Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Eksotika Pulau Komodo

Kamis 11 January 2018 15:58 WIB

Rep: Edi Yusuf/ Red: Sadly Rachman

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Foto: Republika/Edi Yusuf
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID,  LABUAN BAJO -- Semburat langit mulai berwarna seiring munculnya matahari pagi menghangatkan kawasan Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Gemuruh mesin-mesin perahu dan kapal mulai dinyalakan bersiap mengantarkan barang dan para penumpang termasuk wisatawan yang akan menikmati keindahan perairan Labuan Bajo.

Dari sejumlah lokasi yang menjadi  tujuan pengunjung, salah satunya  adalah Taman Nasional Pulau Komodo. Lama perjalanan dari pelabuhan hingga Pulau Komodo kurang lebih tiga hingga empat jam, tergantung kecepatan kapal.  Meski waktu perjalanan cukup lama namun dengan keindahan panorama alam birunya laut serta pemandangan puluhan pulau-pulau kecil  menjadi  kenikmatan tersendiri diperjalanan.  

Setibanya di Pulau Komodo, senyum ramah para pemandu menyambut  pengunjung yang datang. Mereka siap mendampingi pengunjung, menjaga keselamatan, dan membantu mengenalkan lebih dekat  binatang melata yang banyak dianggap sebagai sisa zaman purba.

Menurut salah seorang  pemandu, Abdullah, jumlah komodo hasil survei tahun 2015 sebanyak 1.373 ekor. Tapi menurut hasil penelitian, mengingat luasnya penyebaran Komodo jumlahnya diperkirakan kurang lebih 3.000 ekor.  

Abdullah berharap wisatawan yang telah datang, sekembalinya ke kampung halamannya dapat memberikan informasi kepada yang lainnya sehingga akan banyak lagi yang datang , hal tersebut tentunya akan berpengaruh  terhadap pendapatan masyarakat dari sektor parawisata.

 

 

  • Videografer:
  • Edi Yusuf
  • Video Editor:
  • Sadly Rachman

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA