Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Banten Teruskan Pembangunan Danau Buatan

Senin 13 Jan 2014 23:41 WIB

Red: Julkifli Marbun

Danau Poso

Danau Poso

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, PANDEGLANG -- Bupati Pandeglang, Provinsi Banten Erwan Kurtubi menyatakan proses pembangunan Danau Cibama yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum, terus berlangsung.

"Saat ini tim sedang melakukan inventarisasi lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan danau tersebut," katanya di Pandeglang, Senin.

Inventarisasi lahan, kata dia, perlu waktu cukup lama, apalagi lokasi pembangunan danau tersebut berada di lahan miliki masyarakat.

"Kegiatan inventarisasi, diantaranya menyangkut luasan lahan serta status kepemilikannya," ujarnya.

Erwan menyatakan pemerintah Kabupaten Pandeglang berhadap pembangunan Danau Cibama segera direaliasikan sehingga dapat mencegah terjadinya banjir di daerah tersebut.

"Pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum merencanakan membangun Danau Cibama, kita berharap dapat segera direaliasikan," katanya.

Bupati berharap pembangunan danau itu, dapat mengantisipasi atau paling tidak meminimalisasi banjir di Pandeglang, selain untuk menyediakan persediaan air baku bagi warga.

Rencananya, kata dia, danau tersebut akan dibangun pada 2014, dan pemerintah Kabupaten Pandeglang mendukung rencana tersebut, dan kalau bisa dapat dimajukan pembangunannya 2013.

Setiap musim penghujan, banjir selalu melanda wilayah Pandeglang bagian selatan, dan keberadaan danau, kalau rampung sudah dibangun, diharapkan menjadi solusi mengatasi musibah tersebut.

Pada awal 2013 , Pandeglang dilanda dua banjir bandang akibat meluapnya air sungai di daerah tersebut. Banjir tersebut merendam 19.490 unit rumah dan 8.832 hektare sawah serta "memaksa" puluhan ribu warga harus mengungsi ke masjid, sekolah dan madrasah diniyah awaliyah (MDA).

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES