Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Saturday, 12 Muharram 1440 / 22 September 2018

Menikmati Lautan Awan dari Puncak Sumbing

Kamis 06 September 2018 21:06 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Sadly Rachman

Lautan awan dan matahari di puncak Gunung Sumbing, Jawa Tengah

Foto: Republika TV/Debbie Sutrisno
EMBED
Gunung Sumbing, salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAWA TENGAH — Keinginan menikmati lautan awan yang sudah lama dinanti akhirnya terwujud. Kami sepakat untuk 'menaklukan' Gunung Sumbing, Wonosobo yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah selain Gunung Semeru dan Gunung Slamet.


Berbeda dengan jalur yang biasa dilalui yaitu basecamp Garung, kami justru sengaja melintas melewati basecamp Kaliangkrik yang secara administratif masuk ke Kabupaten Magelang. Perjalanan dari terminal Mendolo, Wonosobo, ke pos Kaliangkrik membutuhkan waktu 1,5 jam. Sesampainya di sana kami langsung disambut kabut dengan suhu yang dingin.

Untuk menuju puncak dari basecamp Kalangkrik kami harus menyelesaikan empat pos. Pos satu dan pos dua menjadi perjalanan yang melelahkan karena trek yang menanjak dengan anak tangganya dari bebatuan dan tanah keras. Gerimis pun menyertai kami hingga pos dua yang membuat badan basah kuyup.

Dari pos dua ke pos tiga trek cukup landai. Namun, jalanan ini harus dilewati lebih berhati-hati karena menyisir tebing dan sisa-sisa sungai yang sudah mengering, sehingga butuh kehati-hatian. Selain itu salah pijak sedikit kita bisa saja masuk ke jurang yang ada di sebelah kanan. Sementara untuk menuju pos empat menjadi tantangan tersendiri karena trek dari pasir dengan kemiringan jalan sekitar 60 derajat.

Berikut video lengkapnya.

 

 

  • Videografer:
  • Debbie Sutrisno
  • Video Editor:
  • Fakhtar Khairon Lubis

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA