Thursday, 6 Zulqaidah 1439 / 19 July 2018

Thursday, 6 Zulqaidah 1439 / 19 July 2018

Kemampuan Super Belalai Gajah

Selasa 19 June 2018 15:41 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Wisata gajah/ilustrasi

Wisata gajah/ilustrasi

Foto: Antara
Para peneliti mendapati bahwa belalai gajah dapat membantu menghindari ranjau.

REPUBLIKA.CO.ID, KENYA -- Di dunia hidung, belalai gajah jelas menonjol karena ukurannya, fleksibilitas, kekuatan, dan kemampuan mencengkeram yang cukup kuat. Mungkin tidak mengherankan bahwa indra penciuman gajah juga luar biasa.

 

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa gajah memiliki reseptor aroma lebih banyak daripada mamalia lainnya. Dalam eksperimen lain, para peneliti menindaklanjuti laporan bahwa gajah di Angola menghindari ranjau menemukan bahwa mereka dapat mendeteksi TNT.

 

Laporan lain menyimpulkan, gajah bisa menggunakan petunjuk aroma untuk memberi tahu perbedaan antara dua suku Kenya, Maasai, yang menombak mereka secara tradisional, dan Kamba, yang tidak. Para gajah rupanya menggunakan petunjuk ini untuk membantu mereka menghindari Maasai.

 

Selanjutnya dari riset terbaru menambah bukti dengan menunjukkan bagaimana mereka menggunakan indera penciuman dalam memilih makanan. Gajah sering harus menemukan tumbuhan, dan air pada jarak tertentu. Selain itu juga membedakan tanaman yang cukup mirip begitu mereka mencapai rumpun vegetasi.

 

Tampaknya mereka mungkin menggunakan indera penciuman mereka, tetapi Melissa Schmitt, seorang peneliti di Universitas KwaZulu-Natal di Afrika Selatan, dan rekan-rekannya ingin melihat seberapa baik kemampuannya.

 

Kemudian tim menguji gajah dari jarak dekat, menggunakan dua ember dengan dua makanan tersembunyi yang berbeda. Mereka dengan mudah mengambil ember dengan daun dari tanaman yang mereka sukai, pir liar, dan menghindari buah yang tidak mereka sukai, zaitun liar.

 

Untuk menguji deteksi bau gajah pada rentang yang lebih panjang, para peneliti membangun versi gajah dari labirin klasik Y dari jenis yang digunakan untuk menguji tikus laboratorium. Dalam versi gajah, hewan dengan mudah memilih cabang Y yang menyebabkan jenis tanaman yang mereka sukai. Mungkin tampak jelas bahwa seekor hewan dapat mengendus makanannya.

 

"Gajah-gajah itu melakukan ini di seluruh lingkungan mereka, di berbagai skala spasial, untuk hal-hal yang tidak tercium sangat kuat, Anda tahu, relatifnya terhadap steak pada barbekyu," kata Dr. Schmitt dilansir dari laman The New York Times, Selasa (19/6).

 

Pengujian ini menambah daftar panjang kemampuan belalai gajah. Gajah dapat memindahkan kayu dan mengendus di bawah mereka. Mereka juga bisa menyemprotkan air ke punggungnya, mencabut sehelai daun, dan lainnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA