Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Teleskop Hubble Berhasil Potret Galaksi Kanibal

Selasa 19 Apr 2016 10:52 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih

Potret galaksi yang diperoleh melalui teleksop Hubble.

Potret galaksi yang diperoleh melalui teleksop Hubble.

Foto: Sputniknews.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Teleskop luar angkasa Hubble baru-baru ini memotret foto yang menakjubkan. Hubble memotret sebuah galaksi kanibal yang disebut NGC 4111 yang terletak 50 juta tahun cahaya yang terletak konstelasi Canes Venatici.

Di lansir dari sputniknews.com Selasa (19/4) galaksi jenis megapolis star yang disebut galaksi lenticular ini merupakan perpaduan galaksi yang berbentuk elips dan spiral.

Astronom Temukan Galaksi Besar Mengorbit kepada Bima Sakti

Sebagai kesan pertama, galaksi ini tampak diam, namun beberapa gambar mengindikasikan galaksi ini tidak 'setenang' kelihatannya. Dalam gambar, galaksi tersebut dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Sebagian astronom berasumsi cincin debu dan gas tersebut adalah galaksi yang lebih kecil dari NGC 4111 yang diserap di masa lalu.

Para peneliti berpendapat proses penyerap dapat terjadi akibat tabrakan galaksi. Hal ini cukup umum terjadi di luar angkasa.

Biasanya tabrakan tersebut menyebabkan penggabungan galaksi atau menghancurkan galaksi yang lebih kecil. Fenomena galaksi besar menelan galaksi kecil sering disebut kanibalisme galaksi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA