Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Saturday, 7 Zulhijjah 1439 / 18 August 2018

Nasib Pesawat Ulang Alik Tua: Ditenggelamkan di Samudera Pasifik

Senin 24 January 2011 15:40 WIB

Red: Siwi Tri Puji B

Negara di Kepulauan Pasifik

Negara di Kepulauan Pasifik

Foto: .

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Pesawat barang antariksa Progress M-08M milik Rusia telah melepaskan kaitan dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dan akan ditenggelamkan di kawasan terpencil di Samudera Pasifik bagian selatan pada Senin malam, kata juru bicara Kendali Misi Rusia.

"Perintah untuk melepaskan kaitan diberikan pada 03.40 waktu Moskow. Pesawat barang antariksa dilepas kaitannya dari ruang Pirs yang telah bergabung sejak 30 Oktober 2010," kata juru bicara itu.

Sejumlah kerabat pesawat Progress telah menjadi penyokong armada pengangkut barang antariksa Rusia selama beberapa dasawarsa. Sebagai tambahan bagi misi utama mereka selain pesawat barang antariksa, mereka biasanya menyesuaikan jalur orbit ISS dan melakukan sejumlah penelitian ilmiah.

Pesawat Progress M-08M tidak akan digunakan untuk penelitian ilmiah dan akan ditenggelamkan di "makam pesawat antariksa" pada pukul 09.07 waktu Moskow, kata juru bicara.

Tempat yang berjuluk "makam pesawat antariksa" terletak tidak jauh dari Pulau Christmas -merupakan kawasan yang dirancang dimana banyak pesawat antariksa, termasuk stasiun Mir yang tidak berfungsi lagi, ditenggelamkan.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA