Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

Ingin Jadi Selebgram, Pertahankan Tagar di Instagram

Rabu 03 Januari 2018 13:25 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

Instagram

Instagram

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Sejak membuat akun Instagram pada 2011, akun @niseng milik Mohammad Nurul Hudha menjadi salah satu aku dengan pemilik followers terbanyak di Indonesia. Dengan menggunakan tagar #instasunda, pria yang biasa dipanggil Hudha ini terus mengunggah fotonya dengan tagar tersebut.

"Sebelum Instagram masuk ke OS Android, saya dipilih sebagai 'suggested user' untuk di-follow. Selama dua tahun followers saya mendadak banyak," kata Hudha ketika dihubungi Republika beberapa waktu lalu.

Berawal dari hobi memotret, Hudha menggunakan Instagram sebagai 'Gallery Pribadi'-nya. Dengan kemunculan tagar #instasunda pula dia bersama pengguna Instagram di Bandung membuat gathering pada 2012 hingga akhirnya muncul akun @instasunda.

Baca juga: Instagram Kini Sediakan Kolom Komentar Tersembunyi

Pemilik warung kopi Imah Babaturan ini bukanlah fotografer profesional sehingga akunnya tersebut bukan sebagai portofolio. "Instagram buat saya sebagai tempat berekspresi, di mana saya bisa pamerin foto 'seenaknya', kalau dapat uang atau barang ya itu sebagai bonus saja," kata Hudha.

Dia mengakui, foto yang diambil dan diunggahnya ke Instagram memiliki kesan human interest. Dia menolak untuk diberikan nama sebagai selebgram dan cukup dengan istilah Instagramer (pengguna Instagram). "Mereka mungkin lebih pintar cari uang dari instagram, tentang gaya hidup mereka, tapi saya hanya pengguna Instagram biasa," lanjutnya.

Dia jarang langsung menunggah fotonya ke Instagram. Pengguna kamera analog ini lebih sering memilah foto mana yang bagus untuk diunggah. "Saya sebenarnya foto apa saja yang saya suka, dari pemandangan, human interest, street, dan makanan serta kopi, untuk jualan saya di warung," lanjutnya.

Hudha memiliki tips konsisten sederhana bagi para pengguna Instagram. "Instagram itu berbeda dari sosial media yang lain, lebih banyak foto daripada nulis, kalau memang suka foto, pasti lebih banyak karya yang bisa diunggah dan akan konsisten 'main' Instagram," paparnya.

Pria yang sudah berkeluarga ini pun tidak ambil pusing dengan orang yang mengambil fotonya. Bahkan terkadang ada foto yang menurutnya kurang bagus tetap dia unggah. "Kalo memang bagus banget menurut saya, mending saya cetak dan pajang di rumah atau di warung," candanya.

Untuk kerja sama dengan beberapa pihak pun dia kerjakan. Salah satunya menggunakan kamera dari sponsor dengan timbal balik Hudha akan menggunakan tagar jenis kamera yang dia gunakan dalam postingannya. Tentunya dengan tagar instasunda yang setia dia gunakan dalam keterangan fotonya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA