabat tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengganti posisi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub yang sebelumnya dijabat oleh Polana B Pramesti. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada pejabat sebelumnya dan selamat kepata tugas (baru) yang tidak ringan ini," kata Budi dalam memberikan sambutan saat pelantikan di Gedung Kemenhub, Selasa (28/1). 

Setelah pelabtikan tersebut, Polana saat ini menjadi Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Sementara itu, Direktur Utama Airnav Indonesia Novie Riyanto menggantikan posisi Polana sebagai Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub. 

Selanjutnya, Suguhardjo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan sekarang menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan. Lalu Bambang Prihartono yang sebelumnya menjadi Kepala BPTJ, saat ini menjadi Staf Ahli Menhub Biddang Ekonomi Kawasan dan Khusus dan diikuti Praminto Hadi Sukarno menjadi Staf Ahli.

Selanjutnya Umiyatun Hayatu Triastuti diangkat menjadi Kepala Badan Litbang Kemenhub. LaluI Gede Pasek menjadi Irjen mengisi posisi yang beberapa bulan terakhir kosong karena purna tugas pejabat sebelumnya. 

Dengan adanya penggantian posisi tersebut, Budi mengharapkan terdapat angin segar di lingkungan Kemenhub pada 2020. "Dimana dalam visi misi presiden ada amanat yang secara khusus diberikan untuk infrastruktur kita sehingga dibutuhkan pemikiran yang segar dan inivatif untuk kesejahteraan masyarakat banyak," jelas Budi.

]]>
Antara/Muhammad Iqbal Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan)
Korban Meninggal Virus Corona Tembus 100 Orang https://internasional.republika.co.id/berita/q4squm335/korban-meninggal-virus-corona-tembus-100-orang https://internasional.republika.co.id/berita/q4squm335/korban-meninggal-virus-corona-tembus-100-orang Tue, 28 Jan 2020 09:56:46 +0700 Esthi Maharani https://internasional.republika.co.id/berita/q4squm335/korban-meninggal-virus-corona-tembus-100-orang REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina melaporkan 25 kasus kematian baru akibat virus corona atau dikenal 2019-nCoV, Selasa (28/1). Korban jiwa ini menambah total korban menjadi setidaknya 106 orang.

Otoritas kesehatan di provinsi Hubei melaporkan 24 kematian baru dan Beijing melaporkan kematian pertama ibukota Cina. Belum ada pemberitahuan korban meninggal secara nasional tetapi sebelumnya 81 kematian telah dilpaorkan pada Senin (27/1).

Konsulat Amerika Serikat (AS) di Wuhan sedang bersiap untuk menerbangkan para diplomatnya dan beberapa warganya ke luar kota. Jepang, Prancis, Mongolia, dan pemerintah lain juga sedang mempersiapkan evakuasi.

Pejabat kesehatan AS pun memperluas rekomendasi untuk warganya menghindari perjalanan yang tidak penting ke bagian mana pun di Cina. Pemberlakuan itu tidak hanya di Wuhan, tetapi daerah lain yang terkena dampak wabah.

Cina telah memperluas upaya pengendalian penyakit dengan memperpanjang musim liburan Tahun Baru Imlek minggu ini. Keputusan ini diambil untuk menjaga masyarakat tetap di rumah dan mengurangi risiko infeksi akan menyebar.

Ujian kemahiran berbahasa Inggris dan ujian lainnya bagi siswa untuk mendaftar ke universitas asing dibatalkan pada Selasa. Sekolah umum dan universitas telah diperintahkan untuk menunda pembukaan kembali setelah liburan Tahun Baru Imlek sampai pemberitahuan lebih lanjut.

China telah mengonfirmasi lebih dari 2.700 kasus virus baru, sebagian besar di Wuhan. Lebih dari 40 kasus telah dikonfirmasi di tempat lain di dunia. Hampir melibatkan wisatawan Cina atau orang-orang yang mengunjungi Wuhan.

Upaya Cina mengkarantina dimulai 22 Januari dari hubungan pesawat, kereta api dan bus ke Wuhan dengan berpenduduk 11 juta orang. Penguncian itu telah meluas ke 17 kota dengan lebih dari 50 juta orang dalam upaya pengendalian penyakit paling luas yang pernah diberlakukan.

]]>
chinatopix via AP Petugas medis mengenakan pakaian proteksi lengkap di kota Wuhan, China, yang terkena wabah virus Corona.
Jerman Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona https://internasional.republika.co.id/berita/q4sql1335/jerman-konfirmasi-kasus-pertama-virus-corona https://internasional.republika.co.id/berita/q4sql1335/jerman-konfirmasi-kasus-pertama-virus-corona Tue, 28 Jan 2020 09:51:01 +0700 Esthi Maharani https://internasional.republika.co.id/berita/q4sql1335/jerman-konfirmasi-kasus-pertama-virus-corona REPUBLIKA.CO.ID, BAVARIA -- Jerman menyatakan kasus terkonfirmasi pertama virus corona. Departemen kesehatan Bayern menyebutkan pada Senin (27/1) sore bahwa seorang pria di kota Starnberg, 30 kilometer barat daya Muenchen, terkonfirmasi menderita virus tersebut.

Pasien berada dalam "kondisi baik" dan diisolasi di bawah pengawasan medis, menurut pernyataan departemen kesehatan Bayern di situs miliknya. Tak diungkapkan mengenai umur atau negara asal pasien.

"Orang-orang yang telah melakukan kontak (dengan pasien) telah diinformasikan secara rinci tentang kemungkinan gejala, tindakan higienis serta cara penularan," demikian dinyatakan departemen kesehatan.

Virus tersebut, yang muncul di Kota Wuhan di China pada akhir tahun lalu, sejauh ini telah menelan 100 korban meninggal, menginfeksi lebih dari 2.800 orang lainnya, menelantarkan puluhan juta orang selama liburan Tahun Baru Imlek serta mengguncang pasar global.

Kasus yang terkait dengan mereka yang bepergian dari Wuhan telah terkonfirmasi di belasan negara, mulai dari Jepang hingga Amerika Serikat.

]]>
chinatopix via AP Petugas medis mengenakan pakaian proteksi lengkap di kota Wuhan, China, yang terkena wabah virus Corona.
Pemkot Depok Keluarkan Surat Edaran Waspada Virus Corona https://republika.co.id/berita/q4soo5430/pemkot-depok-keluarkan-surat-edaran-waspada-virus-corona https://republika.co.id/berita/q4soo5430/pemkot-depok-keluarkan-surat-edaran-waspada-virus-corona Tue, 28 Jan 2020 09:45:00 +0700 Muhammad Hafil https://republika.co.id/berita/q4soo5430/pemkot-depok-keluarkan-surat-edaran-waspada-virus-corona REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menerbitkan surat edaran kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit di Kota Depok serta pihak terkait lainnya, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona yang mewabah di Kota Wuhan, China.

Surat edaran itu dikeluarkan per taggal 24 Januari 2020, No 445/0404/survim meminta seluruh puskesmas dan rumah sakit agar siap untuk melakukan deteksi, tata laksana sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Surat edaran sudah kita keluarkan sejak pekan lalu, dengan instruksi setiap puskesmas dan rumah sakit di Kota Depok. Kami minta aktif koordinasi, mewaspadai adanya virus Corona. Jika ada warga Kota Depok yang terkena, segera laporkan," ujar Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita di Balai Kota Depok, Senin (27/1).

Menurut Novarita, berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga kini belum ada laporan terkait virus Corona yang masuk ke Indonesia. Namun, warga Kota Depok diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.

"Terkait virus Corona, warga tidak perlu panik. Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat, jaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup dan hindari berpergian ke kota yang ada wabah virus Corona," pungkasnya . 

]]>
indonesiaberprestasi.web.id Pemkot Depok Keluarkan Surat Edaran Waspada Virus Corona. Foto: RSUD Kota Depok (Ilustrasi).
Kebakaran Kebayoran Lama Utara Hanguskan 33 Rumah Warga https://republika.co.id/berita/q4sq9v335/kebakaran-kebayoran-lama-utara-hanguskan-33-rumah-warga https://republika.co.id/berita/q4sq9v335/kebakaran-kebayoran-lama-utara-hanguskan-33-rumah-warga Tue, 28 Jan 2020 09:44:19 +0700 Esthi Maharani https://republika.co.id/berita/q4sq9v335/kebakaran-kebayoran-lama-utara-hanguskan-33-rumah-warga REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebakaran yang melanda pemukiman padat di Jalan Peninggaran Timur III RT 02/RW 09 Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, meludeskan sedikitnya 33 unit rumah warga.

"Data pagi ini rumah terdampak 32 sedangkan rumah rusak dan terbakar ada 33 unit," kata Sekretaris Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Marni, Selasa (28/1).

Menurut Marni, mayoritas yang terbakar adalah rumah warga. Tidak ada fasilitas umum seperti mushala maupun sekolah yang terbakar di lokasi kejadian. Adapun tingkat kerusakan rumah warga akibat kebakaran yang terjadi Senin (27/1) siang itu dengan kategori mulai dari ringan, sedang hingga rusak berat.

"Belum kita pastikan berapa rusak ringan dan rusak berat, tapi yang pasti banyak rusak berat dilihat dari kondisi rumahnya, atapnya banyak yang ambruk," katanya.

Sementara status rumah warga yang terdampak kebakaran ada yang rumah kontrakan dan rumah pribadi. Akibat kebakaran tersebut sebanyak 37 kepala keluarga ( terdiri atas 162 jiwa warga terdampak(KK) kebakaran dan terpaksa tinggal di posko pengungsian.

Pihak kelurahan telah menggunakan Mushola Nurul Iman dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Dwi Chandra Loka yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran sebagai tempat pengungsian sementara warga.

Sejumlah warga yang terdampak ada yang memilih tinggal di pokso pengungsian, namun ada juga yang memilih ke rumah sanak saudara dan mencari kontrakan.

Kebakaran hebat yang melanda pemukiman padat penduduk dekat rel KRL Tanah Abang-Serpong itu juga menewaskan satu warga atas nama Koko Heriyadi (44).

Saat kejadian, korban sedang berada di dalam rumahnya yangberlantai dua dalam kondisi sedang sakit dan ditinggal oleh keluarganya dengan kondisi rumah terkunci.

]]>
Republika/Thoudy Badai Petugas Pemadam Kebakaran membawa kantong jenazah saat evakuasi korban kebakaran di pemukiman padat penduduk kawasan Peninggaran Timur, Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (27/1).