Thursday, 6 Zulqaidah 1439 / 19 July 2018

Thursday, 6 Zulqaidah 1439 / 19 July 2018

Jepang Butuh Bertahun-tahun untuk Percepat Kereta Satu Menit

Selasa 10 July 2018 07:52 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani

kereta api di jepang

kereta api di jepang

Foto: maman sudiaman
Kereta mampu berjalan 130 km/jam, standar kereta tercepat saat ini 110 km/jam

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membuat satu jalur kereta satu menit lebih cepat. Dilansir melalui Engadget, proyek tersebut ditargetkan selama dua tahun. Namun Jepang baru bisa menyelesaikannya selama satu dekade. East Japan Railway Company berniat meningkatkan kereta lebih jauh. Perusahaan memulai proyek konstruksi dua tahun yang akan membawa penumpang dari Ueno ke Omiya hanya dalam satu menit.

Proyek tersebut dinilai membutuhkan biaya investasi cukup besar, tetapi memberikan keuntungan yang minimal. Kereta mampu berjalan 130 km per jam, sementara standar kereta tercepat saat ini 110 km per jam. Saat ini, kereta mampu berjalan 30 menit untuk sampai ke tujuan akhir. Salah seorang sumber mengatakan, mengurangi waktu satu menit saja merupakan langkah besar yang bisa meningkatkan jumlah penumpang.

Saat ini, penduduk yang tinggal di sekitar rel kereta masih bisa merasakan getaran dan suara bising di sepanjang rel. Perusahaan berharap, pemasangan panel penyerap suara bisa mengurangi kebisingan. Butuh kerja keras, dan perusahaan terus mencari solusi atas masalah tersebut selama satu dekade. Sistem kereta api Jepang saat ini telah membuat iri banyak negara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA