Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

NASA Selidiki Objek Mengkilap di Planet Mars

Ahad 02 Dec 2018 03:22 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Esthi Maharani

NASA

NASA

Foto: nasa.gov
Objek mengkilap itu mungkin meteorit.

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Alat pengembara atau rover curiousity milik NASA saat ini tengah menyelidiki sebuah objek di permukaan Planet Mars. Objek itu terlihat sangat mengkilap dan juga terlihat aneh.

Dilansir dari website The Evening Standard, para ilmuwan  mengatakan bahwa rover sedang dikirimkan. Rover itu untuk memeriksa kembali objek kecil yang bersinar, yang disebut sebagai 'Colonsay Kecil'.

"Salah satu contoh yang kami coba untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik adalah 'Little Colonsay', kata NASA dalam sebuah pernyataan.

NASA melanjutkan, tim perencanaan NASA memiliki hipotesa bahwa objek mengkilap itu mungkin meteorit. Hal itu ditengarai, objek itu terlihat karena sangat mengkilap.

"Tapi terlihat bisa menipu, dan bukti hanya akan berasal dari kimia. Sayangnya, target kecil terlewatkan dalam upaya sebelumnya, dan dengan informasi dari itu, Curiosity akan mencoba lagi,” lanjutnya.

The rover memiliki alat di papan yang disebut ChemCam. ChemCam akan digunakan untuk mempelajari objek yang mengkilap tersebut.

Selain itu, pada pekan lalu, rover InSight milik NASA juga mendarat di planet yang dijuluki planet merah itu.  Setelah mendarat, Kepala Eksplorasi Ruang angkasa di UK Space Agency Sue Horne, memberitakan pendaratan rover itu.

"Ini adalah berita bagus bahwa pesawat antariksa InSight telah mendarat dengan selamat di Mars,” kata Horne.

Para ilmuwan dan insinyur Inggris yang terlibat dalam misi ini, kata dia, telah menghabiskan beberapa tahun kehidupan mereka untuk membangun seismometer di atas kapal. “Dan membuat modifikasi keturunannya selalu mengkhawatirkan."

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA