Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Pepeng 'Naif' Siapkan Komik Moral untuk Edukasi Anak-Anak

Jumat 03 Mar 2017 09:41 WIB

Rep: Fian Firatmaja/ Red: Sadly Rachman

Pepeng Naif (kiri) dan Aria Baja (kanan) saat berkunjung ke HArian Republika, Kamis (2/3).

Foto: ROL/Fian Firatmaja
EMBED

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Franki Indrasmoro Sumbodo yang akrab disapa Pepeng 'Naif' ingin mengedukasi anak-anak melalui komik. Pepeng yang mendirikan sebuah studio komik, Frank Komik (FK), menciptakan tokoh animasi yang tergabung dalam Geng Bedug.

Dia menjelaskan, tokoh-tokoh ini terinspirasi dari sosok dirinya dan salah satu pendiri FK lainnya Aria Baja. Pepeng dan Baja kecil dihadirkan dalam sosok Soleh dan Abduh dalam komik tersebut. Selain itu, ada sosok Aira yang menjadi pelengkap karakter yang sudah ada.

Di awal kemunculannya, materi-materi bernafaskan Islam menjadi isi dari komik tersebut. Meski begitu, Pepeng menegaskan, komik tersebut bukan komik agama melainkan komik moral. Ke depannya mereka berencana tidak hanya membahas hal yang berkutat pada agama saja.

Untuk memudahkan anak-anak menyerap pesan yang ada pada komik ini, mereka berdua memperhatikan betul gambar yang akan dibuat. Selain itu media digital dan penyebaran dari media sosial menjadi pilihan mereka dalam mengenalkan Geng Bedug.

Rencananya Geng Bedug juga akan hadir dalam bentuk cetak. Nantinya PT Pustaka Abdi Bangsa akan menjadi penerbit komik Geng Bedug dan disuguhkan dalam bentuk sebuah buku. Sedangkan komik strip dari Geng Bedug juga diwacanakan akan hadir di koran Republika.

 

 

Videografer & Editor:
Fian Firatmaja

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA