Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Tips Merawat Headphone Tahan Lama

Selasa 21 November 2017 15:17 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri

Headphone atau earphone untuk mendengarkan musik.

Headphone atau earphone untuk mendengarkan musik.

Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Headphone dan earphone memang terkesan aksesori ringan. Namun, bila tidak mendapat perawatan, barang bisa menjadi tidak tahan lama. Personal Audio Product Marketing Department Sony Indonesia Nicholas Simmon mengatakan, merawat headphone atau earphone cukup mudah.

"Membersihkannya tidak memerlukan cairan," jelas Nicholas. Cukup dengan tisu basah saja membersihkan bagian luar perangkat.

Nicholas menjelaskan, kunci utama headphone tetap bagus, yakni menjaganya tetap kering. Headphone biasanya dilapisi kulit pada bagian telinga. Namun jenis kulit yang digunakan setiap merek berbeda-beda.

Ketika dipakai dalam waktu lama biasanya keringat akan menempel pada kulit tersebut. Agar headphone tetap terjaga hendaknya kulit dirawat dengan dibersihkan secara berkala. Kemudian gantung headphone untuk membuatnya tetap kering.

Headphone dan earphone juga bisa mendapat perawatan dengan mengoleskan baby oil satu kali dalam sebulan. Baby oil akan menjaga kulit headphone tetap kuat, dan mempertahankan warna. Oleskan baby oil secukupnya kemudian gantung, dan keringkan headphone.

Nicholas juga menyarankan, penggunaan headphone atau earphone hendaknya tidak melampaui batas maksimal volume yang disarankan agar tetap menjaga kesehatan gendang telinga. "Kalau sudah merasa panas, istirahatkan telinga sebentar baru kembali memasang headphone," jelas Nicholas.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Senegal Menang 2-1 Atas Polandia

Rabu , 20 June 2018, 00:22 WIB