Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Menjadikan BSD Sebagai Kawasan IPTEK

Jumat 05 Oct 2018 18:46 WIB

Rep: nora azizah/ Red: Hiru Muhammad

Menristekdikti muhammad Nasir ketika berpidato pada Ground Breaking GIPTI, Kamis (4/10)

Menristekdikti muhammad Nasir ketika berpidato pada Ground Breaking GIPTI, Kamis (4/10)

Foto: dok BSD City
Digital Hub di BSD City nantinya akan menjadi Silicon Valley Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SERPONG -– Kawasan Serpong,  kini tidak hanya dikembangkan sebagai kawasan hunian dan bisnis saja, melainkan juga sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan (Iptek). 

Gagasan itu diwujudkan dengan rencana pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City. GIPTI berdiri diatas lahan seluas 15 hektar BSD City Kabupaten Tangerang. Area GIPTI akan menempati lahan PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

GIPTI diharapkan akan menjadi show case kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang IPTEK. GIPTI juga menjadi tempat pemasaran produk UKM dan bisnis start up berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science and Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK. GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis.

"Kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya PUSPIPTEK-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai N-STP,  selain fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional," Kata Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (4/10).

Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land sangat mendukung pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di BSD City.

Kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city, dimana saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi ‘Silicon Valley’ di Indonesia. 

Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub. Lebih jauh lagi pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan.

Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science and Technology Park (N-STP) PUSPIPTEK. Industri lintas sektor ini juga telah menandatangani kerjasama kesepakatan kerjasama pembangunan GIPTI yang disaksikan langsung  Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia pada Januari 2018 lalu.

"GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung ekosistem kawasan BSD City sebagai smart integrated digital city yang akan saling menguatkan satu sama lain,” ujar Dr. Ir. Sri Setiawati, Kepala Puspitek Serpong.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA