Republika Online RSS Feed http://www.republika.co.id Fri, 22 Nov 2019 16:45:30 +0700 https://www.republika.co.id/ id hourly 1 https://static.republika.co.id/files/images/logo.png Republika Online RSS Feed https://www.republika.co.id Disiplin Ketat Diterapkan Bagi Atlet yang Lolos Audisi Umum https://bola.republika.co.id/berita/q1d73u438/disiplin-ketat-diterapkan-bagi-atlet-yang-lolos-audisi-umum https://bola.republika.co.id/berita/q1d73u438/disiplin-ketat-diterapkan-bagi-atlet-yang-lolos-audisi-umum Fri, 22 Nov 2019 16:45:30 +0700 Endro Yuwanto https://bola.republika.co.id/berita/q1d73u438/disiplin-ketat-diterapkan-bagi-atlet-yang-lolos-audisi-umum REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Para peserta Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum tak bisa berlama-lama senang setelah lolos seleksi. Sebab usai diterima PB Djarum, maka para peserta siap-siap menjalani hidup yang ketat.

Sebab, beasiswa yang diberikan PB Djarum tidaklah gratis. Atlet-atlet yang sudah ikut program latihan akan dituntut kedisiplinannya, mulai dari pola hidup sehari-hari sampai latihan.

Nurul Tetra Junia misalnya. Atlet yang lolos seleksi Audisi Umum 2017 ini rela pindah sekolah dari Medan ke Kudus. Sebab, ia harus latihan dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 09.00, sebelum sekolah jika masuk siang. Pulang sekolah pukul 14.30, ia hanya punya waktu sebentar untuk istirahat, sebelum melanjutkan latihan sore harinya. Pola yang sama juga berlaku jika sekolahnya masuk pagi.

Beruntung, PB Djarum bekerja sama dengan Sekolah Kanisius. Sehingga sekolah tersebut bersedia menyesuaikan waktu latihan atlet-atlet PB Djarum. Sehingga tidak bentrok antara jadwal latihan dan sekolah. "Kalau masuk pagi, sekolah dulu. Terus langsung latihan sampai siang. Setelah makan siang latihan lagi sorenya,'' ujar Nurul saat dijumpai di GOR Djarum, Jumat (23/11).

Nurul mengaku harus menjalani latihan yang cukup berat setiap harinya, mulai dari latihan fisik hingga teknik. Bahkan, setiap akhir bulan, mereka harus berlari di daerah perbukitan kaki Gunung Muria, Kudus. Jarak yang ditempuh pun beda-beda, mulai dari 2 km sampai 9 km, dan diawasi langsung oleh pelatih.

Nurul mengungkapkan, saat latihan pun harus serius. Karena kalau tidak, siap-siap 'disemprot' pelatih. ''Pelatihnya galak-galak,'' ujar atlet berusia 12 tahun tersebut.

Selain ketat soal pola hidup dan latihan, PB Djarum juga mengawasi ketat asupan gizi atlet. Bahkan, PB Djarum secara khusus memperkerjakan ahli gizi agar makanan yang dikonsumsi para atlet seimbang. Salah satu makanan yang paling dilarang untuk makan oleh atlet adalah gorengan.

Tapi, upaya PB Djarum yang menerapkan disiplin ketat itu membuahkan hasil. Nurul kini menempati peringkat 7 nasional, setelah dua tahun ikut latihan. Ia juga baru saja menjuarai kejuaraan Daihatsu Astec.

Meskipun, Nurul mengaku kerap merasa bosan dan kangan dengan orang tua yang berada jauh dari Kudus. Hanya saja, saat dalam kondisi bosan, Nurul selalu ingat perjuangan beratnya saat audisi umum. Apalagi, lanjut dia, sudah ada empat orang rekannya yang keluar dari PB Djarum, mulai karena degradasi atau pun keluar karena tak betah. Belum lagi, persaingan di dalam PB Djarum juga ketat.

Tapi, karena mampu mengikuti semua program tersebut, Nurul mengaku ada peningkatan baik dari segi fisik maupun teknik. Setelah tahun ini meraih satu gelar dari 10 kompetisi yang diikutinya, Nurul pun meningkatkan target gelarnya. ''Tahun depan target tiga gelar," tegasnya.

]]>
Republika/Eko Widiyatmo Nurul Tetra Junia, Atlet yang bertahan dua tahun dalam program ketat di PB Djarum. Kudus, Jumat (23/11).
Campak Bunuh Lima Ribu Orang di Kongo https://internasional.republika.co.id/berita/q1d3o8459/campak-bunuh-lima-ribu-orang-di-kongo https://internasional.republika.co.id/berita/q1d3o8459/campak-bunuh-lima-ribu-orang-di-kongo Fri, 22 Nov 2019 16:45:00 +0700 Christiyaningsih https://internasional.republika.co.id/berita/q1d3o8459/campak-bunuh-lima-ribu-orang-di-kongo REPUBLIKA.CO.ID, KINSHASA -- Campak telah menewaskan hampir lima ribu orang di Republik Demokratik Kongo pada 2019. Pihak berwenang mengatakan jumlah korban besar itu setelah penyakit menyebar ke semua provinsi di negara itu.

Pada tahun ini saja hampir seperempat juta orang di Kongo telah terinfeksi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ini adalah epidemi terbesar dan bergerak tercepat di dunia.

Campak di Kongo sekarang telah membunuh lebih dari dua kali lipat jumlah yang meninggal akibat Ebola di negara itu dalam 15 bulan terakhir. Pemerintah Kongo dan WHO meluncurkan program vaksinasi darurat pada September. Program ini bertujuan untuk menyuntik lebih dari 800 ribu anak-anak. Dikutip dari BBC, mayoritas yang terinfeksi adalah bayi.

Namun infrastruktur yang buruk, serangan terhadap pusat-pusat kesehatan, dan kurangnya akses ke perawatan kesehatan rutin menjadi penghambat menghentikan penyebaran penyakit. Saat ini empat juta anak telah divaksinasi. Akan tetapi, para ahli memperingatkan jumlah ini kurang dari setengah jumlah keseluruhan masyarakat, terlebih lagi ketersediaan vaksin kurang.

Campak adalah virus yang pada awalnya menyebabkan pilek, bersin, dan demam. Beberapa hari kemudian menyebabkan ruam bernoda yang dimulai pada wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. Kebanyakan orang akan pulih tetapi campak dapat menyebabkan cacat seumur hidup.

Bahkan penyakit ini bisa mematikan, terutama jika menyebabkan pneumonia di paru-paru atau ensefalitis atau pembengkakan di otak. Diperkirakan secara global 110 ribu orang meninggal akibat campak setiap tahun.

]]>
topnews.in Vaksin Campak (ilustrasi)
Tanggap Darurat Bencana di Agam Jadi 15 Hari https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6ut335/tanggap-darurat-bencana-di-agam-jadi-15-hari https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6ut335/tanggap-darurat-bencana-di-agam-jadi-15-hari Fri, 22 Nov 2019 16:40:05 +0700 Esthi Maharani https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6ut335/tanggap-darurat-bencana-di-agam-jadi-15-hari REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Bupati Agam Indra Catri mengubah masa tanggap darurat bencana di Jorong Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam menjadi 15 hari terhitung sejak Kamis (21/11). Sebelumnya Indra menetapkan masa tanggap darurat bencana selama tiga hari pascabanjir bandang melanda Jorong Galapuang pada Rabu (20/11) malam WIB. Ia merasa masa tanggap darurat harus diperpanjang karena ingin memastikan tidak ada lagi potensi bencana susulan.

"Masa tanggap darurat kami tetapkan 15 hari. Dengan catatan dilihat betul dan dicek betul ke lapangan. Saya maunya setelah ini tidak ada lagi longsor dan tidak ada lagi bencana," kata Indra di Jorong Galapuang, Jumat (22/11).

Indra menyebutkan saat ini tim dari Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Agam melakukan penyisiran ke atas Bukit Kuduak Banting yang merupakan titik datangnya banjir bandang. BPBD ingin memastikan lokasi perbukitan yang retak dan mana yang berpotensi longsor. Lahan berpotensi longsor tersebut akan dirontokkan sehingga aman  buat warga yang bermukim di bawahnya.

Untuk proses rehabilitasi dan rekontruksi pemerintah kata Indra akan dilakukan setelah dilakukan evakuasi menyeluruh dan pembersihkan lokasi dari material banjir bandang.

Sebelumnya Wakil Bupati Kabupaten Agam Trinda Farhan Satria mengatakan di daerahnya terdapat lima kecamatan yang tergolong rawan bencana banjir bandang dan tanah longsor. Yakni kecamatan Tanjung Raya, Kecamatan 4 Koto, Kecamatan Palupuah, Kecamatan Malalak, dan kecamatan Palembayan. Lima kecamatan tersebut menurut Trinda terletak di punggung bukit barisan.

"Memang ada lima kecamatan di Agam ini rawan. Apalagi kalau sudah masuk musim hujan," ucap Trinda.

]]>
Antara/Kuraiman Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam berada di dekat rumah yang rusak diterjang banjir bandang, di Jorong Galapuang, Nagari Tanjungsani, Kab.Agam, Sumatera Barat, Kamis (21/11/2019).
Terduga Pembobol ATM Bank DKI Bertambah Jadi 41 Orang https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6pp383/terduga-pembobol-atm-bank-dki-bertambah-jadi-41-orang https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6pp383/terduga-pembobol-atm-bank-dki-bertambah-jadi-41-orang Fri, 22 Nov 2019 16:37:01 +0700 Nidia Zuraya https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6pp383/terduga-pembobol-atm-bank-dki-bertambah-jadi-41-orang REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah melakukan pemeriksaan awal perkara dugaan pembobolan ATM Bank DKI oleh 12 oknum anggota Satpol PP. Namun ternyata jumlah terduga pelaku berkembang menjadi 41 orang.

"Hasil pemeriksaan awal ternyata berkembang menjadi 41 orang yang sudah melakukan tapi sampai sekarang belum ditahan, masih dilakukan pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jumat (22/11).

Yusri mengatakan dari 41 orang yang telah dilakukan pemanggilan, baru 25 orang yang memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya. "41 yang dipanggil, tapi 25 yang hadir untuk diperiksa," kata Yusri.

Meski tidak merinci jumlahnya secara detail, Yusri mengatakan 41 orang yang diperiksa tersebut tidak seluruhnya adalah anggota Satpol PP. Dia juga menegaskan hingga saat ini semua pihak yang diperiksa masih berstatus saksi dan belum ada penetapan tersangka.

Sebelumnya, 12 oknum anggota Satpol PP diduga membobol Bank DKI berdasarkan pengakuannya pada Kasatpol PP DKI Arifin. Mereka melakukan tindakannya sejak Mei 2019 hingga menimbulkan kerugian sebesar Rp32 miliar.

Mereka melakukan tindakannya di mesin ATM Bersama dengan menggunakan kartu ATM Bank DKI. Belasan oknum tersebut melakukan penarikan di ATM Bersama dengan sengaja menyalahkan pin ATM pada percobaan pertama dan pin yang benar pada percobaan kedua.

Setelah berhasil menarik uang di ATM Bersama, saldo oknum tersebut di Bank DKI tidak berkurang.


]]>
Republika/Prayogi Mesin ATM
Menurunkan Berat Badan dengan Biji Chia https://gayahidup.republika.co.id/berita/q1d6p0328/menurunkan-berat-badan-dengan-biji-chia https://gayahidup.republika.co.id/berita/q1d6p0328/menurunkan-berat-badan-dengan-biji-chia Fri, 22 Nov 2019 16:36:36 +0700 Indira Rezkisari https://gayahidup.republika.co.id/berita/q1d6p0328/menurunkan-berat-badan-dengan-biji-chia REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berat badan yang terlalu banyak tentu akan menjadi masalah bagi setiap orang. Kelebihan berat badan dapat berujung pada obesitas yang kemudian membuka pintu bagi berbagai penyakit lain untuk masuk ke dalam tubuh.

Mengutip laman Times of India, Jumat (22/11), mengonsumsi makanan dengan takaran saji yang pas menjadi salah satu cara untuk mengurai bobot badan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi biji Chia.

Chia merupakan biji kacang kecil yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Tak hanya penuh nutrisi, biji hitam dan putih ini juga rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan camilan padat dan sehat.

Benih ajaib ini sarat dengan nutrisi. Sebanyak 100 gram biji chia mengandung 16,5 gram protein, 34,4 gram serat makanan, 7,7 miligram zat besi dan 335 miligram Magnesium. Mereka juga kaya akan asam lemak omega-3.

Biji chia dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dari menjaga kesehatan pencernaan, penurunan berat badan hingga menurunkan risiko kondisi kardiovaskular.

Biji chia juga diketahui kaya akan serat. Hal tersebut akan memastikan perut lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Biji-biji ini mengembang dan membentuk gel yang tebal saat bersentuhan dengan air.

Hal tersebut berdampak pada pengurangan nafsu makan. Tak hanya itu, mengonsumsi biji Chia secara perlahan juga akan mengurangi jumlah kalori diserap dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sebanyak 28 gram atau sekitar dua sendok makan sajian biji chia mengemas sekitar 138 kalori. Meski demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi biji Chia secara berlebihan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, suplemen biji chia mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang pada partisipan.

Biji chia juga sarat dengan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan racun yang ada dalam tubuh. Bahkan biji-bijian ini dipercaya juga mengandung lebih banyak antioksidan daripada blueberry.

Cara mengonsumsi biji Chia juga tergolong mudah. Anda cukup mencampurkan biji tersebut ke dalam makanan sehari-hari. Anda bisa menaburkan biji chia mentah pada buah-buahan dan salad untuk rasa kacang yang renyah.


]]>
Pixabay Biji chia.
Bamsoet Akhirnya Mendeklarasikan Diri Jadi Caketum Golkar https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6ct409/bamsoet-akhirnya-mendeklarasikan-diri-jadi-caketum-golkar https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6ct409/bamsoet-akhirnya-mendeklarasikan-diri-jadi-caketum-golkar Fri, 22 Nov 2019 16:29:17 +0700 Andri Saubani https://nasional.republika.co.id/berita/q1d6ct409/bamsoet-akhirnya-mendeklarasikan-diri-jadi-caketum-golkar REPUBLIKA.CO.ID, oleh Febrianto Adi Saputro, Rizkyan Adiyudha

Wakil Koordinator bidang Pratama Bambang Soesatyo (Bamsoet) akhirnya menjawab pertanyaan sejumlah pihak terkait maju tidaknya dirinya dalam pemilihan calon ketua umum (caketum) Partai Golkar periode 2019-2024. Dihadapan awak media, Bamsoet pun mendeklarasikan diri untuk maju dalam pemilihan caketum Partai Golkar.

"Dengan didasari kecintaan saya terhadap Partai Golkar, dengan mengucapkan bismillah, saya Bambang Soesatyo menyatakan siap menjalankan perintah para pemilik suara, para kader, dan berbagai organisasi yang pernah mendirikan Partai Golkar, berjuang untuk Golkar, untuk mengikuti kontestasi pemilihan ketua umum Partai Golkar pada periode 2019-2024," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/11).

Sebagai calon pemimpin baru partai berlambang pohon beringin, Bamsoet menegaskan bahwa dirinya bakal membuka kesempatan yang seluas-luasnya untuk semua kader di setiap tingkatan untuk berkompetisi,  berkontribusi, dan berkarya bagi kepentingan bangsa. Bamsoet juga mengungkapkan alasan dirinya maju sebagai caketum Partai Golkar. Selain adanya desakan dari kader, salah satunya adalah semakin tergerusnya elektoral Partai Golkar.

Bamsoet menuturkan, Partai Golkar telah mengalami penurunan jumlah kursi yang signifikan dalam empat periode pemilu terakhir. Partai Golkar terhitung telah kehilangan lebih dari 43 kursi dari semula 128 kursi pada 2004 menjadi 85 kursi pada pileg 2019.

"Ironisnya penambahan jumlah pemilih pada pemilu 2019 yang seharusnya berdampak positif bagi suara Golkar, justru sebaliknya, Golkar kehilangan lebih dari satu juta suara dibanding pemilu sebelumnya," ujarnya.

Seperti diketahui, Munas Golkar rencananya akan dilaksanakan pada 3 hingga 6 Desember nanti. Dalam kesempatan itu, partai orde baru tersebut akan memilih ketua umum. Sejauh ini ada dua calon kuat yaitu Bamsoet dan Airlangga Hartanto.

photo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) berjabat tangan dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) yang disaksikan Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (ketiga kanan) dan Tokoh Senior Partai Golkar Akbar Tanjung, pada pembukaan Rapimnas Partai Golkar di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Kesepakatan tidak tercapai

Ketua Tim Sukses Bamsoet Ahmadi Noor Supit mengungkapkan, adanya kesepakatan yang tidak tercapai dengan kuhu Airlangga Hartanto. Hal tersebut, dia mengatakan, kemudian menjadi alasan Bamsoet maju kembali sebagai calon pimpinan tertinggi menyaingi Airlangga.

"Saya mengklarifikasi pada semua pihak termasuk teman-teman apabila ada persyaratan dari sebuah komitmen dilanggar, komitmen jadi tak berlaku, enggak boleh dong sepihak, harus dua-duanya gentle, kalo ada persyaratan peryaratannnya harus dipenuhi dua-duanya," kata Ahmadi Noor Supit di Jakarta, Rabu (20/11).

Supit mengungkapkan, ada kesepakatan dalam bentuk komitmen yang telah diajukan kubu Bamsoet kepada kubu Airlangga. Dia mengatakan, syarat-syarat yang diajukan itu lantas dicatat, diakui, diterima dan akan dilaksanakan. Namun pada kenyataannya, sambung dia, tidak ada satupun persyaratan itu yang dilaksanakan.

Dia melanjutkan, alasan lainnya adalah kesepakatan kepanitiaan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) dilakukan secara bersama-sama. Namun, ungkapnya, ada 91 nama dari kubu Bamsoet yang dicoret dalam kepanitiaam sebagai Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC).

"Tapi semua itu dilanggar dengan cara-cara yang otoriter. Nah inilah yang membuat semua teman-teman yang merasa ditekan, masih ada tekan-menekan, masih ada seperti itu," katanya.

Supit juga mengonfirmasi adanya posisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sebagai salah satu syarat yang juga dilanggar kubu Airlangga. Dia mengatakan, kesepakatan meminta anggota DPR yang sudah mengisi jabatan di AKD dijanjikan duduk kembali diposisi tersebut. Bahkan, tambahnya, pemberhentian dilakukan hingga ke tingkat Tenaga Ahli (TA) anggota DPR.

"Selain itu ada lagi, tapi saya secara moral tidak ingin membuka semuanya tetapi minimal itulah, hal-hal kecil saja seperti itu, fakta itu yang bisa dilihat dan dibuktikan," katanya.

Sejauh ini, Bamsoet mendapatkan dukungan dari tiga organisasi massa. SOKSI, FKPPI dan Pemuda Pancasila meminta kesediaan Bamsoet untuk kembali menyaingi Airlangga Hartanto dalan perebutan kursi pimpiman tertinggi partai Golkar dalam Musyawarah Nasional (Munas) nanti.

"Bamsoet merupakan tokoh nasional yang memiliki rekam jejak bagus saat menjabat sebagai ketua DPR RI," kata Juru Bicara SOKSI Freddy Latumahina di Jakarta, Rabu (20/11).

Pernyataan itu, dia ungkapkan dengan melihat diangkatnya Bamsoet sebagai ketua MPR setelah menjabat sebagai ketua DPR. Freddy mengatakan, SOKSI ingin mempersembahkan tokoh nasional ini kepada bangsa melalui kepemimpinannya di Partai Golkar. Dia melanjutkan, keberhasilan Bamsoet memimpin parlemen negara menjadi salah satu eprtimbangan SOKSI mendorong Wakil Kordinator Bidang Pratama DPP Golkar itu untuk menyaingi Airlangga.

Freddy juga mengungkapkan, bahwa Bamsoet pernah bertemu tokoh senior Golkar yakni Presiden ketiga RI almarhum BJ Habibie. Kala itu, menurut dia, Habibie memberikan restu Bamsoet untuk maju sebagai calon ketua umum Golkar dalam Munas.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Umum FKPPI Ponco Sutowo. FKPPI, dia mengatakan, memandang Bamsoet merupakan calon yang potensial menduduki pucuk beringin. Menurutnya, maju tidaknya Bamsoet bukan persoalan pribadi namun sebagai kader FKPPI harus membawa aspirasi perubahan di Golkar.

"Oleh karena itu kami meminta Bamsoet untuk komit maju. Apa pun komitmen saudara saya kira Anda juga punya komitmen kepada FKPPI, kita menetapkan untuk memperhatikan itu," kata Ponco.

Dukungan serupa juga diberikan ormas Pemuda Pancasila. Juru bicara Pemuda Pancasila Paskah Suzetta mengatakan Golkar bukan lah milik pengurus atau para anggotanya melainkan milik publik. Anggota Dewan Pembina Partai Golkar berharap, kemenangan Bamsoet nanti dapat membawa partai orde baru itu kembali mematuhi AD/ART partai.

photo
Perebutan Kursi Nomor 1 Golkar
]]>
Republika/Febrianto Adi Saputro Wakorbid Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan deklarasi untuk maju sebagai calon ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, (22/11).
AP I Buka Seleksi Mitra Usaha untuk Bandara YIA https://republika.co.id/berita/q1d64r383/ap-i-buka-seleksi-mitra-usaha-untuk-bandara-yia https://republika.co.id/berita/q1d64r383/ap-i-buka-seleksi-mitra-usaha-untuk-bandara-yia Fri, 22 Nov 2019 16:24:27 +0700 Nidia Zuraya https://republika.co.id/berita/q1d64r383/ap-i-buka-seleksi-mitra-usaha-untuk-bandara-yia REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Angkasa Pura I (Persero) membuka kesempatan kepada pelaku usaha untuk mengikuti seleksi mitra usaha komersial di Yogyakarta International Airport (YIA). Baik itu pelaku usaha berskala nasional maupun internasional.

Direktur Pemasaran & Pelayanan Angkasa Pura I, Devy Suradji mengatakan, seleksi mitra usaha kami ini meliputi dua kategori usaha. Yakni pengelolaan reklame (advertising) dan Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU).

Ia menjelaskan, YIA sejak beroperasi pada Mei hingga Oktober 2019 telah melayani 185 ribu penumpang. Sementara, pergerakan pesawat di YIA sendiri telah melayani 2.044 pergerakan pesawat.

Tingginya jumlah penumpang dan pergerakan pesawat, kata Devy, merupakan pasar potensial pagi pelaku usaha untuk berbisnis di YIA. Padahal saat ini YIA masih belum beroperasi penuh hingga awal 2020 nanti.

"Apalagi nanti setelah YIA beroperasi secara penuh untuk penerbangan domestik dan internasional," kata Devy dalam keterangan resminya, Jumat (22/11).

Pendaftaran seleksi dan pemasukan dokumen kualifikasi untuk mitra usaha pengelolaan reklame dibuka mulai 19 November. Pendaftaran ini ditutup 5 Desember 2019.

Sementara, untuk seleksi mitra usaha EMPU dibuka mulai 19 November dan ditutup 29 November 2019. "Untuk mengikuti seleksi ini, calon mitra usaha dapat membuka laman www.seleksiyia.ap1.co.id/advertising. Pertanyaan seputar seleksi mitra usaha di YIA dapat disampaikan melalui surat elektronik seleksi.yia@ap1.co.id," tambahnya.

Seperti diketahui, General Manager Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama mengatakan, seluruh penerbangan domestik akan dipindah dari Adisutjipto ke YIA . Pembangunan YIA sendiri dijadwalkan selesai pada akhir Desember 2019.

"Pemindahannya untuk domestik ini akan dimulai di pertengahan Januari (2020)," kata Pandu di Kantor Cabang Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Pemindahan dilakukan guna menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang. Sebab, diperkirakan kelonjakan penumpang akan terjadi pda saat itu.

Saat ini, jumlah penerbangan yang ada di Bandara Adisutjipto yakni 168 penerbangan. Sementara, di YIA ada 30 penerbangan.

"Sehingga, Januari nanti yang dari Adisutjipto ditambah lagi dengan existing YIA yang rute baru. 30 itu rute baru semua, bukan pemindahan (dari Adisutjipto)," tambah Pandu.

Selain itu, YIA juga siap untuk penerbangan internasional pada April 2020. Dengan begitu, untuk penerbangan internasional ini diberikan waktu dua bulan guna mempersiapkan segala fasilitas setelah dipindahkannya semua penerbangan domestik dari Adisutjipto.

Sehingga, yang tersisa di Adisutjipto hanya penerbangan jarak dekat menggunakan pesawat propeller (baling-baling). "Jadi Januari itu domestik, April itu untuk internasional kita pindahkan keseluruhannya. Sehingga bulan April bandara Adisutjipto ini tersisa hanya propeller saja," ujarnya.


]]>
Antara/Andreas Fitri Atmoko Penumpang keluar dari area bandara Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta. ilustrasi
Moeldoko: TP4 Dibubarkan Agar tak Hambat Investasi https://nasional.republika.co.id/berita/q1d60g335/moeldoko-tp4-dibubarkan-agar-tak-hambat-investasi https://nasional.republika.co.id/berita/q1d60g335/moeldoko-tp4-dibubarkan-agar-tak-hambat-investasi Fri, 22 Nov 2019 16:21:52 +0700 Esthi Maharani https://nasional.republika.co.id/berita/q1d60g335/moeldoko-tp4-dibubarkan-agar-tak-hambat-investasi REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD berencana akan membubarkan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4). Menurut Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, rencana pembubaran tersebut sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi yang ingin mempermudah masuknya investasi. 

"Intinya Presiden kemarin sangat jelas, jangan aparat penegak hukum justru menjadi penghambat jalannya investasi," ujar Moeldoko di Gedung Krida Bakti, Jakarta, Jumat (22/11).

Menurut Moeldoko, Presiden justru ingin agar aparat memberikan dukungan dan pengawalan terhadap masuknya investasi ke berbagai daerah. Ia tak ingin aparat penegak hukum justru mempersulit jalannya investasi di dalam negeri.

"Jangan sampai kehadiran aparat justru makin bikin ruwet. Ini kira-kira evaluasi seperti itu yang dilakukan. Sehingga ke depan nanti harapannya semua aparat penegak hukum justru ikut mengawal jalannya investasi. Jangan menjadi faktor penghambat," ucapnya.

Moeldoko mengatakan, meskipun TP4 dibubarkan, namun kepolisian dan kejaksaan dapat menjalankan tugasnya melakukan pengawalan. Aparat kepolisian, kata dia, bisa menjembatani dan menghubungkan antara pemerintah daerah dengan investor.

"Kalau aparat kepolisian dan kejaksaan melihat bahwa ini seharusnya mudah, ini harus dijalankan pemerintah daerah, tapi kenapa pemerintah daerah membikin ribet dst, di situ lah fungsi-fungsi aparat bisa menjembatani," kata dia.

Sebelumnya, Kemenkopolhukam dan Kejaksaan Agung telah sepakat untuk membubarkan TP4. Menurut Mahfud, TP4 saat ini digunakan untuk mendampingi pemerintah daerah dalam membuat program kerja daerah agar terhindar dari korupsi.

Namun, TP4 ini juga disebutnya dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu. Ia menyebut banyak oknum yang mengambil keuntungan di TP4.

]]>
Antara/Aditya Pradana Putra Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko
Barang Milik Negara Senilai Rp 10,84 Triliun Diasuransikan https://republika.co.id/berita/q1d5z8370/barang-milik-negara-senilai-rp-1084-triliun-diasuransikan https://republika.co.id/berita/q1d5z8370/barang-milik-negara-senilai-rp-1084-triliun-diasuransikan Fri, 22 Nov 2019 16:21:08 +0700 Friska Yolanda https://republika.co.id/berita/q1d5z8370/barang-milik-negara-senilai-rp-1084-triliun-diasuransikan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah resmi mulai mengasuransikan Barang Milik Negara (BMN). Sebagai langkah awal, asuransi dilakukan terhadap 1.360 gedung Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan nilai mencapai Rp 10,84 triliun. Keputusan ini diresmikan melalui penandatanganan perjanjian kontrak payung penyediaan jasa asuransi BMN antara DJKN Kemenkeu dengan Konsorsium Asuransi BMN di Jakarta, Senin (18/11). 

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Isa Rachmatarwata mengatakan, kontrak payung ini merupakan dasar untuk pengimplementasian pengadaan jasa asuransi BMN di tingkat kementerian/Lembaga (K/L). Dengan begitu, nantinya, tidak akan ada proses bidding lagi. "Dasarnya akan merujuk pada kontrak itu," ucapnya dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (22/11). 

Formula penetapan premi yang ditetapkan adalah 1,961 per mil, atau 1,961 per seribu dikali nilai aset. Artinya, premi tahun pertama yang dibayarkan oleh Kemenkeu adalah Rp 21,26 miliar. Isa mengatakan, penyerahan polis secara resmi akan dilakukan pada pekan depan. 

Isa mengatakan, besaran tarif dan skema kerjasama ini sudah sesuai dengan rekomendasi dari Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. "Mereka setuju, bahwa kita mengasuransikan kepada konsorsium industri," tuturnya. 

Secara rinci, informasi yang tertuang dalam payung hukum itu adalah seputar data tertanggung, rincian objek pertanggungan, kondisi sekitar objek pertanggungan, tingkat risiko objek, dan jangka waktu asuransi.

Penandatanganan kontrak payung penyediaan jasa asuransi BMN sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor 97 Tahun 2019 tentang Pengasuransian BMN. BMN yang akan diasuransikan untuk piloting tahun 2019 berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 253 Tahun 2019 tentang Tahapan Pelaksanaan Pengasuransian Barang Milik Negara pada Kementerian/Lembaga Tahun 2019 yaitu Gedung Bangunan Kantor, Gedung Bangunan Pendidikan, dan Gedung Bangunan.

Selain untuk menunjang kelancaran tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan, penetapan objek asuransi BMN dilakukan dengan mengutamakan aset yang mempunyai dampak besar terhadap pelayanan umum apabila rusak atau hilang. 

Direktur Barang Milik Negara DJKN Encep Sudarwan mengatakan, setelah dilakukan pada Gedung Kemenkeu, tahun depan asuransi BMN akan dilakukan pada 10 K/L. Di antaranya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

]]>
pixabay Asuransi/ilustrasi
Radikalisme Politik Kerap Menyalahgunakan Agama https://khazanah.republika.co.id/berita/q1d5x8320/radikalisme-politik-kerap-menyalahgunakan-agama https://khazanah.republika.co.id/berita/q1d5x8320/radikalisme-politik-kerap-menyalahgunakan-agama Fri, 22 Nov 2019 16:19:56 +0700 Nashih Nashrullah https://khazanah.republika.co.id/berita/q1d5x8320/radikalisme-politik-kerap-menyalahgunakan-agama REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA – Salah satu indikator radikalisme politik adalah keinginan mengganti Pancasila sebagai dasar negara. 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag), Prof Kamaruddin Amin, mengatakan radikalisme sebenarnya ada kaitan-kaitannya dengan politik, cuma agama sering dimanipulasi, dikapitalisasi, sering dieksploitasi untuk menjadi instrumen yang strategis untuk menyampaikan pesan-pesan politiknya itu. 

Dia menyampaikan, salah satu indikasi radikalisme adalah adanya paham anti Pancasila yang ditanamkan. Artinya disebut radikalisme karena melakukan upaya secara individu dan kelompok untuk membuat perubahan fundamental dengan cara-cara kekerasan. 

“Upaya membuat perubahan fundamental itu sesungguhnya politis,” kata Komaruddin di Jakarta, Jumat (22/11).  

Dia mengungkapkan belum lama ini mendapatkan informasi ada dua pesantren yang terindikasi atau berpotensi radikal. Tapi belum mendapatkan data lengkap pesantren tersebut.

Pihaknya akan mendiskusikan langkah-langkah apa yang harus diambil. "Menurut temuan Litbang ada dua (pesantren terindikasi radikal), itu juga kami masih perlu lihat lagi, saya harus melihat langsung, kemudian identifikasi hal-hal yang bisa kita lakukan untuk komunikasikan itu," ujarnya.  

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi angkat bicara terkait informasi adanya pesantren terindikasi radikal. Menag mengatakan, pihaknya akan mengamati secara perlahan dan tidak serta merta membubarkan pesantrennya. 

Kalau ada indikasi radikal, Kemenag akan bina dengan baik. "Kita selalu mencoba semuanya dengan pendekatan musyawarah," ujarnya. 

Dia menyampaikan, kalau tidak bisa dengan pendekatan musyawarah, maka akan mengambil langkah hukum. Tapi hindari cara mengambil langkah hukum ini karena mereka saudara.

Menurut Menag ruang dialog selalu terbuka. "Kalau nanti sewaktu-waktu memang enggak bisa, nanti kita ada langkah-langkah hukum, tapi kita hindari sedapat mungkin, semua kan saudara kita," ujar Menag.

 

 

]]>
Antara/Muhammad Iqbal Warga melintas di depan mural bergambar Garuda Pancasila dan NKRI Harga Mati di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. (ilustrasi)
Joe Biden tak akan Intervensi Kasus Pemakzulan Trump https://internasional.republika.co.id/berita/q1d3e2459/joe-biden-tak-akan-intervensi-kasus-pemakzulan-trump https://internasional.republika.co.id/berita/q1d3e2459/joe-biden-tak-akan-intervensi-kasus-pemakzulan-trump Fri, 22 Nov 2019 16:15:00 +0700 Christiyaningsih https://internasional.republika.co.id/berita/q1d3e2459/joe-biden-tak-akan-intervensi-kasus-pemakzulan-trump REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Joe Biden mengatakan tidak akan memerintahkan penyelidikan pada Donald Trump jika dirinya terpilih sebagai presiden Amerika Serikat pada 2020. Biden akan memberikan kebebasan pada Departemen Kehakiman untuk memutuskan kasus tersebut.

"Dengar, aku tidak akan mengarahkan Departemen Kehakimanku seperti yang dilakukan presiden ini. Aku akan membiarkan mereka membuat penilaian independen," kata Biden saat debat Demokrat kelima di Atlanta dikutip dari CNBC, Jumat (22/11).

Biden tidak akan menentukan siapa yang harus dituntut dan yang perlu dibebaskan. Menurutnya, keputusan tersebut bukan tugas dari presiden.

"Jika itu adalah keputusan bahwa dia melanggar hukum dan dia seharusnya dituntut secara pidana, maka jadilah itu. Tapi saya tidak akan mengarahkannya," kata Biden merujuk pada keputusan Jaksa Agung yang menentukannya.

Komentar itu muncul ketika Demokrat mengejar penyelidikan yang mengarah pada pemakzulan Trump. Masalah ini muncul karena presiden AS menekan pemerintah Ukraina untuk membuka investigasi ke Biden dan keluarganya agar bisa dimanfaatkan untuk pemilihan presiden tahun depan.

Sebelum debat, Biden mengatakan audiensi menunjukkan Trump tidak ingin dia menjadi nominasi presiden yang dapat bertarung dengannya. Trump menuduh Demokrat mengejar sesuatu yang tidak nyata dan membantah melakukan kesalahan.

]]>
AP Bakal calon presiden Amerika Serikat Joe Biden.
Jokowi Ungkit Rencana Pungut Pajak E-Commerce https://republika.co.id/berita/q1d5oq335/jokowi-ungkit-rencana-pungut-pajakem-ecommerce-em https://republika.co.id/berita/q1d5oq335/jokowi-ungkit-rencana-pungut-pajakem-ecommerce-em Fri, 22 Nov 2019 16:14:50 +0700 Esthi Maharani https://republika.co.id/berita/q1d5oq335/jokowi-ungkit-rencana-pungut-pajakem-ecommerce-em REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung terkait rencana pemerintah untuk memajaki pelaku usaha di sektor digital atau e-commerce. Dalam rapat terbatas (ratas) tentang fasilitas perpajakan, Jumat (22/11) sore, Jokowi meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menyiapkan lagi regulasi penyetaraan 'level playing field' antara aturan perpajakan bagi pelaku usaha konvensional dan digital.

"Saya minta mulai ditempuh kebijakan penyetaraan level playing field bagi pelaku usaha konvensional maupun ecommerce, untuk optimalkan penerimaan perpajakan di era digital," kata Jokowi dalam sambutan rapat terbatas.

Bila dirunut ke belakang, Menkeu Sri Mulyani pernah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 210 Tahun 2018 Tentang Perlakuan Perpajakan Atas Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (e-commerce). Aturan ini mewajibkan pedagang (seller) yang telah berstatus Pengusaha Kena Pajak (PKP) atau beromzet Rp 4,8 miliar setahun untuk memungut PPN 10 persen dari pembeli (buyer), dan selanjutnya menyetor Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

Namun, aturan yang seharusnya efektif berlaku pada 1 April 2019 ini dicabut pada Maret 2019 lalu. Saat itu, Sri Mulyani menjelaskan bahwa ada empat faktor yang mendasari penarikan PMK 210/2018. Yakni, penguatan koordinasi antara kementerian dan lembaga, meningkatkan pemahaman seluruh pemangku kepentingan, penguatan infrastruktur digital dan hasil survei asosiasi.

Sri menjelaskan masih ada beberapa kementerian dan lembaga yang sedang dan akan mengumpulkan informasi dari perusahaan digital, termasuk marketplace. Oleh karena itu, dibutuhkan koordinasi sehingga data yang terkumpul dapat lebih terintegrasi.

Dalam aturan yang urung berlaku tersebut, pedagang atau penyedia jasa yang belum berstatus PKP, tidak diwajibkan memungut PPN dari konsumen. Namun, diwajibkan menyetor Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada penyedia platform marketplace.

]]>
ecommerce
Aset First Travel Disita Negara, Jamaah Kian Merana https://republika.co.id/berita/q1d5ms349/aset-first-travel-disita-negara-jamaah-kian-merana https://republika.co.id/berita/q1d5ms349/aset-first-travel-disita-negara-jamaah-kian-merana Fri, 22 Nov 2019 16:13:40 +0700 Ichsan Emrald Alamsyah https://republika.co.id/berita/q1d5ms349/aset-first-travel-disita-negara-jamaah-kian-merana Nama "bekas" agen umrah First Travel kembali mencuat. Setelah Mahkamah Agung (MA) memutuskan bahwa aset First Travel akan dikembalikan pada negara. Putusan ini memperkuat Pengadilan Negeri Depok yang sebelumnya menyatakan hal yang sama. 

Tak pelak, keputusan ini menimbulkan polemik dikalangan masyarakat. Mereka menyayangkan keputusan MA tersebut karena dianggap menzalimi hak jamaah. Karena uang itu berasal dari jamaah. Bukan dari negara. Seharusnya dikembalikan pada jamaah juga. 

Sebagimana disampaikan Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. Menurut dia, seharusnya aset yang disita dalam kasus tersebut dapat dikembalikan kepada para korban First Travel.

"Nah itu enggak boleh, menurut saya itu terlalu zalim, itu kan bukan uang negara, bukan uang hasil proyek, bukan uang APBN, Bukan uang APBD, itu murni uang rakyat," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, (19/11) 

Bagai jatuh tertimpa tangga. Mungkin itulah yang dirasakan oleh para jamaah yang menjadi korban. Dimana cita-cita mereka untuk bertamu ke tanah suci, kini musnah bagai ditelan bumi. Harapan mereka sebagai obat kecewa agar mendapat uangnya kembali, juga tak akan terealisasi. 

Jalur hukum yang ditempuh. Berharap diberi obat yang ampuh. Mengobati rasa kecewa yang tak kunjung sembuh. Pengadilan diharapkan hadir menjadi penyelesai masalah mereka. Justru membuat jamaah kecewa dan kian merana. Karena aset Fisrt Travel yang berasal dari uang jamaah justru dikembalikan pada negara. 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu." (QS. An-Nisa' 4: Ayat 29)

Pengirim: Nusaibah Al Khanza ( Pemerhati Kabijakan Publik )

]]>
Antara/Asprilla Dwi Adha Warga melintas di depan Kantor First Travel Building atas nama Andika di jalan Radar Auri, Depok, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019).
Semarakkan Hari Anak Dunia, Masjid Al Noor Pasang Lampu Hias https://khazanah.republika.co.id/berita/q1d5lz320/semarakkan-hari-anak-dunia-masjid-al-noor-pasang-lampu-hias https://khazanah.republika.co.id/berita/q1d5lz320/semarakkan-hari-anak-dunia-masjid-al-noor-pasang-lampu-hias Fri, 22 Nov 2019 16:13:11 +0700 Nashih Nashrullah https://khazanah.republika.co.id/berita/q1d5lz320/semarakkan-hari-anak-dunia-masjid-al-noor-pasang-lampu-hias REPUBLIKA.CO.ID, SELANDIA BARU – Ada pemandangan menarik dari Masjid Al Noor Selandia Baru di Hari Anak Dunia. Saksi bisu penembakan brutal yang menewaskan 50 orang Muslim itu memasang lampu biru di Hari Anak Sedunia sebagai simbol persatuan.

Dilansir dari Stuff.co.nz, Masjid Al Noor menyambut perayaan Hari Anak Dunia dengan menyalurkan simbol persatuan kalangan global. Salah satu imigran asal Arab Saudi yang bermukim di Selandia Baru, Sarah Qadeer, mengatakan masjid merupakan hal yang penting bagi masyarakat Muslim. "Masjid adalah pusat aktivitas, dan Selandia baru adalah tempat yang aman," kata Sarah.

Penembakan Masjid Christchurch adalah serangkaian serangan teror supremasi kulit putih yang terjadi di Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Centre, di Christchurch, Selandia Baru, pada (15/3) pukul 13.40 waktu Selandia Baru.

Meski menyisakan duka baginya namun tak membuatnya jera untuk tinggal di negara tersebut. Menurutnya Selandia Baru merupakan negara yang nyaman dan akan aman bagi siapapun.

Sarah kemudian menceritakan tentang pengalamannya bermigrasi ke negara itu. Dia membeberkan bahwa pertama kali mengunjungi Masjid Al Noor adalah pada enam tahun lalu dari Arab Saudi. Pertama kali Sarah Qader mengunjungi Masjid Al Noor adalah saat enam tahun lalu, di malam hari Ramadhan. "Ada banyak makanan, sebaran sisa makanan dari berbuka puasa (di Masjid Al Noor)," kenang Sarah.

Sejak itu menurutnya, Masjid Al Noor merupakan salah satu sumber rezeki bagi keluarganya. Sekarang Sarah diketahui bekerja di masjid sebagai fasilitator antarbudaya. Dan tempat ibadat telah memberi keluarga itu rasa kebersamaan, perasaan memiliki dan keselamatan.

 

]]>
AP Photo/Mark Baker Masjid Al Noor, Selandia Baru.
Solusi Kuasa Hukum Jika Aset First Travel Diambil Negara https://video.republika.co.id/berita/q1d5fl216/solusi-kuasa-hukum-jika-aset-first-travel-diambil-negara https://video.republika.co.id/berita/q1d5fl216/solusi-kuasa-hukum-jika-aset-first-travel-diambil-negara Fri, 22 Nov 2019 16:09:21 +0700 Sadly Rachman https://video.republika.co.id/berita/q1d5fl216/solusi-kuasa-hukum-jika-aset-first-travel-diambil-negara REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuasa Hukum Jamaah First Travel, Tahir Musa Lutfhi Yazid menyatakan, jika aset perusahaan first travel resmi diambil oleh negara maka pemerintah wajib memberangkatkan para korban. Menurutnya, pemerintah harus mengatur sedemikian rupa agar jamaah bisa tetap berangkat.

Lutfhi mengatakan, ada beberapa aspek yang bisa diupayakan oleh pemerintah agar menjadi gratis bagi jamaah first travel yang menjadi korban. Semisal visa gratis ataupun penginapan gratis.

Ia tegaskan, pemerintah seharusnya bisa bernegosiasi untuk hal tersebut. Sementara itu, jika pemerintah bisa memberangkatkan jamaah korban first travel pasti akan bermanfaat sangat baik.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Havid Al Vizki

Video Editor | Fian Firatmaja

 

 

]]>
REPUBLIKA ONLINE