Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Menyaksikan Hasil Pengembangan Masjidil Haram

Ahad 25 Februari 2018 21:09 WIB

Rep: Irfan Junaidi/ Red: Sadly Rachman

Kawasan Masjidil Haram, Makkah

Foto: Republika/Irfan Junaidi
EMBED
Daya tampung Masjidil Haram akan menjadi sekitar 4 juta orang.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Pembenahan di kompleks Masjidil Haram terus berjalan. Sebagian hasil pengembangan tempat suci tersebut mulai bisa dinikmati para jamaah. Sebagian area pengembangan masih tertutup.

Pengembangan wilayah Masjidil Haram ini ditargetkan bisa meningkatkan kapasitas. Setelah selesai pengembangan nanti daya tampung Masjidil Haram akan menjadi sekitar 4 juta orang.

Tak hanya meningkat daya tampungnya, pengembangan ini juga menjadikan Masjidil Haram kini memiliki rumah sakit khusus. Rumah sakit itu dilengkapi ratusan kamar dan akan dibuka penuh di akhir tahun ini. Semua pasien yang dirawat di rumah sakit itu selama musim haji tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Bangunan-bangunan hasil pengembangan Masjidil Haram ini didesain untuk membuat para jamaah menjadi nyaman. Lantai bangunan hasil pengembangan ini menggunakan marmer yang khusus didatangkan dari Yunani.

Kelebihan dari marmer Yunani ini adalah tidak panas. Lantai akan tetap terasa dingin meski di bawah terik matahari. Hal ini memungkinkan jamaah tetap nyaman beribadah.

Untuk memastikan seluruh area bangunan tetap bersih, Masjidil Haram juga dikawal oleh 2.500 tenaga kebersihan. Selain itu juga terdapat sekitar 1.000 orang yang bertugas khusus menjaga ketersediaan Air Zamzam.

Penambahan kapasitas Masjidil Haram ini dilakukan dengan tetap mempertimbangkan keamanan para jamaah. Kamera monitoring pun disiapkan di setiap sudut.

 

 

  • Videografer:
  • Irfan Junaidi
  • Video Editor:
  • Sadly Rachman

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA