Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Fosil 'Raksasa Pertama' Ditemukan di Argentina

Selasa 10 July 2018 18:16 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Temuan fosil dinosaurus raksasa pertama.

Temuan fosil dinosaurus raksasa pertama.

Foto: bbc
Temuan dinosaurus ini dikelompokkan sebagai Lessemsaurids.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ilmuwan mengklaim telah menemukan 'raksasa' pertama di dunia yaitu dinosaurus pertama. Hewan terbesar di Bumi ini disebut-sebut memiliki berat yang setara dengan pesawat luar angkasa.

Fosil ditemukan di barat laut Argentina. Ilmuwan menemukan empat kerangka, salah satu spesies baru dan tiga dinosaurus terkait. Dari temuan ini ilmuwan belum bisa menyimpulkan dengan jelas bagaimana dinosaurus bisa berkembang menjadi sangat besar.

"Kami melihat temuan itu adalah spesies baru yang kami beri nama Ingentina prima. Dalam bahasa Latin berarti raksasa pertama," kata Dr Cecilia Apaldetti dari Universidad Nacional de San Juan di Argentina, dilansir dari BBC.

Spesies dinosaurus baru Ingentia prima dan spesies serupa dikelompokkan bersama sebagai Lessemsaurids. Lessemsaurids adalah dinosaurus pertama yang tumbuh hingga ukuran raksasa sekitar 10 ton.

"Kami dulu berfikir bahwa dinosaurus raksasa pertama muncul pada awal periode Jurasic, setelah supervolcano menyebabkan kepunahan global di akhir periode Trias. Namun Lessemsaurids memberi tahu kita bahwa ada beberapa dinosaurus mampu mencapai ukuran raksasa selama bagian terakhir Trias sebelum kepunahan," kata dia.

Lessemsaurids dikelompokkan dalam kelompok 'sauropodomorf' yang berarti bentuk kaki kadal. Lessemsaurids memiliki kantung udara seperti burung yang mampu menjaga hewan besar tetap dingin dan menyuplai oksigen dalam jumlah besar. 'Cincin pertumbuhan' terlihat di tulangnya yang menunjukkan hewan ini tumbuh sangat cepat. Ilmuwan menduga ada kemungkinan ada dinosaurus lebih besar yang belum ditemukan.

"Kita dapat mengamati tulang-tulang bahwa mereka memiliki periode pertumbuhan tinggi yang nyata," kata Apaldeti.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA