Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Ini Penangkal Kanker Temuan Mahasiswa UNY

Jumat 12 Jul 2013 03:11 WIB

Red: Dewi Mardiani

Buah Carica

Buah Carica

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan berinovasi membuat serbuk instan carica yang diberi nama Sicata Dieng. Serbuk itu sebagai alternatif minuman kesehatan penangkal kanker.

"Buah carica mengandung betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin yang berperan sebagai antioksidan, serta betacaroten dan vitamin C yang tinggi, sehingga cocok dijadikan bahan baku pembuatan serbuk instan Sicata Dieng sebagai penangkal penyakit kanker," kata ketua tim Muhammad Anand Ardhiansyah di Yogyakarta, Kamis (11/7).

Menurut dia, konsumsi buah dan sayur menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah kanker. Salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin yang dapat mencegah kanker adalah buah carica pubescens yang hanya tumbuh di daerah Dieng, Jawa Tengah.

Untuk menarik perhatian masyarakat agar senang mengkonsumsi buah dan sayur, maka dibutuhkan pengemasan dan pengolahan produk yang menarik. "Oleh karena itu, kami mengemas buah carica dalam bentuk serbuk instan, karena lebih praktis, bisa diminum kapan saja dan tentu lebih tahan lama. Penggunaan teknik kristalisasi dalam pembuatan produk itu untuk menghasilkan produk dengan kualitas 100 persen murni, tanpa menggunakan campuran," katanya.

Ia mengatakan carica dijadikan bahan utama untuk pembuatan serbuk instan Sicata Dieng dengan teknik pengkristalan sebagai penangkal penyakit kanker yang aman dan efektif. Rasanya yang khas dan beraroma segar menjadikan minuman yang akan diproduksi banyak diminati.

"Sicata Dieng dapat dijadikan sebagai alternatif minuman penangkal kanker yang aman, efektif, dan harganya terjangkau oleh semua kalangan. Serbuk instan itu memiliki prospek bagus ebagai usaha minuman kesehatan karena produk ini merupakan produk baru," katanya.

Menurut dia, produk itu bisa diminum dengan air panas, dingin, atau dicampur es tanpa memberikan efek samping seperti obat lainnya. Nilai tambah dari produk antara lain tanpa efek samping, berlisensi halal, expired date jelas dan terjamin, 100 persen bahan lokal yang dapat meningkatkan potensi lokal daerah penghasil carica.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA