Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

Sabtu, 8 Zulqaidah 1439 / 21 Juli 2018

Sepuluh Cara Menjaga Smartphone Tetap Aman (2)

Sabtu 07 Oktober 2017 04:50 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri

Model menunjukan gawai Samsung Galaxy Note 8 ke dalam air disela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (25/9).

Model menunjukan gawai Samsung Galaxy Note 8 ke dalam air disela-sela peluncurannya di Jakarta, Senin (25/9).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan kaum modern sehari-hari. Lewat ponsel pintar ini pengguna bisa melakukan segudang aktivitas.

Tak ada satu hari pun yang dilewati tanpa menyentuh si ponsel pintar ini. Dengan sederet manfaat yang diberikan, pengguna harus berhati-hati merawatnya karena di dalam smartphone tersimpan data-data pribadi pengguna. Berikut sepuluh kiat merawat smartphone agar tetap aman dikutip dari laman Womanitely.

Menyimpan di Saku Celana Berisiko

Biasanya orang-orang, terutama kaum adam, gemar menyimpan smartphonenya di dalam saku celana. Sesungguhnya saku celana bukan tempat yang aman apalagi saku celana skinny jeans yang ketat. Smartphone yang disimpan di saku celana bisa pecah ketika penggunanya duduk. Selain itu jika smartphone terjatuh dari saku besar kemungkinan si pengguna tak menyadarinya.

Beri Kesempatan Rehat

Smartphone memang busa disebut sebagai robot. Tetapi bukan berarti ia tak butuh istirahat. Ponsel pintar yang dioperasikan terus menerus cenderung berumur lebih pendek. Oleh karenanya matikan smartphone sekitar satu jam per pekan untuk memberinya istirahat. Jeda ini juga akan membersihkan cache di dalam smartphone.

Jangan Kunci SIM Card

Anda mungkin menginginkan keamanan lebih sehingga mengunci SIM Card agar smartphone tak bisa dimanfaatkan orang lain. Ketika mengunci SIM card disarankan untuk berhati-hati karena kinerja smartphone akan terganggu jika SIM card terkunci.

Jauhkan dari Air

Smartphone sangat sensitif terhadap paparan cairan. Setetes air bahkan bisa mengganggu kerja smartphone. Oleh karena itu jauhkan ia dari segala jenis air dan cairan. Jika smartphone sudah terlanjur basah, benamkan ke dalam beras sampai kering. Trik ini sudah terbukti membantu memulihkan smartphone yang basah.

Pilih ROM yang Tepat

Banyak sekali pilihan ROM untuk mendukung kinerja smartphone. Jika anda ingin memperoleh kinerja smartphone secara maksimal, pilih ROM yang tepat dan sesuai dengan sistem operasi smartphone.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA