Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Wah..Ada Miliaran Planet Mirip Bumi di Galaksi Bima Sakti

Rabu 06 Nov 2013 12:11 WIB

Red: Agung Sasongko

Bumi

Bumi

Foto: Nasa

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Para pakar mengatakan ada miliaran planet yang mirip Bumi dalam galaksi Bima Sakti yang mengitari bintang-bintang seperti matahari.

Seperti dilansir voanews.com, Rabu (6/11), dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh observatorium antariksa Kepler NASA, para astronom sekarang menaksir bahwa kira-kira satu dalam setiap lima bintang yang mirip matahari mempunyai planet yang hampir sama besarnya dengan Bumi dan juga mempunyai suhu permukaan yang memungkinkan pengembangan mahluk-hidup.

Ini berarti ada paling sedikit 8,8 miliar bintang yang mempunyai planet sebesar Bumi dalam zona suhu yang dapat dihuni. Hasil penelitian itu dimuat Senin (4/11) dalam jurnal “Proceedings of the National Academy of Science.”

Misi Kepler tidak sampai memberi rincian penting dalam pencarian makhluk hidup pada planet-planet lain, seperti apakah planet-planet tersebut mempunyai atmosfer, oksigen atau air-cair untuk mendukung kehidupan.

Para ilmuan mengatakan langkah berikut adalah untuk mencari atmosfir pada planet-planet tersebut dengan teleskop antariksa yang kuat yang belum pernah dilakukan.  Ini akan menghasilkan petunjuk lebih jauh mengenai apakah ada di antara planet tersebut yang dihuni mahluk hidup.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA