Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Wednesday, 11 Zulhijjah 1439 / 22 August 2018

Cara Mengganti Baterai Iphone yang Sekarat

Rabu 03 January 2018 14:08 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri

IPhone SE

IPhone SE

Foto: Standard

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Dalam beberapa bulan terakhir, muncul kabar mengenai Apple yang bakal mengurangi performa Iphone edisi-edisi lawas. Ini dilakukan Apple agar baterai di iPhone tersebut bisa tahan lama, dan perangkat Iphone tersebut tidak mati total secara tiba-tiba.

Bahkan, model-model lama Iphone seperti Iphone 6, 6S, SE, dan 7, dan model-model baru seperti Iphone 8 dan Iphone X akan mengalami masalah yang sama. Baterai dalam perangkat-perangkat tersebut mengalami degradasi seiring dengan lamanya waktu pemakaian oleh para penggunanya.

Baca juga: Trik Gunakan Iphone X

Namun, seperti dilansir Mashable, Apple bisa saja mengumumkan secara resmi soal kebijakan ini, sebelum akhirnya para pengguna Iphone melakukan update terhadap perangkatnya. Kendati begitu, kebijakan ini seolah Apple ''memaksa'' para pelanggannya untuk membeli perangkat baru, tapi hal ini merupakan keputusan teknik, yang dapat mencegah model-model lama Iphone dengan baterai yang lebih lemah, mati secara tiba-tiba.

Kondisi tersebut tentu tidak menjadi masalah apabila pengguna perangkat Iphone tersebut segera mengganti baterai perangkat miliknya. Akhirnya, ada beberapa langkah yang bisa diambil para pengguna Iphone untuk mengganti baterai perangkat mereka.

1. Jika iPhone masih garansi

Jika Iphone Anda masih berada dalam masa waktu garansi, selama satu atau dua tahu AppleCare, dan merasa kinerja baterai perangkat Anda sudah menurun, maka Apple akan mengganti baterai tersebut. Berdasarkan ketentuan dari Apple, pergantian ini akan memakan waktu selama 7 hingga 9 hari. Jika Anda membawa perangkat Anda ke Apple Store atau Apple Authorized Service Provider, maka proses ini akan berjalan selama 7 hari.

2. Jika masa garansi habis

Jika masa garansi perangkat Anda sudah habis, maka Apple menawarkan baterai pengganti sekaligus pemasangannya dengan biaya mencapai 79 dolar AS. Kemudian, Anda diharuskan menunggu dalam jangka waktu yang telah ditentukan hingga baterai yang baru tersebut terpasang di perangkat Anda.

3. Menganti baterai di pihak ketiga

Anda juga bisa membawanya perangkat iPhone dan mengganti baterainya di pihak ketiga, yang tidak memiliki lisensi dari Apple. Untuk itu, Anda diharuskan membayar untuk baterai yang baru dan jasa pemasangannya. Kemungkinan besar, Anda akan membayar lebih mahal ketimbang Anda membawanya ke tempat Apple Store atau Apple Authorized Service Provider. Namun, langkah ini memiliki keuntungan, waktu pergantian baterai bisa lebih cepat, dan pertantian baterai dilakukan atas keinginan Anda bukan berdasarkan ketentuan dari Apple.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA